Home » » Mengenal Lebih Dalam Tentang Nickname Orang Thailand yang Unik

Mengenal Lebih Dalam Tentang Nickname Orang Thailand yang Unik

WELCOME TO MY THREAD


nama adalah pemberian orang tua yang mengandung doa, sehingga ketika dipanggil nama terucaplah doa bagi si anak tapi, hal ini tidak berlaku jika agan adalah warga negara Thailand. ane bakal bahas di trit ini simak baik baik dan jangan asal komen tapi sebelumnya TS beserta keluarga pengen mengumumkan bahwa trit ini terlepas dari tuduhan
Spoiler for BUKTI


Quote:
oke, jadi gini, kalo di Indonesia nama panggilan adalah doa (ngulang lagi ) kaya ada nama muhammad/ahmad orang tua punya harapan si anak bakal kaya nabi muhammad atau nama amin yang artinya jujur, biar si anak jadi anak yang jujur

kalo di Thailand enggak gan, mereka punya nama yang panjang dan sulit diucapkan (bagi orang kita ) terus punya nama panggilan yang cuma satu suku kata dan sering nggak nyambung sama namanya sendiri dan ini berlaku bagi semua warga disana termasuk Raja Thailand sendiri

contoh aja aganwati yang ada di foto diatas, yang lagi gigit tali, dia punya nama asli Preechaya Pongthananikorn dan dipanggil ICE di film ATM dapet nama JIB ada lagi Sananthachat Thanapatpisal yang jadi GOB di film ATM juga, panggilan aslinya FON(artinya hujan ) nggak ada nyambung nyambung nya sama namanya kalo di Indonesia mungkin sama kaya nama Annisa dipanggilnya ICHA (tapi itu masih nyambung sih )

yang jadi pertanyaan darimana mereka dapet inspirasi nama nama kaya begitu, TS beserta kru yang bertugas nemu salah satu artikel yang njelasin klasifikasi nickname orang thailand
Quote:1. Kependekan dari Nama
Spoiler for
jadi nama panggilan orang itu dipotong dari nama depannya, kaya misalnya Nattasha Nauljam dipanggil Nat atau Namchaat jadi dipanggil Nam atau Chaat kalo di Indonesia juga ada nih, contoh Wicaksono dipanggil Wicak
Quote:2. Kata yang Artinya Bagus
Spoiler for
kalo yang nomer satu tadi masih ada nyambung nya sama nama sendiri, kalo yang ini nggak ada contohnya nama Din yang artinya Bintang atau Dow yang punya arti bulan tapi mohon maaf TS belum berhasil nemu nama asli dari dua nama diatas

Quote:3. Gabungan Nama Ayah dan Ibu
Spoiler for
kalo ini di Indonesia ada juga nih, nama temen ane ada yang gabungan juga di Thailand contohnya nama si Bapak Mote nama Ibunya Da fusion kemudian muncullah nama Mod bedanya kalo di tempat kita kadang si anak nggak mau ngasih tau nama bapak sama ibunya
Quote:4. Huruf Pertama Nama Panggilan Ayah IbuSpoiler for
kalo ini agak lucu sih gan jadi menurut artikel yang ane temukan, kalo nama orang tua punya awal huruf yang sama maka itu juga berlaku buat anak anak mereka contohnya si Abah punya nama Jack si Ummi Jaa anak anak mereka bisa jadi bernama Joom, Jib, June
dari empat klasifikasi diatas, nama nama panggilan itu bisa dikategorikan dalam beberapa hal

  • Alam: roong (pelangi), fon (hujan), maek (awan), fah (langit)
  • Tempat: Lanta (nama pula di provinsi Krabi)
  • Binatang: nok (burung), nue (tikus), maew (kucing), moo (babi), gai (ayam), goong (udang), plaa (ikan), pu (kepiting), gop (katak), tao (penyu), mod (semut) Yingluck Shinawatra (Perdana Menteri Thailand ) termasuk yang diberi nama panggilan dari kategori ini (‘Pu’â€"kepiting)
  • Bunga dan Tanaman: boa (teratai), khing (jahe), taeng-gwa (ketimun), bai-teuy (daun pandan)
  • Buah-buahan: som (jeruk), tengmo (melon)
  • Aroma/Rasa: waan (manis), preaw (asam)
  • Jenis kain: faai (katun), mai (sutera), prae (sutera Cina)
  • Warna: daeng (merah), keo (hijau), dam (hitam)
  • Batu Mulia: mook (mutiara), nin (safir hitam), yok (giok)
  • Asesoris Perempuan : gib (jepit rambut), bo (pita rambut)
  • Olahraga : ping pong (tenis meja), golf
  • Angka: neung atau ek (satu), song (dua)
  • Besaran: nid atau noi (sedikit), lek (kecil), yai (big)
  • Tampilan Fisik : oan atau you-e atau pook (gendut, tambun), toom (gentong)
  • Bunyi yang tak ada artinya : aa, aoo, auu, aew, ae, aae, ouh.


dan ada satu lagi ternyata kategori nama panggilan orang thailand, yaitu:
Quote:5. Nama Asing
Spoiler for
sama kayak di negeri kita di Thailand nama asing juga dipake buat nama panggilan mereka, bedanya orang thailand itu sulit ngucapin kata kata inggris, jadinya nama nama itu ikut berubah dalam pengucapan sama penulisannya

  • Alfabet: a (a), edd atau es (s), ex (x)
  • Nama Inggris: Anne (Ann), Jag (Jack), Jo (Joe), Joi (Joy), Maak (Mark), Peteu (Peter), Mii (Mike)
  • Olahraga: bon (ball), gof (golf), man-you (ManU)
  • Kendaraan: boad (boat), ben (Benz)
  • Minuman: bea (beer), pepsii (pepsi), ie atau ice (ice)
  • Bulan: mae (May), joon (June)
  • Food: oad (oat), nud (donut), moji (Japanese rice cake)
  • Buah: poen (apple), choerie (cherry)
  • Warna: ping (pink)
  • Lembaga: bang (bank)
  • Posisi: top (top)
  • Hal Lain: ard (art), bo (bow), boy (boy), keem atau cream (cream), deem or dream (dream), feem (film), ah-tom (atom)


penulis yang artikelnya ane baca dia baca artikel lain yang isinya bahwa ditemukan juga nickname seperti: Google, Facebook, Harddisk, Fax, Xerox nggak menutup kemungkinan kedepannya bakal ada nickname: iPhone, Blackberry, Kaskus, Whatsapp


anak anak Thailand seneng nama panggilan mereka ini ditaruh di gantungan kunci, dijadikan stiker, ditulis di kaos, ditulis di dompet. bahkan orang tua mereka terkadang menaruh nama anak mereka di kaca mobil sebagai wujud dari kebanggan pada anak mereka
Spoiler for pic



ada tambahan materi inih dari agan water cat dan gyakroh, tentang panggilan khusus buat orang yang lebih tua/muda/dekat monggo disimak
Quote:Quote:Original Posted By water cat â–º



heheh,,,kbtulan nih ad yg nannya
ane insan pariwisata gan,,jd beberapa kali guiding ke thai,,jadi saya coba bantu y gan

untuk tulisan ny ane g tau y gan..jadi di reka2 aja
p/phi/pi adalah panggilan kepada org yg lebih tua dari kita gan, jadi artinya kakak/abang/mas...
nong adalah panggilan kpd ade/yg lebih muda
khun adalah panggilan kpd seseorang yg sangat dekat kpd kita,

nah di thai huruf vokal/hidup nya lebih banyak dan abjad nya pun lebih banyak,,,mereka bilang mirip2 sastra jawa / hindu /hanacaraka, nah karna ini kalau ngobrol ada intonasi yg bisa bikin salah makna, walaupun hanya sedikit lebih tinggi/rendah bisa beda makna

dilanjut gan


Quote:Original Posted By gyakroh â–º
gan buat yg nanya artinya P'xxx ane bisa jawab
P' itu singkatan dari Phi/Phee yang artinya kakak entah laki/perempuan. bukan hanya untuk sodara kandung sih, bisa juga untuk orang yg sedikit lebih tua dari kita.
untuk yg lebih spesifik gendernya bisa manggil P'Cha untuk mas, dan P'Saw untuk mbak

misal P'litt(panggilan ane dulu) berarti mas litt.


pengalaman tinggal di thailand 3,5 tahun gan



jadi, di Thailand memberi nama dan memanggil nama anak dengan nickname yang sering nggak nyambung dengan nama asli mereka merupakan hal yang lumrah, sampai nama tersebut kadang memiliki arti yang unik dan lucu. setiap daerah, wilayah, negara punya budaya yang berbeda. beda negara beda budayanya. dianggap aneh di tempat kita, jadi hal lumrah bagi mereka

Spoiler for sumberQuote:[1] [2] [3]



Quote:
thanks mimin dan momod dan officer dan kaskuser dan yang SR trit saya jadi HT



















sebagai manusia TS adalah manusia biasa, kritik dan saran dari agan agan bisa dikirim melalui VM/PM/REPLY

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53cfa973582b2ee3438b4576

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)