Home » » Kata Siapa Lulusan SMK / SMEA Gak Bisa Bersaing?

Kata Siapa Lulusan SMK / SMEA Gak Bisa Bersaing?

Assalamualaikum guys.. gw cuma berbagi pengalaman gw sebagai anak SMEA yang kadang di " REMEHKAN " oleh lulusan lain yang lebih tinggi



Semoga bermanfaat, baca dari awal sampe akhir biar ngerti dan greget



Gw lulusan SMEA jurusan akutansi tahun 2009 di salah satu SMEA Swasta di Jakarta, sebut saja SMEA 10 Petang .. berawal ketika gw abis UN yang sangat menguras hati, saat itu gw belom tau mau ngelanjut kuliah apa kerja, dan di sekolah gw Cuma luntang lantung ngak jelas nunggu pengumuman dan pada saat itu gw putuskan gw coba dua duanya biar greget , ngikutin SIMAK UI ( karena gw pengen banget kuliah di UI ) dan kebetulan di sekolah ada rekuitmen dr perusahaan konsultan pajak yang pada saat itu menerima fresh graduate .



Sebetulnya gw pengen kuliah,karena liat temen temen gw kerja dapetnya itu itu aja kaya buruh pabrik, SPG Dept store, penjaga took, penjaga kuburan .. bukan bermaksud merendahkan pekerjaan diatas, tapi menurut gw kan sayang aja udh belajar capek capek Cuma jd SPG.. karena alasan itu gw pengen kuliah biar status gw naik. Gw juga mau kuliah jujur ga ada biayanya .. gw ngarep beasiswa dan untuk sehari hari ya gampang lah, bisa mulung sana sini.



tp yang diatas berkehendak lain, gw diterima di konsultan pajak . Dari sekian banyak peserta dr kelas gw, yang diterima Cuma 2 orang. Sebenernya sih awalnya gw ga yakin diterima karena kemampuan Akuntansi gw biasa biasa aja. Masih ada yg lebih jago, dan dia ikut ngelamar juga.



akhirnya gw kerja di konsultan tersebut. Keren ya, konsultan pajak. Tapi, jangan SALAH… konsultan pajak gajinya kecil .. waktu itu gw digaji sebulan Rp. 800.000 + uang kerajinan Rp. 100.000 . dan kalo gw ga masuk satu hari aja, uang kerajinan itu akan hangus . Yasudahlah, gw terima aja dengan ikhlas

Jujur gw ngiri sebenernya sama temen gw yg kerja di pabrik pabrik yg gajinya lebih tinggi , mereka bisa dapet Rp. 2.000.000 keatas lah. Tp gw berfikir. Kalo di pabrik, akan stag segitu gitu aja dan kerjaan itu itu aja. Kecil kemungkinan buat naik lebih tinggi lagi. Dan gw juga termasuk yang secara fisik ga terlalu kuat.



oke, gw mantepin di konsultan pajak . perjuangan banget gw di tempat ini, dari di suruh kerja sangat keras sampe malem dan ga di itung lembur karena pekerjaan yang sangat banyak ga selesai selesai. Sampe ke disuruh ke tempat klien naik angkutan umum coba, dan ga ada lebih lebih hannya … .
Sebenrnya banyak hal yang bener bener menekan saat gw kerja disitu, tp banyak banget .. ya perlakuan yang kurang enak dalam hal kerjaan..



ditengah tengah penderitaan itu, setelah setahun gw kerja, gw kuliah hasil ngumpulin uang dr sisa gaji yang kecil itu hahaa



Selama hampir 2 tahun gw tekanan batin kerja penuh tekanan, tp gw berfikir positif.. banyak ilmu yang gw dapet.. ibarat gw angkat barbell yang lebih berat dr kapasitas gw, gw kan lebih kuat dan terbiasa dengan tekanan death line yang kadang bener bener maksa… jujur gw menderita .. dan ketika gw udah mulai jenuh akhirnya gw meledak juga ..



gw putusiun buat resign, dan melamar di salah satu perusahaan swasta di bidang property.. awalnya gw juga sempet diremehkan .. si HRD Bilang, di CV kamu bisa bikin laporan keuangan, pajak ?? kamu yakin ? gw jawab yakin pak.. saat itu gw ngajuin gaji Rp. 2.500.000 .. tp yang disetujui Rp. 2.100.000 .. yasudlah… gw terima aja…



Nah, saat sudah diterima, gw mulai menunjukan kalo gw bisa .. dan yang penting “ MENGAMBIL PERAN “ karena pada saat itu, pengetahuan gw tentang pajak bisa dibilang lumayan .. dan seluruh orang di kantor mengandalkan gw.. oke sip, gw akan jaga kepercayaan itu .. selang beberapa bulan, setelah orang melihat kinerja gw.. gw mencoba resign .. nah loh kok resign ??



Gw, saat di kantor yg baru ada sedikit benturan sama senior yg kayaknya sentiment sama gw..
ibarat Paku sama palu, nonjol dikit, getok sampe ga menonjol lagi , hal ini udah biasa ternyata di dunia kerja …
yasud gw putusin buat resign, karena saat itu mental gw masih anak SMEA yg ga tahan banting..


lalu, gw ngelamar di salah satu apartemen di Jakarta.. dan pada saat itu gw bersaing dengan lulusan Sarjana.. gw di interview ya PD aja, jawab dengan pengetahuan gw. Gw ngelamar ga pake baju hitam putih kaya yg guru gw ajarin .. gw pake kemeja warna hitam, celana hitam pokoknya kaya professional gitu gan …



dan taraaaaa !!!.. gw yg diterima, dengan gaji Rp. 2.500.000 ya lumayan, intinya sih gw nyari suasana nyaman sebenernya.. dan saat gw resign dr kantor gw, gw ga boleh keluar dan kantor kacau balau gw pengen keluar karena pada saat itu gw berperan.. jd, yg perlu ane tekanin buatlah diri kita jadi berperan.. dan akhirnya gaji gw yg Rp. 2.100.000 itu di naikin jadi Rp. 4.000.000 .. lumayan kan ?? anak SMEA gaji segitu ?? bagian kantor lagi.



akhirnya gw ga jadi resign karena

1. Gaji dinaekin

2. Kalo dipikir pikir, dikit dikit masalah terus resign.. kapan gw dewasanya menghadapi masalah ? gw harus lewatin masalah itu dan belajar darinya



dan sekarang gw masih kuliah semester akhir udah mau lulus, posisi skr Supervisor Accounting and Tax dengan ijazah SMEA ..
membawahin 2 orang yg lulusan D3 dan sarjana …
gaji pokok Rp. 6.500.000 belum tunjangan.. dan skr gw udah punya motor, dan KPR Rumah ukuran 72/60 dan umur gw masih 22 tahun ..


ane ga maksud sombong, tp ane pengen orang orang yang kaya ane, bisa seperti ane.. kalo ane bisa, ane yakin agan agan kaskuser pasti bisa


Pic menyusul kl ga percaya



intinya pesan dr ane

1. Jangan pernah MINDER kalo kita SMK, SMEA.. karena kita punya SKILL yg laku di jual !!!

2. Bertahan pada pekerjaan yang sesuai itu penting, walau gaji ga seberapa… yang penting dapet pengalaman dan Skill agan yang masih bisa di upgrade

3. Jangan pernah tergoda jadi buruh kasar, SPG, Penjaga Toko walau gajinya lebih tinggi( kalo pemilik sih oke ) karena sekali jadi buruh biasanya jd males buat ngupgrade ( maaf bukan bermaksud merendahkan buruh kasar, t p ane disini memberikan pandangan ane aja )

4. Masalah bukan untuk dihindari, tapi dihadapi .. tempat kerja yang “ Nyaman “ versi agan ane yakin GA PERNAH AKAN ADA !!!.. selalu pasti ada benturan ..maka, jadilah dewasa.. lewati, hadapi, selesaikan !!

5. Jadilah orang yang berperan !!.. cirinya apa gan ?? kalo lo ga masuk, banyak yang nyari, dan saat lu masuk banyak temen lo yang terganggu dan macet kerjanya akibat lo ga masuk


6. oya, tambahan, penampilan .. mesikpun muka ane jelek.. tp yang penting rapih, bersih, wangi dan baju pantes sama badan... jangan mentang mentang SMEA, pakaian alakadarnya... .. ya ga usah mesti mahal, yang penting cocok dipake ..


oke makasih semoga bermanfaat ..

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53cde74fd675d4ce3f8b46d9

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger