Home » » Cara Menyembunyikan File-File Rahasia di Komputer

Cara Menyembunyikan File-File Rahasia di Komputer


Quote:Quote:
Mungkin agan bukanlah tipe orang yang dengan mudah meminjamkan smartphonenya ke orang lain. Namun siapa yang bisa menjamin jika suatu saat, smartphone agan yang menyimpan banyak data pribadi hilang atau iseng dibuka oleh orang yang tak bertanggung jawab?

Pengguna komputer berbasis Windows mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana cara menyembunyika file atau folder. Tinggal buka file explorer, klik kanan di properties, kemudian centang opsi ’hidden file’beres! Tapi bagaimana dnegan android yang notabene menggunakan sistem operasi Linux?

Ada beberapa aplikasi di Google Play yang memungkinkan agan untuk menyembunyikan file dan folder di Android. Tapi mengapa agan harus menginstal bermacam-macam aplikasi tambahan jika sebenarnya langkah menyembunyikan file bisa dilakukan dengan mudah?

Quote:Quote:Cara 1: Menambahkan Titik

Cara paling mudah untuk menyembunyikan folder adalah dengan menambahkan tanda titik (.) di depan nama folder. Metode ini akan menyembunyikan folder tersebut dari aplikasi-aplikasi lainnya seperti galeri, video player, dan aplikasi lainnya. Perubahan nama folder dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi file manager semisal ES Explorer.

Jadi, jika agan memiliki bebrapa file pribadi yang ingin disembunyiakn, ane sarankan untuk mengumpulkannya dalam satu folder. Setelah terkumbul, baru tambahkan tanda titik di depan nama folder tersebut.

Sebagai catatan, metode ini jangan digunakan untuk menyembunyikan folder yang aktif digunakan oleh aplikasi atau sistem Android. Metode ini juga tidak dapat digunakan pada folder ”downloads.”

Untuk menyembunyika folder, lakukan langkah-langkah berikut (menggunakan aplikasi ES Explorer):

  • Buka ES Explorer
  • Tekan agak lama folder yang hendak agan sembunyikan, akan muncul pilihan rename
  • Tambahkan tanda titik (.) didepan nama folder
  • Selesai.


Sedangkan untuk memunculkan kembali, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut (masih menggunakan ES Explorer):

  • Gunakan menu Fast Acces, biasanya ada di sebelah kanan. Kemudian scroll ke bawah hingga agan melihat menu ”Show Hidden File”
  • Ubah ke posisi on untuk melihat folder yang tersembunyi.
  • Untuk merubah statsu folder dari hidden ke normal lagi, agan tinggal menegkan menu ”rename” dan menghapus tanda titik (.)

Quote:Cara 2: menggunakan file '. Nomedia'

Pengguna Android bisa menggunakan cara lain utnuk menyembunyikan folder. Caranya adalah dengan mambuat file dengan nama “.nomedia” (tanpa tanda petik) di dalam folder yang hendak disembunyikan.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini (masih menggunakan file manager):

  • file2
  • Buka folder yang ingin agan sembunyikan
  • buat sebuah file kosong dengan nama “.nomedia” (tanpa tanda petik) di dalam folder dengan menggunakan aplikasi file manager.

Metode ini akan menyembunyika folder dari aplikasi seperti Galeri dan aplikasi lain yang memiliki akses media. Dua langkahdi atas diharapkan dapat menyembunyikan file dan folder pada perangkat android Anda dan menjaga privasi agan.
MAMPIR DI TREND ANE
Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima
Tanggapan Kaskuser
Quote:Quote:
Quote:Original Posted By djoeragancendol â–º
udah ane coba dan work gan
ane pakai root explorer di andro ane

Quote:Original Posted By kudukepriben â–º
bener bgt gan, nambahin titik di depan folder ane pake tuh.
Quote:Original Posted By bigology â–º
Yes! JAV ane sudah teramankan, thanks gan!
Quote:Original Posted By azureshin â–º

Barusan tadi mau ane coba ke hp temen ane, tapi temen ane sudah tau ternyata , yaudah ane praktekin ke hp ane, works gan




ADA LAGI


SUMUR

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54100ac6902cfea82e8b4567

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)