Home » » Hal-Hal Konyol yang Akan Menginspirasi Lo Saat Menulis Cerita Misteri

Hal-Hal Konyol yang Akan Menginspirasi Lo Saat Menulis Cerita Misteri

Artikel ini juga di posting di www.radenmasbaron.com





Quote:Akhir-akhir ini penulis mempunyai hobby baru. Menulis cerita misteri, pure cerita misteri tanpa 'esek-esek' ato 'kentaki fried chicken' yang isinya paha dada paha dada. Asli misteri yang di tulis based true story maupun Amazing Fiksi. Menjadi penulis misteri di indonesia itu sebenernya mudah banget. Karena Indonesia mempunyai species hantu yang cukup Beragam. Mulai dari Pocong, Kuntilanak, Genderuwo, Jenglot, Wewe gombel, sundel bolong, tuyul, kuyang, kemamang, Ndas Plecek, dan amsih banyak lagi. Dan aktivitas hantu-hantu di indonesia juga cukup nyentrik, kerjaan mereka udah bukan-semata-mata nakut-nakutin orang lagi. Seperti yang kita tahu Suster Ngesot, abis ngesot trus dia gerah jadinya Suster Keramas. Ada juga Pocong minta kimpoi, ndak puas hanya minta kimpoi dia mulai nyobain tawuran...pocong vs kuntilanak. Abis adu jotos Kuntilanak kejang-kejang, tuh ada Kuntilanak Kesurupan. Biasanya yang kita tau tuh manusia kesurupan setan. Lha ini ada setan Kesurupan... Kesurupan apa dia? kesurupan manusia??

Itu tuh yang nggak akan pernah kita ngerti dari Film-film misteri di indonesia. Setannya dah pada aneh-aneh. oleh karena itu Di himbau kepada para penulis-penulis, produser, sutradara cerita misteri berusahalah membuat cerita yang bermutu. Yang menghadirkan cerita yang terasa kental sekali mistis nya. Apa? kurang inspirasi? Yaelah katanya seniman? Masih kurang inspirasi aja? Nih Mas Baron kasih kiat-kiat apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan Inspirasi saat menulis Misteri... Cekimot!!!


Quote:1. Redupkan penerangan Rumah

Idenya saya dapat dari warung remang-remang di kawasan Payung-Batu. Yang perlu kamu tahu adalah sesuatu yang remang-remang itu di sukai orang pacaran dan hantu. Berikut ini bisa kita terapkan di dalam rumah kamu saat kamu sudah mulai menulis. Kawasan Ruang tamu, Rang kamar, Ruang keluarga, Kamar mandi sampai lampu Akuarium juga musti kamu redupin. Disamping menghemat listrik, suasana yang serba redup akan menginspirasimu kemana pun kamu berjalan ke setiap sudut rumah. Misal saat kamu ingin menulis di depan Akuarium, dengan redupnya lampu akuarium akan membuatmu berimajinasi tentang jenis hantu baru. Misalnya seperti "Hantu Ikan Mas Koki Kejepit saluran filter" Ato "Misteri mengambangnya kotoran ikan" banyak hal yang bisa kamu dapat. Kalo saya pribadi pernah mendapatkan inspirasi saat ke dapur dengan penerangan yang super redup. Mau goreng telur tapi wajan teflonnya nggak ada... Hilang... Raib... Lenyap tak berbekas!!! Apa ini?? siapa... siapa yang sudah melenyapkannya???. Langsung dah jadi sebuah cerita misteri berjudul "Misteri Hilangnya Teflon Kreditan". Seremkan?? ya walau pun besoknya saya temukan Teflonnya ada di wastafel cucian piring..."


Quote:2.Tanam Pohon kamboja dan pohon ganja di halaman

Ingat kawan... imajinasi misteri akan kita dapat jika kita berapa di dalam suasana yang menyeramkan. Kamu tau pohon kamboja? Benar sekali... Pohon yang biasa kita temukan di kuburan. Konon sejarahnya orang-orang jawa kuno mempercayai jika sebuah makam ato kuburan di beri pohon kamboja, maka roh dari jenasah itu akan senantiasa bersemayam di pohon itu. Dan kita sebagai penulis misteri memerlukan adanya pohon itu di halaman rumah kita. Untuk menciptakan aura-aura negatif, orbs-orbs yang saling beradu magis, dan raungan kepedihan saat malam mulai jauh meninggalkan senja. Itulah kenapa saya sangat menyarankan agar kamu menanam pohon kamboja yang besar di halaman rumah... Kalo pohon ganja apa hubungannya dengna pohon kamboja?? hummm... saya sih nggak tau ...cuman kadang saya berimajinasi ada kuntilanak gelandotan dipohon sambil nyimeng. itu aja... Jadi ya jejerin aja pohon kamboja ama ganja...


Quote:3. Tinggal di kawasan yang seram

Jika kamu sekarang tinggal di perumahan elit yang nyaman, deket supermarket, deket pom bensin, deket mamang-mamang jual nasi uduk, berarti saat nya buat kamu untuk pindah rumah. Cari tempat tinggal yang serem. Apa?? Bikin rumah di tengah kuburan?? Itu kurang serem!! mau yang lebih serem? Pindah rumah di sebelah rumah mantan. Menurut saya itu paling serem. Apalagi kalo mantan lagi di apelin pacar barunya, Itu moment paling serem. Jadi teori nya adalah seperti ini, saat kamu tinggal di tempat yang paling serem kamu akan tersugesti dengan banyak hal yang mengandung supranatural. Pikiranmu akan terstimulus oleh hal-hal gaib. Seketika itu otakmu akan bekerja menghasilkan pemikiran yang idealis tentang cerita horror. Caranya gampang kok, tinggal kamu cari aja kontrakan rumah yang ngeri abis. Cari rumah yang punya sejarah kelam. Yang pernah ada kejadian pembunuhan, penyiksaan, Pembantaian, Pelecehan seksual dan ... bentar-bentar... Pelecehan seksual nggak... itu lain cerita. Ehmm pokoknya cari rumah yang serem. Kaya ngontrak di rumah kentang, ngekost di gua jepang, ato tinggal di apartemen lantai 11... Tinggal di Apartemen lantai 11? apa yang bikin menakutkan? Sangat menakutkan kawan... Tinggal di apartemen lantai 11 yang mana sebenarnya Apartemen itu cuma ada 10 lantai. Nah lantai 11 itu heli pad nya, tinggal aja disitu biar di lindas helikopter. Kurang serem apa coba??


Quote:4. Kumpulkan barang-barang antik

Hobi mengoleksi barang-barang antik dan klenik membuatmu memiliki hasrat untuk terjun ke dunia spiritual. Dunia yang akan mempertemukanmu dengna banyak makhluk halus. Tak bisa di pungkiri rumah yang penuh dengan barang antik menjadi sangat mengerikan. Pernah dengar museum yang menyimpan sejarah kursi keramat?? Di eropa ada sebuah museum yang menyimpan Kursi Misterius. Konon sejak seratus tahun yang lalu Kursi itu memiliki kutukan. Siapa saja yang mendudukinya akan mati secara mengerikan. Dan ini secara kebetulah terbukti di museum itu, beberapa yang pengunjung mendudukinya menemui ajal. Hingga akhirnya kursi itu di pamerkan dengan cara di gantung, agar tidak ada yang mendudukinya. Nah tugas kamu adalah cari kursi yang kaya gitu sebanyak-banyaknya. Kalo sulit di dapatkan di pasaran ya pesen aja di tukang mebel. Pesen mejanya sekalian. Lalu pasang di ruang tamu pas hari lebaran. Dan dari sini kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis sebuah cerita misteri dengan judul "Kursi terkutuk dan meja misterius dengan toples nastar diatasnya"


Quote:5. Berbicara ala film misteri

Inspirasi bisa saja berasal dari hal yang serupa. Misal ingin membuat film horror banyakin nonton film horror. Ingin menulis cerita seram, baca novel misteri. Ingin hidup penuh dengan hal-hal misterius, maka jadilah orang yang misterius pula dalam berbuat maupun dalam berbicara. Ini mudah banget kamu lakukan meski dalam kelas saat kuliah sekalipun. Misal saat dosen sedang menerangkan dan kamu menanyakan sesuatu,

"Ibu dosen, sebenarnya apa yang di sebut proses biochemical?"

"Owh itu... biochemical adalah se..."

"Berhenti bu!!! jangan di jawab... biarkan pertanyaan itu tetap menjadi sebuah misteri..."

"oh.. i..iya..."

Anjrit... keren banget bukan? ato saat ada anak baru masuk ke kelas kamu dan mu duduk di bangku sebelahmu,

"Kosong kan ya? saya duduk disini ya..."

"Silahkan... jika kamu mau mengandung resikonya"

"Ma...maksudnya..."

"Yang memilik bangku ini sudah mati... dan yang menempati selanjutnya juga akan mati..."

Damn...!!!okey..okey... bisa juga kamu coba saat kamu njagain rental PS...

"Mas... tukar stik dong..."

"Baiklah...pakailah stik ini..."

"Kok kabelnya ada noda merahnya? kena cat ya?"

"Bukan... itu darah... kemarin ada yang gantung diri disini...pake kabel stik itu..."

bagaimana? mau mencoba dengan trik ini? hidupmu akan jadi sangat misterius dalam waktu seketika.

Demikian kawan trik-trik yang bisa saya kasih buat kalian. Bisa kalian terapkan untuk mendapatkan ide-ide yang cemerlang. By the way saya masih kepikiran ama pohon kamboja dan pohon ganja tadi. Disini ada yang mau memproduseri film "Kuntilanak Nyimeng" nggak ?

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5369f40f6b07e774318b45c8

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)