Home » » Kumpulan Tradisi Unik Menjelang Idul Adha di Indonesia

Kumpulan Tradisi Unik Menjelang Idul Adha di Indonesia





Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam KASKUSER semua, semoga dalam keadaan sehat semua
Selamat datang di thread sederhana ane, semoga bisa bermanfaat buat agan-agan sekalian. Selamat membaca :

Tradisi-Tradisi Unik Jelang Idul Adha di Indonesia
Quote:Perayaan Idul Adha tahun ini memang tidak serentak. Sebagian umat Islam di Indonesia ada yang sudah menggelar salat Idul Adha hari ini, misalnya anggota organisasi keagamaan Muhammadiyah dan organisasi keagamaan lainnya.

Namun sebagian besar umat baru menggelar salat Id pada Minggu (05/10), ini sesuai dengan hasil sidang isbat pemerintah serta pengikut organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU).

Namun tulisan ini tidak membahas tentang perbedaan perayaan Idul Adha, melainkan tentang tradisi-tradisi unik masyarakat Indonesia menjelang bulan haji tersebut.

Berikut ini tradisi-tradisi unik jelang Idul Adha yang ada di Indonesia:

Quote:Quote:1. Tradisi Apitan warga Semarang

Image by Merdeka.com

Menjelang Idul Adha, warga Kelurahan Sampangan, Kota Semarang, Jawa Tengah memiliki tradisi unik, yakni sedekah bumi Apitan dengan mengarak tumpeng dan hasil bumi di jalan raya. Tradisi ini berlangsung turun temurun sampai sekarang.

Tujuannya merupakan wujud ungkapan syukur kepada sang pencipta, Allah AWT atas limpahan rizki kepada warga. Bentuk syukur itu disimbolkan dengan arak-arakan hasil bumi yang disusun bertumpuk, misalnya; padi, cabe, terong, jagung, tomat dan lainnya.

Arak-arakan ini berujung di kantor kelurahan setempat. Di tempat ini prosesi tradisi Apitan selesai ditandai dengan pembacaan doa bagi keselamatan warga.

Di akhir acara, warga berebut gunungan hasil bumi yang baru saja selesai diarak. Warga percaya mendapatkan beraneka jenis hasil bumi yang baru saja diarak akan mendatangkan berkah.

Quote:Quote:2. Tradisi Manten Sapi di Pasuruan

Image by Merdeka.com

Di Pasuruan, Jawa Timur, juga ada tradisi yang tidak kalah unik. Tradisi yang sudah turun temurun digelar saban menjelang Idul Adha ini biasa dilakukan warga Desa Wates Tani, Kecamatan Grati. Warga menyebutnya "Manten Sapi" atau pengantin sapi.

Tradisi ini digelar sehari menjelang Idul Adha dan merupakan cara warga setempat untuk menghormati hewan kurban yang akan disembelih. Layaknya mantenan atau pernikahan, sapi-sapi ini akan dirias secantik mungkin.

Sapi akan dikalungi hiasan bunga tujuh rupa agar terlihat cantik atau tampan layaknya pengantin. Tubuh mereka kemudian diselubungi kain putih. Setelah prosesi menghias selesai, sapi-sapi itu diarak ratusan warga menuju masjid untuk diserahkan ke panitia kurban.

Tak lupa pula, ratusan ibu-ibu pun juga meramaikan dengan membawa peralatan rumah tangga serta bumbu untuk persiapan saat penyembelihan sapi.

Quote:Quote:3. Tradisi jemur kasur di Banyuwangi

Image by Merdeka.com

Di sebelah timur Pasuruan, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, juga ada tradisi unik jelang Idul Adha, yakni tradisi menjemur kasur. Tradisi ini digelar untuk menolak bala dan menjaga keharmonisan rumah tangga.

Tarian gandrung mengawali rangkaian tradisi jemur kasur yang setiap tahun digelar warga Desa Adat Using, Kemiren. Saban mendekati Idul Adha pada bulan Dzulhijjah warga setempat menggelar tradisi menjemur kasur secara masal.

Berbeda pada umumnya, kasur warga Using Kemiren ini seluruhnya berwarna hitam dan merah atau biasa disebut kasur gembil. Bagi warga setempat, kasur gembil mempunyai makna tersendiri, yaitu warna hitam melambangkan langgeng dan merah berarti berani.

Tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun ini selain untuk membersihkan kasur setelah selama setahun terakhir dipakai, juga untuk menghormati datangnya bulan haji.

Quote:Quote:4. Tradisi mudik warga Madura

Image by Merdeka.com

Di Madura, Jawa Timur, tradisi unik adalah mudik atau pulang kampung menjelang Idul Adha. Bagi warga Pulau Garam, tradisi mudik memang bukan saat Idul Fitri seperti warga di tempat lain, melainkan menjelang Idul Adha.

Tradisi mudik menjelang Idul Adha ini nampak di Pelabuhan Perak di Surabaya dan di Jembatan Suramadu. Warga berjubel antre menyeberang di pelabuhan dan jembatan terpanjang di Indonesia itu.

Misalnya saat libur panjang Idul Adha tahun ini. Warga Madura yang berada di Surabaya dan sekitarnya memanfaatkan dengan pulang kampung dan merayakannya bersama keluarga. Pada Kamis (02/10) malam, ratusan bikers (pengendara sepeda motor) sudah memadati Jembatan Suramadu.

Quote:Quote:5. Grebeg Gunungan rayakan Idul Adha di Yogyakarta

Image by Merdeka.com

Tradisi Grebeg Gunungan ini biasa digelar Keraton Yogyakarta setiap menjelang Idul Adha. Ritual tersebut sudah menjadi tradisi tahunan bagi kraton. Dengan dikawal prajurit dan dua ekor kuda, tiga buah gunungan grebeg diarak terlebih dahulu dari kraton melewati alun-alun utara menuju masjid.

Setelah dibacakan doa, tiga buah gunungan yang terdiri dari 1 gunungan lanang dan 2 gunungan putri tersebut diperebutkan oleh warga yang hadir. Konon katanya gunungan yang nantinya akan diperebutkan bisa mendatangkan berkah.

Adalah mbok Supiyem, warga Kota Gede yang sengaja datang ke grebeg bersama anaknya untuk mengikuti rayahan gunungan. Dia mengaku setiap tahun selalu mengikuti ritual tersebut. Namun baru kali ini dia berhasil mendapatkan berkat bantuan anaknya.

Berbeda dengan Mbok Supiyem, Nuraini, mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta yang ikut dalam rayahan mengatakan hanya sebatas ikut-ikutan saja. Dia dan dua orang temannya datang mengikuti grabeg gunungan semata-mata karena untuk mengisi liburan saja.

Quote:Nah, di atas adalah beberapa tradisi menjelang Idul Adha yang ada di Indonesia

Quote:
Spoiler for SumberSumber
Spoiler for Cek Repost
Bukti Gambar :
Quote:
Klik gambar di bawah ini untuk cek repost



Quote:

Quote:Sekian thread ane semoga bermanfaat

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/542f4bb4128b46dc468b4580

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger