Home » » Ini Film Pertama Kali Yang Pernah Dibuat Oleh Indonesia

Ini Film Pertama Kali Yang Pernah Dibuat Oleh Indonesia

Quote:

Quote:
Spoiler for Gak Repost


Quote: Pernah membayangkan seperti apakah penampilan film-film pertama buatan Indonesia?

Quote:

Pastinya sih hitam putih bahkan bisu yah. Jika anda penasaran ada baiknya anda membaca artikel ini lebih lanjut. sungguh menarik bagaimana tampilan film-film pertama buatan negeri kita sendiri.

Meskipun mungkin kita tidak terlalu beruntung untuk menyaksikan film-film tersebut, tapi setidaknya kita mengetahui film-film apa yang pertama hadir di nusantara.

Di kesempatan kali ini, ane akan menampilkan 7 Film yang pertama kali hadir di bumi pertiwi kita tercinta. Selamat membaca.


Quote:1. Loetoeng Kasaroeng (1926)

Walau dibikin oleh pembuat film Belanda, film ini merupakan film pertama yang dirilis secara komersial yang melibatkan aktor Indonesia.Film cerita pertama di Indonesia yang menampilkan cerita asli Indonesia, sebuah legenda yang terkenal dari Jawa Barat. Antara lain berisi nasehat, janganlah memandang sesuatu dari kulitnya saja. Purbasari diejek karena punya pacar seekor lutung (Guru Minda), sedangkan kakaknya Purbararang membanggakan kekasihnya, Indrajaya yang manusia. Ternyata lutung itu sebetulnya adalah seorang pangeran tampan, titisan dewi Sunan Ambu. Guru Minda jauh lebih tampan dari Indrajaya.



Quote:2. Eulis Atjih (1927)

Sebuah film bisu bergenre melodrama keluarga, film ini disutradarai oleh G. Kruger dan dibintangi oleh Arsad & Soekria. Film ini diputar bersama-sama dengan musik keroncong yang dilakukan oleh kelompok yang dipimpin oleh Kajoon, seorang musisi yang populer pada waktu itu.

Kisah Eulis Atjih, seorang istri yang setia yang harus hidup melarat bersama anak-anaknya karena ditinggal suaminya yang meninggalkannya untuk berfoya-foya dengan wanita lain, walaupun dengan berbagai masalah, akhirnya dengan kebesaran hatinya Eulis mau menerima suaminya kembali walaupun suaminya telah jatuh miskin

Quote:3. Lily Van Java (1928)

Bercerita tentang gadis yang dijodohkan orang tuanya padahal dia sudah punya pilihan sendiri. Pertama dibuat oleh Len H. Roos, seorang Amerika yang berada di Indonesia untuk menggarap film Java. Ketika dia pulang, dilanjutkan oleh Nelson Wong yang bekerja sama dengan David Wong, karyawan penting perusaahaan General Motors di Batavia yang berminat pada kesenian, membentuk Hatimoen Film.

Pada akhirnya, film Lily van Java diambil alih oleh Halimoen. Menurut wartawan Leopold Gan, film ini tetap digemari selama bertahun-tahun sampai filmnya rusak.

Lily van Java merupakan film Tionghoa pertama yang dibuat di Indonesia.

Quote:4. Resia Boroboedoer (1928)

Film yang diproduksi oleh Nancing Film Co, yang dibintangi oleh Olive Young, merupakan film bisu yang bercerita tentang Young pei fen yang menemukan sebuah buku resia (rahasia) milik ayahnya yang menceritakan tentang sebuah bangunan candi terkenal (Borobudur).

Diceritakan juga di candi tersebut terdapat sebuah harta karun yang tak ternilai, yaitu guci berisi abu sang Buddha Gautama.

Quote:5. Setangan Berloemoer Darah (1928)

Film yang disutradarai oleh Tan Boen San, setelah pencarian di beberapa sumber, sinopsis film ini belum diketahui secara pasti.

Quote:6. Njai Dasima (1929)

Film ini berasal dari sebuah karangan G. Francis tahun 1896 yang diambil dari kisah nyata, kisah seorang istri simpanan, Njai (nyai) Dasima yang terjadi di Tangerang dan Betawi/Batavia yang terjadi sekitar tahun 1813-1820-an.

Nyai Dasima, seorang gadis yang berasal dari Kuripan, Bogor, Jawa Barat. Ia menjadi istri simpanan seorang pria berkebangsaan Inggris bernama Edward William. Oleh sebab itu, akhirnya ia pindah ke Betawi/Batavia.

Karena kecantikan dan kekayaannya, Dasima menjadi terkenal. salah seorang penggemar beratnya Samiun yang begitu bersemangat memiliki Nyai Dasima membujuk Mak Buyung untuk membujuk Nyai Dasima agar mau menerima cintanya. Mak buyung berhasil membujuk Dasima walaupun Samiun sudah beristri. Hingga akhirnya Nyai Dasima disia-siakan Samiun setelah berhasil dijadikan istri muda.

Quote:7. Darah dan Doa (1950)
Judulnya mirip Perjuangan dan Doa'nya Bang Oma


Darah dan Doa adalah sebuah film Indonesia karya Usmar Ismail yang diproduksi pada tahun 1950 dan dibintangi oleh Faridah. Film ini merupakan film Indonesia pertama yang sepenuhnya dibuat oleh warga pribumi. Film ini ialah produksi pertama Perusahaan Film Nasional Indonesia (Perfini), dan tanggal syuting pertama film ini 30 Maret 1950, yang kemudian dirayakan sebagai Hari Film Nasional. Kisah film ini berasal dari skenario penyair Sitor Situmorang, menceritakan seorang pejuang revolusi Indonesia yang jatuh cinta kepada salah seorang Belanda yang menjadi tawanannya

Buffering Via YuTub

Quote:Sumbernya Gan
Sumbernya Gan
Sumbernya Gan

Quote:Sekian Thread Ane Tentang "Ini loh film-film pertama kali yang pernah dibuat oleh Indonesia"

Quote:Pesan dari TS:
Ane gak butuh banyak dari agan
Berikanlah Komentar yg bermutu, Bijak, dan yang Terbaik
jangan ngeJunk Gan
Junker cari thread lain sono


Quote:Hargai usaha TS dengan memberikan

Tolong jangan lempari TS dengan





Originaly Posted: Keywalker
⎝ˆ‿ˆ⎠ | ♥Anime | ♥Martabak | ♥Cat & Owl •

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/548cac8a582b2ed9578b456e

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)