Home » » Suka Duka Pengguna Kartu Kredit

Suka Duka Pengguna Kartu Kredit



Selamat pagi agan2, ane mau share suka duka ane pakai kartu kredit gan. Ane pemilik 4 kartu kredit yang alhamdulilah sampai saat ini aman dan mendapat kualitas lancar dari bank penerbit, ane pakai dari tahun 2010 dengan limit awal 2 juta sekarang sudah naik menjadi 10 juta dalam 4 tahun ( 1 bank penerbit) sedangkan yang lainnya limitnya 12 juta
Kartu kredit menurut ane adalah pengganti uang tunai namun dengan kartu kredit ada suka duka yang didapat dari penggunaannya:
Tanpa basa basi kita mulai dengan suka nya:

1. Cicilan 0%



Dengan fasilitas cicilan 0% pengguna kartu kredit bisa memanfaatkan untuk membeli gadget baru dengan cara mencicil jadi yang sering gonta ganti gadget bisa jadi orang tersebut menyicil dengan cicilan 0% dan biasanya 3,6,9 dan max 12 bulan yang untuk cicilan 0%. Dan promo cicilan 0% sepanjang tahun biasanya.

2. Diskon resto sampai 50%



Nah ini menurut ane sukanya juga, kita bisa menikmati makanan sekelas restoran dengan diskon sampai dengan 50% diskon yang besar biasanya diberikan untuk restoran dengan menu Jepang dan Cina. Dan untuk menu eropa biasanya max 25% diskon malah lebih banyak yang hanya diskon 15% tapi lumayan gan hitung2 ngurangin pajak restoran biasanya ane baca katalog dulu atau cari info promo terbaru restoran mana yang diskonnya gede pakai kartu kredit karena promo diskon restoran berubah rubah sesuai program

3. Airport lounge



Nah ini sukanya juga gan, bisa dapat makan minum gratis dan ruang tunggu exclusive dibandara. Biasanya yang bukan pengguna kartu kredit atau pemilik kartu prioritas bank biaya masuk airport lounge 50 ribu - 75 ribu. Buat pemegang kartu kredit platinum biasanya free masuk 2 orang dan yang berani kasih free masuk 2 orang bank BUMN dan bank asing hanya 1 yang berani. Ane pemilik kartu gold ane bisa masuk gratis juga tapi hanya 1 orang dan dilounge bank penerbit kartu ane saja kalau dilounge lain ane dikenakan potong point reward (point didapat ketika kita memakai kartu untuk transaksi). Fasilitas ini sudah berkurang gan kartu kredit platinum sekarang hanya free masuk 1 orang sedangkan gold seperti punya ane potong point reward disemua lounge

4. Buy 1 Get 1



Nah Buy 1 Get 1 juga ini termasuk yang paling ane suka. Ane bisa beli makan minum, beli tiket tempat wisata ataupun beli tiket pesawat bayar 1 gratis 1. Tapi promo ini biasanya tidak sepanjang tahun seperti cicilan 0%. Jadi penting buat agan kalau mau mengetahui promo terbaru baca katalog belanjanya yang dikirim bersama tagihan atau pantau terus socmed biasanya diinfo di socmed official kartu tersebut

5. Sebagai dana cadangan



Bagi pemakai kartu kredit biasanya memanfaatkan limit kartu sebagai dana cadangan tapi harus diingat belajarlah memanfaatkan dana cadangan tersebut dengan cara yang benar jadi agan jika butuh dana cadangan sebaiknya agan telpon call centre bank tersebut dan minta pencairan uangnya segera ke rekening agan (biasanya telp call center bisa langsung minta dicicil pembayarannya bunga paling rendah 0,5%) atau langsung melalui atm dengan biaya 4% atau Rp 50.000 mana yang lebih besar. Jangan sekali kali agan memanfaatkan dana cadangan ini dengan cara di GESTUN (gesek tunai biasa dilakukan di toko kecil dan langsung dikenakan biaya max 3% lebih murah dari bank, namun cara GESTUN sangat tidak disukai bank. Kebanyakan agan GESTUN di toko kecil yang sudah terindikasi tempat GESTUN maka agan jangan berharap agan bisa bikin kartu kredit bank lain dengan lampiran referensi kartu kredit GESTUN tersebut karena biasanya langsung ditolak (untuk apply baru kartu kredit lain) ane lebih suka telpon call centre dan minta dikirim ke rekening ane selain cepat proses hanya 1 hari cair dan bisa langsung ikut program cicilan
Tadi ane udah share gan suka nya pakai kartu kredit, nah yang dibawah ini agan bisa liat dukanya

1. Lebih konsumtif

Karena banyaknya program cicilan 0% kalau tidak ditahan maka bersiaplah gan banyak barang yang tidak diperlukan ada dirumah seperti kita mengganti gadget kita yang baru berumur 3 bulan yang padahal masih bagus dan mumpuni buat kita. Barang mahal lainnya yang jelas tidak benar benar kita butuhkan ternyata ada di rumah

2. Gaya hidup berubah=Pemborosan

Karena merasa kartu kredit pakai bulan ini bayar bulan depan ane dan mungkin pemakai kartu kredit lainnya jadi berubah gaya hidupnya, tahun 2010 awal sebelum punya kartu kredit ane lebih suka makan dikantin kantor tapi sejak ada kartu kredit dan diiming imingi diskon 50% ane jadi bergaya dengan makan direstoran yang menawarkan diskon padahal walau diskon tetap aja sekali makan 150 ribuan per orang sekali makan

3. Selalu sedih liat tagihan ketika lebih besar pasak daripada tiang

Selama 4 tahun baru sekali ane merasakan sedih liat tagihan kartu kredit yang over budget, ane lupa kalau tanggal 7 adalah tanggal cetak tagihan ane dan dengan nafsu ane belanja barang kesukaan ane yang emang lagi ada promo hari itu walhasil tagihan ane meledak karena ane paling HARAM belanja dihari tanggal cetak tagihan (itu berarti transaksi akan dilakukan 2 hari setelahnya dan dibayar bulan ini juga). Biasanya dan lebih aman kita belanja diatas tanggal cetak tagihan agar transaksi yang baru kita lakukan bisa ditagih dibulan depan. Andai aja waktu itu ane ingat kalau hari itu tanggal 7 jadi ane belanjanya tanggal 8 dan tagihan ditagihnya bulan depan bukan bulan ini pasti tagihan ane nggak over budget yang bikin nangis

4. Serasa di teror

Bukan diteror debt collector gan, alhamdulilah 4 tahun ane aman sampai dapat nilai dengan kualitas kredit lancar



Diteror disini gan kalau kita pengguna kartu kredit pasti akan ditelpon atau disms penawaran KTA (Kredit Tanpa Agunan), Asuransi ataupun produk bank lainnya. Jujur kalau ane lebih suka pengajuan kartu kredit melalui marketing exhibition yang pameran di mall, gedung ataupun didalam bank penerbit kartu. Marketing exhibition biasanya kita lebih jelas bertatapan langsung dan bisa bertanya seputar produk dan kalau emang kita tidak tertarik kita bisa langsung bilang tidak ke marketing tersebut cuma rata rata kalau marketing memiliki berbagai cara untuk kita jadi buat kartu kredit namun harus diingat kartu kredit bagus kalau agan memakainya secara bijak

Ane kasih bonus yang harus jadi catatan :

1.Belanjalah sesuai kebutuhan dan pakai hanya untuk belanja bulanan yang tanggal pemakaiannya usahakan sama setiap bulan. Bijak penggunaannya sesuai kemampuan

2.Hindari melihat lihat toko elektronik yang menawarkan cicilan 0% takut kegoda

3. Perhatikan dan ingat tanggal cetak tagihan dan tanggal jatuh tempo kartu

4.Kalau gaji agan dibawah 10 juta usahakan max hanya 2 kartu sesuai peraturan BI

5.Bayar full payment (sesuai tagihan) dan lakukan max 3 hari sebelum jatuh tempo. Kalau kita bayar separuhnya akan dikenakan bunga dari pokok hutang bukan sisa pokok hutang jadi bunganya bakal gede dan berlipat seterusnya

Nah itulah suka duka menurut versi ane dalam penggunaan kartu kredit, untuk koment dipersilahkan dan untuk cendol dipersilahkan banget untuk memperbaiki luka merah ane akibat berbeda pendapat di pilpres kemarin

Dan untuk kaskuser baik hati cendolnya ditunggu, batanya disimpan aja yah untuk Silent Kaskuser bantu rate dong moga jadi HT kedua ane

*terimakasih google fotonya kecuali screenshot tagihan milik pribadi

Salam Kaskuser Tambun Bekasi

Komentar kaskuser

Quote:Original Posted By graha91 â–º
ane punya CC sampe 4 gan... and aktif semuaa...
emang si kadang ngerasa gimanaaaa gitu kalo harus bayar tagihannya
dari yng ente jelasin itu bener semua.
Nah kembali lagi deh sama individu masing masing, bisa kontrol apa engga.
Yang HARUS diingat adalah, menggunakan CC itu sama dengan ngutang looh yaa..
Yang namanya utang itu ya harus dibayar, bedanya kalao sama temen or keluarga or pacar or orang deket mah kita bisa pake " rapel ya, bulan depan deh, duh duit w belom ada nih, etc " yang intinya ditunda dulu bayar nya..
Nah kalau ama Bank maah, kagak ada istilah enttu... yang ada bunganya berkembang biak..

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53fb7941148b46710b8b457f

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger