Home » » Fakta Jual-Beli Organ Tubuh Manusia di Pasar Gelap

Fakta Jual-Beli Organ Tubuh Manusia di Pasar Gelap

Quote:
Bismillahirahmanirrahim
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang


Image courtesy of spectrum.ieee.org

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saat ini ketika kita sedang ngaskus dengan santai
dan dalam kondisi tubuh yang sehat, jutaan manusia di seluruh dunia tergeletak sakit tak berdaya. Sebagian dari mereka tergeletak di rumah sakit dan sebagiannya lagi tergeletak di rumah karena tiada memiliki cukup biaya. Sebagian dari mereka menderita penyakit yang ringan ataupun sedang dan sebagian yang lainnya menderita penyakit yang kronis. Salah satu opsi medis untuk penderita penyakit kronis adalah melakukan proses transplantasi organ tubuh atau dalam kata lain organ tubuh milik orang lain dipasangkan pada tubuh penderita penyakit kronis untuk mengganti organ tubuhnya yang rusak.


Image courtesy of scottmtalbot.com

Harga organ tubuh yang dibutuhkan oleh penderita penyakit berat ataupun korban kecelakaan harganya bervariasi, dari jutaan hingga milyaran rupiah. Sangat terbatasnya jumlah pendonor legal dan juga mahalnya harga organ tubuh tertentu seperti ginjal, jantung dan paru-paru membuat sebagian orang mencari alternatif lain, yaitu black market atau pasar gelap. Stok organ tubuh lebih banyak dan harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah ketimbang harga yang didapat dari proses pembelian organ tubuh legal. Dan yang namanya pasar gelap apapun jenis barang yang dijual, selalu saja identik dengan tindakan ilegal, pelanggaran hukum dan kriminalitas. Organ trafficking atau pencurian organ tubuh adalah kriminalitas yang terkait dengan jual-beli organ tubuh di pasar gelap dengan keuntungan jutaan dolar.

Quote:
Dalam thread ini akan ditemukan perpaduan ilmu pengetahuan sosial, biologi, ekonomi dan hikmah.

Quote:
Anatomi Bagan Tubuh dari Manusia
Karya Alvin Davidson | Tahun 1908


Image courtesy of newportri.com

Terjemahan digram anatomi tubuh di atas:
a. limpa; b. jantung; d. diafrakma; e. liver; g. paru-paru; h. perut; i. usus besar; j. usus kecil;




BERIKUT INI HARGA ORGAN TUBUH MANUSIA DI PASAR GELAP
Quote:
Sepasang Bola Mata: $1,525 (± 18 Juta Rupiah)


Ilustrasi bola mata | Image courtesy of mikalatos.com

Quote:
Pada bulan Agustus 2013 yang lalu di kawasan Fenxi, China Utara, seorang bocah bernama Guo Bin yang berusia 6 tahun sempat hilang diculik. Guo Bin akhirnya ditemukan dalam keadaan kedua bola matanya hilang, dicongkel oleh penculiknya untuk dijual. Pelakunya adalah bibinya sendiri. Edan!

Quote:
Kulit Kepala: $607 (± 7 Juta Rupiah)


Ilustrasi kulit kelapa | Image courtesy of thed3vil.deviantart.com
Quote:
Tengkorak dengan Gigi: $1,200 (± 14 Juta Rupiah)


Ilustrasi tengkorak dengan gigi| Image courtesy of hesslewoodlodge.com
Quote:
Pundak: $500 (± 6 Juta Rupiah)


Ilustrasi pundak| Image courtesy of phoenixshoulderandknee.com
Quote:
Arteri Koroner: $1,525 (± 18 Juta Rupiah)


Ilustrasi penampang arteri| Image courtesy of drbenzur.com
Quote:
Jantung: $119,000 (± 1,4 Milyar Rupiah)

Harga legal organ jantung £642,000 (± 12 Milyar Rupiah)


Ilustrasi Jantung| Image courtesy of gizmag.com
Quote:
Liver: $157,000 (± 1,8 Milyar Rupiah)

Harga legal organ liver £360,000 (± 6,9 Milyar Rupiah)


Ilustrasi Liver | Image courtesy of warren-whitfield-blog.org.za

Quote:
Salah satu sumber utama pasokan organ liver di pasar gelap adalah dari organ tahanan di China yang dieksekusi. Selain itu juga didapatkan dari broker yang mencari penjual liver di kawasan kumuh di Filipina. Banyak dari mereka yang terpaksa menjual organ tubuhnya akibat himpitan ekonomi.

Quote:
Tangan dan Lengan Bawah: $385 (± 4,5 Juta Rupiah)


Ilustrasi penampang lengan bawah| Image courtesy of saveyourself.ca
Quote:
Darah per setengah liter: US $337 (± 4 Juta Rupiah)
India $25 (± 300 Ribu Rupiah)


Ilustrasi kantong-kantong darah| Image courtesy of .donateblood.com.au

Quote:
Salah satu sumber para penjual darah di pasar gelap untuk mendapatkan suplai darah adalah dengan melakukan tindak kriminal yang diistilahkan dengan blood farming, dimana pelaku menculik orang untuk diambil darahnya secara paksa. Di India pernah terungkap kasus penculikan seorang petani oleh karyawan rumah sakit tempat dia berobat. Saat diculik itulah darahnya diambil paksa.
Quote:
Pertanyaan: Koq pasien musti bayar ke PMI kalau butuh darah, padahal kita khan donor darahnya secara ikhlas dan gratis? Jawaban: Sebenarnya darah yang di transfusikan ke kita itu GRATIS. Yang kita bayar adalah Biaya Penggantian Pengelolaan Darah, atau disingkat BPPD. Karna proses dan alat-alat penunjang untuk menjaga darah tetap dalam kondisi yang baik juga membutuhkan biaya.

Quote:
Limpa: $508 (± 6 Juta Rupiah)


Ilustrasi letak limpa| Image courtesy of tcmdiscovery.com
Quote:
Perut: $508 (± 6 Juta Rupiah)


Ilustrasi letak perut| Image courtesy of bupa.co.uk
Quote:
Usus Kecil: $2,519 (± 30 Juta Rupiah)


Ilustrasi letak usus kecil| Image courtesy of webmd.com
Quote:
Ginjal: US $262,000 (± 3 Milyar Rupiah)
India £9,750 (± 188 Juta Rupiah) â€" China £40,000 (± 770 Juta Rupiah)

Harga legal organ ginjal: lebih mahal dari jantung dan liver


Ilustrasi Ginjal| Image courtesy of huffingtonpost.com

Quote:
Di negara Iran, praktek jual salah satu ginjal dalam rangka mencari keuntungan adalah suatu yang legal dan diatur melalui regulasi pemerintah. Iran adalah satu-satunya negara yang melegalkan praktek jual organ tubuh untuk tujuan profit. Hanya berlaku untuk sesama warga negara Iran saja.

Quote:
Kantong Empedu: $1,219 (± 14 Juta Rupiah)


Ilustrasi letak kantong empedu| Image courtesy of webmd.com
Quote:
Pankreas: Singapore $140,000 (± 1,6 Milyar Rupiah)


Ilustrasi tumor pada pankreas| Image courtesy of .homeouniverse.com
Quote:
Kulit: $10 (± 118 Ribu Rupiah) per inchi persegi


Ilustrasi tekstur kulit manusia| Image courtesy of mayang.com

Quote:
Seluruh organ tubuh manusia usia dewasa yang berfungsi secara normal, apalabila dijual secara ilegal akan bernilai kurang lebih 6,5 Milyar Rupiah. Secara legal jauh lebih mahal lagi.


BERBAGAI FAKTA TENTANG JUAL BELI ORGAN TUBUH MANUSIA
Quote:
Jutaan orang di dunia menantikan transplantasi organ tubuh


Ilustrasi paramedis membawa organ tubuh | Image courtesy of america.aljazeera.com

Saat ini di Amerika saja, sekitar 113.000 orang sedang menantikan proses transplantasi organ tubuh. Sebanyak 14.144 organ tubuh didonasikan selama tahun 2011. Setiap harinya rata-rata 79 orang menjalani proses transplantasi organ tubuh di Amerika. Rata-rata 18 orang meninggal setiap harinya ketika sedang proses menunggu terjadi proses transplantasi organ tubuh. Rata-rata setiap 10 menit ada 1 orang yang mendaftar pada daftar tunggu transplantasi organ tubuh. Meskipun 1 juta orang lebih telah mendaftarkan diri sebagai donor organ tubuh, namun itu belumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan transplantasi. Organ-organ tubuh dari seorang pendonor kondisi normal dan sehat dapat menyelamatkan 8 jiwa.

Quote:
Sains, kedokteran dan riset selalu membutuhkan bahan praktek


Image courtesy of careerwithonlinedegrees.com

Selama tahun 2011 saja, 11.000 tubuh manusia didonasikan untuk riset penelitian dan media ajar di sekolah-sekolah kedokteran. Pada tahun 2010, di bandara Little Rock National Airport yang berada di Arkansas, karyawan maskapai penerbangan Southwest Airlines menemukan 3 kotak kargo yang berisi 45 kepala manusia. Sempat menghebohkan dikarenakan kotak kargo yang ada tanpa label, ternyata kepala-kepala manusia tersebut untuk keperluan penelitian di laboratorium medis di kota Forth Worth, Texas.

Quote:
Organ tubuh yang dapat didonasikan dan prosedur transplantasi


Ilustrasi paru-paru yang akan ditransplantasi|Image courtesy of america.aljazeera.com

Proses pengambilan organ tubuh dari donor dapat dilakukan dalam dua kondisi: ketika donor masih hidup dan ketika sudah meninggal. jaringan tubuh dan darah dapat disimpan di bank darah ataupun bank jaringan tubuh, sedangkan organ yang lain harus segera ditransplantasikan dalam hitungan jam pasca dikeluarkan dari tubuh donor. Berikut ini pembagian organ tubuh terkait waktu pengambilannya:

Kondisi Donor Organ Meninggal

Organ: Jantung, Usus, Ginjal, Pankreas, Liver, Paru-Paru. Jaringan: pembuluh darah, katup jantung,
tulang rawan, tendon dan ligamen, lornea mata, telinga bagian dalam, kulit, tulang.

Kondisi Donor Organ Masih Hidup

Organ: Ginjal dan sebagian bagian dari liver, pankreas, paru-paru, usus. Jaringan: mata, kulit.
Sel Induk: sumsum, perifer sel induk darah, darah dan trombosit.



Berapa Lama Organ Dapat Bertahan?

Mencocokan organ tubuh dengan penerima harus dilakukan secara cepat. Tidak hanya terkait masalah kesehatan dari penerima organ, namun juga harus diketahui bahwa beberapa organ yang ada harus ditransplantasikan dalam waktu yang singkat agar organ-organ tersebut dapat digunakan dengan baik. Sebagai contoh organ jantung hanya dapat bertahan 4-6 jam pasca dikeluarkan dari tubuh donor, paru-paru dapat bertahan 4-6 jam, ginjal dapat bertahan 36-48 jam, liver dapat bertahan 12-15 jam.



Prosedur Transplantasi Organ Tubuh

(1). Ketika seorang yang terdaftar sebagai donor meninggal dunia, pihak rumah sakit akan menghubungi institusi yang menangani donor organ secara resmi. (2). Institusi yang menangani donor organ akan menyimpan organ yang telah dikeluarkan dari tubuh donor dan akan diberi peralatan penunjang untuk menjaga kondisi organ sebaik mungkin. (3). Institusi yang menangani donor organ akan mengatur jadwal operasi dan tim operasi transplantasi terkait serta pasien yang telah memasuki urutan untuk mendapatkan tindakan transplantasi. (4). Transplantasi dilakukan dan diharapkan organ yang dicangkokkan dapat diterima oleh sistem tubuh penerima dengan baik. (5). Penerima donor organ melalui proses pengobatan dan penyembuhan serta senantiasa berusaha untuk menjaga kesehatan dirinya.

Quote:
Transaksi ilegal jual-beli organ tubuh manusia di black market


Image courtesy of niftycandy.com

Di pasar gelap, berbagai kebutuhan akan bagian tubuh manusia bisa didapatkan melalui broker. Mulai jantung, paru-paru, ginjal, mata, tulang, darah dan lain sebagainya dijual dengan harga jauh lebih murah dari harga melalui jalur yang legal. Salah satu contoh jalur pasar gelap mendapatkan organ tubuh secara ilegal adalah melalui jasa rumah pemakaman. Broker pasar gelap akan mengajak orang dalam dari rumah pemakaman untuk menyediakan organ tubuh yang dibutuhkan dan akan dibeli dengan harga yang telah disepakati. Setelah organ tubuh jenazah dicuri, kemudian tubuh jenazah yang ada akan dijahit kembali untuk mengaburkan tindakan kriminal yang ada. Setelah tubuh jenazah dikremasi, hanya abu yang akan dikembalikan kepada keluarga si jenazah, yang sebenarnya beberapa organ tubuhnya telah raib dicuri.



Selain melalui jalur pencurian organ melalui rumah jasa pemakaman, berbagai cara lain ditempuh para penyedia organ tubuh di pasar gelap, yang mudah adalah membeli organ tubuh dari orang-orang miskin yang membutuhkan uang. Semisal mereka yang menjual salah satu ginjalnya akan mendapatkan uang belasan hingga puluhan juta rupiah, sedangkan ginjal tersebut akan dijual kembali dengan harga hingga milyaran. Sedangkan cara lain yang yang mengerikan adalah dalam bentuk organ trafficking, yaitu menculik orang untuk diambil organ tubuhnya. Korban pencurian organ tubuh ada yang sekedar dicuri salah satu bagian organ tubuhnya, lalu dibiarkan tergeletak dan tersadar dengan badan sudah dengan bekas jahitan, ada pula yang dibunuh untuk diambil beberapa organ tubuhnya. Pembunuhan yang dilakukan untuk mendapatkan organ tubuh manusia banyak terjadi di negara-negara miskin dan negara berkembang seperti halnya Moldova, China, Filipina, Pakistan, India dan beberapa negara di Amerika Latin.



Jadi dari sekian banyak orang yang sukses menjalani proses transplantasi organ tubuh mungkin tidak mengetahui bahwa organ tubuh yang mereka dapatkan adalah dari hasil pencurian dan bahkan pembunuhan. Satu orang terbunuh di suatu tempat dan satu orang ditempat lain melanjutkan hidup.



Sebagian tindak kriminal human trafficking banyak yang berakhir pada tindak organ trafficking. Dan kebanyakan yang menjadi korban adalah mereka yang dalam kondisi ekonomi yang serba kekurangan. Bahkan di negara 'keras' seperti Meksiko, kartel kejahatan tega menculik dan membunuh anak-anak untuk dijual organ tubuhnya di pasar gelap. Sungguh sangat mengerikan tindak kejahatan organ trafficking.

Quote:
Ginjal adalah organ tubuh yang paling banyak dibutuhkan


Image courtesy of organdonation.my

Ginjal adalah organ tubuh yang paling mahal, baik yang diperoleh secara legal maupun ilegal. Di Amerika Serikat sendiri, lebih dari 80% prosentase permintaan organ tubuh adalah untuk ginjal. Hukum ekonomi akhirnya berlaku, permintaan banyak dan suplai barang sedikit, otomatis harganya menjadi melambung tinggi. Di negara-negara yang konsumsi masyarakatnya atas minum keras memiliki volume yang tinggi, maka disitu akan ditemukan tingginya jumlah pasien yang bermasalah dengan kerusakan ginjal. Konsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang juga rentan akan kerusakan liver. Cuci darah rutin adalah momok menakutkan bagi penderita kerusakan ginjal, karena biayanya sangatlah mahal. Sehingga tidak mengherankan organ ginjal merupakan target utama pelaku pencurian organ tubuh diberbagai negara.


THREAD BERSAMBUNG DI BAWAH INI, LANJUTKAN!

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/540b9b4a98e31bec628b4568

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)