Home » » Istilah Keuangan yang Sering Menyesatkan Kita

Istilah Keuangan yang Sering Menyesatkan Kita

hallo agan2 semua...
kali ini ane mo coba bikin trit lagi nih...
yg jelas ga akan repost deh, wong asli pikiran ane sendiri kok...hehe

ok deh, mari kita bahas gan..

Kita semua pasti sering atau seenggaknya pernah dengerlah sama istilah2 keuangan berikut :
Quote:"Uang Rokok/Terima kasih"
"Uang Harian"
"Uang ngopi"
"Uang jalan/bensin/transport"
"Uang Jajan/saku"
"dll"
bener ga..?

Iseng-iseng mikir, keknya ini yg bikin kehidupan kita / bangsa ini jadi makin surem dan malah bersifat konsumtif aka manja...
lah kok...?

Coba perhatikan deh analogi ane...

Quote:1. Uang Rokok/Terima kasih
Sering biasanya istilah ini dipake untuk memberi imbalan sekedarnya atas jasa kecil yg udah kita kasih.
seperti, nolongin kipas tetangga, nganterin temen, ato malah disuruh fotokopi sama Pak RT..hehe...
Nah biasanya kita dikasih uang rokok kan...

Efek buruknya :
  • Mental menjadi lebih rendah, karna sudah terbiasa klo disuruh, jdnya selalu minta imbalan uang rokok...
  • Karna udah ada labelnya "uang rokok", pasti kita beliin rokok deh...(buat yg ngerokok), padahal mungkin bisa kita tabung atau bisa kita belikan sesuatu yg lebih bermanfaat...


upss, gak bermaksud menyinggung karna ane juga perokok gan...

Quote:2. Uang Harian
Istilah uang harian ini biasanya kita temuin saat kita kerja, entah itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil seperti restauran, warnet dll...
nah "Uang Harian" ini sebenernya memiliki fungsi yg positif klo bener2 bisa kita menten...
Karna istilah "Uang Harian" ini dipake utk memacu kinerja karyawan yg bekerja. karna total gajinya ya termasuk "Uang Harian" ini...

Tapi klo ga bisa kita menten, ini dampak buruknya...
  • Karna namanya udah "Uang Harian", otomatis otak kita semacam terhipnotis bahwa uang ini hanya utk satu hari...bener ga..?
  • Dan pastinya kita juga akan berfikir bahwa besok akan dapet lagi kok...ya kan...?
  • mau dapetnya 20rb, 30rb, atau 50rb...pasti akan kita habiskan utk survive utk 1 hari ini...bener ga..?
    padahal itu sebagian dari gaji kita lho...
    misal, biasanya ente dapet "Uang Harian" 30rb, paling mentok bisa makan 1porsi sama ngopi2 pas istirahat kan...
    nah klo pas dapet 50rb...? belinya makin banyak atau malah ditabung...? hayooo ngaku...
  • Membuat kita gak bisa menabung...
  • Hanya mendapat gapok saja...


Quote:3. Uang Jalan/Bensin/Transport
Nah istilah ini seringnya dipake buat kurir atau supir nih...
diberikan untuk modal bensin atau transport saat mengirim/mengantar

Efek buruknya :
  • Klo agan bukan tipekal org yg jujur banget/polos, ini lah celah dan awal mulanya tindak korupsi secara tingkat kecil...
  • Seringnya minta uang bensin, tp gak pernah bener2 dibelikan semua utk bensin...ya kan...
    alasannya buat jaga-jaga, nah klo ga ada apa-apa, apa dikembalikan juga ga...? gak yakin ane...
  • Karna termasuk kategori "Uang Panas" ya hasilnya pun gak pernah bersisa ataupun malah gak berkah...
  • Selalu berkreasi dalam hal membuat alibi jika ditanya...otomatis lah...


Quote:4. Uang Jajan/Saku
Gak perlu dijelasin pasti yg masih sekolah/ngampus pasti sering dikasih sama ortunya kan...

Efek buruknya :
  • Sama seperti istilah lainnya, kita akan terhipnotis utk segera membelanjakannya utk jajan/traktir bokin (buat yg udah punya pacar)...bener ga..?
    karna kita juga akan berfikir bahwa besok juga bakal dapet lagi ini lah...
  • Seperti istilah "Uang Bensin", kita pun akan selalu berkreasi dalam hal membuat alibi jika kebablasan dalam pemakaiannya...otomatis lah...
    misal, harusnya buat fotokopi, malah buat traktir temen/pacar. nah pas ada tugas baru deh beralibi en minta lagi...
  • Buat yg masih "Jones" paling mentok abis di tempat tongkrongan entah itu diwarnet ato tempat lain...
    yah namanya jg uang jajan, ya harus dijajankan lah...hehe
    mikiiiir...???? hehe...


Sementara otak ane baru sampe situ gan mikirnya...
Mungkin ada yg mau nambahin...
Monggo aja deh...

Quote:Pesan ane :
"Hidup mendatang berdasar hidup saat ini, jadi tentukanlah hidup kita mendatang. karna hidup adalah pilihan..."

haha...

Have a nice day gan...

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54321859902cfe6e0e8b4570

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)