Home » » Mengenal Gurita, Makhluk Cerdas di Laut Lepas

Mengenal Gurita, Makhluk Cerdas di Laut Lepas

Gurita adalah salah satu daru beberapa makhluk tertua dan paling mengesankan di planet ini. Beberapa senjata mereka (selain tentakel) membuat mereka semakin melegenda, tapi ternyata jika kita mau mengenal mereka, faktanya mungkin tidak akan seperti yang Anda perkirakan.

Quote:1. Meskipun otak gurita hanya seukuran walnut, gurita tergolong sangat cerdas di kalangan hewan invertebrata
Spoiler for


Quote:2. Mereka adalah invertebrata pertama yang terlihat menggunakan alat dalam mencari makan, seperti kerang dan kelapa, hal ini dimaksudkan untuk bersembunyi dari predator potensial
Spoiler for


Quote:3. Gurita senang untuk mengumpulkan dan mengatur pernak-pernik hingga menjadi seperti "kebun"
Spoiler for
Apakah Agan melihat ada gurita di kebun ini?


Quote:4. Gurita tergolong cukup mahir untuk keluar dari masalah. Seperti misalnya: "bagaimana untuk melarikan diri dari botol tertutup"
Spoiler for


Quote:5. Gurita juga memiliki mata yang luar biasa kompleks, tidak seperti kita manusia
Spoiler for
Pupil mata mereka berbentuk horisontal, tidak seperti kita (yang bulat) atau kucing (yang berbentuk vertikal). Mungkin terlihat aneh dengan mata gurita yang 'horizontal-oriented', dibandingkan dengan tubuhnya. Entahlah, apakah berarti gurita melihat objek dalam bentuk yang sama, apakah itu terbalik atau naik sisi atas?


Quote:6. Gurita bersifat soliter dan tidak suka berkelompok, yang menyebabkan gurita rentan terhadap predator lainnya
Spoiler for
Cara untuk menangkapnya adalah Anda harus memperhatikannya baik-baik keberadaannya.


Quote:7. Jika gurita bertemu dengan predator yang lebih pintar (atau juga gangguan manusia), maka gurita mengeluarkan tinta hitam seperti awan untuk melarikan diri.
Spoiler for
Selain menyebabkan visibilitas berkurang dengan tersebarnya tinta, tinta gurita juga mengandung zat yang menumpulkan indera penciuman predator, hal itu memudahkan gurita untuk melarikan diri dan sulit terlacak.


Quote:8. Saat diselimuti kegelapan, gurita jenis abyssal (alias Vampire Squid) mampu mengeluarkan cahaya
Spoiler for
Ini adalah jenis gurita laut yang pada seluruth tubuhnya terdapat organ penghasil cahaya yang disebut photophores. Sorotan cahaya bawah air ini mampu menghasilkan disorientasi kilatan cahaya hingga beberapa menit pada suatu waktu.


Quote:9. Salah satu trik untuk menangkap gurita adalah dengan suara berfrekuensi tinggi, jika cara itu tidak berhasil juga, maka gurita akan menggigitmu
Spoiler for
Karena gurita memiliki paruh yang terbuat dari keratin (sebagaimana kuku manusia) yang tersembunyi di dalam kepala mereka. Paruh ini biasanya mereka gunakan untuk menghancurkan kepiting dan moluska yang mereka makan.


Quote:10. Karena gurita tidak memiliki kerangka baik di dalam maupun di luar tubuhnya, maka gurita dapat menekan dirinya ke (dan dari) tempat yang sempit untuk menghindari predator mereka
Spoiler for


Quote:11. Salah satu spesies gurita, yang disebut gurita mimic, bahkan mampu mengubah bentuk tubuhnya untuk meniru hewan lain
Spoiler for


Quote:12. Semua gurita merupakan hewan yang berbisa, tetapi hanya gurita satu ini (disebut gurita cincin biru kecil) yang mampu membunuh manusia.
Spoiler for


Quote:13. Gurita memiliki tiga jantung. Dua jantung berfungsi memompa darah melalui dua insangnya, sedangkan yang ketiga memompa darah melalui tubuhnya
Spoiler for
Ini adalah Gurita yang disebut Blanket Octopus


Quote:14. Gurita memiliki darah yang berwarna biru
Spoiler for
Darah gurita berwarna biru terang karena mengandung protein hemosianin yang kaya dengan tembaga untuk mengangkut oksigen. Sebaliknya manusia darahnya berwarna merah karena mengandung protein hemoglobin yang menghasilkan warna merah yang kaya dengan besi.


Quote:15. Gurita secara umum memiliki sekitar 240 alat penghisap yang berbentuk seperti cangkir yang menonjol pada setiap anggota tubuhnya, dan memiliki daya hisap yang sangat besar sampai dengan 35 lbs (setara dengan 15,8 Kg)
Spoiler for
Pengisap gurita juga sangat sensitif; mereka dapat mengambil sinyal kimia halus dan bergerak secara individual, bahkan dapat juga dilipat sampai setengah lipatan.


Quote:16. Diketahui juga, alat penghisap gurita selain sebagai organ taktil, juga bisa sebagai organ penciuman
Spoiler for


Quote:17. Dua pertiga dari neuron gurita terdapat pada lengannya, bukan di kepalanya
Spoiler for
Artinya satu lengan dapat bekerja sendiri untuk membuka kerang sementara lengan gurita yang lain sibuk melakukan pekerjaan yang lain.


Quote:18. Sesekali akan ditemui satu lengan gurita jantan terlihat seperti mencolek sebuah gurita betina. Dan ternyata, pada gurita jantan, satu "lengan" itu merupakan sebuah organ reproduksi laki-laki (baca: penis)
Spoiler for
Dan kita lihat, gurita sedang melakukan "itu"


Quote:19. Gurita kadang-kadang juga dapat bersifat kanibal
Spoiler for
Gurita dewasa dikenal suka melahap gurita muda yang masih rentan, dan dalam beberapa kasus, hampir sama satu sama lainnya: Sebuah studi menemukan bahwa gurita betina sedang menyerang dan mencekik gurita jantan yang baru saja mengawininya dan memakannya selama dua hari sampai habis.


Quote:20. Gurita betina yang disebut juga dengan 'hen' dapat menghasilkan telur sebanyak 400.000 dalam sekali bertelur
Spoiler for
Sementara itu untuk melindungi anak-anak mereka yang belum lahir, gurita betina berhenti makan. Sebuah harga yang sangat mahal bagi seorang ibu gurita karena ketika kehamilan berakhir dan setelah telur menetas, ibu gurita akan mengalami bunuh diri seluler, dimana anak-anak gurita keluar melalui jaringan dan organnya sampai dia meninggal.


Quote:21. Tanpa memandang jenis kelamin, sebagian gurita masa hidupnya hanya 3-5 tahun saja, sebuah fakta yang membatasi kemampuan peneliti untuk mengumpulkan informasi
Spoiler for


Quote:22. Beberapa ilmuwan percaya bahwa jika gurita dapat hidup lebih lama, mereka akan menjadi intelijen yang dominan di Bumi
Spoiler for


sumber: i-am-bored.com

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5478273b62088188138b456e

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)