Home » » Hal-Hal yang Dikangenin di Bulan Ramadhan

Hal-Hal yang Dikangenin di Bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Sebelum membaca Thread ane buka dulu :


Spoiler for Cek repostcek repost
Spoiler for Rate 5
Spoiler for KomengJangan lupa komeng gan



Spoiler for IntroTak terasa kini kita telah berada diujung bulan Ramadhan gan. Udah sebulan kita menjalani berbagai rutinitas yang hanya ada setahun sekali. Pasti kita merasa jika semua rutinitas itu berhenti,ada rasa rindu yang mendalam di hati kita untuk ingin melakukannya lagi. langsung aja gan, dibawah ini adalah berbagai hal yang bakal dikangenin di Bulan Ramadhan.


Spoiler for 1. Berkah

Yang pertama, kita mulai dari yang super istimewa. Di bulan Ramadhan, ada BERKAH yg Luar Biasa. Di Ramadhan, Allah melipat gandakan pahala dari ibadah yang kita kerjakan selama berpuasa sepanjang ramadhan ini. Ini jelas keistimewaan bulan ini yang gak di dapat di bulan-bulan yang lainnya. Bahkan, saking berkahnya ramadhan itu, tidurnya orang yang sedang berpuasa di bulan ramadhan aja bisa dapat pahala. Apalagi kalau beribadah? Pasti dapat yang jauh lebih besar dan berberkah. Selain itu di bulan ramadhan Allah membukakan selebar-lebarnya pintu surga, pintu rahmat, pintu ampunannya untuk hambanya yang bertakwa. Subhanallah. Apakah kita termasuk orang yang mendapat ampunannya, mendapat berkahnya dan mendapat surganya? Semoga kita bisa kembali fitrah setelah melewati Ramadhan ini. Amin…
Spoiler for 2.Berbagi
Yang kedua, di ramadhan aku kangen sama suasana BERBAGI yang sangat kental. Setiap hari sangat terasa suasana berbagi itu. Mulai dari membukakan orang puasa, bagi-bagi makanan untuk sahur, sampai nanti di penghujung ramadhan sedekah dan zakat yang mengalir deras untuk sesamanya yg membutuhkan. Sungguh suasana saling berbagi yang sangat kuat dan kental.

Spoiler for 3. Menghargai
Yang ketiga, rasa saling menghargai dan sikap yang sangat dijjaga. Seperti tujuan dari berpuasa sendiri, selain menahan rasa lapar dan haus, kita juga harus bisa menahan hawa nafsu. Dengan begitu sikap akan terkontrol baik. Dan itulah yang bikin senang di bulan ramadhan, semua orang sangat menjaga sikapnya, tidak seblak-blakan, atau semudah itu terpancing emosinya. Selain itu, untuk menghormati bulan suci ramadhan, hiburan malam tak beroperasi seperti biasanya. Orang-orang tak seenaknya ‘mojok’ dan berbuat asusila. Setidaknya dengan saling menjaga sikap ini, semoga maksiat terkurung di bulan ramadhan ini, dan alangkah bahagianya jikalau tak lepas bebas lagi menggerogoti hati manusia…

Spoiler for 4. Keagamaan
Yang ke-4, rasa keagamaan yang terasa begitu kental. Mesjid yang selalu dibanjiri umat muslim yang beribadah, sholat fardhu maupun taraweh yang dilakukan dengan berjamaan, dan tadarrus Al-quran yang terdengar berkumadang setiap malam, pesantren ramadhan yang diikuti anak-anak dan remaja-remaja dimana-mana, ceramah-ceramah agama, dll, itu sangat memberikan rasa keagamaan yang begitu kuat, dan yang jelas sangat menggambarkan bahwa ajaran Islam masih benar-benar ada dan melekat di hati masyarakat. Subhanallah… semoga di hatiku juga… amin…

Spoiler for 5. Kebersamaan
Spoiler for awas BWK
Yang ke-5, suasana KEBERSAMAAN yang begitu kuat. Aku senang, kalau ramadhan, keluarga lebih sering ngumpul bareng. Makan sahur sama-sama, buka bareng-bareng, sholat bareng, dll. Hal ini terkadang mungkin buat sebagian orang jarang terjadi di bulan-bulan lain selain ramadhan. Ttg ini aku jadi ingat sebuah cerita tentang seorang anak. Anak itu masih begitu kecil. Tapi dia sangat gembira menyambut ramadhan. Dan dikala ramadhan mau berakhir, anak itu malah bersedih. Dia malah ingin tetap terus-terusan bulan ramadhan. Setelah ditanya, kenapa, anak itu menjawab.. “ade gpp puasa terus, asal tiap hari bisa makan-makan, sahur dan buka puasa bareng terus sama mama papa”. Itulah jawaban singkat anak itu. sederhana, tapi sangat bermakna dalam. Yang diinginkan anak itu hanyalah kebersamaan dari kedua orangtuannya yang selalu sibuk. Walau hanya sekedar makan bersama, anak itu senang karena ia tetap bisa merasakan kebersamaan dan kehangatan sebuah keluarga yang utuh.

