Home » » Gimana Caranya Menjadi Orang Kreatif?

Gimana Caranya Menjadi Orang Kreatif?

Semua orang ingin jadi orang yang kreatif. Tapi kenyataannya ngga semua itu kreatif. Kenapa? Apakah kreativitas itu adalah bakat? Apakah pengaruh dengan IQ?

Saya memang ngga tau pembahasan kreativitas dari segi ilmiah. Tapi yang saya tahu, kreativitas itu bisa ditingkatkan. Gimana caranya?

1. Miliki karakter untuk selalu mau berbuat yang lebih baik. Ketika Agan punya karakter seperti ini, maka Agan secara 'otomatis' selalu berpikir: "Apa lagi yang bisa gua lakuin untuk ngebuat hal ini dan hal itu jadi lebih baik?" dan "Gimana caranya?"

2. Mau untuk selalu jadi orang yang peka. Di keseharian, kita itu bisa selalu memerhatikan banyak hal yang ada di sekeliling kita. Pada saat kita di bus, di kereta, di pesawat, di mall, di kantor, di rumah. Semua yang kita lihat dan dengar itu bisa jadi ide, jadi inspirasi kita.

3. Perluas wawasan dengan sering nonton TV (berita, liputan, sejarah, tentang sebuah topik), dengar radio, baca buku, google, dan traveling. Sekali lagi, itu semua adalah ide dan inspirasi.

Saya punya teman seorang arsitek, yang kerjaannya setiap tahun pasti pergi ke berbagai negara di dunia. Saya nanya, "Elu enak banget ya jalan-jalan melulu." Dia bilang, "Iya ini jalan-jalan sekalian kerja." Saya nanya, "Kerja? Maksud loe?" Dia bilang, "Iya ini jalan-jalan sambil nyari inspirasi untuk ide gila projek arsitek gua selanjutnya"

Jadi, kreativitas itu bukan harus menciptakan hal baru. Sekarang udah ngga di jamannya untuk kita berusaha menciptakan bohlam lampu, listrik, pesawat terbang dan sebagainya. Yang harus kita lakukan adalah untuk jadi individu yang kreatif supaya bisa memodifikasi apa yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih baik, lebih bermanfaat untuk banyak orang.

Steve Jobs menciptakan iPod, apakah ini sebuah produk yang benar-benar baru? Ngga! Ini adalah sebuah portable music device, yang sebelum iPod berarti sudah ada MP3 player, dan sebelumnya lagi ada MiniDisc player, dan sebelumnya lagi ada DiscMan (Sony), dan sebelumnya lagi ada Walkman (Sony).

Get my point? Yuk, jadi orang yang lebih kreatif.. bukan untuk sekedar keren-kerenan dibilang kreatif, tapi untuk bantu sekeliling kita menyelesaikan masalah. Kreativitas adalah solusi masalah.

See you ON TOP!

@BillyBoen

CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Chairman, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab (digital analytic)

Website: www.youngontop.com
Facebook: /youngontopYOT
Instagram: @youngontop

Baca juga tulisan saya: "Tips Membuat CV Yang Tepat" -> http://www.kaskus.co.id/thread/54088...8b46837f8b4567

#CVCreator, free, easy, bisa didownload, diprint, dan diemail (pdf): [CV.youngontop.com]

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/548a3a25a4cb179a478b456c

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger