Home » » Indonesia Butuh Tempat-Tempat Ini, Bukan Mall

Indonesia Butuh Tempat-Tempat Ini, Bukan Mall


Quote:
Quote:Dengan Menyebut Nama ALLAH yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang

Jangan Lupa Di Rate 5 Dulu


Quote:Indonesia Butuh Tempat-Tempat Ini, Bukan Mall!
Quote:Mungkin kamu sudah tahu bahwa Jakarta termasuk ke dalam daftar kota dengan mall terbanyak di dunia. Sampai saat ini terhitung lebih dari 130 mall berdiri di kota Jakarta. Angka yang cukup fantastis bukan? Itu hanya di Jakarta, belum termasuk kota-kota besar lain di Indonesia. Kalau dipikir lagi, apa fungsinya sih mall sebanyak itu untuk rakyat Indonesia?

Ironisnya, pembangunan mall yang masif tidak diimbangi dengan pembangunan fasilitas umum yang memadai. Padahal masyarakat Indonesia jauh lebih membutuhkan fasilitas umum ketimbang mall

Daripada terus-terusan bangun mall yang isinya begitu-begitu aja, jauh lebih baik dan bermanfaat kalau pemerintah kita membangun tempat-tempat ini!
Lansung aja gan simak er="0" alt="" title="Mad"/>

Quote:Quote:Taman
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Kamu pasti setuju banget kalau di setiap kota di Indonesia punya taman kota, yang bisa digunakan sebagai ruang publik bagi masyarakat. Taman adalah tempat yang sangat multi fungsi. Selain bisa memperindah kota, taman juga bisa berfungsi sebagai lahan hijau dan juga tempat untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif bagi masyarakat.
Di Indonesia sendiri ada beberapa kota yang terkenal dengan taman-taman kotanya yang bagus dan unik, yakni kota Bandung, Surabaya dan Jakarta. Di Bandung sendiri saat ini ada banyak taman yang memiliki konsep unik, yaitu taman musik, taman fotografi,dan taman pustaka bunga.
Dengan adanya taman kota, masyarakat jadi bisa menghabiskan waktunya di taman tanpa harus menghabiskan banyak uang. Tidak seperti saat mereka nongrong di kafe atau mall.

Quote:Quote:Perpustakaan Umum
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Perpustakaan umum seharusnya sudah jadi sebuah tempat wajib yang harus ada di setiap kota dan kabupaten. Dan bisa juga disediakan perpustakaan keliling yang selalu rajin menyambangi desa-desa yang letaknya cukup jauh dari kota.
Keberadaan perpustakaan turut berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa Indonesia.Dengan dibangun sebuah perpustakaan yang layak dan memiliki fasilitas yang memadai bisa memicu masyarakat untuk lebih rajin datang ke perpustakaan untuk membaca.
Kita bisa mencontoh negara-negara maju seperti Inggris, Amerika dan Jepang yang memiliki banyak sekali perpustakaan yang layak dan bahkan megah. Nggak cuma gedungnya aja yang bagus, tapi koleksi bukunya juga lengkap, sistem penataan bukunya yang rapih, dan disertai fasilitas-fasilitas yang sangat mendukung seperti ruang baca, mesin foto kopi dan mesin cetak.

Quote:Quote:Fasilitas Untuk Difabel
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Kita semua pasti bisa melihat kalau fasilitas untuk masyarakat penyandang cacat sangat memprihatinkan. Banyak fasilitas umum yang tersedia sama sekali tidak ramah terhadap kaum difabel.
Contoh kecil yang sering kita lihat adalah kondisi trotoar yang justru menyulitkan penyandang cacat untuk mengggunakannya. Papan penunjuk di tempat pelayanan publik juga masih banyak yang tidak menggunakan huruf braile untuk memudahkan penyandang tuna netra.
Dalam hal ini pemerintah kita wajib untuk mencontoh negara-negara maju yang bisa mengakomodasi dan memberikan fasilitas khusus bagi warganya yang difabel. Dengan begini para penyandang cacat tidak akan merasa terpinggirkan. Bukankah mereka juga punya hak yang sama seperti masyarakat yang lainnya?

Quote:Quote:Penyewaan Sepeda Umum
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Dalam rangka mengurangi kemacatan, pemerintah sempat mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari. Seharusnya hal ini juga didukung dengan adanya fasilitas peyewaan sepeda bagi warga kota padat penduduk. Karena nggak semua orang punya sepeda, maka dengan adanya fasilitas ini bisa mendorong masyarakat untuk mau bersepeda.
Sala satu contoh kota di Indonesia yang sudah menyediakan fasilitas ini adalah kota Bandung. Dan kita patut berbangga juga, karena Bandung adalah kota pertama di Asia Tenggara yang menyediakan fasilitas bike sharing. Terdapat beberapa tempat penyewaan sepeda umum yang terletak di titik-titik keramaian kota. Akan sangat baik jika ini bisa diterapkan juga di semua kota besar yang ada di Indonesia.

Quote:Quote:Jalur Khusus Sepeda
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Sebenarnya di beberapa kota besar di Indonesia juga sudah menyediakan jalur khusus untuk pengendara sepeda, contohnya kota Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.
Meskipun begitu, jumlah dan kondisinya belum memenuhi stadar. Malah beberapa di antaranya jalur khusus sepeda menggunakan trotoar. Padahal kita tahu kalau trotoar di Indonesia sangatlah sempit. Kalau jalur sepeda menggunakan trotoar, mau dikemanain para pejalan kaki?
Oleh karena itu, pengadaan jalur sepeda yang aman dan sesuai standar ini sangat diperlukan di Indonesia. Pemerintah kita bisa mengadopsi konsep-konsep jalur khusus sepeda di beberapa kota di luar negeri seperti Amsterdam, Copenhagen, Tokyo, Paris, dan masih banyak lagi. Dengan begini, masyarakat Indonesia juga jadi nggak males lagi untuk gowes kemana-mana.
Ini juga bisa jadi salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan di negara kita.

Quote:Quote:Ruang Menyusui
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Ruang menyusi atau laktasi masih terhitung minim di Indonesia. Padahal sudah ada peraturanyang mewajibkan pengurus tempat kerja dan penyelenggaran fasilitas umum harus mendukung program ASI eksklusif.
Sebenarnya sekarang ini sudah mulai banyak kota-kota di Indonesia yang mulai gencar menyediakan fasilitas ruang menyusui, seperti di Jakarta, Solo, Denpasar dan Yogyakarta. Ruang-ruang laktasi tersebut tersedia di beberapa tempat umum, seperti knator, mall, stasiun, masjid, dan pasar. Kalau dilihat dari jumlahnya, Indonesia masih harus lebih banyak lagi menyediakan ruang khusus bagi ibu menyusui.

Quote:Quote:Ruang Khusus Merokok
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Di beberapa kota besar di Indonesia sudah mulai menggalakkan kawasan-kawasan bebas rokok, dan salah satu contohnya adalah Jakarta. Jakarta memang patut dicontoh bagi kota-kota lain di Indonesia dalam hal ini. Peraturan kawasan bebas dan anti rokok di Jakarta sudah terbilang ketat. Pemerintah DKI Jakarta telah menyediakan ruang khusus bagi perokok.
Ruang khusus merokok ini wajib banget diadakan di seluruh Indonesia. Masyarakat kita memang belum banyak yang sadar tentang bahaya rokok. Masih banyak orang yang merokok sembarangan tanpa mempedulikan kesehatan orang lain yang terkena asap rokok.
Peraturan kawasan bebas dan anti rokok ini pastinya akan efektif apabila ditunjang dengan adanya fasilitas ruang khusus bagi perokok.

Quote:Quote:Gedung Pertunjukan Seni yang Bisa Diakses Gratis Oleh Musisi Dan Seniman Lokal
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Pemerintah juga sudah seharusnya memberikan perhatian khusus pada sektor kesenian. Di Indonesia sendiri masih belum banyak gedung-gedung kesenian yang layak. Sudah ada gedung kesenian yang bagus dan bertaraf internasional seperti Gedung Teater Jakarta dan Aula Simfonia Jakarta, tapi jumlahnya masih sangat sedikit.
Alangkah lebih baik pemerintah menyediakan tempat seperti ini di setiap kota-kota besar.
Tidak perlu yang terlalu megah dan mewah, setidaknya gedung tersebut bisa digunakan oleh para musisi dan seniman lokal yang ingin mempertontonkan hasil karyanya pada masyarakat. Akan jauh lebih baik jika gedung kesenian tersebut bisa digunakan secara gratis.
Dengan adanya fasilitas seperti ini tentunya akan mendorong masyarakat Indonesia untuk berlomba-lomba mempertunjukkan hasil kreatifitasnya.

Quote:Quote:Bioskop Yang Muterin Film-Film Indie
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Selain gedung kesenian, sepertinya ide bagus juga jika pemerintah kita membuat bioskop yang bisa menayangkan film-film indie. Selama ini bioskop-bioskop di Indonesia lebih banyak menayangkan film-film komersial saja. Sedangkan film-film indie khususnya film indie lokal justru tidak terdengar suaranya di negeri sendiri.
Inilah sebabnya kenapa orang-orang selalu bilang kalau masyarakat Indonesia itu kurang menghargai karya anak bangsa sendiri. Kalau para pekerja kreatif saja tidak diberi ruang untuk mempersembahkan karyanya, bagaimana masyarakat Indonesia bisa mengapresiasi hasil karya anak bangsa?

Quote:Quote:Rumah Bahasa
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Rumah Bahasa ini adalah salah satu ide brilian yang perlu dikembangkan di berbagai wilayah Indonesia. Ide ini sendiri pertama kali diterapkan oleh Walikota Surabaya, yaitu Ibu Tri Rismaharini, dan sudah mulai dijalankan di Surabaya sejak bulan Februari lalu.
Beliau mendirikan rumah bahasa yang bisa dimanfaatkan oleh warga secara gratis! Di sini masyarakat bisa mengikuti program pembelajaran bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
Ide cemerlang ini alangkah lebih baik jika didukung oleh pemerintah pusat Indonesia sehingga bisa diterapkan juga di kota-kota besar lain. Apalagi pada tahun 2015 mendatang, Indonesia terlibat dalam AFTA (ASEAN Free Trade Area) atau Area perdagangan bebas ASEAN.
Adanya falilitas ini tentunya sangat membantu semua lapisan masyarakat Indonesia untuk tetap bisa bertahan dan bersaing dengan kompetitor-kompetitor dari luar Indonesia.

Quote:Quote:Tempat Sampah Yang Baik
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Sebenarnya pemerintah-pemerintah daerah di Indonesia sudah berusaha untuk bisa menyediakan sarana pembuangan sampah yang baik di tempat-tempat umum dan pemukiman warga. Tapi seringkali justru berujung pada perusakan sehingga tempat sampah tersebut tidak lagi bisa digunakan. Dampaknya, kebiasaan buang sampah sembarangan masih terus terjadi sampai sekarang ini.
Untuk hal yang satu ini, dibutuhkan tanggung jawab yang besar juga dari masyarakat. Bisa saja pemerintah juga jadi kehilangan perhatian mengenai masalah ini karena perilaku masyarakatnya sendiri yang sering merusak fasilitas umum.
Sudah banyak kota-kota besar yang menyediakan tempat sampah yang sesuai standar, yakni tempat sampah yang membedakan antara sampah organik dan non organik. Tetapi pada kenyataannya, maih banyak orang yang nggak peduli dengan hal ini.

Quote:Quote:Tempat Pengolahan Limbah Berbahaya
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Banyak sekali sampah rumah tangga yang berbahaya jika dibuang begitu saja.
Nah sampah-sampah berbahaya tersebut perlu diolah secara khusus agar tidak membahayakan kesehatan masyarakat. Masalahnya adalah, di Indonesia belum banyak terdapat tempat-tempat pengolahan limbah berbahaya yang mudah diakses oleh masyarakat.
Kita sendiri sudah tahu bahwa di Amerika Serikat, Jerman dan Jepang pemerintahnya bahkan membuat peraturan khusus mengenai tata cara pembuangan sampah. Daripada ribut bangun mall, kita nggak mau gitu niru mereka?

Quote:Quote:Toilet Umum Yang Bersih
Spoiler for Ilustrasi
Quote:Rata-rata toilet umum yang tersedia di tempat-tempat publik masih belum terjaga kebersihannya. Kebanyakan toilet umum yang bersih dan memenuhi standar hanya tersedia di mall-mall yang bagus juga.
Toilet umum yang bersih sangat penting, apalagi di daerah-daerah wisata. Kita bisa berkaca pada negara-negara maju yang selalu menjaga kebersihan toilet umumnya, sebut saja Jepang.
Kebersihan toilet umum ini pastinya akan membawa dampak positif. Tidak hanya pada kebersihan dan kesehatan lingkungan masyarakat, tapi juga pada meningkatnya kunjungan wisatawan.

Lanjut Post 2 Gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53f635a5d44f9f4a418b459a

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger