Home » » Ambulans: Ojek, Pesan Antar atau Mobil Toko?

Ambulans: Ojek, Pesan Antar atau Mobil Toko?



Sebelumnya Terimakasih Mimin,Momod dan agan2 sekalian…ini jd HT ke-2 ane
Quote:


Langsung ke TKP gan!Quote:

Quote:

Ambulans adalah kendaraan transportasi orang sakit atau cedera, dari satu tempat ke tempat lain guna perawatan medis. Istilah Ambulans digunakan menerangkan kendaraan yang digunakan untuk membawa peralatan medis kepada pasien di luar rumah sakit atau memindahkan pasien ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. Kendaraan ini dilengkapi dengan sirene agar dapat menembus kemacetan lalu lintas.

Gagasan ambulans pertama kali muncul oleh konsep dari Knights of St John. Selama Perang Salib abad ke-11, Knights of St John menerima pengajaran dalam perawatan pertolongan pertama dari dokter Arab dan Yunani. The Knights of St John kemudian bertindak sebagai pekerja darurat pertama, mengobati tentara di kedua sisi perang di medan perang dan membawa yang terluka ke tenda terdekat untuk perawatan lebih lanjut.

Konsep layanan ambulans dimulai di Eropa dengan Knights of St John, pada saat yang sama itu juga menjadi praktik umum yang dihadiahi reward kecil yang harus dibayarkan kepada prajurit yang membawa prajurit yang terluka lainnya untuk perawatan medis.

Dokter bedah dari French Army Grand, Baron Dominiquie Larrey menciptakan korps khusus medis yang official pertama kali pada tahun 1972. Tenaga terlatih lengkap dengan peralatan bergerak keluar dari rumah sakit untuk memberikan pertolongan pertama kepada prajurit yang terluka dan / atau membawa mereka kembali dengan tandu, dan gerobak ke rumah sakit.

Ambulans yang telah dilengkapi dengan mesin telah digunakan sejak awal abad ke-20. Pada tahun 1950-an Amerika Serikat dipelopori dengan helikopter-ambulans selama Perang Korea. Pada tahun 1968, St Vincent's Hospital di New York City memulai mobile pertama unit perawatan koroner.


Apa hubungannya ambulans dengan ketiga usaha terkait transportasi lainnya?
Begini penjelasannya gan...Secara fungsi, ambulans di seluruh dunia dapat dibedakan menjadi 3 kategori besar:

Spoiler for Emergency ambulanceAdalah fungsi ambulans yang umumnya kita kenal dan sering terlihat dalam acara televisi Amerika.

Dalam kendaraan yang mobile petugas medis memberikan pertolongan pertama pada pasien untuk menstabilisasi kondisi kegawat daruratannya. Untuk ambulans ini tentu peralatan didalamnya harus lengkap.

Quote:
Ambulans yang dilengkapi dengan peralatan bantuan hidup dasar yang sering kita temui sehari-hari.
Quote:
Hijau yang khas dari ambulans 118 yang beroperasi di DKI Jakarta dan masih sering mendapat keluhan mengenai respon time-nya
Tidak hanya peralatan untuk bantuan hidup dasar, juga untuk penanganan kegawat daruratan tahap lanjut. Termasuk tindakan intervensi seperti pembedahan atau punksi yang sifatnya darurat untuk menyelamatkan hidup dapat dikerjakan di ambulans ini. Tentu kendaraan tersebut harus dilengkapi petugas yang kompeten dan terampil menangani kasus-kasus sulit yang sifatnya darurat di luar lingkungan rumah sakit.

Ketentuan lebih mendetil mengenai kelengkapan yang diperlukan dapat dilihat di sini. Atau gali lebih jauh mengenai Emergency Medical Service di EMSWORLD, semacam one stop site tentang segala sesuai terkait layanan kegawat daruratan internasional.

Mengingat fungsinya krusial, aneka variasi alat transportasi dalam dimodifikasi menjadi ambulans tipe ini. Dan lebih jauh lagi, seringkali fungsinya meningkat menjadi mobile hospital.
Quote:
Bis mewah yang dimanfaatkan sebagai ambulans di Dubai
Quote:
Kapal kecil seperti ini dimanfaatkan sebagai ambulans untuk melayani daerah kepulauan seperti di Sisilia, Italia.

Quote:
Kapal lebih kecil dan ringan untuk menyusuri sungai demi menghindari kemacetan atau mencapai pelosok rawa atau melintasi danau di Kasmir sebagai rivers and lakes ambulance
Quote:
Indonesia yang juga negara kepulauan lebih banyak menggunakan kapal cepat dan ringan seperti ini, miliknya PT. Pertamina, sebagai ambulans air. Seringkali ambulans-ambulans air ini fungsinya turun menjadi sekedar pengantar masyarakat dari pulau satu untuk berobat ke puskesmas atau rumah sakit di pulau lainnya. Peran sebagai emergency responder yang menumpul.
Quote:
Atau kapal cepat langsing yang digunakan sudin kesehatan kotamadya Kepulauan Seribu ini.
Quote:
Atau menjadi puskesmas terapung di Mentawai yang lebih banyak memberikan layanan pengobatan rawat jalan. Sementara kualifikasi kendaraan puskesmas keliling tidak memerlukan peralatan penyangga hidup selengkap emergency responders ambulans.
Quote:
Peningkatan ambulans menjadi mobile ICU di India
Quote:
Kereta api pun digunakan sebagai ambulans, bahkan meningkat menjadi hospital train, seperti yang dimiliki Rusia.


Spoiler for Patient transport ambulanceAdalah kendaraan yang fungsinya semata mentransportasikan pasien dari dan ke pusat pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan. Kebutuhan peralatan didalamnya tentu berbeda-beda sesuai tujuannya.
Quote:
Salah satu bentuk awal Ambulans untuk memindahkan prajurit yang terluka saat perang dunia I.
Quote:
Mobil Ambulans generasi pertama yang digunakan Inggris pada tahun 1916
Pasien yang sudah dalam kondisi cukup stabil untuk dipindahkan akan tetap stabil selama perjalanan. Tentu saja kelengkapan basic life support untuk antisipasi perburukan kondisi pasien secara tiba-tiba tetap diperlukan.

Tetapi, untuk negara-negara berkembang atau miskin ane rasa banyak ambulans tipe ini yang murni untuk antar-jemput pasien saja. Masalah akses secara geografis yang lebih utama diselesaikan oleh inovasi bentuk dan jenis ambulans. Sementara kelengkapan peralatan medis didalamnya belum diutamakan.
Quote:
Ambulans gaya seperti motor-becak di Medan ini membantu menjemput lalu mengantar ibu hamil yang akan melahirkan. Disesuaikan dengan lingkungan serta jarak tempuh ke layanan obstetri di negara-negara Afrika seperti Sierra Leone
Quote:
Karena bahan bakar minyak mahal, ibu hamil atau orang sakit tadi juga bisa diantar menggunakan sepeda ambulans ini.
Quote:
atau model ini, pasien lebih terlindungi dari terik matahari dan debu. Tapi, kenyamanan memang tidak dijamin, guncangan jalanan tanah berbatu di afrika akan sangat terasa di punggung pasien yang berbaring disana. (Ane kok jadi ingat tukang roti Lauw atau Tan Ek Tjoan ya …)
Quote:
Yang ini malah mirip sekali dengan Becak ya gan? Negara Afrika menikmati inovasi transportasi sederhana namun berguna sebagai ambulans. Kita sudah punya alatnya, namun belum diinovasikan fungsinya: Becak Ambulans, Bentor Ambulans, Dokar/Sado/Pedati Ambulans, dll.
Ayo, siapa yang mau bikin!?
Quote:
Bentuk berbeda namun tujuannya sama, mengantar pasien mendapatkan akses kesehatan. Ambulans gaya bemo ini dapat menjangkau pelosok pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Quote:
pengembangan ambulans menjadi mobil jenazah masih terjadi di Indonesia. seharusnya dipisahkan seperti mobil jenazah PMI yang terdiferensiasi dengan jelas dari ambulans transport pasien hidup
Quote:
Ambulans transport bisa dilihat dengan tidak terisinya panel-panel untuk peralatan bantuan hidup dasar dan lanjutan. Sehingga fungsinya murni sebagai pengangkut pasien saja.


Spoiler for Response unit or fly carYa, tipe ambulans ini berfungsi hanya mengantar petugas medis berpengalaman (first responder) ke lokasi kejadian secepat mungkin. Mungkin hanya satu orang saja yang dapat diterjunkan ke lapangan dengan menggunakan kendaraan ini.

Tujuannya agar petugas yang pertama tiba tersebut dapat mengamankan lokasi dan mensortir pasien atau korban masal serta menolong yang kondisinya paling gawat darurat hingga tim berikutnya tiba bersama peralatan dan obat-obatan.

Sehingga bentuk ambulans ini seringkali unik dan tidak biasa layaknya mobil yang sering kita lihat.

Quote:
Ini versi “keren” dari ambulans yang membawa first responder atau life liner. Bisa berupa helikopter atau sepeda motor seperti miliknya kota Rotterdam, Belanda.
Quote:
Sepeda banyak digunakan di area perkotaan yang padat dan super sibuk untuk membawa petugas first responder lebih cepat ke lokasi pasien. Seperti cycle responder di London, Inggris ini dilengkapi dengan sepeda dan baju yang dirancang khusus untuk mengatasi kegawat daruratan seorang diri.
Quote:
Konsep first responder di pelosok pulau seperti Kalimantan sedikit berbeda dengan Amerika atau Eropa. Motor Ambulans ini diperlukan, karena banyak daerah yang memang hanya dapat dijangkau dengan motor. Sehingga penanganan masalah medis (gawat darurat ataupun tidak) sebisa mungkin diselesaikan di lokasi (on site).
Quote:
Ambulans helikopter di Indonesia memainkan peran sedikit berbeda. Selain untuk menerjunkan first responder, sekaligus mengangkut pasien dari kemacetan arus mudik ke rumah sakit terdekat.
Quote:
Walau kuantitas dan kualitasnya masih sangat terbatas, namun beberapa rumah sakit dikota besar mulai menggunakan sepeda motor sebagai first responder sesungguhnya. Contohnya RS. Siloam Kebon Jeruk.


Nah, tipe emergency response merupakan “moko” atau mobil toko. Karena didalamnya tersedia berbagai peralatan yang diperlukan untuk “berjualan” penuh.

Berikutnya, apakah agan2 sekalian bisa menebak mana yang “ojek” dan mana yang “pesan antar”?

Fly car dengan fungsi sebagai dropper menurut ane serupa dengan “pesan antar”. Dengan berbagai variasi bentuk dan usaha mengantarkan first responder untuk memberikan pertolongan yang diminta.

Ambulans untuk transport pasien-lah yang mirip dengan “ojek” yang kita bayar untuk mengantarkan kita ke tempat yang kita inginkan. Well, taksi mungkin lebih mirip ya dari pada ojek. Namun ane yakin agan akan ingat pernyataan diatas untuk beberapa waktu

Maka, lain kali kita berpapasan dengan ambulans atau diminta menelepon ambulans anda sudah lebih paham yang mana ojek-pesan antar atau moko.


Spoiler for SumberWikipedia
GREY SHADES OF HEALTHCARE


Quote:Bagi yang sudah ISO boleh dong bagi cendolnya gan


Spoiler for Thread Ane Yang LainMinyak Tawon Terbuat dari Ekstrak Tawon Beneran???
15 Jenis Foto yang kita unggah di Instagram
Terowongan Ampera Di Gunung Kelud
Cerita Perjalanan Bendera Merah Putih "Metallica Solo - Indonesia" Sampai Ke GBK



Buat yang belum ISO bisa bantu rate




Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53d8c59ca4cb17d81f8b47fc

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger