Home » » [Do It Yourself] Membuat Penguat Sinyal HP

[Do It Yourself] Membuat Penguat Sinyal HP

MEMBUAT PENGUAT SIGNAL HAPE MODAL SERIBU PERAK !!

Assalamu alaikum wr wb all..
Permisi momod ‘n mimin, bukan maksud salah kamar,
cuman karena ini hal yang simple aja sehingga saya share disini

Banyak keluhan signal susah, ga stabil etc, setelah baca sana sini akhirnya saya bikin penguat lebih tepatnya penyetabil signal hape, bb atau android yang bisa dibikin oleh siapa aja.

Walau lebih mirip kerajinan tangan anak SD,
namun hasilnya cukup memuaskan (subjective menurut saya ya… )

Langsung aja gan/sist

BAHAN YANG DIPERLUKAN
1. Silet (merk apa aja)
2. Magnet (bekas mainan, speaker etc)
3. Alumunium foil (di toko bangunan ada, 1 biji bisa utk org sekampung)
Spoiler for Bahan dan alat

PROSES PEMBUATAN DAN PEMASANGAN

1. Membuat silet jadi magnet
Gosok magnet kearah tanda panah, atau tempelkan silet dengan magnet terus diketuk-ketuk
Spoiler for Cara bikinnya
2. Silet sudah jadi magnet
Spoiler for Sudah jadi
3. Tempelkan silet ke allumunium foil
Spoiler for Pasang di alumunium foilLipat alumunium foil seperti kertas disebelahnya, seperti gambar dibawah ini


Jadinya seperti dibawah ini, silet terbungkus dalam alumunium foil (kaya kaos body shirt hehehe.. )



Setelah selesai dirapikan dengan gunting
4. Penguat signal sudah selesai
Spoiler for Penguat signal sdh beres
5. Memasang penguat signal
Letakkan penguat signal di belakang casing atau menempel baterai.
Spoiler for Posisi pemasangan

Lebih besar ukuran alumunium foil lebih baik.



HASIL UJI COBA

1. Sebelum dipasang
Sebelum dipasang penguat signal, signal 3G tidak stabil, turun naik kaya yoyo kata bu mega…

Spoiler for Sebelum pemasangan


2. Setelah dipasang.
Signal 3G stabil, ga plin plan koalisi pindah sana pindah sini kaya parpol…

HASILNYA DI BEBEH
Spoiler for
DI COBA DIPASANG DI ANDROID (pake kartu always off, 3G nya oke)
Spoiler for
DI COBA DI HAPE NOKIYAH (3G nya juga stabil)
Spoiler for

Bila tidak ada alumunium foil, boleh diganti dengan kertas perak/timah
Silet bisa diganti dengan guntingan kaleng (bukan kaleng minuman ringan ya.., saya coba kurang bagus hasilnya)

Pertimbangan mempergunakan silet dan alumunium foil karena tipis dan sebagai penguat induksi yg bagus juga,
makanya lebih lebar lebih baik serta casing tutup baterai juga tetap rapat,
sehingga bisa dibawa tanpa merubah penampilan gadget (ketimbang bikin lilitan kawat tembaga)

Sudah saya bikin utk nyonya, rekan kerja, selingkuhan ..ups , om, tante, kakak, adek, sepupu, ponakan, teman, kenalan etc, pak RT juga minta, dengan bermacam merk dan model gadget, rata2 bilang hasilnya memuaskan (karena gratis kali…)

Ini bukan hasil karya saya asli, tapi dapat dari berbagai sumber,
saya hanya meniru, memodifikasi dan meyederhanakan saja, kalau ada saran atau kritik silakan gan/sist.

Yang mau copas atau edit juga dipersilakan dengan bebas, masalah teori lebih baik tanya yang lebih pakar, saya cuma praktisi biasa.

*) PERLU DIPERHATIKAN
Quote:
1. Jangan memasang di antara body dalam dan baterai, karena alumunium foil bisa kena komponen logam yg ditakutkan terjadi cinlok alias hubungan arus pendek.

2. Lolos dari pemeriksaan bandara lokal, kalau bandara luar negri saran saya sebaiknya dilepas saja dulu (silet termasuk benda yg sangat dilarang dibawa kedalam cabin, nanti ente dikira anggota ISIS)

3. Hasil yang didapat bisa berbeda, tergantung gadget (pinjam apa punya sendiri), lokasi (dialam nyata atau alam ghaib), beres tidaknya provider (quota masih ada atau tidak) serta peruntungan anda.



UPDATE #1
Berhubung banyak pertanyaan yang berulang maka saya kumpulin aja jadi satu,
Bisa dimaklumi kalau baca tiap halaman pada ga betah


FAQ :

Quote:Q : Alumunium foil susah dapatnya gan
A : Pakai sticker tambal panic (500 perak), untuk kertas rokok saya sdh coba hasilnya kurang bagus,
Alumunium foil yg bungkus makanan, belum saya coba (ga nemu bahannya), yang penting bahannya tipis, sehingga bisa diselipkan dan casing bisa menutup sempurna.

Q : Hape kita menjadi panas ga gan?
A : Tidak, kalau ada panas itu karena pemakaian, justru bila signal tidak stabil hape jadi panas dan baterai boros

Q : Untuk modem bisa gan ?
A : Saya berusaha seobyektif mungkin, untuk modem colok, cara ini saya coba dan saya sendiri kurang puas hasilnya, saya lebih prefer memakai parabola tv (30 rb)
Spoiler for parabola tv

Q : Ya ribet gan kalau parabola tv dibawa-bawa
A : Kalau yg dimaksud untuk dicolok langsung ke laptop, saya masih taraf uji coba, masih mencari antenna simple yang termudah dan termurah, kalau murah tapi terlalu teknis pembuatannya juga saya yakin pada ngibrit semua

Q : Aman ga? kan magnet ga baik dekat Hape
A : Aman kok, sudah 6 bulan lebih saya pakai di 3 gadget saya (BB, Andro sama HP) dan juga dipakai banyak orang, belum ada keluhan apa2, paling banyak keluhan ga ada pulsa atau quota habis

Daya magnet yang di silet kecil banget, setau saya magnet sangat berpengaruh ke LCD dan ini posisi peletakan silet dibelakang hape
Bagi yang memakai sarung hape pake penutup kancing magnet tentu naif bila menanyakan ini.
Atau perhatikan kebiasaan menaruh Hape (diatas TV, di atas speaker, deket banget sama laptop)

Q : Ipin, Ipong, Ipun baterainya didalam gan, susah bukanya, gimana masangnya ?
A : Pakai capdase, letakkan penguat signal antara Hape dan capdase

Q : Tapi ini beneran berfungsi gan?
A : Ya berfungsilah, saya agak sering ke berbagai tempat, namun perlu diingat, banyak faktor lain yang mempengaruhi, ini sifatnya open source dan non profit, jadi saya ga melebih-lebihkan hasilnya, apa adanya aja, bukan ada apa2 nya

Q : Ente kreatif gan
A : Mungkin, tapi saya hanya tukang contek, dari berbagai sumber saya modifikasi dan sederhanakan, sehingga bisa berfungsi tanpa merusak penampilan gadget, apalagi merusak gadgetnya.

Q : Tks gan, saya coba
A : Sama2, namun lebih baik lagi bila ente memodifikasi dan mengembangkannya nya sehingga bisa lebih oke.

UPDATE #2
Quote:Jalan2 cuci mata ga sengaja ketemu ini, ide pakde Carlos ini mirip dengan yg saya buat.
Ini link nya
Spoiler for Link YoutubeYOUTUBE
Yang ga kuat buffer, ni saya kasih 3 skrinsut nya
Spoiler for Skrinsutnya...Bahan yang dipakai


Ditempel ke baterai


Ditempel ke casing belakang (tutup baterai)


Ini comment tentang penjelasan teknisnya
You are making a crude form of di-pole antenna. The amount of space between the foil on the battery and the foil on the back plate will determine your signal level. There is only so much signal energy that can be trapped between the pieces of aluminum foil. The only true unpowered booster for a cell phone would be a properly tuned coil afixed to the antenna much like those used by CB and HAM radio. The problem with using aluminum foil is that the noise level or SNR (signal to noise ratio) noise portion increases as well. What you could do is put thin pieces of electrical tape on the aluminum foil to make an alternating pattern (foil-tape-foil-tape) which will give a more focused path for the signal.

Ini ada yang ngasih FR nya
switched phones to KYOCERY HYRDRO (bad phone.. water proof, but outside that. meh? I only like it for that reason, and its tough). I tried this with just tin foil (could not find my aluminum tape), and with tin foil "shinny side up" and back cover shinny side facing battery, was able to get an additional 2 - 3 bars out of 5. not many, however most the time in the building could only get 1 bar if that. will try with the aluminum tape. good job!


Sekian dan selamat mencoba....

Trit lain yang mudah2an bermafaat juga
MENGGANTI (REFILL) CELL BATERAI LAPTOP ITU MUDAH !!!

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53f4559412e257cd588b45b5

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger