Home » » Cara Menghindari Penipuan yang Sering Terjadi di Bengkel

Cara Menghindari Penipuan yang Sering Terjadi di Bengkel



Quote:Assalamu'alaikum, Salam Sejahtera Agan-aganwati sekalian, selamat datang di thread ane. Semoga agan dan aganwati dalam keadaan sehat

Dan semoga trit ane ngga




Quote:Mayoritas pemilik mobil ketakutan ditipu oleh teknisi bengkel ketika sedang memeriksakan mobilnya. Walaupun bengkel yang Anda gunakan adalah bengkel resmi dan terkenal, tetap saja ada kekhawatiran terhadap teknisi yang memeriksa mobil Anda.

Walaupun tidak semua teknisi suka menipu, untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh teknisi adalah dengan mempersenjatai diri Anda dengan informasi sebanyak- banyaknya mengenai kendaraan.

Berikut ini adalah lima cara untuk menghindari penipuan oleh teknisi bengkel agar biaya perbaikan mobil Anda tidak melonjak.



Quote:1. Perkirakan biaya perbaikan mobil Anda

Suka terkejut ketika melihat tagihan perbaikan mobil Anda? Padahal, Anda hanya melakukan servis rutin, bukan
karena memperbaiki kerusakan mobil.

Anda tidak perlu berada di situasi seperti tersebut apabila Anda sudah mengetahui apa yang dibutuhkan dari mobil Anda dan berapa perkiraan harganya.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu belajar menjadi seorang teknisi yang pandai.

Gunakan situs-situs di Internet untuk memperkirakan biaya yang harus Anda keluarkan, termasuk harga spare part pengganti. Dengan demikian, Anda tidak akan terkejut dengan tagihan yang akan diberikan nanti.

Dan apabila ternyata tagihan yang diberikan sangat tinggi dibandingkan apa yang Anda perkirakan, Anda dapat mempertanyakannya kepada pihak bengkel.



Quote:2. Cari teknisi terbaik, dan tetaplah dengan mereka

Bayangkan seorang teknisi yang
mengerti kerusakan mobil Anda bahkan sebelum Anda memberitahukan problem tersebut? Tentu hal itu sangat menyenangkan bukan?

Jika Anda baru saja memiliki mobil, atau baru pindah tempat tinggal ke daerah baru, tentu Anda harus mulai mencari bengkel dan teknisi baru yang dapat dipercaya dan sangat cocok dengan Anda. Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan referensi dari orang-orang. Anda dapat menanyakan teman- teman atau tetangga untuk mendapatkan rekomendasi terbaik,
atau melihat review-review dari bengkel terdekat di Internet.

Jika sudah menemukan teknisi yang cocok dengan Anda, ingat-ingatlah nama teknisi tersebut dan bengkel tempat ia bekerja. Dan ketika Anda kembali lagi ke bengkel tersebut, minta teknisi pilihan Anda untuk memperbaiki mobil Anda. Jika memang harus menunggu sang teknisi menyelesaikan pekerjaan lain, maka tunggulah.



Quote:3. Servis tepat waktu untuk
menghindari kerusakan besar


Ya, melakukan servis mobil tepat waktu sangat penting dilakukan agar kerusakan kecil tidak semakin bertambah besar.

Mobil Anda, layaknya sebuah mesin, perlu perhatian dan perawatan rutin. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan servis, maka Anda harus meluangkannya.

Tentukan tanggal tiap bulannya untuk melakukan servis mobil Anda, dan jangan sampai terlewat. Anda dapat menyetel reminder di ponsel maupun di kalender. Ada dua cara untuk menentukan servis rutin mobil Anda, yang pertama adalah berdasarkan jumlah kilometer yang telah dicapai, dan yang kedua adalah setiap tiga atau enam bulan sekali.



Quote:4. Bekali diri Anda agar tidak ditipu

Pernahkah teknisi bengkel menunjukkan kepada Anda kabel- kabel yang agak Ć¢€œberbedaĆ¢€ di bagian mesin dan diharuskan untuk menggantinya agar mobil Anda tidak mogok di tengah jalan?

Atau beberapa komponen mobil yang menurut teknisi Anda sudah saatnya diganti atau tidak berfungsi dengan normal lagi?

Dan, keduanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Mungkin mayoritas dari Anda pernah mengalami hal tersebut. Bagi yang kurang mengerti akan permasalahan mobil, tentu akan langsung mengiyakan saran dari teknisi tersebut.

Sebaiknya Anda menanyakan dulu mengenai komponen yang akan diganti itu dan apa fungsinya bagi kendaraan Anda.

Kalau memang bisa ditunda, cari tahu dulu mengenai komponen yang harus diganti tersebut.

Dan ada baiknya Anda juga mengetahui mengenai setiap komponen mobil, seperti tali kipas dan mesin harus diganti kapan, apakah per mobil harus diganti tiap tahun, dan perhatikan komponen- komponen yang mengalami perubahan sehingga Anda tidak akan ditipu oleh teknisi.

Jangan sampai Anda mengganti komponen yang ternyata belum rusak.

Belajarlah mengenai komponen dan mesin mobil dari teman atau kerabat Anda. Atau, bisa juga dengan belajar online melalui Youtube atau situs- situs lainnya.



Quote:5. Selalu minta garansi

Pernahkah Anda memperbaiki mobil di bengkel, lalu satu atau dua hari
kemudian mobil Anda ternyata permasalahan yang sama muncul
kembali, atau bahkan lebih parah lagi?

Perbaikan mobil yang umum biasanya dikenakan harga ratusan ribu rupiah, dan teknisi yang ditugasi untuk memperbaiki kendaraan Anda adalah yang kurang berpengalaman.

Ya, hal tersebut dapat membuat Anda frustrasi. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan meminta garansi perbaikan dari bengkel.

Tidak banyak konsumen yang tahu hal tersebut, tapi itu adalah hak konsumen untuk mendapatkan perbaikan yang layak terhadap mobil Anda tanpa harus mengeluarkan uang dua kali.

Karena tidak semua bengkel dapat memberikan layanan garansi tersebut, sebaiknya Anda menelepon dulu bengkel terkait untuk mengecek apakah mereka memiliki layanan garansi perbaikan.

Tanyakan juga berapa lama jangka waktu garansi yang diberikan terhitung mobil Anda keluar dari bengkel. Jika sudah mendapat garansi perbaikan, Anda tak perlu khawatir mengeluarkan uang lagi
apabila mobil Anda rusak setelah keluar dari bengkel.

Memiliki sebuah mobil bukan hanya sekadar mengendarainya, tapi juga merawatnya.

Jika Anda dapat merawatnya secara rutin, Anda akan menghemat ratusan ribu rupiah untuk hal yang tidak diinginkan.



Quote:Demikian agan - aganwati, semoga bisa bermanfaat buat agan - aganwati. Kalo berkenan kasih ane

dan jangan lupa




Quote:Sumber



Quote:Rekomen HT
Kasih Cendol

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53beef1998e31ba3708b4776

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger