Home » » Bagian-Bagian yang Wajib Diperiksa Sebelum Membeli Motor Bekas

Bagian-Bagian yang Wajib Diperiksa Sebelum Membeli Motor Bekas







Spoiler for -Bukti No Repost-

Bila ada Kesamaan Atau Judul thread yang sama Maafkan ane



Quote:
Syarat Trit Dari Ane:

-Wajib Tinggalkan Jejak
-Selalu Utamakan Rate 5
-Kalo Sudah ISO Wajib Beri



Quote:Quote:

Intro


Memilih kendaraan terutama untuk motor bekas, memang bukan hal yang mudah. Sebagai pembeli sudah sewajarnya bagi Anda untuk selalu pintar-pintar memilih untuk mendapatkan kualitas barang terbaik namun dengan harga yang lumrah.

Banyak hal yang perlu dan wajib Anda periksa sebelum uang berpindah tangan kepada penjual. Teliti baik-baik sepeda motor yang hendak Anda beli. Jangan sampai Anda tertipu dengan bodi mulus, Anda langsung jatuh cinta padanya dan bergegas membelinya.
Apalagi, penjual nakal pun juga punya berbagai cara untuk menarik hati mangsanya. Kalau Anda terburu-buru, alih-alih ingin mendapatkan kualitas bagus dengan harga sepadan, yang Anda dapat bisa saja malah banyak kekurangannya. Berikut saya sajikan, yang juga dikutip dari situs resmi POLRI, tentang berbagai komponen sepeda motor bekas yang wajib diperiksa sebelum Anda sepakat membeli dari penjualnya.







Quote:Spoiler for 1
Quote:Cek Harga Pasaran
Spoiler for Ilustrasi



Di luar parts sepeda motor, yang paling penting untuk diperiksa sebelum dibeli adalah harga pasarannya. Cari sumber-sumber yang terpercaya untuk membandingkan harga yang ditawarkan penjual dengan pasaran yang beredar selama ini. Jika dirasa penawaran penjualnya terlalu tinggi, Anda sudah memiliki patokan harga yang bisa Anda jadikan untuk menawarnya.





Quote:Spoiler for 2
Quote:Cek Nomor Rangka
Spoiler for Ilustrasi



Cocokkan nomor rangka dan mesin yang ada di STNK serta BPKB. Namun, jika sudah menemukan kecocokan jangan segera percaya bahwa itu asli. Periksa kembali permukaannya dan perhatikan sekaligus identifikasi apakah ukiran tersebut adalah asli dari pabrikan dan bukan ketokan kasar.

Karena penjual atau penadah barang curian sangat lihai dalam menyamarkan atau mengganti nomor tersebut sehingga kelihatan seperti asli.

Dalam hal ini, POLRI sudah melakukan antisipasi dengan menyosialisasikan hot-line bantuan pelayanan pengecekan nomor 
polisi melalui pesan singkat.

Berikut contohnya untuk wilayah Jakarta:

Ketik: 
- Metro(spasi)nomor polisi

- contoh : Metro B8118HJ Kirim ke 1717

 

Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, Anda bisa menggunakan cara: 
- ketik : JATIM L4444LY kirim ke 1717





Quote:Spoiler for 3
Quote:Cek Fisik
Spoiler for Ilustrasi



Setelah kelengkapan di atas telah tuntas, giliran Anda untuk melakukan pengecekan pada sektor fisiknya. Cek secara teliti bagian-bagian bodi, spion, baut dan juga kenalpot. Perhatikan baik-baik adakah bagian yang cacat, atau pernah diganti dan cari tahu alasannya dari penjual mengenai perbedaan yang mencolok tersebut.

Jika Anda teliti, mungkin Anda sekaligus bisa memprediksikan jika ada kemungkinan motor pernah rusak karena mengalami kecelakaan atau karena pemilik sebelumnya yang kurang merawat motor tersebut.





Quote:Spoiler for 4
Quote:Cek Ketersedian Oli Mesin
Spoiler for Ilustrasi



Buka penampungan oli dan ukur apakah oli dalam keadaan utuh atau terlihat hampir kehabisan. Mesin yang sehat bisa dilihat dari kondisi oli tersebut. Terkadang penjual nakal punya trik untuk menyamarkan motor dagangan mereka yang mesinnya tidak sehat dan cenderung berasap, menjadi terlihat sehat tanpa asap.

Caranya adalah dengan mengurangi takaran oli dan membuatnya hampir habis, sehingga ketika motor dibunyikan beberapa saat, tidak akan pernah di temukan asap mengepul dari knalpot. Namun pembeli yang terkena jebakan tersebut, dan akhirnya mengisi lagi olinya, akan mendapati mesin yang berisik ditambah kepulan asap kenalpot yang menandakan keadaan asli mesin motornya.





Quote:Spoiler for 5
Quote:Cek Speedometer
Spoiler for Ilustrasi



Cek dengan seksama apakah ada komponen yang baru dari speedometer tersebut, atau kemungkinana adanya kerusakan dan pernah dibongkar. Selanjutnya lihat juga sudah berapa kilometer motor tersebut pernah dipakai.

Jika di atas 20.00 km, ada kemungkinan besar banyak part motor orisinal bawaan yang harus diganti. Jika Anda siap dengan hal tersebut, sebaiknya Anda juga harus siap untuk merogoh dana lebih seandainya banyak part motor belum diganti oleh pemilik sebelumnya.





Quote:Spoiler for 6
Quote:Cek Suara Mesin Motor
Spoiler for Ilustrasi



Nyalakan mesin dan dengarkan kelangsamannya. Jika belum bisa langsam pada putaran kurang dari 1500 rpm, prediksi selanjutnya mesin dalam kondisi kurang sehat. Selain itu, dengarkan juga adakah suara-suara kasar dan mengganggu dari dalam box mesin. Mesin yang sehat cenderung lebih halus dan tidak ada bunyi-bunyian aneh yang mengganggu.








Quote:Spoiler for 7
Quote:Cek Pindahan Gigi
Spoiler for Ilustrasi



Hal ini sangat berguna untuk mengecek seberapa bagus kampas koplingnya. Jika saat transisi gigi ternyata terasa kasar dan sulit, apalagi dibarengi dengan suara keras, dimungkinkan kampas kopling motor sudah mulai habis. Tidak hanya itu saja, dengarkan adakah suara mendesir saat motor dijalankan. Apabila ditemukan suara demikian, gigi primer motor telah mengalami keausan.





Quote:Spoiler for 8
Quote:Cek Rangka Dan Sasis
Spoiler for Ilustrasi



Lurus tidaknya rangka menjadi salah satu indikasi bahwa motor tersebut pernah mengalami kecelakaan atau benturan keras. Cek kelurusannya antara roda depan dan belakang dan pastikakan tidak ada kebengkokan. Cobalah untuk menjalankan motor tersebut sekitar 40 km/jam dan rem sedikit mendadak. Ulangi untuk beberapa saat untuk memastikan motor tidak sulit dikendalikan.





Quote:Spoiler for 9
Quote:Cek Kelistrikan
Spoiler for Ilustrasi



Nyalakan mesin dengan menggunakan electric starter. Jika proses menyalanya mesin cukup gampang, berarti dinamo starter dan aki motor masih cukup sehat. Selain itu jangan lupa pula untuk mengecek piranti-piranti yang lainnya seperti lampu speedometer, headlamps, lampu sein, stoplamp, dan juga klakson.





Quote:Spoiler for 10
Quote:Cek Kaki Motor
Spoiler for Ilustrasi



Bagian kaki-kaki meliputi ban, velg, poros roda, suspensi dan juga kelurusan antara roda depan dan belakang. Perhatikan dengan seksama apakah ban sudah halus ulirnya, velg roda masih lurus, suspensi masih hidup dan juga poros roda hingga tidak dirasakan goncangan.

Anda bisa mengeceknya saat motor dijalankan dan cobalah untuk melintasi teksur jalan tidak rata. Kurang enaknya kaki-kaki tersebut akan sangat terasa karena motor seolah sulit dikendalikan dan mudah oleng.

Selain itu, cek juga kelurusan roda depan dengan roda belakang. Hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tetap center. Pengecekan ini sekaligus untuk mengantisipasi jikalau motor pernah mengalami kecelakaan atau benturan keras.





Quote:Spoiler for 11
Quote:Cek Kebocoran
Spoiler for Ilustrasi



Lakukan pemanasan pada motor yang hendak Anda beli. Selanjutnya cobalah untuk menjalankannya pada jarak sekitar 500 m. Setelah mesin panas, perhatikan adakah kebocoran utamanya pada oli dan radiator jika motor tersebut menggunakan radiator.





Quote:Spoiler for Terakhir
Quote:Cek Ekselerasi
Spoiler for Ilustrasi



Bagian terakhir adalah mengecek semua komponen dan melakukan pengetesan terakahir. Dalam hal ini lakukan test drive sekali lagi dengan jarak lebih jauh. Rasakan handling, suara mesin dan kecepatan motor. Gunakan untuk sedikit berakselerasi di jalan. Selanjutnya pastikan jika Anda sudah siap ataukah belum untuk membeli motor keinginan Anda tersebut.



Quote:
Kesimpulanya

Bahwa Tingkat Kenormalan Jauh lebih besar (minimum 75%) Dibandingkan Dengan Kerusakan/Atau Kekurangannya Berarti Sepada motor "Secara De Facto" Layak kita beli. Apalagi jika penjual atau pemilik memberi sinyal kepada kita bahwa harga motor masih Bisa MIRING dan kita bisa melakukan negosiasi,kita tinggal memeriksa dan mengakurkan atau menyamakan surat surat kendaraannya yakni buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan sebagai bukti yuridis
kepemilikan sepeda motor



BONUS VIDEO
Quote:
Silahkan Disimak Baik Baik




Spoiler for Buka
MENERIMA


Yang Belom ISO Wajib
:rate

Menolak!!!


Hargailah Karya TS dengan Komen Bermutu




SUMBER
SUMBER

Rekomendasi Hot Thread





Thanks For Visiting My Thread

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54303a47c1cb1724678b456d

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)