Home » » Bikers, Hati-Hati Kalau Berjalan di Dekat Separator Busway!

Bikers, Hati-Hati Kalau Berjalan di Dekat Separator Busway!



Tangerang Selatan, 17 September 2014

Tujuan dibuatnya thread ini adalah agar warga kaskus yang kerja bolak balik pake motor lebih waspada, terutama di jalan-jalan yang berdampingan dengan jalur Trans Jakarta atau Busway, jangan sampai kejadian yang menimpa ane terulang ke agan agan sekalian. Agan yang punya pengalaman serupa silakan share di sini dan mudah2an bermanfaat bagi para warga KASKUS.
================================================
Ilustrasi Separator Busway Koridor VIII



KRONOLOGI KEJADIAN:
Pada hari jumat malam tanggal 12 September 2014 sekitar jam 21:00 ane naik motor dari Bintaro, Tangerang Selatan dengan tujuan ke Pademangan, Jakarta Utara. Jalan yang ane lewati seperti biasanya adalah jalur yang berdampingan dengan Rute Trans Jakarta Koridor VIII (Lebak bulus - Harmoni). Dari bintaro, ane menuju ke arah pondok indah mall, setelah melewati underpass Pondok Indah Mall jalanan agak sedikit merayap gan, tetapi selepas itu lancar jaya.



Apes ane dimulai saat ane dan beberapa pengendara motor lainnya mengikuti sebuah truk molen (truk pengangkut adukan beton berbentuk kayak keong raksasa) dari selepas underpass pondok indah mall itu. dengan santainya para pemotor ngebuntutin truk itu dengan kecepatan sekitar 30 s.d. 40 km/jam, nah menjelang halte busway Kodam truk melindas batu separator busway yang lepas dari tempatnya (kayaknya separator udah lepas sebelum dilindes sama molen ini), batu separator busway tersebut melintang dan bergeser sekitar 30 cm dari posisi seharusnya. nah kalo truk molen kan bannya guedee banget, ngelindes separator busway lepas gak ngefek apa-apa, ane dan pemotor sebelah ane yang ngebuntutin truk molen kaget setengah mati gan, nah apesnya ane gak bisa menghindar karena posisi sejajar sama pemotor di sebelah ane, THINK FAST, kalo ane menghindar separator yang lepas itu, ane bakal nyerempet pemotor di sebelah ane, kalo nggak gitu ane, ya ane yang harus nabrakin motor ane ke separator yang lepas itu. masalahnya posisi separator yang menghadap ke ban motor ane bukan yang bagian landai/miringnya tetapi yang bagian belakang/tegaknya. Ilustrasi tabrakan digambarkan sebagai berikut:


dengan cuman waktu berpikir 2 detik, dengan amat sangat terpaksa ane tabrak tuh separator busway yang lepas, Braakkkkkk.....!, motor ane oleng goyang-goyang stangnya, tapi Alhamdulillah ane masih bisa mengendalikan motor ane dan tidak jatuh. jantung udah deg..deg..an setengah mati, sawan bangke istilah orang betawinya gan..

skip..skip...

lanjutlah perjalanan ane ke utara jakarta, pas masuk underpass pasar tanah abang, ane ngerasa ada yang aneh sama motor ane, kok kayak goyang-goyang dikit padahal gak ada angin di underpass itu, dalam hati berpikir apa karena nabrak separator tadi ya, ahh positif thinking aja ane gan, tapi perasaan ane tambah gak enak, trus ane pinggirin gan motor ane, nah begini ni keadaan velg motor depan ane :



MasyaAlloh.. velg ane pecah gan, diantara 2 jari-jari velg dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar 4 cm. ban dalemnya ampe ngejendol keluar, untung gak pecah juga ban dalemnya jadi masih bisa dikendarai sampe rumah. kalau misalnya bannya juga pecah, bagaimana ane bisa pulang ke rumah...

Alhamdulillah, nyampe rumah jam 11 malem gan, ane cerita sama keluarga ane kejadian tadi, ane dinasihatin sama orang tua ane kalau lain kali hati-hati kalau di jalan. iya ...iya,,ane manggut2 aja. trus istirahat dan tidur. jujur gan, tidur ane gak nyenyak, masih sawan kejadian barusan. perasaan kepala ane muteeerrr terus gan...

esok pagi ane langsung ke bengkel gan, ganti sepasang velg (depan dan belakang) dan akhirnya ane musti ngeluarin uang Rp493.000 buat ke bengkelnya.



demikian pengalaman ane gan, pliss buat yang biasa jadi pemotor di jakarta kudu hati-hati di jalan.. kecelakaan bukan hanya terjadi karena kita kurang hati-hati, tetapi juga banyak yang disebabkan karena tidak memadainya infrastruktur jalan raya.
begini penampakan velg motor ane setelah masuk bengkel :

===========================================================

Pertanyaan kaskuser yang perlu dipajang di sini :
Motor agan apa?
Jawab : Suzuki Smash tahun 2004

Velg bannya dari asli pabrik bukan?
Jawab : udah bukan gan, yg lama kan model velg berjari2 banyak, udah diganti pake velg chrome wheel

ente pake ban cacing ya gan?
Jawab : bukan gan, standar velg smash, shogun dkk kok 17 inch x 275
kalo ban cacing itu di bawah 200 gan.

mungkin kualitas velgnya gak sebagus standar asli pabriknya kali gan?
Jawab : bisa jadi, tapi velg itu udah 5 tahun terpasang di motor ane kok gan, dan gpp sebelum kejadian itu..

Lain kali patuhi peraturan gan. Agan udah masuk jalur busway aja dah salah ?
Jawab : ane gak masuk jalur busway gan, ane ada di jalur paling kanan deket deretan separator busway ngebuntutin truk molen bersama pemotor lainnya.

namanya motor aturannya di sebelah kiri gan, tetap aja ente salah?
jawab : yg ane tau motor wajib kiri kalao jalur jalan memang dibagi 2, jalur cepat dan jalur lambat. CMIIW. ini gan pasal 108 UU 22 tahun 2009 ttg LLAJ, silakan dibaca:

ane baca di penjelasan hanya tertulis "cukup jelas". interpretasi ane sih kalo kendaraan (motor atau mobil sesuai pasal 1) kudu di kiri kalo kecepatannya rendah dan boleh di kanan kalo kecepatannya lebih tinggi, jadi mau kiri atau kanan tergantung pada arus kendaraan pada saat itu gan..CMIIW, maaf kalo ane sotoy

Agan laporin aja ke Ahok ttg separator busway yg lepas ini?
jawab : ane udah punya niatan pengen sms ke Bapak Ahok di 0811944728, udah save number sejak lama di hape. tapi kok ya agak segan ane.
agan FikoGlass nih malahan yang lapor ke Ahok :
Quote:Original Posted By FikoGlass â–º


Beliau itu pejabat yg benar2 melayani dan mencintai warga DKI,jadi jangan sungkan2 sms beliau
Ane bkn warga DKI lho padahal tp beliau tetap bls sms ane
Hidup Pak Ahok
=======================================================
Nasihat BIjak dari Agan:
Quote:Original Posted By janganbrongkos â–º
ikut prihatin atas musibah separator busway gan. bagaimanapun kalau kasus seperti ini sering ada laporan, berarti ada yang salah dengan desain maupun pemasangan separator tersebut. atau setidak-tidaknya bisa dikatakan minim inspeksi dan pemeliharaan.
kayanya susah deh gan ngarepin pemerintah/pemda/dinas terkait untuk ngurusin masalah ini, mungkin bagi mereka kurang urgen, jadi tambahin aja kewaspadaan dan kehati2an di jalan.
Quote:Original Posted By lenneth07 â–º
emang bahaya gan klo jalan dibelakang mobil gede ex. truk, tronton, molen. ane pernah hampir jatoh gara2 g liat lobang krn ketutup badan mobil. klo ketemu mobil gede mending jaga jarak aj min. 5-10 meter lah klo g disalip aj.
Quote:Original Posted By onxafn â–º
Pertama turut atas musibahnya, lain kali hati2, dan sebisa mungkin jangan di belakang truk molen/kendaraan berbadan besar
selain karena hal yang menimpa TS, "Kentut" dari truk juga ga enak, lebih baik segera dahului (nyalip) atau agak mundur dan beri jarak yang lebih nyaman. (biasanya ane begitu, dari pada harus ngisep kentut truk)

ane pernah seperti TS, tapi bukan separator busway, namun batu yang cukup besar, ane di belakang angkot dan ga keliatan batunya, hampir jatoh, hasilnya Velg bengkok doank (ane pake velg jari2)
hal itu yang bikin ane ngerasa lebih safe pake velg jari2, karena jika terjadi hal2 yang seperti itu, kemungkinannya hanya penyok, beda cerita jika velg racing bagaimanapun bagusnya jika kondisi seperti itu pasti ada keretakan.

testimoni agan yang lain:
Quote:Original Posted By cycloptroop â–º
ane juga sering lewat situ gan.. emang kudu hati2 banget kalo ambil lajur tengah.. smoga ente kaga apes lagi gan..
Quote:Original Posted By Hidekazu.. â–º
Ane sering bgt nih lwt sini... emg rawan banget.. terutama arah dari pondok indah ke permata hijau. itu copot nya silang2, bahaya banget buat jalanan malem.. gelap pula
Quote:Original Posted By antiinter â–º
edaaan..sering lewat situ tuh ane gan..emang banyak banget yang lepas..malah udah gak ada separatornya
ati-ati aja gan dijalannya..udah mau skripsi, bentar lagi kuliah ente kelar, anak masih kecil.. keep safety ya bro
Quote:Original Posted By downkill â–º
waduh bener nih suka ngeliat di jalan ngeri bawaannya klo ada orang yang gk liat
Quote:Original Posted By chaoochaoo â–º
Wahhh lain kali hati-hati gannn ..
Ane dulu pernahnya nabrak pake mobil untung gpp.. tapi berasa bgt gan ane kena juga daerah situ gan .. di Jl.Panjang ..
Quote:Original Posted By janganbrongkos â–º
ikut prihatin atas musibah separator busway gan. bagaimanapun kalau kasus seperti ini sering ada laporan, berarti ada yang salah dengan desain maupun pemasangan separator tersebut. atau setidak-tidaknya bisa dikatakan minim inspeksi dan pemeliharaan.
kayanya susah deh gan ngarepin pemerintah/pemda/dinas terkait untuk ngurusin masalah ini, mungkin bagi mereka kurang urgen, jadi tambahin aja kewaspadaan dan kehati2an di jalan.
Quote:Original Posted By cahetankali â–º
Emang bahaya kl jarak kita ane naik motor diblkg truk atau bus, apalagi angkot gan.... wuihhhhh mesti extra waspada.... ane pernah alamin tepatnya di depan Univ. Pancasila disitu ada aspal yg ga rata dan cenderung kaya gajlugkan.... pas ane di blkg truk...... truk lewat gajulukan ...ehhh.... lepas tuh pintu bak truk belakang yg terbuat besi ... globrraakkk.... ane dalam sepersekian detik hindarin pintu bak truk yg jatuh... untungnya sebelas kiri ga ada kendaraan... ane ngepot ke kiri... alhamdulilah selamet gan.....

untuk Separator Busway menurut ane konstruksinya kurang kuat gan.... kedalaman galian hrs lebih dalam br ga gampang lepas....liat aja di sepanjang jalan Buncit Raya gan.... pd copot tuh separator busway.....dan sangat berbahaya utk kendaraan roda dua maupun roda empat, smg hal ini cpt mendapatkan perhatian dr instansi terkait.


Quote:Original Posted By ahlivirus â–º
ane pernah tuh nabrak separator busway... motor memang agak oleng tapi alhamdulillah gak jatuh... & alhamdulillah juga velg motor ane gak napa-napa, maklum velg jari-jari, gan... lebih kuat dari velg racing... kalau velg agan pecah, itu karena velg racing & otomatis emang harus ganti dua-duanya... soalnya gak ada bengkel yang jual velg racing satuan...
testi dan komen dari agan lanjut ke post #2
=======================================================
berita yang mirip di lokasi yang sama:

sumber : link detik.com
berita lain yang relevan:
Separator Busway Daan Mogot Makan Korban
Separator Busway yang Lepas Sebabkan Kecelakaan
Mark-Up Harga Separator Busway
Separator "Busway" yang Kerap Makan Korban
Pembatas jalur transjakarta banyak yang lepas


========================================================
Thread ini gak mungkin repost karena ini pengalaman ane sendiri, TS menerima dengan senang hati kalau agan bagi-bagi cendol .

Terima kasih buat agan-agan yang telah berkunjung ke semua Thread Ane.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54199b8dde2cf2e67e8b456a

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)