Home » » Efek Adanya Pemudik di Kampung Halaman

Efek Adanya Pemudik di Kampung Halaman

WELCOME TO

MOZZARTLOVE THREAD

Quote:Manfaatkan kepulangan anda untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan teman

MUDIK
Apakah itu mudik?


Spoiler for Pengertian MudikMudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Kata mudik berasal dari sandi kata bahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia dan Bangladesh.[1]

Fenomena Mudik selalu menjadi sorotan tersendiri menjelang lebaran. Semua media berita membuat laporan info mudik.
Info Mudik biasa didominasi tentang jalur mudik, jalan raya, kemacetan, arus lalu lintas, transportasi yang digunakan, dll.
Selama ini banyak thread yang membahas tentang mudik, mulai dari tips perjalanan mudik, hal-hal yang harus dilakukan saat mudik, tips hemat baterai smartphone saat mudik, dan sebagainya.
Disini TS akan membahas Mudik dari sisi yang berbeda. Yaitu efek datangnya para pemudik di kota atau kampong halamannya. Dan seperti TS rasakan dikampung TS sendiri, ada beberapa Efek yang terjadi saat kampong halaman diserbu pemudik. Bahkan ada seorang teman TS yang malah mengatakan merasa datangnya pemudik bikin pusing dan semrawut.


Berikut efek-efek yang terjadi saat pemudik kembali ke kampung halamanya :

Spoiler for Efek Pertama</i>Ilustrasi Kampung Halaman yang ramai
Kota atau Kampung halaman terasa jadi hidup dan ramai.
Biasanya kota atau desa atau kampung halaman yang tenang dan sepi akan menjadi ramai dan terasa lebih hdiup dengan adanya para pemudik. Pemudik yang membawa keluarga besarnya akan menjadikan suasana yang berbeda dengan kehadirannya.


Spoiler for Efek KeduaIlustrasi Jalanan yang ramai
Jalanan Jadi Rame.
Wajar bila dengan datangnya pemudik di kota atau kampung halaman akan menyebabkan jalanan jadi ramai karena makin banyaknya motor ataupun mobil luar kota dari pemudik.
Selain itu bakal banyak para tukang ojek dadakan dengan motornya yang berseliweran di jalanan.


Spoiler for Efek KetigaIlustrasi Wajah-Wajah Cantik yang Asing
Muncul Wajah-Wajah Baru.
Bukan alien lho ya atau transformer.
Maksud dari TS adalah makin banyak wajah-wajah asing yang wira-wiri di kota atau kampung halaman karena banyak pemudik yang membawa keluarganya, otomatis warga kampung akan merasa ada orang-orang yang belum dikenalnya, mungkin kerabat dari warga dikampung tersebut. Ini salah satu efek yang TS sukai, karena bisa lirak lirik apabila ada kerabat tetangga yang cantik.


Spoiler for efek KeempatIlustrasi Pasar Tradisional
Pasar Tradisional jadi Ramai
Nah, biasanya tuh banyak pemudik kalo di kampung halamannya suka bernostalgia atau berbelanja di pasar-pasar tradisional yang mungkin saja jarang ditemui di kota rantauannya. Berbelanja untuk kebutuhan menjelang lebaran, untuk oleh-oleh, dll.


Spoiler for Efek KelimaIlustrasi Rumah Makan yang ramai

Warung-warung Kuliner di Kota atau Kampung Halaman jadi Penuh.
Pemudik yang membawa keluarga besarnya, menjelang lebaran atau pas lebaran jarang yang memasak makanan sendiri dirumah kerabat keluarganya. Kabanyakan dari mereka memilih makan diluar serta mencicipi kuliner-kuliner yang ada di kampung halamannya. Dan ini berefek jadi ramainya rumah makan atau warung makan yang ada di kota atau kampung halaman kita.
Bahkan di kota/kampung halaman TS, angkringan atau hik juga jadi ramai.


Spoiler for Efek KeenamIlustrasi dialog atau bahasa gaul

Muncul Logat Bahasa Yang Terasa Asing.
Ini salah satu efek dari pemudik yang tinggal di daerah-daerah lain selama bertahun-tahun dan berkeluarga. Biasanya (kota/kampung halaman TS khan di Klaten) akan banyak percakapan dialog-dialog dengan logat yang berbeda-beda menurut asal para pemudik tersebut . entah itu Sunda, Betawi, Sumatera, dll. Seperti kemarin TS ngobrol dengan salah satu user warnet yang merupakan salah satu anak pemudik.


Spoiler for Efek KetujuhIlustrasi Halal Bihalal

Banyaknya Acara Halal Bihalal Keluarga, Temu Kangen, dll.
Sebuah kewajaran, bahwasanya pemudik bakal merasa perlu adanya silatirahmi dengan keluarga besar ataupun bertemu dengan teman-temannya. Maka acara-acara kumpul bareng pun akan menjadi hal favorit dan menjadi fenomena tersendiri dengan adanya para pemudik.


Mungkin ini hal-hal yang bisa TS sampaikan dulu, monggo bila ada yang mau menambahkan tentang efek datangnya pemudik di kota atau kampung halaman para kaskuser.
Sekian thread dari TS.

Bila berkenan dengan ane, Gan. Menerima dan Jangan Lupa

Quote:SELAMAT MUDIK DAN BERTEMU KELUARGA

Spoiler for Made In
Thread ini disponsori oleh HALIFAX Internet Cafe, Jalan Lingkar Barat Sukorame Delanggu, Klaten, Jawa Tengah


Spoiler for Mata Air
1. http://id.wikipedia.org
2. http://www.google.com
3. http://parselmart.com/wp-content/upl...-960x10241.jpg


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53d2675da09a39a47e8b47ab

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger