Home » » Ternyata Fisika Ada di Dalam Kehidupan Kita Sehari-Hari

Ternyata Fisika Ada di Dalam Kehidupan Kita Sehari-Hari





: Fisika Dalam Kehidupan Sehari-hari!
Sebelum Lebih Jauh Lagi jangan Lupa

lalu klik emot dibawah untuk cek No Repost






Hallo Kaskuser


Kalau Mendengar kata fisika, yang ada dipikiran mungkin beragam. ada yang pusing menarik dan lain sebagainya. Kali ini saya coba ingin menjabarkan beberapa nih Bahwa fisika dapat menjelaskan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Mau tau apa aja beberpa hal itu?
Yuk Kita Langsung Ke TKP
Spoiler for TKP



Quote:
Quote: 1. mengapa Kalau Memakai Jaket Mula-mula dingin Lalu Menghangat?

Spoiler for Illustraasi
Credit to Prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Diilustrasi cukup menggapbarkan hal tersebut


Quote:
Quote: 2. kenapa Kalau Mendung Langit Berwarna Hita?

Spoiler for Ilustrasi
Credit to Prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Ilustrasi Sudah menggambarkkannya dngan jelas


Quote:
Quote: 3. bagaimana cara mengukur kecepatan pesawat?

Spoiler for Ilustrasi
Credit to Prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Tabung pitot digunakan untuk mengukur kecepatan aliran udara dengan menggunakan persamaan Bernoulli. Tabung ini memiliki dua jenis lubang. Satu lubang dihubungkan dengan pipa yang tertutup ujungnya. Udara dalam pipa tersebut menjadi diam. Lubang lainnya berisi udara yang bersentuhan dengan udara yang bergerak. Perbedaan tekanan udara dalam dua lubang tersebut bergantung pada kecepatan aliran udara relatif terhadap tabung.

Kalau kita lihat di sejumlah body pesawat kita akan amati sejumlah tabung logam yang menonjol dan menghadap ke depan. Itulah tabung pitot. Tabung tersebut digunakan untuk mengukur kecepatan aliran udara terhadap pesawat, yang artinya mengukur kecepatan pesawat terhadap bumi.


Quote:
Quote: 4. Apa Fungsi Lelukan Pada pesawat?

Spoiler for Ilustrasi
Credit to Prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:wingtip adalah lekukan pada ujung sayap pesawat. Salah satu tujuan penggunaan wingtip adalah mengurangi gaya hambat oleh pusaran udara di ujung sayap. Di ujung sayap (bidang batas antara benda padat dengan fluida) terjadi pusaran udara (vortices) yang arah alirannya mendorong sayap ke arah bawah. Ini mengakibatkan gaya angkat pada pesawat sedikit terhambat. Pusaran udara di ujung sayap dapat diperkecil dengan membuat lekukan di ujung sayap (membuat wingtip). Pengurangan gaya hambat tersebut berakibat efisiensi penggunaan bahan bakar.

Wingtip juga memberi tambahan stabilitas vertikal pada sayap. Umunya stabilitas vertikal hanya berasal dari bagian tegak di ekor pesawat. Karena posisi wingtip pada dua sayap hampir vertikal maka wingtip memberi tambahan stabilitas vertikal pada pesawat.


Quote:
Quote: 5. kenapa jendela pesawat berbentuk Oval

Spoiler for Ilusttrasi
Credti to Prof Mikarajuddin Abdullah
Quote:Awalnya jendela pesawat berbentuk segi empat, namun memilik konsentrasi stress sangat besar pada ujung-ujungya (karena runcing).

Pada akhirnya, desain jendela pesawat diubah. Tidak lagi mengandung bagian yang runcing. Dan sekarang jendela pesawat berbentuk lingkaran atau oval. Dengan dersain ini maka stress pada lubang jendela tersebar hampir merata dan tidak ada lokasi yang memiliki stress terlampau tinggi.


Quote:
Quote: 6. Berapa Kedalaman Air Yang Masih Dapat Disedot Pompa?

Spoiler for Ilustrasi
Credit to Prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Apa pun jenis pompa sedot yang kita gunakan, maka ada kedalaman maksimum air tanah yang dapat disedot. Kedalaman tersebut ditentukan oleh persamaan tekanan hidrostatik.

Prinsip kerja pompa sedot, baik pompa dragon jaman dulu maupun pompa sedot listrik merek Sanyo, Shimidzu, Hitachi, da lain-lain adalah menurunkan tekanan udara di ujung atas pipa. Ujung bawah pipa tercelup dalam air sumur. Permukaan air sumur mendapat tekanan atmosfer. Karena ruang di ujung atas pipa diturunkan tekanannya maka air terdesak dari ujung bawah pipa dan naik sepanjang pipa. Ketinggian naiknya air ditentukan oleh perbedaan tekanan atmosfer dengan tekanan di ujung atas pipa.

Kalaupun ruang di ujung atas pipa dapat dibuat vakum 100% maka ketinggian maksimum naiknya air hanya 11,2 meter. Karena pompa tidak mebuat ruang yang benar-benar vakum maka tinggi naiknya air lebih kecil dari itu. Kebanyakan pompa listrik yang dijual di pasar hanya sanggup menarik air hingga kedalaman sekitar 9 meter. Artinya, tekanan udara di ujung atas pipa sekitar 0,2 atm.

Betapa pun hebatnya pompa sedot yang kalian miliki, berapa pun daya listrik yang digunakan, tetap tidak sanggup menarik air sumur yang lebih dalam dari 11,2 meter. Kalau ada sumur yang lebih dalam, biasanya posisi pompa diturunkan sehingga jarak antara permukaan air dengan pompa sekitar 9 meter.

Untuk sumur yang lebih dalam tidak digunakan pompa sedot, tetapi pompa jet (jet pump). Prinsip kerja pompa jet berbeda dengan pompa sedot.
Su


Quote:
Quote: 7. kenapa Kalau Mengendarai Kendaraan Bermotor Dengan Kencang Lebih Cepat Habis Bensin Dibandingkan Lambat?

credit to Prof Mikrajuddin Abdullah

Spoiler for Illustraasi
Quote:Ilustrasi Sudah Cukup Menjelaskan.


Quote:
Quote: 8. Kenapa Tidur Di kasur terasa empuk?

Spoiler for Ilustrasi
Credit to prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Ilustrasi Sudah cukup Menjelaskan


Quote:
Quote: 9. Kenapa Ditikungan Ringan Rossi Menulurkan kaki?

Spoiler for Ilustrasi
Credit to prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Ilustrasi Sudah cukup Menjelaskan


Quote:
Quote: 10. Mengapa Motor Miring Di Jalan Melengkung?

Spoiler for Ilustrasi
Credit to prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Saat bergerak dan jalan melengkung motor menempuh gerak melingkar. Ketika bergerak melingkar benda merasakan gaya ke luar yang dikenal dengan gaya sentrifugal. Gaya ini akan menjungkalkan motor. Agar motor tidak terjungkal maka pengendara harus menghasilkan reaksi penyeimbang. Caranya adalah memiringkan motor.

Motor terjungkal artinya ada rotasi terhadap titik kontak ban dengan jalan ke arah luar. Gaya sentrifugal menghasilkan torka yang cenderung merotasi motor ke arah luar. Dengan memiringkan motor ke dalam maka gaya berat menghasilkan torka yang melawan torka gaya sentrifugal. Jika dua torka tersebut saling meniadakan (sama besar) maka motor stabil: tidak terjungkal (rotasi keluar) maupun tidak terjerembab ke tanah (rotasi ke dalam).

Makin besar kecepatan motor maka makin miring posisi motor tersebut. Itu sebabnya pada perlombaan MotoGP, saat berbelok motor hampir tidur di tanah (membentuk sudut yang sangat kecil).


Quote:
Quote: 11. Kenapa Kentang Goreng gosong di tepi?

Spoiler for Ilusttrasi
credit to Prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Kebanyakan kentang goreng gosong di tepi, padahal seluruh bagian permukaan kentang mendapat suhu yang sama dari minyak saat digoreng. Penyebabnya adalah perbedaan laju penguapan air di tepi dan di bagian tengah.

Ujung yang runcing mengalami laju penguapan lebih tinggi daripada ujung yang datar. Di ujung kentang, laju penguapan air mendekati tak berhingga sehingga matang dengan segera. Makin runcing ujung kentang makin gosong ujung tersebut.


Quote:
Quote: 12. Mengapa Saat Kebakaran Selalu Muncul Angin?

Spoiler for Ilustrasi
Credit to prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Petugas pemadam kebakaran kewalahan memadamkan api di lokasi kebakaran karena muncul angin kencang. Sebenarnya, secara fisika, jika terjadi kebakaran pasti muncul angin. Makin besar kebakaran maka makin besar angin yang muncul.

Ketika terjadi kebakaran, suhu udara di lokasi menjadi sangat panas sehingga udara memuai. Pemuaian menyebabkan massa jenis udara berkurang sehingga udara terdesak ke atas. Akibatnya lokasi kebakaran mengalami kekurangan udara. Maka udara yang lebih dingin dari semua sisi lokasi datang mengisi. Inilah angin yang muncul saat kebakaran.

Peristiwa ini mirip dengan angin laut di siang hari. Siang hari suhu daratan lebih tinggi daripada suhu laut. Udara di darat terdesak ke atas karena massa jenis kecil sehingga terjadi kekurangan udara di permukaan tanah. Akibatnya udara dari laut yang lebih dingin datang mengisi. Inilah angin laut.


Quote:
Quote: 13. kenapa kabel Listrik Berserabut

Spoiler for Ilustrasi
Credit to prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:Kabel yang baik adalah yang memiliki tahanan listrik sekecil mungkin. Sebab makin besar tahanan listrik maka makin besar disipasi kalor akibat adanya aliran listrik sehingga makin banyak energi listrik yang hilang. Persamaan Ohm menyatakan bahwa tahanan listrik suatu bahan berbanding lurus dengan panjang dan berbanding terbalik dengan luas penampang. Jadi, untuk memperkecil tahanan listrik kabel maka luas penampang kabel harus diperbesar.

Tapi bayangkan apabila kita memiliki kabel tembaga dengan diameter 0,5 cm (batang tembaga dengan diameter 0,5 cm). Memang tahanan listriknya kecil. Tetapi bisakah kita melekuk dengan mudah saat memasang di rumah, di gedung atau di tempat lain. Tentu tidak praktis bukan?

Cara praktis untuk membuat kabel dengan penampang besar tetapi mudah dilekukkan adalah menggunakan kabel model serabut. Kabel terdiri dari kawat-kawat kecil (ada yang serabut) yang dibungkus menjadi satu. Luas penampang satu serabut memang kecil. Tetapi luas penampang total semua serabut besar sehingga tahanan listrik kumpulan serabut menjadi kecil. Karena terbuat dari sejumlah serabut kecil maka kabel tersebut mudah dibengkokkan.


Quote:
Quote: 14. Bagaimana cara mengukur jarak planet ke bumi?

Spoiler for Ilustrasi

Credit to prof Mikrajuddin Abdullah
Quote:untuk mengukur jarak planet dari Bumi. Metode yang digunakan disebut juga metode paralax. Metode ini umumnya digunakan untuk mengukur jarak bintang dari Bumi. Mungkin ini bisa dilakukan sendiri dengan teleskop biasa dengan syarat planet yang akan diukur jaraknya dapat diamati saat Subuh dan Magrib. Selang waktu 2 pengukuran adalah 12 jam (saat bumi berotasi setengah putaran) sehingga posisi dua lokasi pengukuran adalah diametris.


Quote:
Quote: Pesan TS

Quote:Jangan terlalu menganggap fisika itu susah. karena pada dasarnya kehidupan kita tidak bisa lepas dari itu



Kalo suka timpuk ane

Klik cendol untuk memberi TS cendol
Jangan lupa

TS sangat menolak








Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/541c13ccc0cb17b9498b4568

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger