Home » » Kisah Dibalik Lagu Somewhere Over The Rainbow

Kisah Dibalik Lagu Somewhere Over The Rainbow

Welcome To imnewbies Thread





Somewhere over the rainbow, way up high
There’s a land that I heard of once in a lullaby.
Somewhere over the rainbow, skies are blue
And the dreams that you dare to dream really do come true.
Someday I’ll wish upon a star,
And wake up where the clouds are far behind me.
Where troubles melt like lemon drops
Away above the chimney tops
That’s where you’ll find me.
Somewhere over the rainbow blue birds fly
Birds fly over the rainbow why then, oh, why can’t I ?
If happy little bluebirds fly beyond the rainbow
Why, oh why can't I?

'somewhere Over the Rainbow' atau dalam Bahasa Indonesianya 'Suatu Tempat diatas Pelangi' atau yang dari agan ini :

Quote:Original Posted By Zell_Dincht â–º
ane tau nya ni lagu di 50 first dates nya adam sandler gan...
pas banget ni themesong sama filmnya, sedih2 gimana gitu

somewhere over the rainbow - over bisa berarti diatas awan atau dibalik awan..
way up high - jauh tinggi (sekali)

Someday I’ll wish upon a star - suatu hari nanti aku akan memohon pada bintang
And wake up where the clouds are far behind me. - dan bangun dimana awan mendung (masalah) berada jauh di belakang ku...

(makasih buat agan agan yg mengkoreksi) , Ini adalah salah satu lagu favorit gue yang akhirnya bikin gue kepo setengah mati pengen tau sebenernya apa sih cerita dari lagu ini, awalnya sih ya gara gara ini adalah lagu kesukaannya Mevally SK2H dan akhirnya gue tulis trit ini setelah gue tau apa cerita dibalik lagu ini. Oh ya By the way agan agan pernah denger lagu 'Over the Rainbow'? Mungkin kebanyakan dari kalian pernah denger lagu klasik yang melegenda ini, tapi pernah tau ga sih sebenernya siapa penyanyi asli dari lagu yang sekarang ini sudah rilis dalam berbagai versi ini? dan tau ga apa cerita dan arti dari lagu ini? Oke kali ini gue bakal bahas sedikit banyak tentang 'Over the Rainbow' dan cerita yang melengkapinya. Let's check this out sekali lagi Correct me if i'm Wrong

Dari pencarian yang saya dapet, lagu ini aslinya berjudul 'Over The Rainbow'. Tapi kemudian banyak yang menyebut lagu ini berjudul sama seperti titel artikel ini. Musiknya diaransemen Harold Arlen, sementara liriknya dibuat oleh EY Harburg. Lagu ini menjadi salah satu yang paling populer di akhir tahun 1930-an.

Katanya, isi lagu ini melukiskan harapan dan impian dari sebuah aspirasi penuh semangat yang mendambakan dunia yang damai dan sejahtera. Lagu ini awalnya ditulis secara khusus untuk menunjukkan bakat Judy Garland dalam film The Wizard of Oz. Judy pun kemudian selalu didaulat untuk menyanyikan lagu ini di setiap pemunculannya. Lagu ini juga menjadi lagunya sepanjang masa.

Ternyata juga, lagu ini masuk dalam daftar 'Songs of the Century' yang dibuat oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika. Lagu ini juga masuk daftar '100 Years, 100 Songs' dari American Film Institute. Uuuggghh dahsyat memang lagu ini. Liriknya memang indah. Musiknya pun aduhai. Sampai gue menyimpan liriknya, siapa tau sewaktu-waktu nyanyi lagu ini.



Lagu 'Over the Rainbow' adalah sebuah lagu dalam film klasik The Wizard of Oz(1939) yang ceritanya diambil dari sebuah buku cerita dongeng anak-anak karangan L. Frank Baum ini dinyanyikan oleh gadis kecil, Judy Graland, yang juga seorang pemeran utama dari film The Wizard of Oz.
Film ini menceritakan tentang petualangan seorang gadis yang bernama Dorothy(Judy Graland) yang terbawa angin puting beliung bersama rumah dan anjingnya yang kemudian terdampar di Negeri Oz, sebuah negeri indah yang letaknya tidak ada dalam peta, yang membuatnya merasa bahagia karena menurutnya belum pernah dia menemukan tempat seindah seperti Negeri Oz ini. Kedatangannya di Negeri Oz justru disambut sangat baik, dan dia dianggap pahlawan karena rumah yang terbawa angin puting beliung bersama Dorothy mendarat persis diatas seorang penyihir jahat. Saat Dorothy berkeinginan untuk pulang ke tempat tinggalnya, Kansas, seorang peri baik memberitahunya untuk mencari The Wizard of Oz, seorang penyihir serba tau di Negeri Oz yang tinggal di Kota Zambrud, untuk menanyakan bagaimana cara agar dia bisa pulang. Dalam perjalanannya mencari The Wizard of Oz itu, Dorothy bertemu dengan Scarecrow(orang-orangan sawah) yang tidak dapat berpikir dan menginginkan otak, lalu Tin Woodman(manusia kaleng) yang berprofesi sebagai penebang kayu, yang tidak berperasaan dan menginginkan hati, serta The Lion, seekor Singa penakut yang menginginkan keberanian. Bersama-sama mereka berjuang mencapai Kota Zamrud demi mewujudkan impiannya masing-masing.



Quote:THE WIZARD OF OZ



Cover Film The wizard of Oz



Judi saat bernyanyi

Nah lagu 'Over the Rainbow' yang dinyanyikan Judy Graland dalam film The Wizard of Oz yang berlatar di antara tumpukan jerami, dan ditemani anjing Pamannya ini menceritakan sebuah impian polos seorang gadis kecil untuk pergi ke suatu tempat dibalik pelangi yang menurutnya sangat indah. Dia berharap suatu hari nanti dia pergi kesana dan melupakan segala beban hidupnya. Dan ternyata apa yang menjadi impiannya ini nyata, dia terbawa ke suatu tempat yang sangat indah karena angin puting beliung yang menerpa rumahnya seperti yang udah gue paparkan tadi. Ya kurang lebih begitulah ceritanya hehe
Pesan terbesar yang bisa diambil dari lagu 'Over the Rainbow' atau pun film The Wizard of Oz ini adalah the power of dream atau kekuatan mimpi. Jadi kita jangan pernah menyepelekan arti sebuah impian/harapan/cita-cita sekecil apa pun itu. Karena berawal dari mimpi dan harapan lah semuanya ada. Mungkin sebagian orang tidak percaya seberapa besar kekuatan sebuah mimpi atau pun harapan. Tapi percayalah, sebuah mimpi dapat mengantarkanmu kemanapun tempat yang ingin kamu tuju. Karena dengan adanya mimpi itu lah kamu akan berusaha untuk meraihnya. Bermimpilah setinggi-tingginya dan capailah. Kalo kata orang bijak sih "Dream it, and make it happen"

Oh iya, ada cerita unik loh dibalik lagu 'Over the Rainbow' di film The Wizard of Oz. Jadi, tadinya lagu ini tuh ga jadi dimasukkan dalam film dengan alasan musiknya yang bertempo lambat dan ini bertetangan dengan cerita film yang bertempo medium hingga cepat.

Quote: Suatu tempat di atas pelangi,
jauh sekali..
ada tempat yang pernah ku dengar
sekali dalam lagu pengantar tidur

Suatu hari nanti aku berharap keatas bintang
dan bangun saat awan mendung jauh di belakang ku

Dimana masalah meleleh seperti tetes lemon
jauh di atas puncak cerobong asap itu , tempat dimana kalian akan menemukan ku

Suatu tempat di atas pelangi,
Burung biru terbang.
Burung terbang di atas pelangi,
Lalu mengapa oh mengapa aku tidak bisa?


itulah kurang lebihnya Terjemahan dari lagu Over the Rainbow CMIIW

Quote: pelajaran hidup yg dapat kita ambil Dari film The Wizard of Oz adalah kurang lebih gini :

hidup, bagaimana menjadi berani (diwakili oleh Cowardly Lion), bagaimana mempunyai hati (diwakili oleh Tinman) dan bagaimana mempunyai pikiran (Scarecrow) positif tanpa bermaksud menggurui. Bahkan ada sebuah dialog dimana Dorothy, tokoh utama mengatakan "hanya orang pengecut yang menyerang orang yang lebih lemah". Padahal ceritanya cukup sederhana tentang seorang gadis bernama dorothy (judy) yang tanpa sengaja masuk ke Land Of Oz dan ingin kembali ke rumahnya di Kansas, bener bener menginspirasi yah gan

Quote: Yang menarik juga nih gan adalah lagu Over the Rainbow yang menjadi original song film Wizard Of Oz dan yg udh kita bahas diatas, Banyak yang mengira bahwa lagu ini tentang meraih mimpi emang bener sih,
namun ketika gue membaca wikipedia, lagu ini merupakan stanza yang menceritakan tentang melarikan diri dari kepedihan dan penderitaan (ketika lagu ini diciptakan, ekonomi Amerika Serikat sedang hancur-hancurnya).

Namun ketika tentara Amerika Serikat pada Perang Dunia kedua membawakannya keseluruh dunia, maka lagu ini menjadi berbeda artinya bagi mereka. Lagu ini menggambarkan kerinduan akan kampung halaman mereka di Amerika.

Apapun arti lagu ini bagi mereka, tetap lagu ini membuat kita damai ketika mendengar bahkan menyanyikannya.(setuju!!!) Jadi jangan heran jika banyak sekali penyanyi yang menyanyikannya lagi seperti Jewel, Connie Talbot, Celtic Woman, selena, Lea salonga dan masih banyak lagi dengan berbagai versi, termasuk juga Citra Idol dan Dira Sugandi dengan versi jazznya.

Bagi gue sendiri film dan lagunya amat berarti, bahwa apapun mimpi kita, kita bisa mencapainya asal bekerja keras dan percaya bahwa itu akan tercapai, jika tidak pasti ada sesuatu yang lain yang akan menggantikannya.

Tentu saja film ini seakan ingin menunjukan bahwa tempat yang penting dalam hidup kita adalah rumah. Mungkin karena ini film tahun akhir tahun 30-an dimana resesi ekonomi atau malaise sedang melanda dunia termasuk Amerika sehingga membuat banyak orang harus pergi dari rumah mereka. Sehingga film ini berusaha menekankan tentang arti dari rumah sebagai tempat berkumpulnya keluarga dan orang-orang kita cintai. CMIIW

Siapa coba yang bisa membuat pelangi dengan bentuk setengah lingkaran sempurna, lengkap dengan warna-warnanya yang menggoda mata? MEJIKUHIBINIYU (gitu bukan ya ejaannya?) Siapa yang bisa kasih warna secantik itu? Desainer Grafis mana pun nggak akan bisa memberi warna seindah itu. Mau Stephen Seigmester, Karim Rasyid, atau Leboye. Penulis manapun nggak akan bisa mendeskripsikan indahnya pelangi, dan tak satu pelukis pun yang bisa melukiskan kemolekan pelangi. NO. Nggak ada yang bisa.

setiap gue mencoba keluar rumah, dan memperhatikan setiap pelangi yang muncul itu lebih dekat. Ada rasa tenang yang hanyut dalam diri gue. Ada rasa, langit dan pelangi itu luas. Seakan selalu ada harapan di sana. Pagi, pelangi, langit biru, dan luas. Sebuah perpaduan yang sangat menenangkan jiwa.

Hey kita tidak perlu berputus asa jika ada masalah. Lihatlah, langit masih luas dan biru, pelangi masih cantik melingkar, dan pagi masih sejuk untuk dinikmati. You know what? Itu artinya selalu ada harapan baru di tiap pagi, di tiap kita membuka mata.

Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi nanti, besok, dan seterurnya. Jika hari ini kita sedang tertimpa masalah. Patah hati, belum dapat kerja, atau apapun itu. Ingat deh. Langit saja bisa dihamparkan sebegitu luas oleh Tuhan. Pelangi saja bisa dibuat cantik, apakah memberi jalan keluar untuk kita yang ‘kecil’ ini adalah masalah besar bagi Tuhan? TENTU TIDAK.

Jadi, PLEASE DON’T GIVE UP!!!!

Quote:Sekarang udah tau kan gimana cerita dan makna dibalik lagu 'Over the Rainbow'. Jadi ga salah dong ya kalo banyak banget artis yang sekarang ini membawakan lagu ini dalam berbagai versi. Secara emang lagu ini bagus banget. Walaupun liriknya simple, tapi makna yang terkandung dibalik lagu ini memang sangat luar biasa. FYI katanya lagu ini dinobatkan sebagai kid song over the centuries, dan menurut gue ini sangat adil.

gue cukupkan untuk ulasan mengenai lagu 'Over the Rainbow', makasih untuk sudah mau baca trit ini

Komen mereka :

Quote:Original Posted By phusyu â–º
ini lagu yg dinyanyiin bang ari sampe meva mewek tp jujur ane belom dengerin ni lagu,ntar ane download oh iya,ngomong2 tentang "wizard of OZ" bukannya skrng sdh ada remake nya,kalo gk salah "OZ The great of powerfull" CMIWW lupa2 ingat judulnya Quote:Original Posted By zadeirawanz â–º
lagunya bagus, sering kalo lg berkendara ane dengerinnya.
ternyata ada kisah menarik dibalik lagu ini


Quote:Original Posted By pitax.brontax â–º
kebetulan di mp3 ane ada gan, tapi yg nyanyi katharine mcphee ..
Quote:Original Posted By SShheeaammuss â–º
somewhere over the rainbow. suatu tempat di balik pelangi atau di ujungnya pelangi tuh kaya di film2 kartun
Quote:Original Posted By mindset.of.ryou â–º
ane demen banget lagu ini gan, pernah jadi soundtracknya dokumenter "the moon"
tpi sebelom "the moon" ada ane udah tau nih lagu..
tpi baru tau kalo lagu ini dari wizard of oz..
heheehehee..
mo yutub wizard of oz yg versi lama ahh..
ane cm pnya e-booknya..
Quote:Original Posted By ar.sena â–º
waw lagu.. favorit ane nih gan....
udah banyak banget versi cover-y ..

tapi yang paling ane suka versinya Norah Jones yang digabungin sama lagunya Louis Amstrong 'Wonderful World'..
Quote:Original Posted By sound.of.glory â–º
ane biasanya dengerin yang versi israel iz kamakawiwo'ole gan


Quote: Lion, scarecrow,judy, dan woodman di film The wizard of oz



Bila berkenan Ts Mengharapkan jangan dilempar buat SR jangan lupa

SPECIAL THANKS
KASKUSOfficial Mimin Momod dan Agan Agan semua  

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/530d8d82fcca171e68000026

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)