Home » » Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Bikin Lo Tambah Cerdas

Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Bikin Lo Tambah Cerdas


Assalamualaikum Wr.Wb



Spoiler for Semoga Belum RepostSemoga Belum
Sorry kalo Repost, Ane cuma ingin berbagi


Quote:Kecerdasan itu gak didapat dengan sistem kebut semalam lho, melainkan harus dibangun secara bertahap. Kamu juga gak lahir langsung bisa ngomong kan? Harus belajar dulu beberapa lama. Semakin sering dilatih, kamu pun semakin mahir.

Makanya, kamu perlu sering-sering melatih pikiran kamu biar tetap tajam. Ini dia beberapa tips simpel yang bisa kamu biasakan mulai dari sekarang untuk menjaga otakmu tetap encer.

Quote:Quote:1. Munculkan Beberapa Ide Tiap Hari
Spoiler for Ilustrasi
Idenya bisa tentang apa aja. bisa gimana caranya mengentaskan kemiskinan, caranya biar bisa begadang tapi tetap sehat, ide buat video, apapun deh! Gak masalah idenya tentang apa, masuk akal atau enggak, yang penting otakmu tetap jalan. Siapa tau die kamu bisa ditindaklanjuti jadi sesuatu. Oh iya, jangan lupa catat idemu.


Quote:Quote:2. Baca Koran
Spoiler for Ilustrasi
Kalo kamu menganggap baca koran itu kerjaannya bapak-bapak, kamu salah besar. Koran (dan media berita lainnya) membantumu untuk lebih peka pada hal-hal penting dan apa yang terjadi di dunia. Dari situ, kamu bisa belajar membentuk opinimu sendiri dan mengaitkan sesuatu dari hal yang kelihatannya gak berkaitan. Dan yang pasti wawasanmu lebih luas.


Quote:Quote:3. Melakukan Devil’s AdvocateSpoiler for Ilustrasi
Devil’s advocate itu bukan berarti kamu membela iblis lho, tapi mengambil argumen tandingan terhadap suatu opini, untuk menguji keabsahan opini tersebut.

Temukan suatu hal yang barusan kamu pelajari, lalu bangunlah opini yang berbeda dari orang kebanyakan, semacam opini yang gak biasa, yang baru muncul kalo kamu kritis. Terus, temukan bukti-bukti yang mendukung opinimu dan terbukalah dengan ide-ide yang bisa mengubah opinimu. Kalo kamu sering melakukan ini, kamu akan terlatih berpikir kritis dan out of the box.

Kalo kamu masih mampet juga, cobalah baca bagian editorial di koran dan evaluasilah secara kritis. Itu akan membantumu untuk mengerti bagaimana orang lain membentuk argumen dan mengekspresikan pendapat.


Quote:Quote:4. Baca Buku Fiksi Dan NonfiksiSpoiler for Ilustrasi
Cobalah untuk membaca sebuah buku setiap minggu. Kamu bisa membaca kapanpun kamu ada waktu, bisa di kendaraan umum atau saat kamu mengantri. Buku fiksi bagus untuk memahami karakter dan menyelami perspektif berbeda, sedangkan buku nonfiksi membantumu memperkenalkan topik-topik baru, seperti hukum dan politik.


Quote:Quote:5. Daripada Nonton TV, Mendingan Nonton Video Yang Edukatif
Spoiler for Ilustrasi
Kadang lebih asik dan lebih mudah menangkap suatu subjek lewat menontonnya dibanding membaca, terutama kalo kamu tipe visual learner. Kamu bisa menonton video- video seminar TED dan belajar dari pengalaman mereka yang jadi pembicara di sana, atau kanal Youtube kayak SmarterEveryDay yang memberikan pengetahuan dengan cara yang seru, jadi lebih gampang nempel di kepala.


Quote:Quote:6. Langganan Laman Yang Membagikan Informasi Menarik
Spoiler for Ilustrasi
Udah banyak laman yang membagikan artikel mendidik dan inspiratif (contohnya Hipwee!). Kamu bisa mengikuti akun-akun mereka di media sosial, biar kamu bisa belajar bermacam hal lewat linimasa atau newsfeed-mu.


Quote:Quote:7. Bagikan Pengetahuanmu Ke Orang LainSpoiler for Ilustrasi
Setelah kamu mempelajari suatu hal yang baru, bagikan ke orang lain agar ilmumu itu makin tajam. Temukan teman yang bisa diajak bertukar pikiran biar pengetahuanmu nambah dan kamu bisa menemukan perspektif yang berbeda.


Quote:Quote:8. Bikin Dua Daftar: Daftar Skill Yang Berhubungan Dengan Pekerjaanmu Dan Skill Yang Ingin Kamu Kuasai Di Masa MendatangSpoiler for Ilustrasi
Usahakan daftar ini gak pernah kosong, agar kamu terdorong untuk mempelajari hal baru tiap hari. Ambil masing-masing satu dari daftar di atas, temukan sumber-sumber yang relevan, lalu pelajarilah.


Quote:Quote:9. Buat Daftar Hal-Hal Yang Telah Kamu Lakukan
Spoiler for Ilustrasi
Di akhir hari, tuliskan hal-hal yang telah kamu selesaikan hari itu. Kegiatan ini bisa membantu kamu merasa lebih baik dengan hal-hal yang udah kamu capai, terutama kalo kamu lagi galau. Daftar ini juga bisa untuk mengevaluasi seberapa produktif kamu tiap harinya. biar kamu bisa merencanakan kegiatan besok dengan lebih baik.


Quote:Quote:10. Tuliskan Apa Yang Udah Kamu Pelajari
Spoiler for Ilustrasi
Kamu bisa membuat posting blog tentang apa aja yang udah kamu pelajari hari itu. Memposting di blog membantu kamu untuk menelusur hal-hal yang udah kamu pelajari selama ini. Dan kamu pun akan belajar lebih serius, karena harus mempostingnya di blog yang akan dibaca banyak orang, malu kan kalo ilmunya cuma setengah-setengah?


Quote:Quote:11. Stimulasi PikiranmuSpoiler for Ilustrasi
Latih otakmu dengan soal-soal atau kuis, misalnya TTS, sudoku, atau situs asah otak seperti Lumosity biar otakmu tetap encer dan mentalmu terjaga.


Quote:Quote:12. Ikut Kursus OnlineSpoiler for Ilustrasi
Lewat internet, kamu bisa kursus macam-macam secara online, baik berbayar maupun gratis. Lewat kursus, pembelajaranmu akan lebih fokus dan terstruktur. Tapi, jangan ambil banyak-banyak, fokuskan ke satu atau dua materi aja.


Quote:Quote:13. Nongkrong Sama Orang-Orang Yang Lebih Cerdas Dari KamuSpoiler for Ilustrasi
Kamu perlu nongkrong sama orang-orang cerdas, biar wawasanmu juga lebih luas. Bersikaplah rendah hati dan mau belajar dari mereka. Kalo kamu sering nongkrong sama orang-orang yang pengetahuannya di atas kamu, mau gak mau kamu juga harus banyak belajar buat mengimbangi mereka.


Quote:Quote:14. Ikuti Rasa Ingin TahumuSpoiler for Ilustrasi
Kalo kamu berpapasan dengan sesuatu yang keren atau bikin kamu penasaran, cari tahu. Jangan cuma dibiarkan berlalu. Ikuti rasa ingin tahumu dan temukan jawabannya


Quote:Quote:15. Lawan Rasa Takutmu
Spoiler for Ilustrasi
Lawan rasa takut dengan keluar dari zona nyamanmu. Setiap hari, dorong dirimu melakukan hal yang kurang menyenangkan tapi bisa membuatmu berkembang,


Quote:Quote:16. Jelajahi Tempat-Tempat Baru
Spoiler for Ilustrasi
Kamu mungkin gak bisa traveling tiap hari, tapi kamu bisa menjelajah sudut-sudut kota tempat tinggalmu dan menemukan hal baru atau berkenalan dengan orang baru. Itu lebih produktif daripada cuma nonton TV kan.


Quote:Quote:17. Ajak Ngobrol Orang Yang Kamu Anggap MenarikSpoiler for Ilustrasi
Jangan ragu untuk berkenalan dan mengajak ngobrol orang lain, meski gak kamu kenal. Tetap rendah hati, karena kamu bisa menemukan perspektif dan wawasan baru bahkan dari orang-orang yang gak terduga, misalnya tukang parkir, atau petugas kebersihan.


Quote:Quote:18. Kasih Waktu Buat RefleksiSpoiler for Ilustrasi
Pada waktu-waktu tertentu, berhentilah melakukan rutinitasmu sejenak dan duduklah dalam hening. Refleksikan semua yang udah kamu lakukan hari itu.


Quote:Quote:19. Bikin Hobimu Jadi Produktif
Spoiler for Ilustrasi
Memang lebih asik kalo kita mempelajari sesuatu yang kita suka. Kenapa gak pelajari sesuatu yang sesuai sama hobimu aja? Kalo kamu suka musik, pelajari lagu baru atau malah alat musik baru. Kalo kamu suka nulis, biasakan menulis tiap hari.


Quote:Quote:20. Terapkan Apa Yang Udah Kamu Pelajari
Spoiler for Ilustrasi
Ilmu yang kamu pelajari akan terasah kalo kamu terapkan sesering mungkin. Learning-by-doing adalah salah satu cara efektif untuk tambah cerdas dan tajam.



Quote:Nah, jadi cerdas bukan berarti harus punya gelar S2 kan, tapi kebiasaan-kebiasaan di atas secara rutin juga gak mudah, karena kamu harus konsisten. Kalo kamu punya tips atau kebiasaan lain yang bisa bikin pintar, jangan malu-malu membagikannya di kolom komentar ya.




Sumber
Quote:Mengharapkan

CENDOL

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53d464d7108b46175d8b4622

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger