Home » » Makanan dan Jajanan Khas yang Masih Ada di Ponorogo

Makanan dan Jajanan Khas yang Masih Ada di Ponorogo

Berhubung ane berasal dari Ponorogo nihh, ane mau share sedikit tentang Makanan Khas dan Jajajan "Ndeso" yang Masih ada di Ponorogo
Siapa tau nanti agan sista yang ada disini mampir ke Ponorogo, terus bisa deh buat referensi kulinernya..
Langsung aja ye maap kalau berantakan, baru pertama kali bikin trit

  • Sate Ponorogo

    Sate Ponorogo sih sebenarnya sama aja gan, sama-sama bikinnya dari daging ayam. Tapi bedanya dengan sate yang lainnya, adalah pada cara memotong dagingnya. Dagingnya tidak dipotong menyerupai dadu seperti sate ayam pada umumnya, melainkan disayat tipis panjang menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Sate daging ayam dapat disajikan bersama dengan sate usus, kulit, dan telur ayam muda. Perbedaan lainnya adalah sate Ponorogo melalui proses perendaman bumbu (di"bacem") agar bumbu meresap ke dalam daging. Sate daging, usus, dan kulit dibumbui dengan bumbu kecap dan minyak sayur.
    Setelah bumbunya merata, sate dipanggang di atas pemanggang sate selama kurang lebih 3-5 menit. Alat pemanggang sate Ponorogo terbuat dari tungku (panggangan) yang terbuat dari tanah liat. Panggangan ini memiliki lubang di satu sisi untuk mengipas bara arang didalamnya. Setelah berwarna kecoklatan, semua sate diletakkan di atas piring untuk dibumbui lagi dengan Bumbu Spesial. Setelah matang, sate dilumuri dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus.


  • Pecel Ponorogo

    Pecel Ponorogo juga hampir sama dengan pecel dari daerah lain, tapi bedanya gan, pecel Ponorogo bumbu kacangnya kental dan pedas serta mempunyai unsur rasa yang khas dengan aroma yang kuat. Sayur-sayurannya lengkap, bisa bayam, kacang panjang, kembang turi, daun pepaya, daun singkong, tauge kedelai (yang direbus dulu) dan pakai pelengkap (yang mentah, kita biasa sebut Trancam) : petai cina (lamtoro), tauge kacang hijau,daun kemangi, dan mentimun yang diiris kecil-kecil.
    Lauknya, dengan rempeyek (rempeyek teri, kedelai hitam, kacang tanah, kacang kedelai, dll), bisa juga tempe goreng, lentho, piya-piya (di daerah lain biasa disebut bakwan, heci, ote-ote). Cara penyajiannya pun berbeda dengan pecel di daerah lain. Pecel ini disajikan dengan nasi lalu sayur dan disiram sambal, kemudian diberi trancam kemudian lauknya tadi, bisa tempe goreng, rimbil atau rempeyek dll.

    Lentho

    Cara pembuatannya, kacang direndam beberapa jam kemudian ditumbuk agak kasar, setelah itu dicampur dengan adonan tepung, parutan singkong, kunyit, bawang daun, daun jeruk purut, cabai, dan garam. Bentuk lentho bulat dan digoreng hingga kecokelatan. Rasanya gurih pedes-pedes gitu gan.. (Kesukaan ane ini)

    Piya-piya

    Piya-piya (di daerah lain biasa disebut bakwan, heci, ote-ote, bala-bala), cuman bedanya kalau yang dari Ponorogo, bentuknya gan. Bikinnya dicetak pake sendok sayur itu lho sambil dicelup ke minyak panas, biar bulet cekung gitu.. kalau anget, pppfffttt mantap gan..

    Rimbil

    Rimbil termasuk gorengan gan, dibuat dari teri dan kambil (kelapa) makanya dinamakan Rimbil. Sedep gan...

    oh iya gan, ane pernah nemu pecel tapi bukan pake nasi..
    tapi pake Puli.. Puli itu dari nasi yang masih panas-hangat, trus ditekan-tekan kayak bikin jadah gitu, sampek padat. Mirip jadah, tapi kan jadah dari ketan kan. Kalau puli dari nasi.

    kalau udah dingin dipotong potong kayak ketupat itu gan/sis..


  • Utri
    Kue tradisional ini bahan utamanya dari singkong parut yang nantinya dikukus gan. Bahan pelengkapnya adalah gula merah yang telah disisir halus.



  • Dawet Jabung

    Sama sih gan, kayak dawet bisanya, tapi pakai gula aren, kadang ada tape ketan hitam nya, dikasih gempol (bulatan dari tepung beras) juga..
    Dinamakan dawet Jabung, karena asal dari dawet ini berasal dari desa Jabung, Ponorogo.

    *gempol
    Jajanan yang biasanya ada di tempat orang jualan dawet contohnya, Utri (yang ane sebut diatas), mendut, gandos, brangkal.

    *ini pas TS nganterin kawan-kawan TS dari Medan dan Surabaya wisata kuliner di Dawet Jabung

    Mendut


    Brangkal
    Dinamakan brangkal, karena keras gan. Singkong dikukus/rebus, potong tipis-tipis, dijemur, baru dibumbui gurih atau manis, lalu digoreng.

    yang masih dijemur

    brangkal yang udah digoreng

    Gandos

    Dibuat dari ketan hitam, bentuknya bulat. Agak keras trus ditaburi gula putih yang lembut itu lho..


  • Jenang Mirah

    Jajanan khas Ponorogo lainnya adalah jenang Mirah. Dinamakan jenang Mirah karena pembuat jenang ini adalah ibu Mirah. Jenang Mirah berasal dari desa Josari. Merupakan makanan khas ponorogo yang dibuat dari beras ketan, gula kelapa dan santan buah kelapa, tanpa bahan pengawet. Jenang Mirah termasuk makanan basah karena hanya tahan satu minggu, kecuali dimasukkan ke dalam lemari es. Jenang Mirah sangat mudah ditemui di toko oleh-oleh khas Ponorogo.


  • Serabi khas Ponorogo

    Bedanya, serabi Ponorogo dimakannya pake kuah gan, kuahnya dari santan yang dicampur gula jawa, terus atasnya ditaburi kelapa parut gan..

    yang ini langganan ane gan, deket kecamatan, harus pagi-pagi. antri pake banget soalnya.


  • Rangin

    Ane sih dikasih tau sama ibuk kalau namanya Rangin, entah kalau di daerah agan-sista namanya apa.. yang jelas rasanya enak kalau anget, trus dicocol di gula pasir.
    Bahannya hampir mirip dengan serabi, tapi bentuknya kayak kue pukis gitu. Sekarang di daerah ane udah mulai jarang sih..


  • Petulo

    Dari tepung beras, kayak mie gitu gan.. kenyal.. kuahnya santan kasih gula..
    Dulu tiap sore masih sering lewat depan rumah ane gan. Pas hujan-hujan sore, makan petulo anget, enak gan.. tapi sekarang udah jarang, sering ane cari-cari bapaknya yang jualan gan.


  • Penthol

    Penthol sih sama aja kayak bakso bulet itu gan.. Cuma di Ponorogo banyak variasi nya. Ada Penthol Kuah, Penthol Corah, Penthol Goreng, Penthol Bakar, Penthol Goreng Puyuh, Penthol goreng tempura, dll..


  • Sekian ya thread ane.. kalau agan sista mau nambahi monggo.. ataupun misal ada perbedaan nama makanan/jajanan dengan daerah agan/sista yang padahal mirip-mirip gitu..
    Yang berasal dari Ponorogo semoga kangen kampung halaman yaa.. semua ane sebutin diatas semua bikin kangen Ponorogo

    Ayo coba jalan-jalan kemari gan
    Makasih udah mampir

    Spoiler for Tambahan Kaskuser
    tambahan:
    Quote:Original Posted By anto2310 â–º
    rangin klo di tempat ane namanya kue pancong, udah langka juga


    Quote:Original Posted By rezanyonyo â–º
    ane pernah nyobain utri gan
    kalo di jawa barat namanya ketimus
    enak rasanya manis manis gurih

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53c25d8362088196168b45c8

    Hosting

    Hosting
    Hosting

    TryOut AAMAI

    Hosting Idwebhost

    Hosting Idwebhost
    Hosting Handal Indonesia

    Belajar Matematika SD

    Popular Posts

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger