Home » » Serba-Serbi Tentang Urang Sunda

Serba-Serbi Tentang Urang Sunda

Quote:Wilujeng sumping juragan, mugia juragan dipaparin kasehatan jasmani tur rohani ku Sang Hyang Widi. Amin.
Selamat datang juragan, semoga juragan diberikan kesehatan jasmani dan rohani oleh Yang Maha Kuasa. Amin.

Setelah sebelumnya ada thread yang membahas tentang orang-orang Jawa. Kali ini TS mau share nih pengamatan TS tentang orang-orang dari suku TS sendiri, yap orang Sunda (urang Sunda) dan bahasanya. Tujuan dibuat thread ini tidak lain hanya untuk memperkenalkan budaya, bahasa, dan kebiasaan unik kami (urang Sunda).

Quote:Caution!
Thread ini tidak bermaksud SARA dan menyinggung suku tertentu.
Bagi yang tersinggung TS mohon maaf yang sebesar-besarnya.
TS tidak melakukan repost, karena sumbernya berasal dari pemikiran TS sendiri, kecuali untuk gambar atau ilustrasi dan pandangan sejarah.

STUDI LITERATURQuote:
Apa itu sunda? (http://id.wikipedia.org/wiki/Sunda)
Apa dan siapa suku Sunda? (http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Sunda)

BAHASA SUNDA (BASA SUNDA)
Quote:Huruf Vokal Bahasa Sunda
Spoiler for huruf vokalBahasa Sunda memiliki 7 vokal
  • a contoh cara mengucapkannya seperti agan bilang anda
  • i contoh cara mengucapkannya seperti agan bilang ini
  • u contoh cara mengucapkannya seperti agan bilang utara
  • é contoh cara mengucapkannya seperti agan bilang émbrio (ada garis tambahan di atas huruf e)
  • o contoh cara mengucapkannya seperti agan bilang orok
  • e contoh cara mengucapkannya seperti agan bilang entah
  • eu contoh cara mengucapkannya seperti agan bilang euy</b> (partikel kata dari omongan orang Sunda, lebih panjang dari e biasa)

Oh ya, jarang ada orang yang bukan dari Sunda yang bisa bilang Cileunyi dengan sempurna, seringnya ane denger Cilenyi.

Nah, sekarang agan latihan bilang ini dan minta temen agan yang asli Sunda buat dengerin dan menilai.
"Dia keukeuh ga mau pergi ke terminal Cicaheum buat ketemu sama néng Entin"
Gimana gan? Susah kan?

Dilema F, V, dan P
Spoiler for F, V, dan PBanyak yang bilang kalo orang Sunda itu ga bisa bilang huruf F dan V. Sembarangan ente gan, itu PITNAH gan..
Kenapa sih orang sunda ga bisa bedain pengucapan huruf F, V, sama P. Seolah-olah semua dipukul rata jadi P?
Itu karena orang tua kami tidak mengajarkan kata-kata dari huruf-huruf sulit tersebut. Becanda gan, jawabannya karena di konsonan basa Sunda ga ada huruf F dan V gan. Konsonan huruf F dan V itu serapan dari bahasa asing.


Tajwid (hukum bacaan) dalam basa Sunda
Spoiler for hukum bacaanPernah ga gan denger orang sunda bilang (maaf) 'anying'? Itu artinya anjing gan. hahaha
  • N + D = N. Contoh: sunda jadi suna, sendal jadi senal, mandi jadi mani, dst.
  • N + J = NY. Contoh: anjing jadi anying, panjang jadi panyang, dst.
    Dibahasa sunda kenal dengan ikhfa (mendengung) juga loh
  • N + S = NG + S. Contoh: bensin jadi bengsin, bonsai jadi bongsai.


NB.
Tidak semua orang sunda mempunyai kebiasaan meleburkan huruf gan.

Perbedaan level diskusi (undak-usuk)Spoiler for level
Coba bilang ini gan ke orang sunda yang umurnya jauh lebih tua dari agan, tapi ingat gan intonasi suara agan harus halus dan sopan.

“Pa upami sirah bapa rieut, mangga ku abdi ditalapung sirahna bapa”
buat sis
“Pa, hayu urang kulem”
Silahkan dicoba gan/sis, lalu ceritakan pengalamannya di sini. Nanti bisa dipajang di halaman depan.

Menurut budayawan Sunda ada 6 tingkatan dalam basa Sunda, yaitu Sangat Kasar, Kasar, Sedang, Menengah (cukup halus), Halus, dan Sangat Halus. Tapi menurut ane cuma ada 4 gan, yaitu kasar, loma (sedang), halus, dan Buhun (sangat halus dan saat ini hanya dipakai pada upacara adat). Tapi ane bakal jelasin 3 level aja, untuk bahasa Sunda Buhun silahkan belajar sendiri dari sesepuh adat sunda.

  • Tingkat kasar, dipakai saat seseorang marah atau mencela seseorang atau sesuatu. Contoh kalimatnya “Anying, maksud sia naon neunggeul babatok aing!”
  • Tingkat sedang (loma), dipakai saat berdiskusi dengan teman atau seseorang yang kita kenal dan seumur. Contoh kalimatnya “Saacan ka kampus, urang rék dahar heula nya”
  • Tingkat halus, dipakai saat berdiskusi dengan orang yang lebih tua, orang yang jauh lebih muda (adik), atau orang yang sama sekali belum kita kenal. Contoh kalimatnya “Bapa punten. Perkawis serat ti dinas, saurna kedah ditawis heula ku bapa?”


Ingat! Orang sunda sangat sensitif terhadap level ini. Agan bakal diketawain kalo intonasi agan tinggi (marah) tetapi pakai bahasa halus. Sebaliknya agan bakal dimarahin atau diketawain kalo agan pakai bahasa kasar meskipun intonasi suara agan halus.

Bahasa Sunda rumit juga ya gan? Yap.

UPDATE, BULE JUGA BELAJAR BAHASA SUNDA GAN
Spoiler for bule nyunda



NAMA-NAMA UMUM ORANG SUNDA
Quote:Keunikan orang sunda juga terletak dari namanya, berikut adalah nama-nama yang umum buat orang sunda.
  • Laki-laki: Adé, Asép, Ayi, Ayip, Cécé, Cécép, Dédé, Didin, Engkus, Engkos, Enjang, Jajang, Tatang, Ujang
  • Perempuan: Ani, Cicih, Enok, Euis, Icih, Lilis, Popon, Sukaesih, Titin, Nénéng


Tapi ada yang lebih unik lagi kalau dilihat nama lengkapnya. Karena kebanyakan orang sunda mempunyai suatu ciri khas tersendiri.

  • Untuk laki-laki kebanyakan namanya berakhir dengan akhiran -na. Contoh: Tatang Priyatna, Nana Rusmayana, Ade Mulyana, dll.
  • Untuk perempuan biasanya diakhiri dengan akhiran -ih. Contoh: Euis Sukaesih, Titin Kosasih, dll.
  • Bagian dari nama pertama ada di nama kedua. Contoh Septi Hidayati, Wawan Setiawan, Agus Gustiawan, Entis Sutisna, dll.
  • Dan yang paling keren adalah nama tongkrongannya atau nama gaulnya. Contoh seseorang yang bernama Tatang yang suka banget sama seni Breakdance, maka namanya Tatang Brikden. Atau orang yang namanya Cecep suka banget sama musik Death-metal, maka namanya jadi Cecep Detmetal. Ada lagi seorang artis dangdut bernama Lilis, maka nama panggungnya jadi Lilis Si Tara Goyang (Lilis yang ga suka goyang). Dan masih banyak lagi.


  • ORANG SUNDA (URANG SUNDA)Quote:

    Quote:Moto hidup urang Sunda
    Quote:“Silih asah, silih asih, silih asuh”
    Yang artinya saling belajar, saling mengasihi, saling melindungi/ saling membimbing.

    Karakteristik urang Sunda menurut ane
    Karakteristik orang sunda yang ane jelasin di bawah ini, murni hasil pemikiran ane sendiri. Mungkin agan bakal menilai penjelasannya subjektif, emang gan subjektif sekali.

    Sopan dalam bertutur kata dan berperilaku
    Spoiler for sopanMungkin setiap suku di Indonesia punya cara tersendiri atau penilaian tersendiri untuk bersikap sopan. Tapi berikut adalah 2 contoh kebiasaan orang sunda. Pertama, selalu mengawali diskusi dengan kata punten yang artinya permisi atau maaf. Ini dilakukan untuk menghormati orang yang kita ajak bicara dan meminta maaf jika orang tersebut terganggu dari aktifitasnya. Contoh “Punten kang, upami teu lepat ieu téh kang Uho nya?”.
    Kedua, saat ada yang berkumpul orang sunda akan lewat dengan membongkokan badannya dengan tangan kanan menjulur kebawah dan bilang punten untuk orang-orang yang sedang berkumpul. Contoh kalimatnya, “punten kang, ngiring ngalangkung”.
    Oleh karena itu, hukuman sosial yang paling menyakitkan untuk orang Sunda adalah jika dibilang tidak sopan. Emang sakit banget gan, apalagi yang bilang itu orang yang lebih tua atau orang yang tidak dikenal.


    Courtesy is the highest priority.

    Bukan pendebat yang baik
    Spoiler for debatBerdebatlah seperti orang Batak. Itu adalah salah satu kalimat dari nasihat dari orang tua saya. Begini gan, orang sunda itu tidak ingin lawan bicaranya tersinggung atau merasa direndahkan, jadi disaring dulu tuh kalimat yang akan diucapkan. Dan orang sunda itu akan dengan ikhlas menerima pendapat pendebat jika pernyataan pendebat masuk akal dan didukung dengan bukti yang kuat, apalagi pendebatnya orang yang lebih tua.
    Contoh perdebatan
    Quote:A: Punten bapak B, menurut saya metode yang pas untuk kasus ini adalah dengan metode A. Nanti hasilnya akan seperti ini.
    B: Tapi menurut saya, metode anda kurang pas, karena akan menimbulkan masalah A dan masalah B. lebih baik pakai metode B, untuk mengurangi timbul masalah A dan B.
    A: Oh seperti itu ya pak, baiklah kalau begitu mungkin kita coba saja dulu metode B.

    Ingat, orang tua yang dihormati dan didengarkan.

    Bukan perantau sejatiSpoiler for rantau
    Berdasarkan pendapat saya, orang sunda itu cenderung lebih mencari kerja/nafkah di lingkungannya di banding mencari kerja/nafkah di luar dari wilayahnya. Contoh, orang Bandung akan mencari penghidupannya di Bandung juga, padahal di kota lain ada penghidupan yang lebih besar. Kalaupun harus ke luar dari wilayahnya, jarang ada yang bertahan lama gan. Entah apa yang ditakutin, tapi ane sendiri susah buat merantau gan, bawaanya homesick terus.



    Lebih baik di sini, rumah kita sendiri.

    Memilih damai daripada berperang
    Spoiler for damaiOrang sunda lebih memilih menyelesaikan suatu persoalan dengan musyawarah atau secara kekeluargaan. Bukan berarti orang Sunda itu tidak berani adu fisik ya gan. Pada alasan-alasan tertentu orang Sunda siap mengangkat senjata dan ikut berperang, misal alasan membela kehormatan dan keselamatan diri sendiri, keluarga, bangsa, dan agama.


    Menang jadi arang, kalah jadi abu.

    Senang bercanda
    Spoiler for bercandaSiapa yang tidak tahu Sule, Pohang, dan alm. Kang Ibing?


    Yap, mereka adalah komedian sunda gan, terlihat jelas dari logat sundanya yang kental kalau lagi manggung. Mungkin ini salah satu alasan kenapa orang sunda bisa diterima oleh banyak kalangan dan suku di Indonesia karena kepribadiannya yang menyenangkan.
    Tapi candaannya urang sunda itu banyak yang nyerempet ke hal-hal mesum atau 18++ gan, atau kalau urang sunda bilang mah “jorang”. Tapi menurut ane, ini adalah salah satu metode pembelajaran sex education.

    Menyenangkan orang lain juga termasuk ibadah gan.

    Rendah hati
    Spoiler for rendah hatiKalo agan pernah ke salah satu pasar tradisional di Bandung waktu subuh. Agan bakal lihat banyak penjual sayuran segar, dari dandanan atau cara berpakaian tidak modis bahkan cenderung lusuh. Tapi jangan salah gan, mungkin saja mereka punya perkebunan yang luasnya berhektar-hektar di Lembang. Ya mungkin saja, karena paman ane salah satunya.

    Don't judge the book by it's cover

    Update!
    Pandai Bersyukur dan Selalu Melihat sisi Positif
    Spoiler for bersyukurKetika mendapatkan musibah orang Sunda selalu mengambil hikmah (sisi positif a.k.a ngabubungah hate) dari musibah tersebut atau bahasa Jawanya "nrimo". Contohnya adalah ketika terjadi kecelakaan lalu lintas dan si korban kecelakaan itu "hanya" menderita patah tulang, maka orang tua si korban akan bilang "Alhamdulillah masih dipasihan rahayu (Alhamdulillah, masih diberi keselamatan)".

    Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah -The Masip-



    Pertanyaan yang mungkin timbul
    Quote:
  • TS orang Sunda bukan? Jawabannya Iya, TS dari USA (Urang Sunda Asli).
  • Apakah TS budayawan Sunda? Jawabannya bukan gan, ane adalah praktisi IT.



  • Quote:Masih banyak sekali ciri khas yang dimiliki suku Sunda, gan. Kalau pengen tahu lebih dalam, silahkan bergaul dengan orang-orang sunda asli. Yang pasti TS seneng banget bikin threat ini, ternyata banyak orang Sunda yang antusias dan banyak juga yang ingin mengenal siapa orang Sunda. Apapun sukunya semboyan kita tetap Bhineka Tunggal Ika. Sekian thread ane gan, mudah-mudahan jadi hiburan dan menambah wawasan.



    Atas kerja keras TS bikin thread, TS mengharapkan
    Quote: dan atau

    Hatur nuhun
    Spoiler for hatur nuhun

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53f5e804925233c3108b4588

    TryOut AAMAI

    Popular Posts

    Solusi WC Mampet Degra Simba

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger