Home » » [DIY] Cara Membuat Backlight Monitor Pada PC Agan

[DIY] Cara Membuat Backlight Monitor Pada PC Agan





Mudah-mudahan ngga repost ya...

Spoiler for cek repost

Quote:Agan-agan disini semua pernah ngiler gak ngeliat ruang-ruang komputer beserta peralatan perangnya GAMER (contohnya) yang keren-keren? Biasanya dibelakang monitor PC mereka ada cahaya lampu / led yang kaya begini nih...

Spoiler for keren










Gimana gan? keren gak?

Nah disini ane mau sharing gimana caranya bikin monitor PC kita jadi kaya begitu DENGAN BUDGET YANG SANGAT-SANGAT TERJANGKAU!!!

Awalnya ane browsing-browsing buat bikin beginian, tapi pas liat reference dari forum luar, harga led nya gak kebeli euuyy, ratusan ribu..


Akhirnya dengan modal nekat, ane coba-coba deh..

Quote:
Q: Fungsinya buat apa gan?
A: Buat ngurangin stres mata gan.. nih ane sadur dari forum luar sono..
Quote:It works because it provides enough ambient light in the viewing area that your pupils don't have to dilate as far. This makes for less eyestrain when a flashbang gets thrown your way or a bolt of lightning streams across the screen," he told Ars. "Because the display is no longer the only object emitting light in the room, colors and black levels appear richer than they would in a totally black environment. Bias lighting is key in maintaining a reference quality picture and reducing eye-strain

Sumber


Q: Berapa gan bikin kaya gituan?
A: Kalo versi HIGH END sih emang rada mahal gan, bisa ratusan ribu.. tapi ane bikin beginian cuma pake duit 10 ribu aja gan..

Q: Lah kok ente bisa bikin cuma pake duit 10 ribu??? Ngibul ente gan??
A: Terserah ente dah mau bilang apa, silahkan di cek sendiri aja step-step nya dibawah...


Ok gan, langsung aja kita ke laptoooppp... (kaya om tukul... )

Quote:Pertama-tama, kita siapkan dulu bahan-bahannya...

1. Kabel bekas sama colokan listriknya (ambil dari perangkat elektronik agan yang udah rusak / gak kepake ya.. jangan comot dari kabel kulkas yang masih kepake...
Bagusnya lagi tambahin pake saklar, optional sih, bisa pake bisa juga ngga.. tapi lebih bagusnya pake.. ini juga sama, bisa comot dari saklar yang gak kepake..
Spoiler for bahan 1

2. Yang pasti lampu nya gan... karena ane bikin dengan budget yang ekonomis, jadi ane pake lampu bohlam phillips yang 15 watt warna merah.
Untuk warna juga optional gan, terserah ente suka, mau merah, biru, hijau, dll.. Ane saranin sih warna-warna yang kalem, ini sengaja ane tes warna merah (biar nge-game makin seger ).. Tapi rencana pengen ane ganti jadi yang kalem nanti,,
Harga per bohlam cuma 7 ribu rupiah. Banyak yang jual di toko-toko listrik..

Spoiler for bahan 2

3. Rumah lampu, atau agan biasa nyebutnya apa ya? Pokoknya buat tempat lampunya gan.. pake yang kecil aja, n yang biasa ditempel di atap/plafon.. ane beli yang kecil, cuma 3 ribu rupiah.
Spoiler for bahan 3

4. Tang potong, gunting, obeng, dan solasi.. ane lupa foto solasinya disini..
Spoiler for bahan 4

Ok, semua bahan-bahan sudah siap, sekarang tinggal step-stepnya gan... :


LANGKAH-LANGKAH PEMASANGAN

Quote:1. Potong kabel sesuai perkiraan agan, mulai dari sumber listrik sampe ke belakang monitor PC.. bisa dibikin satu lampu atau dua lampu (atau lebih lagi) sesuai selera dan kebutuhan.. abis itu pasang ujung masing-masing kabel ke rumah lampu sampe hasilnya kaya dibawah ini.. oia alat yang dipake udah jelas pake gunting n obeng ya.. jangan lupa solasi kalo butuh sambung menyambung kabel.. ane anggap semua orang pasti bisa lah masang beginian..
Spoiler for cara 1

2. Kalo udah jadi, bisa ente tes dulu.. coba pasang lampu di rumahnya, buat ngecek udah bener blom arus listrik yang masuk..
Spoiler for cek lampu
Naahh, karena ane pake 2 monitor, jadi ane pake dua lampu.. yaudah deh ane bikin cabang di kabelnya, buat ngalirin listrik ke rumah lampu yang satunya lagi.. jadinya kaya begini..
Spoiler for cek 2

3. Kalo udah nyala semua lampu, baru ente pasang ke belakang monitor PC agan.. kalo bisa pasangnya tepat di belakang monitor gan.. ini juga tergantung tinggi monitornya, buat yang monitor 15 inch keatas, mending pake dudukan lagi kaya ane.. dudukannya terserah, bisa kotak jam, atau kerdus kecil, disesuaikan aja gan posisinya..

Langsung aja dah cek penampakan di monitor ane.. (maaf ya gan kalo berantakan..)



SEBELUM
Spoiler for penampakan sebelum


LOKASI PENEMPATAN LAMPU
Spoiler for lokasi



Setelah itu matikan lampu kamar agan, dan nyalakan lampu ajaib tsb...

SETELAH
Spoiler for penampakan setelah







Quote:Gimana gan? gak jauh beda lah sama monitor-monitor keren diatas tadi.. hehe..

Cara ini bisa agan modifikasi lagi, mau ditambahin lampu, atau kualitas lampunya dinaikin lagi (lampu yang mahal maksudnya )

Ngga kepatok sama yang ane sampein diatas..



UPDATE !!!

LAMPU ANE GANTI JADI WARNA BIRU


Penampakan Backlight warna BIRU

Spoiler for Biru







Caranya ????

Tinggal ganti lampunya aja gan...
Spoiler for ganti lampu


Quote:Sekian tutor sederhana dari ane, yang mau bikin ruangan komputernya jadi lebih cool

Kurang lebihnya mohon maaf ya gan.. namanya juga sharing.. Kalo dibilang beda sama gambar yang pertama tadi, ya maklum gan.. namanya juga PAKET EKONOMIS...

Kalo ada yang mau nambahain monggo silahkan..



Akhir kata, selamat mencoba.. dan jangan lupa di-RATE ya gan..
Sukur-sukur ada yang ngasih cendol...



Quote:Oia, kalo ada yang penasaran versi HIGH END, bisa mampir dimari gan..
KLIK1

KLIK2

Harganya gan..
Spoiler for Harga HIGH END

Link nya..
KLIK3



AGAN-AGAN YANG UDAH PASANG, TAPI DENGAN MODIFIKASI YANG LEBIH MANTAABBB...

Spoiler for MODIFIKASI
Quote:Original Posted By ibnu.amirudin â–º
ini kayak lampu di etalase counter2 hp or etalase parfum refil gan



atau bisa juga pake lampu aquarium gan




Quote:Original Posted By ibnu.amirudin â–º


wah ane kagak tau harganya gan..mungkin kaskuser disini yang uda pernah beli buat usahanya bisa share dimari gan



aslinya bagus gan,.,ijonya kliatan banget,,tapi klo di photo jadi butek,,.hehehe


Quote:Original Posted By Dimas CooL â–º
Ane jadi terinspirasi ma agan, tapi ane pake lampu akuarium hemat listrik cuma 5 watt aja

penampakannya nih gan
Spoiler for Gambar

Cek kolor yaa gan

Quote:Original Posted By vitisvinivera â–º
numpang share punya ane gan
punya ane kombinasi sama sensor dark light, jadi saat keadaan gelap, biasnya nyala otomatis #projectDIY
Spoiler for bias backlight
Spoiler for bias backlight




Quote:Original Posted By vitisvinivera â–º


caranya banyak di mbah toogle gan, nyari skemanya sensornya yang sederhana aja How To Make A Dark Sensor


gak habis banyak buatnya gan, kira kira 50an dah komponen sama beli led stripnya tapi ini pake 12v DC gan, jadi harus pake adapter ato bikin sendiri, atau yang paling mudah tinggal beli driver buat led tapi agak mahal sih




Quote:Original Posted By aldo224 â–º
Ane juga nih gan, barusan ane liat trit ente , eh langsung keinget lampu tidur ane , ane taro aja dibelakang laptop bagus juga

kalo ane lebih murah , harga nya cuma Rp.6500

Spoiler for Foto
Spoiler for Lagi
Spoiler for Alatnya
Itu lampunya bisa dibeli ditoko2 listrik gitu yaa mau merah,biru atau yang lain
Taro pageone ya gan

Quote:Original Posted By ramdandelion â–º


ane jg pake gan
pekiwan

Quote:Original Posted By rayavexed â–º
akhirnya ane praktekin juga gan...

dan emang mantep bangat dah hasilnya,
berhubung di toko dkt tmpt ane ga ada yg merk philips,
ada nya merk lain (lupa) lampu pijar harga nya 3000 perak gan

Spoiler for hasil
Spoiler for hasil

Spoiler for behind the screen

thanks gan..
pajang pejwan klo berkenan

Quote:Original Posted By sherz â–º
gw terinspirasi nih sama agan

tapi gw pake lampu LED strip yang meteran, biar gak ribet

Spoiler for mejeng dikit joss


Thank you buat sharing-nya gan..

Makasih juga agan-agan yang udah ngasih cendol
Spoiler for Cendol


Sumber 1
Sumber 2

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/530e1a32fcca17892c000369

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger