Home » » Hal-Hal Gak Umum yang Bisa Agan Lakukan dengan Ms. Power Point

Hal-Hal Gak Umum yang Bisa Agan Lakukan dengan Ms. Power Point





Ane sangat berterima kasih bagi agan yang mau memberi cendol.
Ane tidak bisa memaksa agan untuk tidak memberi bata, hanya tolong cantumkan komentar yang membuat ane mengerti mana yang salah.


Spoiler for Cerpen : Antara Aku, Kamu, dan PPT

Alkisah... Ada segerombolan anak manusia yang sedang membahas tugas kuliahnya. Jadwal yang mepet membuat muka mereka terlihat amat serius. Tak ada senyum terpanjar dari wajah-wajah mereka.

"Sudah paham kan tugas masing-masing?" kata ketua kelompok yang baru saja membagi tugas masing-masing kelompoknya. Besok mereka presentasi, sedangkan tugas yang satu minggu yang lalu diberikan oleh dosen baru akan dikerjakan hari ini. Budaya di negeri ini memang sudah mengakar kuat. Ngaret.

Anggota pun menganggukkan kepala.

"Jadi siapa yang mau membuat Power Pointnya?" lanjut sang ketua.

Suasana pun hening. Masing-masing mencoba menaruh ekspresi yang tepat agar tidak ditunjuk oleh ketua kelompok. Ada yang menunduk. Ada yang memainkan hapenya. Ada yang melihat-lihat buku. Satu yang ada di hati mereka, "Aku gak mau..."

"Farid ya... Kamu yang buat PPT!" perintah ketua.

"Wah... Aku ada latihan fulsal sama temen-temen." Ia tidak berbohong. Farid memang akan latihan futsal. Tapi besok sore sepulang kuliah. Bukan hari ini.

"Kalau kamu Ario?"

"Aku gak bisa buat PPT Fid." ujar Ario kepada Hafid sang ketua. Padahal di laptopnya sudah ada tiga buah PPT yang ia buat sendiri sewaktu tingat satu kemarin. Karena terpaksa tentunya. "Rezha aja... Dia kan jago tuh buat PPT."

"Aku ada rapat BEM nanti malam. Maaf ya gak bisa. Kalau gak ada rapat pasti aku mau." bela Rezha. Ia sudah merasa aman dengan alasan mantabnya.

"Elsha?" lanjud Hafid yang dibalas gelengan kepala penuh memelas oleh Elsha. Mungkin kalau tak ada orang disana ia akan tumpahkan tangisannya.

Aksi tunjuk-menunjuk pun terjadi. Suasana yang tadinya hening berubah riuh. Waktu pun hanya dihabiskan dengan hal yang sebenarnya tak perlu. Akhirnya si Faruq yang hanya kalem-kalem saja di tunjuk oleh mayoritas.

"Tapi kalau jelek jangan salahkan aku ya?"

"Ya..." suara pun kompak.

Esok hari pun tiba. Faruq yang memaksakan tubuhnya mendadak sakit. Kalau hari biasa mungkin akan dia paksakan untuk masuk kuliah. Tapi hari ini adalah hari spesial. Ia dengan yakin memutuskan untuk tidak masuk.

"Waduh... Gimana donk presentasi kita?" ucap Hafid yang baru saja ditelepon Faruq.

"Kalau mau tugasnya kesini aja Fid. Tapi baru selesai setengah."

"Kosanmu kan jauh. Kalau tadi subuh kamu beri tahu mungkin masih sempat." keluh Hafid yang mulai cemas.

"Kalau tadi subuh baru seper sepuluhnya Fid." timpal Faruq.

"Hah... Sudahlah gak apa-apa. Gak usah. Masih setengah juga kan." kata Hafid sambil menghela nafas panjang.

"Serius nih gak apa-apa?"

Dengan nafas yang lebih panjang Hafid menjawab "Iya. Mau gimana lagi."

"Coba aku aja yang ngerjain kemarin" nggremeng Hafid sambil menutup telepon.

Kelompok mereka akhirnya pasrah dengan kenyataan. Jika 3 kelompok yang di panggil Pak Yosep hari ini untuk presentasi salah satunya adalah mereka, maka habislah sudah. Nilai minimumlah yang akan mejeng di kertas penilaian. Jika kau bertanya siapa yang paling kencang doanya agar tidak ditunjuk kedepan, maka merekalah orangnya kawan. Entah bagaimana cara mengubah kebiasaan bangsa ini. Bangsa Karet.


Begitulah kira-kira kejadian yang saya cermati selama menjadi mahasiswa. Kalau ada yang ahli buat PPT tentu akan beda cerita.


Kira-kira apa yang bisa kita lakuin di aplikasi Ms. Power Point? Buat presentasi? Yap... Itu sudah pasti. Ada yang lain?

Nih... Ternyata PPT gak cuma bisa bikin presentasi doang lho. Ada yang nyangka gak kalau PPT yang selama ini bikin kita jenuh, jengkel, muak gara-gara selalu berhubungan dengan tugas bisa dibuat Fun? Dibuat game misal? Atau yang lain? Gak ada ya?

Nah... Gara-gara keseringan membuat PPT saya mencoba bereksperimen nih dengan aplikasi yang amat dekat dengan pelajar dan mahasiswa ini. Mencoba mempelajarinya lebih lanjut, mencoba-coba fitur baru, dan mengamati PPT yang dibuat oleh tim PPT Heaven, PPT Expert, dll, akhirnya saya menumukan hal baru yang bagi saya ini seru.

Saya akan mencoba memjabarkan beberapa hal yang bisa dilakukan di Ms. Power Point ini.

Quote:Quote:1. Membuat Gambar
Quote:Hmmm..... Ada yang percaya kalau saya bilang bahwa Aplikasi Power Point bisa lebih diandalkan daripada Aplikasi Paint dalam hal menggambar? Hmmm... Masih ragu ya sob... Coba lihat gambar di bawah ini...

Perkenalkan gundam ane nih... Dari komponen Gundam Freedom, Arios, Virtue, dan Axia... Jadi deh nama Frios Virxia... BS itu inisial ane, 92 itu taun lahir ane

Jujur aja ya. Ane buta banget dengan Photo Shop, Corel Draw, atau apalah yang lain. Jadi gambar ini murni saya buat di Ms. Power Point. Yang dibutuhkan cuma permainan Shape dan Warna.

Awalnya begini nih...


Download PPTnya DI SINI

Mungkin sebagian teman-teman ada yang belum tahu kalau shape yang awalnya berbentuk kotak, segitiga, atau bundar itu bisa kita bentuk sesuka hati kita. Caranya gimana? Caranya yaitu menggunakan fasilitas edit point yang tersimpan di menu format - edit shape - edit point. Sisanya? Kreativitas masing-masinglah...

Fitur lain yang diperlukan :
a. Grouping
Untuk menyatukan komponen gambar. Antara satu shape dengan shape lain.
b. Bring to front/Bring to behind
Untuk menentukan posisi suatu shape terhadap shape lain.
c. Format shape
untuk mengatur gradasi warna. Agar tampilan lebih jos.

Ada lagi nih yang spesial di PPT ini. Kita tak perlu susah-susah pergi ke Photo Shop untuk meng-crop sebuah gambar yang akan kita masukkan di presentasi kita. Caranya? Double klik gambarnya, lalu pilih remove baground yang iconnya ada di paling kiri. Gunakan "Mark Areas to Remove" untuk menghilangkan unsur yang tidak kita perlukan dan "Mark Areas to Keep" untuk memasukkan yang kita inginkan. Setelah semua selessai, tinggal kita simpan gambar denagn memilih klik kanan - "Save as picture". Ada berbagai pilihan jenis format grafik. Jpg, Png, Gif, dll.

Quote:2. Membuat Animasi
Quote:Tak hanya bisa digunakan untuk menggambar, Ms. Power Point juga bisa digunakan untuk membuat film animasi ringan, bahkan jika kamu adalah penggambar yang handal, kamu bisa membuat sesuatu yang lebih dari sekedar animasi ringan. Fitur yang banyak digunakan di sini adalah yang pasti fitur Animation. Gabungan antara Entrance, Emphasis, Motion dan Exit bisa menjadi hal yang luar biasa.



Ini adalah sebuah film sederhana yang dibuat menggunakan PPT yang dibuat oleh Tim PPT Heaven. Download PPTnya DI SINI

Untuk membuat agar PPT kita bisa berjalan sendiri tanpa menggunakan perintah click maka yang perlu diperhatikan adalah mengubah setting animation untuk berjalan otomatis. Caranya adalah dengan memilih "Start after previous" yang ada di menu animation.

Selain itu perpindahan dari slide satu ke slide lain juga harus diatur otomatis agar kesan sebuah film tampak jelas. Caranya adalah centang kolom "After" yang ada di menu "Transition" dan hapus centangan yang ada di kolom "On Mouse click". PPT kamu pun akan berpintah slide secara sendirinya. Sekali lagi faktor kreativitas yang menentukan bagus tidaknya Film Animasi yang kamu buat.

Quote:3. Membuat Game

Quote:Fitur-fitur di PPT juga memungkinkan untuk membuat sebuah game. Game tembak, game misteri, game teka-teki, labirin, quis, dll bisa dibuat di aplikasi presentasi ini. Di dalam game PPT, hal yang paling sering digunakan adalah fitur trigger dan hyperlink selain Animation tentunya.

Penjabaran tentang poin ini akan dikupas tuntas di thread "Game Yang Bisa Kamu Buat Di Ms. Power Point"

Quote:4. Membuat Soal

Quote:Bagi guru, fasilitas ini amat membantu siswa dalam berlatih soal. Pasalnya dengan scrip sederhana macros yang ada di PPT, kita mampu membuat kuis yang skornya akan terlihat di akhir slide. Jumlah betul, jumlah salah, dan total nilai dapat ditampakkan sesuai keinginan dengan jelas dan akurat.

Contoh PPTnya dapat didownload DI SINI

Mudah kan?

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53e658115074108f168b4603

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)