Beberapa hari ini ane suka lihat ada berita yang isinya kalau Pak Ahok (Calon Gubernur Baru) menolak rencana monorail di ibukota kita tercinta. Nah beliau bakalan ngebatalin monorail dan selanjutnya diganti pakai Tram.
Spoiler for Tram Vs Monorail
Tram
Monorail
Spoiler for BeritaJAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama langsung mengadukan mengenai proyek monorel kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Menurut dia, Jokowi setuju jika proyek tersebut dibatalkan.
"Pak Jokowi setuju membatalkan proyek monorel. Kalau desainnya tidak masuk akal, monorel kita batalkan," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Rabu (23/7/2014).
Selama ini, Basuki selalu lantang atas kinerja PT Jakarta Monorail yang tidak berkembang. Basuki pulalah yang selalu mengancam membatalkan proyek berbasis rel tersebut. Sementara Jokowi yang terus meyakinkan bahwa proyek itu tetap berjalan.
Jokowi sepakat dengan keputusan wakilnya itu untuk memberi waktu PT JM melengkapi segala persyaratan hingga Agustus. Jika, PT JM melewati waktu itu dan tidak dapat meyakinkan DKI, dapat dipastikan proyek mantan Gubernur DKI Sutiyoso itu kembali mangkrak.
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi PT JM adalah aspek business plan, properti, jaminan bank, dan lainnya. Hingga kini, PT JM belum dapat meyakinkan DKI, kalau mereka memiliki uang untuk membangun monorel.
"Pokoknya tunggu sampai Agustus. Tidak bisa penuhi syarat, langsung putus," kata Basuki.
Meski nantinya Jakarta tidak memiliki monorel, Basuki menjamin warga DKI tidak kekurangan transportasi publik. Rencananya, monorel akan diganti dengan Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan.
"Udah gue kasih tahu ke Pak Jokowi soal LRT itu," kata Basuki
Tapi kalian pada tahu gak sih bedanya monorail sama Tram/ Light Rail Transit ?. Kalau gak tahu, ane mau kasih penjelasan, disimak ya
Spoiler for Penjelasan MonorailMonorel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal, berlainan dengan rel tradisional yang memiliki dua rel paralel dan dengan sendirinya, kereta lebih lebar daripada relnya. Biasanya rel terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet, sehingga tidak sebising kereta konvensiona
Kelebihan Monorail Gan
1. Hanya Membutuhkan ruang yang kecil baik ruang vertikal maupun horizontal. Lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena dibuat di atas jalan, hanya membutuhkan ruang untuk tiang penyangga.
2. Terlihat lebih "ringan" daripada kereta konvensional dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
3. Tidak bising karena menggunakan roda karet yang berjalan di beton.
4. Bisa menanjak, menurun, dan berbelok lebih cepat dibanding kereta biasa.
5. Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, risiko terguling jauh lebih kecil. Resiko menabrak pejalan kaki pun sangat minim.
6. Lebih murah untuk dibangun dan dirawat dibanding kereta bawah tanah.
Kekurangan
1. Dibanding dengan kereta bawah tanah, monorel terasa lebih memakan tempat.
2. Dalam keadaan darurat, penumpang tidak bisa langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun.
3. Kapasitasnya masih dipertanyakan.
Beberapa negara yang memakai monorail gan :
1. Singapore
2. Jepang
3. Malaysia
4. Korea Selatan
5. Amerika Serikat
6. Jerman
7. Inggris
8. Belgia
Nah Selanjutnya
Spoiler for Tram/LRTKereta api ringan dikenal juga sebagai LRT sebagai singkatan Light Rail Transit adalah salah satu sistem Kereta Api Penumpang yang beroperasi dikawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus, disebut juga tram.
Kereta api ringan banyak digunakan diberbagai negara di Eropa dan telah mengalami modernisasi, antara lain dengan otomatisasi, sehingga dapat dioperasikan tanpa masinis, bisa beroperasi pada lintasan khusus, penggunaan lantai yang rendah (sekitar 30 cm) yang disebut sebagai Low floor LRT untuk mempermudah naik turun penumpang.
Tram pernah dikembangkan di Indonesia pada zaman pendudukan Kolonial Belanda beroperasi di beberapa kota di Indonesia seperti di Jakarta dan Surabaya dan dihilangkan pada tahun 1960an, karena pada waktu itu tidak dirawat dengan baik sehingga dianggap mengganggu lalu lintas karena sering mogok
Beberapa kota/negara yang memakai Tram
1. Belanda
2. Prague
3. Hongkong
4. Melbourne
5. Batavia
6. Belgia
7. Turkey
8. Uk
dll.
Nah udah tau kan gan perbedaan Tram sama Monorail, Biar memperjelas, aye kasih gambaran Monorail n Tram dari beberapa negara sebelah gan
Spoiler for Monorail
1. Singapore
2. Kuala Lumpur
3. Sydney
4. US- Las Vegas
5. Japan
6. Germany
Rencana Monorail di Jakarta
Spoiler for Jakarta Eco Transport
1. Desain Monorail
2. Ilustrasi Rendering
3. Jalur
Selanjutnya Kita Lihat TRAM
Spoiler for Tram/LRT
1. Holland
2. Belgia
3. Hongkong
4. Melbourne
5. Prague
6. UK
7. Istanbul
8. Batavia
9. SOLO gan (RailBus) - Kereta Rel Diesel
Jadi gimana gan ? Jakarta cocoknya dipakai-in tram atau monorail ??
Selain fungsinya sebagai sarana transportasi masal, sebenernya dangan adanya tram ataupun monoorail bisa jadi ajang gengsi loh gan hahaha !!!
Masa negara tetangga aja punya, kita nggak
Sekian Thread saya, semoga menambah wawasan
Kalau berkenan di Rate ya gan, Kasih Juga boleh.
Komentar Kaskuser
Spoiler for Buka
Quote:Original Posted By gembul.dungdung âº
pengalaman ane di melbourne, tram itu jalannya bareng mobil di tengah jalan gan...
emang lebih nyaman soalnya bisa digandeng panjang dan kebanyakan jalurnya khusus dipisah dari mobil jadi hambatannya cuma lampu lalu lintas.
ga kayak di jakarta, jalur busway diembat sama mobil & motor
masalahnya jakarta dipasang jalur busway aja udah sempit gan, teru diserobot melulu.
lah ini mau pake tram mau ditaro dimana....wkwkwk
mana muaaaatttt.....
kalo monorel kayaknya bisa ditaro di atas jalan, jadi ga ganggu lalu lintas mobil, motor, dan bis.
[poiler=nih foto tram di melbourne ane tambahin]
[spoiler]
Spoiler for ini kabel2nya gan
Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53d4c2cac1cb1732378b4623