Home » » [DIY] Cara Membuat Tripod Untuk Smartphone dan Kamera Digital

[DIY] Cara Membuat Tripod Untuk Smartphone dan Kamera Digital

Selamat malam siang pagi sore kaskuser selamat datang di thread saya yang sederhana

Pendahuluan dulu


Spoiler for pendahuluanKadang di balik ke tidak mampuan seseorang kadang muncul suatu kreatifitas ,berawal dari keinginan saya untuk mempunyai tripod namun dilihat harga nya yang cukup mahal bagi sebagian orang termasuk saya ,mau kirim kirim juga ribet akhir nya saya lihat ke gudang dan menemukan barang bekas akhir nya kepikiranlah untuk membuat tripod sederhana untuk smartphone atau camera digital anda ,mungkin banyak tutorial lain yang ada forum lain, namun saya akan share tripod hasil bikinan saya, langsung ngacir aja gan


Bahan :
Spoiler for bahan
  • Lem super glue / hard glue (lem lilin)
  • Seng bekas
  • Batang besi stainless bekas antenna atau apa aja
  • Triplex
  • Nylon tie cable
  • Botol bekas air mineral yang masih ada tutup nya
  • Tutup bekas deodoran
  • Skrup
  • Busa bekas


Alat :
Spoiler for alat
  • Gunting seng
  • Gergaji besi
  • Cutter
  • Amplas
  • Gunting


langkah pengerjaan

Spoiler for langkah
  • Siapkan dulu 4 buah batang besi stanless sekitar 30 cm atau sesuai kebutuhan,yang satu agan pisahkan utuk di bagi 3 seperti pada gambar ini



  • Potong seng menjadi bagian kecil berbentuk persegi panjang sepanjang jari telunjuk anda halus kan di setiap sisinya takut nya tajam lalu lubangi setiap sisi dengan sekrup kecil ,seperti gambar ini



  • Lubagi tutup deodorant dengan bora tau paku panas untuk memasang nylon tie dan memasang batang besi stanless seperti ini ,pastikan ikat dengan kencang



  • Potong bagian atas botol sisakan hingga bagian garis dengan cutter atau gergaji besi lalu pasangkan dengan lem super glue atau hard glue ke rangkaian sebelum nya



  • Rangkai seng yang tadi kita buat seperti ini gan lalu temple kan ke rangkaian sebelum nya ,



  • Bentuk triplex menjadi persegi panjang lebar secukupnya lalu haluskan dengan amplas (kebetulan gan saya adanya triplex tapi bisa di ganti dengan bekas kartu perdana) lalu temple kan



  • Bentuk lagi seng yang tadi untuk dudukan hp nya saya pake busa supaya tidak ngerusak smartphone nya ,jangan lupa haluskan ,agan bias tambahin batang besi yang lain buat ngatur kemiringan tripod biar kaya tripod beneran hehehe



  • Dan hasil nya kurang lebih seperti ini




Ini penampakan waktu digunakan
Spoiler for penampakan





Keterangan buat camera digital
Spoiler for keterangan
  • Untuk tripod camera digital agan bisa ganti tutup botol nya dengan tutup botol yang sudah di kasih sekrup yang sudah di sesuaikan dengan lubang tripod yang ada di bagian bawah camdig jangan lupa di kasih tape buat parolon biar ga ngerusak sama jangan dipaksain waktu pemasangan











keterangan tambahan
Spoiler for keterangan
  • Saya juga tadi sengaja batang besi yang satu dipisahkan untuk di bagi menjadi tiga tujuan nya supaya tripod bisa di atur ketinggian nya dan menjadi mini tripod





  • Jangan lupa bagian sambungan juga di kasih busa supaya gampang ngatur ketinggian tripod tapi tetep kuat



  • Bagian ini juga saya sengaja buat suapaya bisa tengok kiri kanan ,atas bawah ,sama miring kiri kanan ,makannya jangan terlalu longgar dan itu alasan saya pake tutup botol



  • Bagian bawah juga bisa di kasih karet atau semacam nya biar ga licin atau tajam ,semua bagian juga bisa agan ganti sendiri dengan bahan yang agan punya seperti kaki tripod bisa di ganti dengan antena bekas radio dan lain lain


Oke sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat bagi agan jangan lupa bagi cendol atau bata juga saya terima ,rate atau komeng nya saya tunggu ,untuk silent reader semoga cepat di kasih hidayahnya karna saya dulu juga silent reader tanpa akun hehehe

tambahan

ini gan cara lain membuat tripod untuk camdig agan cuma modal benang sama baut buat gantungan baju ,caranya si benang tinggal di injak biar stabil

Spoiler for penampakan
*ps yang ini dapat di gugel


Spoiler for test no repost


yang mau baca thread ane yang lain boleh "jangan sepelekan kompres badan"

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53fb037631e2e6b61a8b456d

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger