Home » » Berbagai Macam Gaya Makan Orang Indonesia

Berbagai Macam Gaya Makan Orang Indonesia






HOT THREAD 25 AGUSTUS 2014
TERIMA KASIH SEMUA



Quote:
KATA PENGANTAR
Halo gan, selamat datang di thread ane, terima kasih sudah berkunjung. Indonesia negara dengan keanekaragaman budayanya, tentunya memiliki kemajemukan pada masyarakatnya. Salah satu fenomena menarik pada masyarakat adalah tata cara makan kususnya pada posisi saat sesorang makan. Lalu bagaimana tata cara makan orang Indonesia pada umumnya? Makanya langsung disimak yok gan. Semoga bermanfaat


Quote:
Spoiler for gaya satu
Quote:1. Gaya Standar / Modern Style
Quote:


Quote:Yang pertama ini gan, gaya standar ini adalah posisi yang paling umum digunakan. Sejumlah orang memilih posisi ini dengan makan dalam sebuah ruang makan, lengkap dengan meja dan kursi makannya. Posisi sempurna dari gaya ini adalah piring/ mangkuk/ wadah lainnya yang berisi makanan diletakkan di sebuah meja makan , dengan posisi duduk secara elegan pada kursi makan , sementara kedua tangan sibuk menggunakan sendok dan garpu dengan anggunnya . Modifikasi dari gaya standar ini biasanya menghilangkan penggunaan sendok/garpu (langsung dengan tangan).

Quote:Umumnya dilakukan di:
- Rumah,
- Restoran mewah,
- Kantin kampus,
- RM. Padang,
- Jamuan makan di rumah calon mertua atau
- Tempat lain yang sekiranya membutuhkan ke-JAIM-an saat makan.


Spoiler for gaya dua
Quote:2. Gaya Lesehan / Traditional Style
Quote:




Quote:Selanjutnya gaya lesehan gan. Gaya legendaris ini mungkin sudah ada sejak jaman nenek moyang, di mana dahulu belum mengenal meja atau kursi untuk makan. Posisi duduk pada saat lesehan langsung duduk dengan kaki bersila atau berselonjor di lantai (tanpa kursi/bangku), wadah makanan bisa dipegang dengan tangan atau ditaruh pada meja (jika ada). Sedikit tips dari ane: kalau menggunakan gaya ini alas kaki dilepas ya gan, biar menambah kenikmatan makanan - trust me its works

Quote:Umumnya dilakukan di:
- Rumah,
- Restoran berkonsep saung,
- Pada saat piknik, atau
- Kuliner malam pinggir jalan,


Spoiler for gaya tiga
Quote:3. Gaya Warteg / Leg on Top Style
Quote:




Quote: Gaya warteg. Nah gaya ini nih yang menurut ane Ngindonesia banget. Posisi saat menggunakan gaya ini piring diletakkan di meja, makan langsung dengan tangan, dengan salah satu kaki dinaikkan ke bangku. Beuuh mantapnya. Katanya orang orang sih kalo naikkan salah satu kaki ke bangku, rasa makanan kita jadi lebih nendang. Bener ga tuh teori itu gan? Mungkin karena kesimpangsiuran teori itu sampai orang di bawah ini ini melakukan eksperimen agar lebih nendang rasanya.
Spoiler for lebih nendang rasanya


Quote:Umumnya dilakukan di:
- Warteg
- Warung nasi rames,
- Burjo
- Angkringan
- dsb.


Spoiler for gaya empat
Quote:4. Gaya Kondangan / Gaya Berdiri / Standing on the Right Side Style
Quote:




Quote: Lanjut ke gaya kondangan gan. Gaya makan dalam posisi ini sebenarnya hanya dilakukan orang pada momen momen tertentu. Bukan untuk gaya makan sehari - hari. Posisi saat menggunakan gaya ini piring diangkat, tangan kiri menopang piring sementara tangan kanan mengambil makanannya, posisi tubuh berdiri dengan ganteng, dianjurkan saat mengunyah untuk wajah sesekali menoleh ke sekeliling (takutnya ada orang lain yang pake baju sama), serta dianjurkan pula menggunakan alat makan sendok (karena biasanya ada yang mengajak salaman).

Quote:Umumnya dilakukan di:
- Kondangan
- Kondangan saudara
- Kondangan mantan pacar
- Hajatan kantor
- Pameran kuliner
- dsb.

Spoiler for gaya lima
Quote:5. Gaya Rumahan / Home Sweet Home Style
Quote:




Quote: Yang terakhir gaya rumahan. Gaya ini adalah modifikasi,adopsi, atau kombinasi dari gaya standar, warteg dan/atau lesehan. Misalnya bersila di atas sofa/kasur dengan piring diangkat atau lesehan dengan piring diletakkan lantai, dsb. Yang menjadi penciri khusus gaya ini adalah kegiatan multi-tasking yang dilakukan pada saat makan seperti menonton tv, bermain game, ngaskus, dan lain sebagainya.


Quote:Umumnya dilakukan di:
- Kost
- Rumah sendiri,
- Rumah pakde
- Rumah bude
- dsb.



Quote:PENUTUP
Gimana udah tau kan gan? Biasanya makan pake posisi apa gan? Nah apapun posisi makan yang agan lakukan, sesuaikan yang enak menurut agan aja dan sesuai kondisi pada keadaan yang bagaimana agan makan. Intinya sesuai SITKON. Ini Ada quote menarik nih gan tentang tema ini:
“Cara makan seseorang itu menunjukkan karakternya dan berpengaruh terhadap citra perusahaan,”


Sekian dari ane sampai berjumpa lagi


THREAD INI DIOLAH DENGAN MERANGKUM BERBAGAI SUMBER

Quote:
sumber1 sumber2 sumber3 sumber4 sumber5 sumber6 sumber7 sumber8




LANJUT BAWAH GAN UNTUK MEMBACA KOMENTAR TERPILIH...

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53f64195a2cb1724778b4590

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)