Home » » Daftar Kegiatan yang Bisa Lo Ikuti Untuk Belajar Mencintai Alam

Daftar Kegiatan yang Bisa Lo Ikuti Untuk Belajar Mencintai Alam

#5
BERDOALAH SEBELUM MEMBACA
AMBIL HIKMAHNYA
KOMEN YANG BERMUTU
KRITIK JIKA ADA KURANGNYA

Spoiler for PendahuluanQuote:Mencintai adalah fitrah bagi setiap manusia. mencintai keluarga, saudara, pacar dan teman sudahlah lumrah. Namun banyak yang melupakan mencintai alam, tempat kita berpijak.
Kenapa harus mencintai alam? Rasa cinta akan menimbulkan kepedulian, sedangkan kepedulian akan menciptakan tindakan. tindakan yang berdasarkan cinta dan peduli terhadap alam akan menciptakan kelestarian alam dan lingkungan kita.
apa gunanya kelestarian alam? kelestarian alam akan menopang kenyaman kehidupan kita. banyak orang bertanya, kenapa bencana ini-itu terjadi? coba instropeksi diri kita sendiri.
banjir! terjadi karena sungai meluap. meluap karena tidak adanya kesadaran pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Longsor! dikarenakan ketidakpekaan kita terhadap bahaya penebangan liar yang serakah. kekeringan! dikarenakan tidak adanya daerah penyerapan air yang telah habis digerogoti oleh pembangunan yang membabi buta.
Akankah alam sudah muak akan tingkah laku kita?
Marilah kita sebagai generasi yang telah diwariskan dengan berbagai keindahan dan kekayaan alam saat ini. Cobalah untuk mencintai alam kita ini, marilah kita belajar bersahabat dengan alam. Supaya hidup kita saat ini bisa mewariskan alam yang lebih indah kepada anak-cucu kita nanti.
Sori kalau ane terbawa suasana, keep kalem aje!

Berikut ane paparkan kegiatan-kegiatan yang bisa ikuti untuk belajar mencintai dan bersahabat dengan alam :

Spoiler for PERTAMAQuote:Quote:1. Susur Pantai dan SungaiQuote:Bagi agan yang doyan pergi kepantai atau renang disungai, pastikan agan ikut acara ini. soalnya didalamnya ga cuma kita jalan-jalan dipinggir pantai dan sungai. tapi kita juga membersihkan sampah yang ada disana, setelah selese baru kita bisa bersantai ria di sungai dan pantai yang bersih. saat kita bersih pantai dan sungai biasanya kita diberi trashbag yang bisa ngangkutin sampah masyarakt juga.
selain ntu berdasar pengalaman ane ikut, ada juga yang bersihin pantai lalu mendata jenis sampah apa saja yang ada disitu. sehingga diperoleh data yang akan diberikan kepada pihak berwenang.
Asli, ente kagak bakalan nyesel. emang sih capek, tapi lihatlah kontribusi agan. Para penduduk sekitar ataupun wisatawan pasti pada seneng tempatnya bersih.Spoiler for Susur Pantai dan Sungai
Spoiler for KEDUAQuote:2. Bersih GunungQuote:bagi agan yang hobi mendaki gunung, pasti udah ga asing sama yang namanya pendakian massal. nah klo pendakian massal kita cuma naik dan turun gunung bersama-sama. maka klo bersih gunung ntu tujuan utamanya emang mendaki tapi lebih kepada kita mendaki sambil membersihkan sampah-sampah yang ada digunung.
bersih gunung ini ada gara-gara banyak para pendaki yang tidak sadar akan pentingnya kelestarian alam. mereka hanya mengejar puncak dan kebanggaan semata, namun melupakan esensi pendakian itu sendiri.
ketika digunung banyak sampah, maka kita akan merasa tidak nyaman dalam mendaki. alampun enggan menampakkan eksotisme yang ia miliki. sehingga bersih gunung menjadi salah satu alternatif untuk membersihkan sampah itu dan menanamkan kesadaran buanglah sampah pada tempatnya kepada para pendaki peserta.Spoiler for bersih gunung
Spoiler for KETIGAQuote:3. Acara Go GreenQuote:Nama Go Green sendiri tidak mutlak. namun ane cuma bisa menjelaskan bahwa acara go green ntu acara yang mendukung tentang pelestarian alam. kalau namanya terserang yang buat, atau tergantung dari daerah masing-masing. acara ini dapat berupa sosialisasi, ataupun seminar. sehingga belajr mencintai alam ntu ga mesti di outdoor tapi bisa juga indoor.
materi go green sendiri bermacam-macam bisa tentang daur ulang, biopori atau bahkan fotografi alam. sehingga semua kalangan bisa ikut didalamnya, sehingga kita bisa menganggap bahwa belajar mencintai alam itu mudah. asal ada kemauan dan tekad sehingga kemudahan akan selalu datang.
biasanya (berdasar pengalaman) didalam acara ini juga terdapat prakteknya juga. sehingga bisa dengan mudah kita mendapat gambaran dalam aplikasi secara rill.
Spoiler for go green
Spoiler for KEEMPATQuote:4. Kegiatan Lingkungan Pada Hari TertentuQuote:pada hari atau waktu tertentu terdapat beberapa himbauan aksi yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. contohnya adalah earth hour, aksi memadamkan lampu selama satu jam (20.30-21.30) dan biasanya diadakan di bulan maret. kegiatan ini dicanangkan oleh WWF untuk menghemat energi listrik. loh kok listrik? soalnya menghasilkan listrik itu butuh energi, dan biasanya energi yang digunakan adalah BBM. sehingga menimpulkan polusi, selain itu kegiatan earth hour dapat mencegah perubahan iklim.
selain itu masih banyak lagi kegiatan lain yang digunakan untuk memperingati hari lingkungan seperti hari bumi tanggal 22 April ataupun hari lingkungan hidup sedunia PBB pada 5 juni.
untuk lebih lengkapnya bisa di klik link dibawah ini
Hari Lingkungan
kalau ga ada peringatannya di lingkungan sekitar kita, maka kita bisa jadi pioneernya.
Spoiler for 60+
Spoiler for KELIMAQuote:5. Berpetualang di Spot Indah

Quote:berpetualang mencari cinta. emang ga bisa kita hindari. namun petualang ini adalah bertujuan untuk mencari cinta terhadap kelestarian alam kita. gimana petualangannya? sekarang udah banyak EO yang menawarkan petualangan diberbagai spot keindahan alam yang ada diberbagai dunia. bahkan dilingkungan sekolah atau kampus sudah ada yang bisa menawarkan petualangan di spot-spot yang indah.
contohnya ane pernah ikut Caving atau nyusuri Gowa. disana ane bener-bener takjub ma tu gua, soalnye selain perjuangan masuknye juga susah. harus merayap, pake baju bengkel ma pake senter plus ruangnya kadang sempit banget. tapi ntu semua terbayarkan oleh keindahan stalaktit ma stalakmit yang ada di gua itu.
akhirnye setelah petualangan ane di gua selese ane menyadari gan, ane kagak mau gua itu rusak. sehingga ane bisa balek ke gua itu bareng ma istri ma anak ane ato saudara ane kelak.
sehingga ane simpulin bahwa ketika kita berpetualang dan kita merenungkan betapa pentingnya dan betapa indahnya spot petualangan kita. maka akan timbul rasa untuk menyanyangi dan merawat juga melestarikan karunia itu untuk anak cucu kita.Spoiler for gua jos
Quote:Ane percaya gan, kalau kegiatan diatas terasa sangat sulit, melelahkan bahkan membosankan untuk agan semua. Tapi contoh kegiatan diatas dapat memberikan pelajaran yang sangat penting. soalnye selain menyenangkan juga dapat membentuk pola pikir kita dalam bersahabat dengan alam.
Namun jika agan tidak ingin untuk ikut kegiatan yang ane jelaskan juga tidak apa2. ane ga tersinggung, soalnya masih ada banyak kegiatan lain yang bisa agan coba untuk menumbuhkan kecintaan agan terhadap alam dan lingkungan. soalnya yang terpenting dari ane dalam menulis artikel ini adalah supaya kita bisa saling mengingatkan untuk selalu memperhatikan dan melestarikan alam dan lingkungan yang ada disekitar kita.
Quote:Sumber: trid ane yg salah kamar
trid itu ane buat sebelum ane tau kalau ada forum ini..
jadi ane pindahin aja
Quote: Terima Kasih Untuk Yang Mau Membaca
Kalau Berkenan Ane Dikasih Cendol

atau

Ane Udah Syukur
atau
Dikasih Komen Bermutu

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53eada0c0f8b46fd3f8b4583

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)