Spoiler for 6. Bebas asap rokok
Yang ke-6, ini sangat penting buat aku, di bulan Ramadhan BEBAS ASAP ROKOK. Hoho... Yap, memang gak bebas 100%, tp setidaknya orang jadi sangat jarang merokok di tempat umum. Selain itu, merokok adalah haram hukumnya saat berpuasa, makanya jangan harap bisa nyebarin asep-asep menyebalkan itu di siang hari. Hahaha… senang gw! Btw ttg rokok ini, aku rada heran, ky temen-temen cowo aku, dibulan puasa mereka bisa nahan buat gak ngerokok di depan umum, sepanjang hari malah. Tapi ketika di luar bulan puasa, gak bisa sedikitpun nahan itu. tiap pagi, baru datang aja udah ngebul asap rokok dimana-mana. Makanya, hal ini SANGAT AKU KANGENIN!! Seger bisa hirup udara seger bebas asap rokok..

Spoiler for 7. Pasar Dadakan
Yang ke-7, ADA PASAR Dadakan alias pasar kue Ramadhan. Aku kurang tau kalau di daerah lain gmn, tiap bulan Ramadhan pasti banyak pasar dadakan yang buka tiap sorenya. Pasar dadakan ini hanya ada tiap bulan Ramadhan. Di pasar wadai itu selain jualan kue juga jual macam-macam panganan buat berbuka. Yang jelas yang aku suka dengan pasar dadakan tiap ramadhan ini, macam-macam kue tradisional yang jarang dijual dihari biasanya, semua pada keluar dan dijual di pasar dadakan ramadhan ini! Pokoknya, kalo mau wisata kuliner, bulan ramadhan uenak tenen deh..

Spoiler for 8. Bukber[img]dotsemarang.blogdetik.com/files/2011/08/bukber-dots.jpg[/img]

Yang ke-8, BUKBER plus REUNIAN. BUKBER alias BUka BERsama, bukan hal asing lagi di bulan puasa ini. Suasana saat BUKBER terkadang jadi kesan tersendiri karena kehebohannya, rasa berbaginya, rasa kebersamaannya. Dan yang aku demen, karena ada BUKBER ada Reunian. Kaya tahun lalu, aku senang, dibulan ramadhan thn lalu itu aku bisa Bubar plus reunian bareng temen-temen SMA dulu, SMP, sampai temen-temen SD+guru-gurunya! Wah, itu kenangan manis bulan ramadhan lalu. Senang bisa ketemu dan kangen-kangenan dg temen-temen yang sudah lama bgt tidak bersua itu. Dan aku kembali kangen dengan kebersamaan bersama temen-temen lama aku itu. Yah, semoga tahun ini kita bisa pd reunian lagi dan kembali menjalin tali silaturrahmi kembali.

Spoiler for 9. Irama Sahur

Spoiler for Awas BWK
Yang ke-9, kangen sama ‘begarakan sahur’ dan Pawai Irama Musik Sahur. 2 moment ini, cukup berkesan. Ini cuma ada di bulan puasa nih. Kalo begarakan sahur, ya dimana2 ada. Kalo di daerah-daerah atau perkampungan, biasanya rame tuh anak muda keliling kampung bangunin orang buat sahur pake segala macam bunyi-bunyiannya yang heboh itu. kalo pawai irama musik sahur, di beberapa kota mungkin juga ada. Nah, kalo di daerah ane,tepatnya di Loloan,Jembrana,Bali, 2 hal itu biasanya diadain acara khusus. Dibikin lomba. Jadi, Kaya pesta rakyat gitulah jadinya. Jadi, biasanya sekitar malam 15-20 ramadhan, diadain 2 acara ini secara khusus. Tahun ini, aku sempet liat. . Dan acaranya SERU ABIZZ!!!

Spoiler for 10. Sahur

Yang ke-10,Selain begarakan sahur diatas, pasti tak luput juga sama SAHURnya gan. siapa sih yang tak mau mau sahur di bulan ramadhan,pasti semuanya maulah. kalo gak sahur ya jadinya kelaparan banget saat menjankan ibadah puasa gan. tapi kalo kita lupa sahur,asalkan niat untuk puasa secara sungguh2. Insya Allah puasa kita akan bertahan sampai buka gan...

Spoiler for Bonus[SPOILER=11. Petasan]

Yang ke-11, aku kangen sama yang namanya hebohnya KEMBANG API dan PETASAN. Hehe… emang kalau nyalain petasan dilarang karena ganggu ketentraman dan bisa bikin orang jantungan. Tapi tetep aja, petasan itu udah terlanjur jadi trand mark nya bulan puasa. Hohoho… ga semarak malam tanda petasan dan kembang api. Kalo petasan sih, bahaya sih. Tapi kalo kembang api, seru donk! Aku paling demen kalo tetangga aku udah nyalain kembang api. Seru! Mana hampir tiap malam. Lumayan bisa liat kembang api gratisan tiap abis taraweh, hehe…tapi,jangan main petasan ya waktu orang2 pada sholat tarawih, ntar dimarahin pak haji


Nah, itu kira-kira 10 hal yang aku pribadi, hal-hal di Ramadhan yg bikin banget.
Selamat Tinggal Ramadhan 1435 H,
Sampai jumpa di Ramadhan 1436 H

Minal Aidzin Wal Faizin,
Mohon Maaf Lahir dan Batin

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1425 Hijriyah"

Wassalamu'alikum Wr.Wb

Sumur

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53d44053c0cb17ec1d8b478a

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)