Home » » Sebelum Mulai Berwirausaha, Baca Tipsnya Dulu

Sebelum Mulai Berwirausaha, Baca Tipsnya Dulu

KETIKA MEMULAI USAHA, BANYAK YANG MERAGUKAN KITA

TAPI COBA TANYA PARA PEMILIK BISNIS YANG UDAH SKALA BESAR, APAKAH MEREKA DULU DIRAGUKAN OLEH REKAN2 / KELUARGA / KERABAT / PACAR / ISTRI / SUAMI / MERTUA?

90% PASTI "IYA"

TAPI SAAT USAHA KITA BERKEMBANG BAHKAN MAJU, APA KATA MEREKA?
"IKUT DOONG"
"SAYA TARO MODAL DEH"

ITU MANUSIAWI KOK.

JADI BUAT APA TAKUT/MALU MEMULAI USAHA?

TOH KALO KITA BERKEMBANG DAN MAJU, KITA DAN MEREKA (YANG TADINYA MERAGUKAN KITA) AKAN SALING MENGUNTUNGKAN DAN SIAPA TAU JADI MATA RANTAI YANG TIDAK ADA HABISNYA

ANE COBA SHARE BEBERAPA PENGALAMAN YANG TERJADI DI LAPANGAN



Thread ini berhubungan dengan thread lama ane : http://kask.us/hbQRD

Ane mau sharing beberapa TIPS & TRIK ketika memulai usaha :
1. Modal
Spoiler for
Spoiler for Kata yang paling bikin gemetar dan minder ketika memulai usaha adalah MODAL. Sebenernya gampang kok. Ane dulu juga kesulitan modal.

1.1. Cari Temen Yang Punya Uang, Ajak Join
Bagusnya sih agan punya banyak ide dan mau kerja, sisanya pembagian laba sama temen diomongin dari awal. Caranya, pepet calon partner, berbaik-baiklah, bawain sajen (kata lainnya sih entertain), misal rokok, makanan yang mayan mahal, tunjukkin keseriusan agan pengen usaha ini, walaupun gak diajak join, mungkin agan dikasih alternatif.



1.2. Atau Pinjam ke Bank
Caranya? Pake nama orang tua, kakak, adik, sodara, atau siapapun yang bersedia meminjamkan namanya untuk agan. Karena agak susah minjem ke bank kalo agan baru memulai usaha. Dulu ane ikut program KUR BRI saat udah mulai usaha 2 tahun.


1.3. Pinjem Sama Kredit Panci
Males pinjem bank? Pinjem aja sama kredit panci. maksudnya rentenir (WARNING! Ini tips pedang bermata dua, salah2 ente bisa babak bonyok ato hidup gak tenang, karena bunganya alaihim gambreng gede-nya). Gini, agan cari temen yang kira2 menurut agak finansialnya oke, pinjem 1 juta, balikin dalam beberapa hari dan kasih fee (bagi hasil dari laba). Terus menerus begitu sampe agan dapet kepercayaan temen agan dan dapet tingkat likuiditas tinggi. Alhamdulillah saat ini kalo butuh dana cepat, ane tinggal telepon rekan2 ane, cair dalam hitungan jam. Karena ane berhasil lolos dari ujian sebagai debitur mereka bunga/fee/ratenya emang awalnya gede, seiring waktu berjalan, kita boleh tawar menawar dong. Ane pernah pinjem 200jt dalam tempo 3 bulan (untuk proyek, ane bagi hasil dan balikin ke rekan ane cuma 207juta).




1.4. Cari Supplier Murah
Jual produk harus beli partai baru dapet murah? Coba gan, kalo nyari supplier, agan cari yang boss-nya lawan jenis, flirting dikit terbukti ampuh kecuali agan terlalu kaku ato gak ganteng2 amat . Beberapa tahun lalu ane main elektronik, nyari yang boss-nya cewek, ane ajak ngobrol terus, ambil cuma beberapa item, tapi puji2 si boss-nya, lah dia luluh ane beli eceran, harga partai sampe detik ini pun masih berlaku, tapi ane udah gak menjalankan bisnis itu lagi, jadi ane kasih referensi2 aja ke temen2, dan si boss amat senang.




1.5. Pinjam Kartu Kredit Keluarga (Kakak/Adik/Saudara/Ortu)
Yang penting, bayarnya jangan minimum payment, lebihin dikit deh. Misal gestun (gesek tunai)/gesek 5 juta, brarti kan cicilan perbulan sekitar 500rb lebih, nah jangan agan bayar pas2an, bayar lah lebihin dikit. Misal bayarnya 650rb, atau 750rb, kenapa gak lunasin aja langsung kalo punya duit? Boleh. Tapi gini, kita sebagai nasabah, sebaiknya kalo mau disorot sama bank, kita harus kasih keuntungan ke bank, kalo kita bayar lunas sebelum jatuh tempo, bank gak dapet untung, kalo agan jadi pemilik bank piye? mau nambahin limit CC agan? ane sih nggak. Jadi bank itu senang kalo kita bayar minimum payment, karena bunga yang mereka terima tinggi, tapi kita berat, jadinya win win solution, kita lebihin dikit, tapi bank tetep untung. Besok2nya ditawarin deh, pak limit CC-nya kita tambah ya jadi 8 juta. Wek weeew.. asoy



2. Fokus
Spoiler for
Spoiler for 2.1. Tahan Diri

Sering gak nemuin temen yang sering bilang gini :
"gwe pengen usaha percetakan ah", keesokannya
"eh, kayaknya bikin WO enak neh", keesokannya
"apa gwe bikin catering aja ya?".

Sah2 aja mikir gitu, tapi kalo diucapkan ke orang yang sama berkali2, itu menunjukkan ketidakonsistenan diri agan.

Jadi fokus aja, ambil kertas, lakukan brain storming (tau ga brainstorming?)
nih

Dari situ akan keliatan agan lebih condong ke arah mana, keahlian agan di mana, prolem solving yang agan yakin di mana, jadi dengan mudah menentukan pilihan mau usaha apa.

2.2. Lakukan Satu Persatu
Lakukan usaha agan step by step, kalo baru buka usaha catering, jalanin dulu sampe agan menguasai, sampe usaha catering tersebut dewasa, sistem udah berjalan, siap berpenetrasi, monggo agan lanjutkan usaha yang lain.

kenapa? Gini loh, kalo agan gak fokus, catering masih keteteran, agan udah beli mesin cetak? Lah nambah masalah Itu namanya berani? pake Otak kanan? Intuisi? Haiya, orang2 hebat di dunia tidak sembrono, mereka fokus sebelum merambah bisnis lain.

Contoh :
Bill Gates = Fokus pada software (terutama Microsoft Windows / Office, dsb)
B.J. Habibie = Fokus pada pesawat (liat aja di acara Mata Najwa, doi gak kenal Rhoma Irama ~ entah beneran apa nggak)
Sherlock Holmes = Fokus pada kriminal (filsafat, politik, dll doi gak ngerti2 amat)

Menurut ane semakin fokus, sinar yang dihasilkan semakin kecil tapi bisa membakar sesuatu, dibanding sinar besar yang berpendar.


Jadi misal agan punya hobi di memasak, tapi demen juga percetakan, trus demen merias busana, coba ambil 1 langkah dulu, masak dulu (catering) misalnya, trus kalo dah sip, lanjut ke percetakan, lalu ke merias/merancang busana (yang penting agan cinta dan menguasai).

Yang penting fokus dulu, tajamkan dulu usaha agan, ibarat pedang, diasah dulu sampe bener2 tajam siap menebas bambu dulu. Baru tebas yang lain.


3. Bermitra
Spoiler for
Spoiler for 3.1. Risiko Bermitra
Di point 1 emang ane jelaskan, kalo kurang modal, ajak join temen.

Itupun ada resikonya, jarang sekali berumur panjang usaha yang joinan.

Jangankan sama teman, sama keluarga aja bisa pecah kongsi.
Kejadian di keluarga ane, Om-Tante ane bermitra, dan pecah kongsi karena perbedaan visi misi, itu menyakitkan.

Kenapa kita join? Karena kurang modal. Kalo udah punya modal? Ya pastinya pengen sendiri kan? Iya lah, mulai deh cari2 gara2, cari2 kesalahan, dll .


Jadi selama ini kalo ada yang ajak join, ane pribadi sih, mending pinjem uangnya mereka, ane lebihin ntar. Jadi beli putus, urusan selesai, karena udah kejadian gak enak dulu2.

Apalagi yang ajak join kadang kala bukan mau join, tapi mau taro duit doang (invest), keterlibatan rendah, gak tau product knowledge, trus terima untung.
Ane ga mau yang kaya gitu, mungkin kaskuser lain ada yang kaya gitu, gak masalah. Buat ane sih masalah

Karena yang namanya join ya kerja bareng sesuai porsinya, hasilnya sesuai porsinya sesuai kesepakatan di awal.

Awal ane usaha, ane join dengan teman yang usianya 10 tahun di atas ane, awalnya enak, karena ane ga keluar modal, lama2 karena beliau merasa punya uang, ane disepelekan, dibilang salesnya, dibilang pegawainya, dibilang anakbuahnya, loh kan kita kerjasama? kok bilang ane salesnya di depan klien ane? jatoh dong harga diri ane? nah bahaya tuh. Akhirnya ane berdikari, tetap hubungan silaturahmi terjaga.

Atau tingkat kebebasan berkurang, dan akan semakin sombong kalau kita merasa kita lebih dominan.

Misal : punya workshop, dan pengen penambahan ini itu, ganti tata letak ini itu, tapi partner gak mengizinkan, dan sering terjadi kaya gitu, akhirnya kita kesel sendiri, ini ga bisa itu ga bisa, mending gwe jalan sendiri deh.

Itu cikal bakal permusuhan dan persaingan.


3.2. Jelaskan Aturan Main Dari Awal
Jadi yang udah terlanjur join, cobalah utarakan dari awal, pait2nya, misalnya udah punya modal sndiri, gwe punya visi misi seperti ini, lo gimana?

Loh, tapi perusahaan besar kok bisa banyak investornya, stakeholdernya juga, itu gimana?
Ya itu kan perusahaan besar, yang kita bahas di sini kan KETIKA MEMULAI USAHA.


4. Penjualan
Spoiler for
Spoiler for 4.1. Carilah Produk/Jasa Yang Kompetitornya Sedikit
Kalo perlu ciptakan pasar sendiri, gampang loh. Asal rajin browsing, rajin cari tau, gak males, bisa kok. Kalaupun persaingan ketat, carilah bedanya, anti-mainstream dikit dong, mosok jadi follower terus.



4.2. Variasikan dan Kembangkan Sayap
Misal : Agan seorang penjual produk kuliner di pinggir jalan, agan bisa aja tambahin delivery service. Abang nasgor di komplek ane canggih loh, tinggal BBM, istrinya yang anter pesenan ke rumah ane. Simpel kan?


Atau agan penjual jasa pengecatan mobil/motor/apapun, cobalah variasikan desain, model, bahan-bahan pengecatan, dll, jadi kita sbg customer bisa milih paket sesuai budget.


Ane bermain di konstruksi rumah (interior) dan home entertainment, ane berguru sama mantan karyawan kontraktor yang lama tinggal di Jepang, wah cara kerja mereka beda jauh sama kita gan, ane pelajarin celah2nya, akhirnya banyak klien ane puas, karena ane pasang tarif tinggi, tapi hasil bagus dan rapih yang kadang gak diduga2 sama orang lain. Coba deh agan pikir gimana caranya supaya genting tidak rembes air? Atau tanah bisa padat jadi pondasi kuat? atau cara bongkar rumah urutannya seperti apa? Semua ada ilmu dasarnya, dan klien ane sangat kagum (padahal mah ane modal traktir cemilan doang ke temen ane waktu minta ajarin ini itu )


5. Ilmu Dasar
Spoiler for
Spoiler for 5.1. WAJIB
Ilmu itu penting, apalagi ilmu dasar. Ibarat beladiri, kuda-kuda dasar itu sangat penting, bagaimana caranya kita tetep berdiri kokoh walaupun kaki kita ditendang sama Chuck Norris .


Otodidakpun tidak salah, menurut ane lebih baik punya ilmu dasar ketimbang otodidak saja.


Kalau orang berilmu, saat menghadapi masalah, lebih sistematis, berurutan, jadi prosedurnya jelas.


Kalau otodidak kaya ane, ketika menghadapi kendala di bisnis yang ane geluti, ane gak punya kiblat. Mau nanya ke siapa? Google? Ga cukup.

Akhirnya pelajari ilmu2 dasar di bidang yang agan geluti, kalo udah terlanjur otodidak pun gak ada masalah, tetep ilmu dasar itu penting.

Kalo nggak, tar kaya bengkel motor/mobil yang sering kita temuin.
Pernah gak agan servis motor/mobil agan, tapi kok montirnya kacau?

Saat buka baut dan mur, digeletakin begitu aja, gak disatuin di ember/wadah kecil.

Saat pake kunci shock, kok maen betot aja, gak pake perasaan.

Saat ada sesuatu yang terbakar, maen ganti2 aja, atau tambal sulam, maen jumper2 aja.

Lho mereka gak tau teknik dasarnya, jadi asal betot aja.


5.2. Cara Kerja-nya Beda
Bandingkan dengan bengkel yang mekaniknya adalah mantan mekanik di suatu perusahaan otomotif terkenal, atau lulusan sekolah yang baik.


Mereka punya patokan, kalo kabel ini gak boleh disambung dengan kabel itu, karena ampere-nya berbeda. Kalo tombol ini rusak, sebaiknya begini.

Jadi itulah kenapa ilmu itu penting, maka kuliahpun penting. Jadi jangan remehkan kuliah ya, karena ilmu2 dasar ada di kuliah

Sisanya adalah pengembangan.

Adalagi kasus sahabat ane, dulu ane bersahabat baik, saat itu beliau jobless, dan ane baru merintis bareng partner lama ane.
Ane tawarin, ikut gwe aja dulu, belajar setahun, jualan juga, kalo modal lo masih segitu, ga usah maksain, belajar dulu kita.
Eh dia mungkin tersinggung merasa diremehkan, dia cari lah modal pinjem orang tuanya, dan dia bergerak sendiri tanpa punya pondasi yang kuat, dan ilmu yang cukup. sampai merenggangkan persahabatan ane dan dia.
Akhirnya, 6 bulan kemudian, gak ada kabar darinya, di dunia yang ane gelutin pun gak terdengar nama dia, sampe akhirnya terdengar kabar dia sangat sepi orderan, dll.
Kenapa? ya itu, dia gak ngerti troubleshooting, problem solving.
Akhirnya 1 tahun kemudian ane berkunjung ke rumahnya (cuma 100 meter )
Ane tanya ini itu, dia gak ngerti, ane obrol ini itu (sesuai bidang) dia ga ngerti, ane tanya spesifikasi, gak ngerti. Lhaaa piyeeee.....?
Ujung2nya dia ngaku salah, udah keburu2, ga cari ilmu dulu


Dan sampe detik ini, sahabat ane tersebut masih gajelas juntrungannya, mungkin gengsi mau ngobrol sama ane. Padahal pintu rumah ane terbuka lebar untuk dia. Dan ane ga pernah menghakimi dia, karena roda berputar, bisa aja besok2 ane terpuruk, dan dia cuan (untung) gede


6. Operasional
Spoiler for
Spoiler for 6.1. Mau Untung Banyak? Cari Celah dan Mau Capek
Ane paling heran, sungguh heran, kepada pelaku bisnis/pemilik bisnis yang sering ninggal2in usahanya, lalu dijalankan oleh pegawainya, padahal bisnis tersebut belum gendut.

Misal : Seorang pemilik butik di ITC, jarang keliatan, yang hadir cuma pegawainya, ownernya paling dateng bentar, cek sana sini, pulang. Bah, macam omsetnya udah bermilyar2 aja.


Atau lapak gerobak pinggir jalan, seperti Capcin, dll. Sangat2 heran, omset mereka belum jelas, tapi berani memfranchise-kan ke orang2. Kasian franchisee-nya

Franchisee-nya juga sih, maunya duduk manis terima duit.
(maaf loh, bukan jelekin capcin, rekan2 ane juga banyak yang jualan capcin, tapi mereka jualan sndiri, di Senayan, Lebak Bulus, terjun langsung, max profit ke kantong sendiri)

Ane jamin gak tahan lama itu. Coba aja, omsetnya berapa? Gaji karyawan berapa? Sewa lapak berapa? Listrik berapa? Abis di operasional doang, ujung2nya karyawan berhenti, bisnis macet, lapak bubar, gerobak dekil.

6.2. Belum Siap Penetrasi?
Ane sangat menyesalkan para pemilik bisnis yang belum masuk masa dewasa, tapi tidak memonitor dan mengontrol usahanya.

Mbok kalo mau usaha terjun langsung gitu loh, terutama yang baru memulai, kebanyakan di antara kita, mau untungnya, gak mau capeknya. Jadi nanti agan akan jadi pemimpin yang bersahaja, mengerti penderitaan karyawan, tau kondisi medan perang.



Tar koar-koar ke orang2, ane punya toko ini itu, ane punya butik di sini situ dengan bangganya, coba intip rekeningnya, itu sih kerja sosial namanya.

Coba main ke pasar inpress/pasar induk, pedagangnya terjun langsung, dibantu asisten (ya karena kekurangan tenaga).

6.3. Sembarangan Hire Karyawan = RUGI = GULTIK (GULUNG TIKAR)
Nah kebanyakan di antara kita kan belom apa2 udah hire pegawai, kitanya nonton Bang Jaki sama Bang Ocid di rumah


Coba liat lagi ke Mall Mangga Dua, atau Glodok, toko yang besar (bukan ATPM atau cabang2 brand terkenal ya, itu mah bossnya di luar negeri ), liat deh ada gak bossnya di situ, umumnya sih ada, karena mereka mengelola bisnisnya dari kecil, sampe besar, mereka mantau terus perkembangan.

Loh tapi kaya Ciputra, Chairul Tanjung kok ga terjun langsung?
Kata siapa? Dulunya mereka terjung langsung saat belum sebesar sekarang, saat ini sistem sudah berjalan, bisa dihandle sama orang2 kepercayaannya.

Kita? Sistem belom berjalan, udah hire pegawai, koar2 ngaku2 bisnis ini itu, tapi saldo gak nambah

Loh kalo franchise merek terkenal gimana? Menurut ane lebih baik daripada merek baru muncul belom setahun dah metal franchise2-in ke calon rekanan Yah misalnya merek H*p-Hop, ente kan liat sendiri, rame tuh di mall2, atau Sol*ria, yah yang menurut agan udah mantep lah.


gambar-gambar di atas ane dapatkan dari WWW.GOOGLE.COM

LANJUT BAWAH

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53687e7ecb07e795678b4702

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger