Home » » Surganya Anak-Anak Perempuan Zaman Dulu

Surganya Anak-Anak Perempuan Zaman Dulu




Quote:Quote:Mukaddimah

Image courtesy of pendidikan4sejarah.blogspot.com
Quote:Sebagai anak yang dilahirkan di zaman yang masih serba sederhana, masa kecil ane di Kampung bisa dikatakan sangat istimewa, ane menghabiskan waktu kecil dengan bermain-main bersama teman-teman, meskipun harus agak jauh dari rumah untuk bisa menemukan teman cowok (disekitar rumah ane cewek semua) tapi itu bukan sebuah halangan. Karena disekitar rumah ane banyak anak perempuan dan ane juga mempunyai kakak perempuan yang tidak terlalu jauh perbedaan umurnya, ane sering melihat mereka bermain, terkadang jika ane malas untuk pergi ke teman-teman, ane juga sering ikutan bermain, lucu juga jika mengingat itu semua. Dalam Thread sederhana kali ini ane akan sedikit membahas permainan yang sering dilakukan oleh anak perempuan waktu ane kecil, ane yakin di daerah lain anak-anak perempuan juga memainkannya.

Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.




Quote:Anak Perempuan Zaman Dulu dan Mainannya

Quote:Quote:Bola Bekel

Image courtesy of padangmedia.com
Quote:Permainan bola bekel menggunakan bola berwarna-warni yang terbuat dari karet atau bisa juga dengan menggunakan bola tennis, sedangkan bekelnya adalah kerang kecil atau bisa juga tutup botol atau yang paling sederhana adalah batu kerikil dengan bentuk dan besarnya sama. Permainan ini sering dimainkan secara bersama-sama, dulu ane sempat ikutan kakak perempuan ane memainkannya, bisa dikatakan ane lumayan mahir untuk ukuran seorang anak laki-laki

Quote:Quote:Masak-masakan

Image courtesy of flower25.wordpress.com
Quote:Anak perempuan di tahun 90-an pasti pernah main masak-masakan. Biasanya di pasar tradisional dijual berbagai mainan masak-masakan dari plastik dan warnanya aneka rupa, tidak hanya plastik, peralatan untuk bermain itu juga terbuat dari tanah liat, ada panci, wajan dan kompornya, piring, gelas dan peralatan dapur lainnya. Bahan makanan diambil dari daun-daun, biji-bijian dan bunga. Main masak-masakan biasanya berlanjut dengan pura-pura buka restoran, atau sekedar makan bersama.

Quote:Quote:Main Boneka dan jadi Ibu-ibuan

Image courtesy of princessdija.blogspot.com
Quote:Masa kecil anak 90-an tidak akan lengkap rasanya tanpa main boneka. Biasanya kita suka berperan sebagai ibu dan memiliki bayi. Yang paling terkenal adalah boneka bayi yang mirip bayi manusia, lalu dia akan menangis jika dotnya dilepas, tapi boneka yang lain juga banyak, meski masih sederhana dan modelnya juga terbatas.

Quote:Quote:Congklak

Image courtesy of tempo.co
Quote:Mainan ini punya nama yang berbeda di tiap daerah, tetapi cara bermain dan peraturannya hampir sama. Nama mainan ini adalah congklak atau ada juga yang menyebutnya dakon. Yang harus dilakukan adalah memindahkan keping bijian dalam setiap lubang hingga habis. Permainan ini hanya bisa dilakukan oleh dua orang, bijianya bisa bermacam-macam, biasanya dari kerang, kerikil dan sebagainya, Sebenarnya permainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja, tidak peduli laki atau perempuan, namun yang umum ane lihat adalah kebanyakan yang memainkannya adalah anak perempuan.

Quote:Quote:Main Lompat Tali atau Karet

Image courtesy of permata-nusantara.blogspot.com
Quote:Ane sering melihat teman-teman perempuan ane waktu SD memainkan permainan ini saat jam istirahat sekolah, dimainkan secara bersama-sama, kadang ane dan teman ane suka iseng pengen ikutan, tapi selalu saja kalah, ntah mengapa, anak perempuan sangat mahir memainkannya. Peralatan utama yang dibutuhkan adalah tali atau karet gelang yang disambung-sambungkan, makanya permainan ini disebut main lompat tali atau karet.

Quote:Quote:Bongkar Pasang

Image courtesy of tumblr.com
Quote:Permainan Bongkar Pasang ini juga pasti pernah dilakukan oleh aganwati, Mainan ini terbuat dari kertas karton dengan model wanita cantik dan beberapa pakaian. Memainkannya mudah, tinggal memakaikan pakaian sesuai keinginan kita, bisa diganti sesuka hati, makanya diberi nama bongkar pasang, bisa dimainkan sendiri atau bersama teman-teman. Ane ingat, kakak perempuan ane sampai punya banyak koleksi karena dia paling suka main bongkar pasang ini.

Quote:Quote:Engklek

Image courtesy of sooperbow.blogspot.com
Quote:Nama permainan ini berbeda di tiap daerah, tetapi model dan cara bermainnya sama. Biasanya tanah dibentuk petak-petak, atau lantai digambar dengan kapur. Kemudian setiap anak harus melempar koin atau batu tipis yang sesuai urutan kotak. Anak yang mendapat giliran harus melompat-lompat dan melewati kotak dengan koin. Jika mengenai garis atau keluar dari kotak, maka gilirannya selesai. Sebenarnya permainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja, tidak peduli laki atau perempuan, namun yang umum ane lihat adalah kebanyakan yang memainkannya adalah anak perempuan.
Quote:SELAMAT HARI ANAK PEREMPUAN INTERNASIONAL
11 September 2014
[QUOTE]


[QUOTE]
Hasil Pemikiran Sendiri


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5423e20f12e257a30a8b4569

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)