Home » » Kuliner Khas Lombok yang Patut Lo Coba

Kuliner Khas Lombok yang Patut Lo Coba




Quote:Quote:Sebuah Persembahan Untuk Tanah Kelahiran

Image courtesy of tough-eye.com
Quote:Pulau Lombok Tidak hanya identik dengan keindahan Alam dan keanekaragaman Budayanya, Pulau Lombok dengan Suku Sasaknya juga memiliki keanekaragaman Kuliner yang layak untuk dicoba. Sebagai Anak Lombok Asli yang lahir dan tumbuh besar disana, tentu saja ane bangga dengan Anugerah tersebut, Untuk turut melestarikan sekaligus memperkenalkan Kuliner tersebut, maka ane menulis thread sederhana ini supaya Kaskuser yang membacanya menjadi tahu dan tertarik untuk mencicipinya. Jika kebetulan agan/aganwati sedang berada atau merencakanan untuk berkunjung ke Pulau Lombok, jangan lupa untuk mencicipinya.
Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.




Quote:Kuliner Pedas Khas Pulau Lombok

Quote:Quote:Ares

Image courtesy of tikompedia.blogspot.com
Quote:Ini Bukanlah Salah Satu Nama Dewa Dalam Mitologi Yunani, Tapi ini adalah Kuliner Khas Pulau Lombok yang Bahan Utamanya adalah Batang Pisang Muda dan dimasak menggunakan bumbu-bumbu dan Sebagai pelengkap rasanya, makanan ini menggunakan santan dengan rasa yang gurih dan manis. Ares merupakan kuliner tradisional yang banyak dihidangkan di acara pernikahan serta acara-acara khusus lainnya. Biasanya, makanan ini disajikan dengan sepiring nasi putih yang masih hangat. Konon Katanya Kuliner ini tidak hanya ada di Pulau Lombok, di Pulau Bali pun kuliner ini juga ada, bahkan katanya cara pengolahan dan penyajiannya pun sama persis, itu bukanlah sesuatu yang aneh karena memang Lombok dan Bali itu adalah tetangga yang terpisah oleh Selat Lombok. Tidak hanya kuliner, bahkan adapt istiadatnya pun bisa dikatakan sama persis.

Quote:Quote:Pelecing Kangkung

Image courtesy of tikompedia.blogspot.com
Quote:Banyak yang bilang tidak lengkap rasanya berkunjung ke Pulau Lombok tanpa mencicipi Pelecing Kangkungnya, ungkapan itu memang benar adanya, Pelecing Kangkung memang merupakan kuliner khas Pulau Lombok yang terbuat dari Kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar plus sambal tomat. Sambal tomatnya dibuat dari rajikan cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Pelecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng ataupun urap, bisa juga ditambahkan sedikit parutan kelapa untuk menambah rasa gurih, pelecing kangkung ini paling enak dimakan dengan nasi putih yang masih hangat serta makannya beramai-ramai.

Quote:Quote:Ayam Bakar Taliwang

Image courtesy of tikompedia.blogspot.com
Quote:Kuliner yang satu ini sudah cukup terkenal di Nusantara, Ayam Bakar Taliwang konon katanya merupakan kuliner khas kerajaan, hanya pada waktu-waktu tertentu saja orang bisa mencicipinya, namun sekarang sudah banyak rumah makan yang sudah menyediakan menu yang satu ini, ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang masih muda, bisa juga menggunakan ayam pedaging, namun rasanya tidak seenak ayam kampung, ada dua jenis bumbu yang digunakan untuk hidangan ini yakni “pelecingan” dan “pelalah”. Pelecingan adalah bumbu yang agak pedas dibuat dari cabai merah dan kecil, garam, terasi dan kemiri. Sedangkan pelalah menggunakan santan dan sedikit terasi, memasaknya umumnya dengan dibakar, makanya namanya adalah Ayam bakar, namun bisa juga digoreng, tergantung selera.

Quote:Quote:Sate Bulayak

Image courtesy of tikompedia.blogspot.com
Quote:Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Hampir sama dengan lontong dan ketupat, Dalam bahasa Sasak “Bulayak” memang berarti “lontong”. Bagi beberapa orang, rasa Bulayak jauh lebih lembut dan gurih ketimbang lontong maupun ketupat. Daun aren-lah yang membuat aroma dan rasa Bulayak menjadi sedap dan membedakan dengan lontong dan ketupat. Bulayak disajikan dengan sate daging sapi atau jeroan yang dilumuri bumbu khas Sasak. Bumbunya terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, lalu direbus dengan santan dalam jumlah dominan. Setelah itu dicampur dengan bumbu-bumbu lain seperti bawang, ketumbar, jintan dan cabai. Sate yang sudah dilumuri bumbu kemudian dibakar diatas arang batok kelapa. Hmm… dari aromanya saja sudah terbayang kelezatannya.

Quote:Quote:Sate Rembige

Image courtesy of paketliburanlombok.com
Quote:Selain Sate Bulayak, Pulau Lombok juga terkenal dengan Sate Rembigenya, Dinamakan “Rembige” karena berasal dari nama sebuah desa Rembige yang berada di dekat bekas Bandara kaskusrang. Sate yang berbahan utama sapi ini rasanya sangat lezat, perpaduan antara gurih, manis dan pedas. Sejarah Sate Rembige ternyata sudah dimulai sejak jaman kerajaan. Adalah seorang keluarga Raja Pejanggik yang tinggal di Rembige dan sangat ahli membuat sate. Secara turun temurun keahlian itu diajarkan ke generasi penerusnya hingga sekarang. Kini keahlian meracik Sate Rembiga tidak hanya masalah keahlian yang turun temurun namun sudah menjadi usaha yang mengangkat perekonomian warga Rembige dan Mataram. Tak heran jika tidak hanya di Rembiga Anda bisa membeli sate ini. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sate Rembiga ini sangatlah sederhana dan mudah untuk dicari yaitu cabe rawit, terasi, bawang putih, garam, gula dan tentu saja daging sapi. Daging sate khas Rembiga ini dipotong kecil-kecil. Sebelum dimasak, dagingnya direndam dengan bumbu hingga 3 jam supaya meresap. Dengan komposisi yang pas dan kombinasi rasa yang seimbang, akan menghasilkan rasa sate yang enak walaupun racikan bumbunya sangat sederhana.

Quote:Quote:Nasi Balap Puyung

Image courtesy of lombok.panduanwisata.com
Quote:Secara tampilan, menu Nasi Balap Puyung ini tidak terlalu istimewa. Hanya berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Kekuatan makanan ini adalah terletak dari rasa pedas bumbunya yang sederhana. Sedangkan bumbu ayamnya terdiri dari cabai, bawang putih dan terasi. Untuk perbandingan, jika kita memasak 10 kg ayam, komposisi cabainya sekitar 1 kg dan sedikit bawang putih serta terasi. Pada awalnya, nasi super pedas ini bernama “Nasi Balap” saja. Dinamakan nasi balap karena konon makanan ini hanya disajikan di pelabuhan dan terminal saja. Karena dijual di tempat itu, maka penjaja-nya selalu terburu-buru melayani pembeli karena berlomba dengan laju bus dan kapal yang akan berangkat.

Quote:Quote:Beberuk Terong

Image courtesy of detik.com
Quote:Beberuk adalah lalapan khas Lombok, yang bahan dasarnya adalah irisan terong dan kacang panjang yang disiram sambal tomat. Jenis terong yang dipakai untuk Beberuk Terong adalah Terong Gelantik yang mempunyai tekstur renyah dan rasa langu tetapi tidak getir atau sepet. Cara mengolah terong menjadi Beberuk sangatlah mudah. Potong terong ungu dadu 1 cm dan potong tomat menjadi 8 bagian. Campur potongan ini dengan bumbu halus yang terdiri dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir dan garam dengan minyak jelantah atau minyak goreng. Siram bumbu ini diatas sayuran dan jangan lupa tambahkan perasan jeruk limau diatasnya. Alhasil sajian ini bercita rasa manis, pedas, asam dan segar.

Quote:Quote:Bebalung

Image courtesy of panduanwisata.com
Quote:Sekilas, kuliner yang satu ini mirip dengan soto daging atau gulai, namun Bebalung justru mempunyai makna alias arti yang berbeda dengan yang banyak dipikirkan oleh orang kebanyakan. Makanan khas Lombok ini dalam bahasa Sasak berarti “mempunyai tenaga”. Karenanya masyarakat setempat mengartikan setelah makan Bebalung akan semakin bertenaga dan menumbuhkan vitalitas. Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memiliki ciri khas tersendiri. Selain itu tambahkan sedikit garam dan asam agar masakan lebih awet. Racikan bumbu semacam ini oleh masyaralat Sasak disebut sebagai ragi rajang. Cara membuatnya pun sangat sederhana. Tulang iga atau tulang ekor sapi atau kerbau dipotong sesuai selera. Setelah dibersihkan dan direbus hingga matang dan dagingnya empuk, barulah dicampur dengan racikan bumbu yang telah dihaluskan dan ditumis. Bumbu dan bahan baku Bebalung yang telah matang ini direbus kembali sekitar 30 menit agar bumbunya meresap ke dalam daging. Penyajian Bebalung biasanya dengan mangkok dan ditaburi bawang merah goreng, paling pas disantap dengan nasi putih hangat.

Quote:Kuliner Khas Pulau Lombok Identik Dengan Pedas
Bagi yang tidak suka pedas,
Sebaiknya Jangan Jauh-jauh dari kecap manis
Tertarik Untuk Mencobanya ???

Quote:

Sumber Asli
+
Tulisan Tangan Sendiri



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/540ebb4cdc06bdc87b8b456f

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)