Home » » Mitos Pengusiran Hantu dan Dedemit di Indonesia

Mitos Pengusiran Hantu dan Dedemit di Indonesia

Selamat siang agan2 kaskuser, sudah lama juga ane gak bikin thread berbau hal gaib setelah 2 thread sebelumnya tentang hal gaib jadi HT

Ane ucapkan selamat bertugas untuk mimin dan momod moga selalu membuat ane betah jadi kaskuser

http://m.kaskus.co.id/thread/53e1035...emit-dan-hantu

http://m.kaskus.co.id/thread/5409f81...-sampai-2000an

Moga thread berbau hal gaib berikut ini bisa jadi HT ke 5 ane selama menjadi kaskuser

Hal gaib yang berhubungan dengan hantu dan dedemit sebenarnya secara tidak langsung berada disekitar kita. Keberadaan mereka tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan kita sehari hari.
Jauh sebelum adanya ajaran agama, orang tua kita bahkan mungkin nenek moyang kita mengenal mitos ini sebagai cara dalam mengusir hantu dan dedemit. Seiring berjalannya waktu mitos mitos ini sudah banyak ditinggalkan dan digantikan dengan doa yang diambil dari ayat suci kitab agama yang masing masing kita percaya,karena ane muslim doa yang ane pakai ayat kursi yang menurut ane paling ampuh mengusir hantu dan dedemit. Walau mungkin masih ada sebagian orang yang masih melakukan mitos ini sebagai bagian dari tradisi yang masih melekat

1. Suwuk



Suwuk atau jampi jampi biasa juga dilakukan untuk pengusiran hantu dan dedemit biasanya dilakukan jika anak bayi menangis waktu maghrib, Suwuk biasanya disertai dengan peniupan didaerah ubun ubun kepala bayi. Malah yang lebih ekstrem disertai dengan di raup nya muka bayi dengan tangan orang tua nya yang sebelumnya disentuhkan dibagian kemaluan sang ibu

ane ingat banget waktu ane SD ane berkunjung kerumah nenek ane di Indramayu, pas ane lagi nonton Tv ada suara burung hantu diatas rumah tiba tiba nenek ane mendekati ane dan meraup muka ane dan adik ane yang masih kecil dengan tangannya, abang ane yang udah besar pada tertawa terpingkal pingkal karena mereka tau muka ane diraup sama tangan nenek ane yang sebelumnya disentuhkan dibagian kemaluannya (dan ane baru tau ketika ane udah SMP diceritain sama abang ane) pantas ada bau khasnya

Suwuk atau jampi jampi yang paling sering ane denger
" Numpang numpang anak putu adam jangan diganggu " biasanya jampi jampi sederhana gini paling sering dilakukan ketika kita ketempat yang angker

2. Menyebar garam



Garam dapur bisa juga digunakan sebagai pengusir hantu dan dedemit, garam biasanya di sebar di depan pintu rumah dan disebar diatas atap rumah. Bukan bermaksud merendahkan mitos penyebaran garam yang biasa dilakukan nenek moyang kita, cuma yang ane heran apa iya hantu atau dedemit bisa terluka jika menginjak garam atau terkena garam. Mungkin iya juga sih gan kalau hantu atau dedemit itu menyerupai ular karena kan ular katanya paling takut dengan garam, gak salah kalau kita berkemah pasti garam ditaburi disekitar kemah kita

3. Bawang, cabe dan daun salam



Nah yang ini ane pernah liat gan, kalau ane pulang kampung tetangga rumah nenek ane masih banyak yang melakukannya apalagi kalau dirumah masih ada bayi yang baru lahir. Agan pernah gak liat bawang, cabe dan salam dijadikan seperti sate dan diletakkan diatas pintu rumah? Kalau iya agan gak perlu tanya lagi kepemilik rumah karena mungkin si pemilik masih percaya bahwa mitos tersebut bisa dilakukan sebagai cara pengusir hantu dan dedemit agar nggak ganggu bayi dirumah gan

4. Sapu lidi



Sapu Lidi yang berbahan rotan dan bahan kayu pohon aren konon dipercaya bisa mengusir hantu dan dedemit, caranya pun sangat mudah tinggal dipukulkan ditempat yang angker atau pojokan rumah. Mitos ini masih melekat dimasyarakat, pasti agan pernah liat orang tua kita memukul mukulkan sapu lidi dirumah

5. Perkakas dapur ( penggorengan, panci dan perkakas lain berbahan logam)



Perkakas dapur biasanya digunakan untuk mengusir wewe gombel dan untuk mengembalikan anak kecil yang dibawa ke alam gaib. Konon katanya perkakas dapur yang dipukul bersama sama hingga mengeluarkan suara gaduh akan membuat telinga wewe gombel kesakitan dan akhirnya mengembalikan anak yang dibawanya. Di daerah ane di Jakarta tepatnya tahun 75 an dimana masih banyak pepohonan dan ane juga belum lahir anak tetangga ane Kholis pernah hilang ketika bermain maghrib dibelakang rumah, dan semua warga mengerahkan semua perkakas rumahnya keliling kampung dan memukulnya beramai ramai hingga terdengar suara bising, abang ane cerita kalau Kholis akhirnya ditemukan disebuah pohon besar didaerah rumah ane sedang nangis sendirian. Ketika Kholis bercerita dia bilang kalau dia dibawa seorang lelaki bertinggi besar dan diajak kerumahnya dengan diberi makanan yang enak dan lezat, Kholis belum sempat menyantap makanan yang dihidangkan wewe gombel makanya dia bisa selamat. Dan percaya nggak percaya gan kalau agan sudah menyantap makanan wewe gombel maka agan akan betah didunia wewe gombel dan tidak akan pernah kembali

Nah sekiranya mitos itu yang ane tau dari bokap ane, abang ane serta nyokap ane yang sering cerita. Mungkin ada agan agan kaskuser lain yang ingin bercerita dipersilahkan, mitos mungkin hanya kebiasaan lama namun bisa saja hal tersebut menjadi suatu budaya Indonesia yang perkembangan zaman bisa diperbaharui metodenya

Untuk para silent reader monggo dirate, yang donat maupun tidak langsung dikirim cendol khas indonesianya yang seger

Setelahnya ane cuma mau ucapkan terimakasih buat google gambar2nya, dan maaf nggak ane spoiler gambarnya, ane soalnya nggak ngarti krn buat dari hp aja gan (desktop version)

Salam Kaskuser Tambun Bekasi

Pendapat kaskuser lain

Quote:Original Posted By chairiandy â–º
Bambu kuning gan

Iya bambu kuning biasa ditanam depan rumah yah gan

Quote:Original Posted By tukang.kibul16 â–º


MG makhluk gaib, biasanya ane nemu sejenis bawang, cabe dll pas ada yang abis melahirkan,biasanya taro dibawah tempat tidur, kakak kelas ane juga pernah make sapu buat jaga2 kalo ada MG,pas entu kita lagi kemah deket kuburan, emak ane juga tiap lebaran nyisain ketupat digantungin diatas pintu, katanya biar penunggunya juga ngerasain

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/542e00f4dc06bdf54a8b4568

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger