Home » » Axolotl, Si Monster Air yang Telah Terancam Punah

Axolotl, Si Monster Air yang Telah Terancam Punah









Welcome My Thread
jemci

Spoiler for No Repost

Quote:Quote:Axolotl binatang apa sih itu ?
Binatang eksotis nan unik ini kadang disebut juga sebagai “Mexican Walking Fish” sebab ia terlihat seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Akan tetapi, sebenarnya Axolotl bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang terdapat di Mexico City.

Axolotl (ambystoma mexicanum) adalah tipe salamander yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. Panjang Axolotl bisa mencapai 30 cm, tetapi rata-rata ukurannya hanya 15 cm.

Warna tubuh mereka rata-rata hitam atau coklat kepirangan dan banyak juga yang albino dengan warna yang lucu misalnya merah muda. Hewan ini memiliki insang yang berada diluar tubuhnya.

Insang ini tampak berada disamping kepalanya sehingga sepintas tampak seperti tanduk. Orang-orang Timur sering menimbulkan fantasi yang dikaitkan pada suatu legenda mengenai ular naga sehingga tidak jarang mereka disebut juga sebagai ikan naga.
Quote:Klasifikasi: Bangsa Caudata, Suku Ambystomatidae

Deskripsi : Salamander axolotl memiliki alat pernapasan eksternal, yaitu 3 pasang insang dibagian belakang kepala terletak pada sisi kanan dan kiri. Insang-insang tersebut menyerupai tanduk-tanduk. Axolotl memiliki panjang tubuh 20-30 cm, dengan berat 60-110 g. Salamanderbetina memiliki tubuh yang lebih besar dan kloaka kecil dan bulat. Sedangkan salamander jantan lebih ramping, dengan kloaka lebih menonjol. Salamander memiliki 4 tungkai yang mempunyai 5 jari-jari kecil dan runcing. Ekor axolotl menyerupai bulu, berfungsi untuk berenang. Warna tubuhnya bervariasi, hijau, agak kehitaman, cokelat, hingga merah muda.

Perilaku : Axolotl merupakan hewan yang hidup soliter sejak menetas dari telur. Mereka cenderung berdiam diri saat berenang, kecuali saat makan. Waktu aktifnya setiap saat.

Reproduksi : Musim kimpoi berlangsung dari bulan Maret-Juni, menghasilkan 100-300 telur yang diletakkan pada substrat di dalam air. Telur-telur akan menetas setelah berumur 10-14 hari, selanjutnya mereka akan hidup sendiri dan mulai memasuki kematangan seksual pada musim kimpoi selanjutnya.

Pakan : Salamander ini memakan apa saja yang dapat ditangkapnya. Beberapa jenis hewan yang diketahui menjadi makanannya adalah ikan, moluska dan arthropoda.

Habitat : Habitat asli axolotl adalah perairan tawar, tepatnya di danau daerah Mexico dengan ketinggian daratan 2.274 m.



Quote:Spoiler for pic
Spoiler for pic
Spoiler for pic
Spoiler for pic
Spoiler for pic
Spoiler for pic




Quote:Quote:Tautan Mengenai Axolotl yang terancam punah
VIVAnews - Ahli biologi Meksiko mengkhawatirkan kabar lenyapnya hewan sejenis kadal air atau dikenal dengan "axolotl". Hewan unik itu menghilang dari habitat alami di beberapa danau di Meksiko City.
Dilansir CTVnews, Kamis 30 Januari 2014, axolotl yang dikenal dengan raksasa air dan ikan berjalan Meksiko itu memiliki bentuk tubuh yang unik. Axolotl memiliki ekor berlendir dan insang berbulu.

Armando Tovar Garza, ahli biologi National Autonomous University, Meksiko, memperingatkan risiko serius musnahnya spesies itu dari alam.

Sebab, tahun lalu, para peneliti telah bekerja keras untuk menyelamatkan hewan itu dari kepunahan. Tahun lalu, selama empat bulan, dia dan tim menyisir perairan dangkal dan berlumpur di wilayah Xochimilco. Namun, hasilnya nihil. Ia tak lagi menemukan spesies itu di perairan.

Memang, saat ini beberapa jenis axolotl masih terdapat di akuarium, tangki air, dan laboratorium penelitian. Tetapi, para ahli mengatakan, kondisi spesies itu tak dalam kondisi terbaik, karena risiko perkimpoian dan lainnya.

Axolotl tumbuh dengan kaki panjang. Spesies ini menggunakan empat kaki untuk berjalan, sedangkan ekor tebalnya digunakan untuk berenang di saluran keruh Xoxhimilco. Axolotl memangsa serangga air, ikan kecil, dan krustasea.

Saat ini, axolotl mengalami ancaman dari semakin banyaknya pulau diubah untuk tempat kunjungan, sehingga air tempat habitatnya diserang limbah.

Mexican Academy of Sciences mengatakan, pada 1998, hewan ini masih cukup mudah ditemukan. Menurut sebuah survei pada tahun itu, ditemukan rata-rata 6.000 axolotl per kilometer persegi.

Angka itu turun menjadi 1.000 dalam ukuran yang sama hanya dalam jangka lima tahun kemudian. Bahkan, pada 2008, semakin parah dengan rata-rata 100 axolotl dalam ukuran yang sama.

Tovar Garza mengatakan, terlalu dini untuk mengatakan hewan itu telah punah dari habitat aslinya. Untuk itu, pada Februari nanti, peneliti akan memulai pencarian selama tiga bulan dengan harapan akan menemukan hewan itu kembali.

"Pencarian di semua kanal akan diulangi kembali karena kondisi tengah musim dingin, suhu lebih rendah," ujar Tovar Garza.

Ia yakin dengan kondisi itu, axolotl memasuki masa kimpoi.


Quote:Quote:Video Tentang Axolotl
Spoiler for Axolotl ketika masih larva Video ini adalah larva dari Axolotl gan
Spoiler for Video axolotl


Code:SUMBER 1
SUMBER 2
SUMBER 3
[URL="https://www.google.com/search?q=apa+itu+axolotl&client=firefox-beta&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=sb&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=a3YJU7SDC8uprAew4IBQ&ved=0CAcQ_AUoAQ&biw=1366&bih=664#imgdii=_"]SUMBER GAMBAR[/URL]
SUMBER VIDEO 1
SUMBER VIDEO 2

Thread ini di dukung oleh :

Click Banner Untuk Berkunjung ke Markas Kami

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/530987e541cb17cb088b461e

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)