Home » » Berbagai Macam Makanan Khas dari Banyumas

Berbagai Macam Makanan Khas dari Banyumas





Assalamualaikum wr.wb
Quote:Selamat datang di trit ane yg sederhana ini, ane buat trit pas bgt lagi di kampung halaman ane yaitu "Banyumas - Jawa Tengah" Yg Belum Tau Nanti di bawah ane kasih peta'nya, sesuai dengan judul ane mau memberi tau Beberapa Makanan Khas Dari Banyumas, yukkk disimak. yg belum tau dimana Banyumas nihhh ane kasih tau peta'nya :


Menuju T-K-P !!!

Spoiler for Tempe Bongkrek :Quote:Quote:Tempe bongkreck adalah makan khas Banyumas yang hampir punah karena memang sengaja mau dimusnahkan oleh pemerintah karena tempe bongkreck ini pernah merenggut berpuluh-puluh nyawa masyarakat Banyumas. Tempe bongkreck terbuat dari ampas kelapa yang difermentasikan. Tempe bongkreck merupakan makanan khas orang-orang Banyumas pelosok (masyarakat yang terpencil)

Spoiler for Tempe Mendoan :Quote:Quote:Salah satu makanan asli Banyumas adalah tempe mendoan. Tempe mendoan (kita sebut saja mendoan agar lebih mudah) pada dasarnya sama dengan tempe lain yang terbuat dari kedelai. Hanya saja mendoan mempunyai keunikan tersendiri, yakni cara penyajiannya. Jika kita membeli tempe goreng di tukang gorengan yang kita temui adalah tempe yang digoreng garing (kering). Mendoan tidak demikian, makanan ini disajikan dalam keadaan "mendo" yang artinya dalam bahasa indonesia adalah setengah matang. Keunikan lagi dari tempe Banyumas adalah dibuat dengan cara membungkus kedelai berjajar tipis dan melebar, beda dengan tempe dari daerah lain yang cenderung lebih tebal.

Spoiler for Tempe Keripik :Quote:Quote:Selain terkenal dengan mendoannya, Kab Banyumas Juga terkenal dengan kripiknya. Sepeti halnya mendoan, Kripik juga berbahan dasar tempe. Kalau mendoan adalah tempe tipis yang digoreng setengah matang tetapi kalau kripik adalah tempe tipis yang digoreng kering sekali. Tapi rasa gurihnya tidak hilang. Kalau mendoan hanya bisa bertahan satu hari, sedangkan kripik bisa bertahan sampai satu bulan. Kripik dan mendoan melambangkan perwatakan orang Banyumas. Jika bibuat baik orang Banyumas juga akan lemas dan lebih baik akan tetapi jika dibuat jahat orang Banyumas akan mudah patah seperti kripik.

Spoiler for Dage :Quote:Quote:Dage merupakan teman akrab dari mendoan. Biasanya jika dijual mendoan pasti juga di jual dage. Dage adalah makanan sebagai varian tempe dengan campuran bahan ampas kelapa yang digumpalkan dan dijamurkan. Dage pada umumnya makan makanan kecil atau sarapan yang ditemani oleh cabai rawit atau lombok cengis. Dari Dage pada umumnya dibuat gorengan kering/mendoan. Variasi lainnya, bisa juga dibuat oseng Dage kombinasi kecambah, lombok merah, dan hijau, jadi mirip oseng hati sapi dan bila diiris tipis-tipis bisa digoreng kering jadi kripik Dage rasanya mirip gorengan peru sapi, kriyik dan gurihnya. Seperti tempe bongkreck dage juga makanan yang sangat murah dan biasa dikonsumsi oleh orang pedesaan.

Spoiler for Temlek/Niwo :Quote:Quote:Makanan gorengan yang satu ini juga merupakan kerabat dari dage dan mendoan. Temlek merupakan makanan khas Banyumas yang terbuat dari ampas tahu yang dikasih bumbu dan dibungkus dengan tepung beras lalu digoreng kering.

Spoiler for Gethuk Goreng Sokaraja :Quote:Quote:Getuk goreng adalah penganan khas Sokaraja yang manis dan gurih, dibuat dari singkong dan dibumbui gula kelapa. Getuk goreng ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1918 oleh Sanpirngad, seorang penjual nasi keliling di daerah Sokaraja. Pada saat itu getuk yang dijual tidak laku, sehingga beliau mencari akal agar getuk tersebut masih bisa dikonsumsi. Kemudian, getuk yang tidak habis dijual pada hari itu dia goreng dan dijual lagi. Ternyata, makanan baru tersebut digemari oleh para pembeli Saat ini getuk goreng dapat dengan mudah ditemui di sepanjang jalan di Sokaraja. Getuk yang digoreng juga bukan lagi getuk yang tidak laku dijual, melainkan sengaja dibuat untuk digoreng.

Spoiler for Soto Sokaraja :Quote:Quote:Soto Sokaraja atau oleh masyarakat Banyumas disebut Sroto Sokaraja adalah sejenis makanan dari Indonesia. Soto ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia. Ciri utama dari soto ini adalah penggunaan sambal kacang dan ketupat. Soto Sokaraja sudah banyak dijual di luar Banyumas tetapi kalau sempat mampir ke Sokaraja, kita dapat menikmati soto di warung-warung yang berderet rapi di sepanjang jalan di Sokaraja.

Spoiler for Jenang Jaket Mersi :Quote:Quote:Namanya memang Jaket, tapi tidak ada hubungannya dengan pakaian. Ini adalah makanan yang terbuat dari tepung dan juga gula melalui proses yang panjang. Tapi karena ciri khasnya, jenang jaket sudah lama menjadi makanan tradisional yang paling banyak dicari. Bahkan pada hari-hari besar (hari raya) seringkali produsen jenang jaket menolak pesanan. Ini dikarenakan Jenang Ketan proses pembuatnnya lama dan juga membutuhkan ketekunan. Kalau anda berkunjung ke Purwokerto dan ingin mengunjungi sentra pembuatan jenang jaket silahkan datang saja ke kawasan produksi jenang jaket di daerah MERSI Purwokerto.

Spoiler for Nopia/Mino :Quote:Quote:Nopia dan Mino merupakan hasil produksi warga desa Pakunden Kecamatan Banyumas. Nopia dan Mino [Mini Nopia] adalah makanan khas Banyumas yang terbuat dari terigu, gula jawa, dan beberapa rempah-rempah. Ada beberapa proses yang harus dilalui dalam pembuatannya Nopia dan Mino, Terigu dibuat adonan kemudaian dibagi dua. Untuk bagian kulit dipisah. Bagian isi diberi gula jawa dan rempah-rempah serta perasa misalnya rasa bawang, nangka, coklat, durian, dsb. Untuk nopia takarannya lebih besar di bandningkan dengan mino.

Bagian isi dimasukkan bagian kulit kemudian digulung-gulung dan dibulatkan, lalu proses yang sangat unik dan mungkin jarang sekali di temui di daerah lainnya adalah cara memasaknya. Oven dari tanah dan batu bata berbentuk lingkaran silinder yang mampu mempertahankan panasnya dengan stabil, serta diyakini lebih baik dibanding dengan oven modern berbahan bakar gas atau listrik, oven tersebut dipanaskan dengan bara arang kelapa atau arang kayu. Adonan yang berbentuk bulat ditempelken ke dinding tungku yang berbentuk silinder, pemanasan akan bersuhu hingga 90 derajat lebih. Adonan akan mengembang dalam bebeapa waktu. Adonan jangan sampai meletus atau gosong. maka segera diangkat. jadilah nopia atau mino yang unik makanan khas Banyumas.

Spoiler for Lanting :Quote:Quote:Lanting adalah makanan renyah asli dari Kabupaten Banyumas, terbuat dari singkong, rasanya gurih dan renyah. Bentuk lingkaran, ada juga yang seperti angka delapan. Lanting khas Banyumas tersedia dalam berbagai rasa yaitu asin, pedas, keju, dan jagung manis. Lanting ini bisa agan dapatkan di pusat-pusat oleh-oleh khas Purwokerto.

Bosen Sama Makanan ? Di Bawah Ada Minuman Spesial'nya Kok Yaituuuu :

Spoiler for Es Dawet :Quote:Quote:Es Dawet Emang Enak Gan , Seger2 gimana gitu. apalagi kalo di makan sama beberapa makanan diatas MAKKKNYUSSS !!!

Quote:Terima Kasih Udah Mampir di Thred Ane

Quote:Spoiler for Mau Ini :Kalo Berkenan + Tertarik Kasih Ane Cendol Yaa
Spoiler for Jangan Ini :Jangan di Kasih Bata yaaa
Spoiler for Buka :Yg Belom Iso, Jangan lupa Rate 5'nya yaaa

Spoiler for Di Support Oleh :

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53d965add44f9f565b8b457b

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger