Home » » Udah Pada Tau Belum Tentang Uang NKRI, Mata Uang Baru Indonesia?

Udah Pada Tau Belum Tentang Uang NKRI, Mata Uang Baru Indonesia?

Mohon sedekah rate bintang limanya gan,
supaya lelah ane bikin thread berganti bahagia

Wow! Ane dapet HT Gan!
Quote:Spoiler for HT
Quote:

Ilustrasi Mata Uang Baru

Quote:
Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia akan memiliki desain baru mata uang rupiah, yakni uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rencananya uang ini akan resmi diluncurkan ke masyarakat pada Senin (18/8/2014).

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Pieter Yakobs mengatakan uang ini akan diluncurkan seiring perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69 pada 17 Agustus 2014.

"Iya (kami jadi meluncurkan) uang baru. Mulai beredar nanti pada 18 agustus," jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (12/8/2014).

Namun Peter enggan merinci bentuk, pecahan maupun ciri khas dari uang yang akan menjadi alat penukaran di tanah air ini.

Bank Indonesia, kata dia, akan menerbitkan keterangan pers pada 14 atau 15 agustus yang akan menjelaskan detail tentang uang baru NKRI ini. "Di situ akan dijelaskan ciri khas, nilai awal," tambah dia.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mengaku telah mencetak puluhan juta lembar uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Deputi Gubernur BI, Ronald Waas mengungkapkan, persiapan yang dilakukan BI untuk menerbitkan uang NKRI sudah hampir selesai. Saat ini, tahap yang sedang dilalui adalah pencetakan.

"Nyetaknya (uang) sudah lama, karena waktu yang dibutuhkan bukan cuma seribu atau dua ribu lembar, tapi kebutuhannya sampai puluhan juta lembar. Dicetak secara bertahap," tutur dia.

Menurutnya, BI telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait penerbitan uang NKRI, mulai dari desain sampai pendistribusian. Namun, saat ini Ronald belum bisa mengungkapkan secara panjang lebar mengenai rinciannya.

Alasannya, penerbitan uang anyar perlu dibarengi dengan keluarnya PBI yang menjadi landasannya. "Nanti kami akan terbitkan PBI yang mengatur lebih detailnya," ujar dia.

Untuk diketahui penerbitan uang NKRI ini untuk melaksanakan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang.

Seusai dengan undang-undang, uang NKRI nanti akan terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila, frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tanda tangan pihak pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan dan Bank Indonesia. (Nrm)

Quote:
4 FAKTA MENGENAI UANG BARU
1. FRASA NKRI



Quote:
Di masa-masa awal kemerdekaan, pemerintah mengeluarkan Oeang Republik Indonesia yang bertahan hanya sekitar 5 tahun saja. Di bagian atas uang tertera frasa bertuliskan Republik Indonesia.

Tapi, sejak 1952 seiring dengan pemberian wewenang dari pemerintah kepada Bank Indonesia untuk mencetak dan bertanggung jawab penuh atas perencanaan dan peredaran Rupiah di tanah air, maka desain pun berubah.

Karena uang Rupiah diterbitkan oleh bank sentral maka otomatis disematkan frasa atau tulisan Bank Indonesia di setiap pecahan Rupiah.

Lahirnya UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, ternyata membawa kembali frasa Republik Indonesia dalam pecahan Rupiah. Sebab, kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, uang NKRI akan memiliki frase atau tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Otomatis tulisan Bank Indonesia yang selama ini ada di setiap pecahan Rupiah, akan berganti menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia.


2.TANDA TANGAN MENKEU DAN GUBERNUR BI



Quote:
Jika melihat uang Rupiah (Oeang Republik Indonesia) yang pertama kali digunakan di Indonesia yakni 1946, di situ hanya tertera tandatangan Menteri Keuangan. Sebab, pemerintah yang mengeluarkan dan mencetak Rupiah.

Namun, mulai terhitung mulai 1952, Bank Indonesia diberi wewenang mendesain, mencetak dan bertanggung jawab penuh atas perencanaan dan peredaran Rupiah di tanah air. Otomatis, yang tertera di uang Rupiah hanya tandatangan Gubernur dan direktur BI. Tidak hanya itu, disematkan pula frasa atau tulisan Bank Indonesia.

Seiring dengan lahirnya UU mata uang, maka nantinya BI tidak menjadi institusi tunggal dalam perencanaan, pencetakan uang. Akan ada campur tangan Menteri Keuangan yang ditunjukkan dengan tandatangan Menteri Keuangan di uang NKRI.

"Akan ada tanda tangan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas.


3.TAK MUDAH DIPALSUKAN



Quote:
Bank Indonesia menyebut, Indonesia termasuk negara pelopor pembuatan uang dengan bahan plastik. Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas mengakui, uang berbahan plastik lebih awet dan tahan lama. Dengan dalih perilaku masyarakat Indonesia, Bank Indonesia menghentikan pembuatan uang dengan bahan plastik.

Termasuk uang NKRI yang akan diterbitkan tahun depan, masih mempertahankan bahan kertas. Namun, Ronald memastikan dari sisi pengamanan akan lebih baik dari uang sebelumnya. Tujuannya agar tidak mudah dipalsukan.

"Pengamannya apa tentu itu rahasia Bank Indonesia, tidak boleh disebutkan nanti bisa membuat orang bisa memalsukan, uang baru nanti itu tetap dalam bentuk uang kertas bukan plastik," ujar Ronald.



4. DITERBITKAN SAAT HUT RI KE 69



Quote:
Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan uang kertas baru dengan nama uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas mengatakan, uang NKRI akan dikeluarkan bertepatan dengan HUT RI ke-69 tahun depan.

Dalam pasal 47 UU Mata Uang, uang baru dikeluarkan paling lama 1 tahun sejak UU Mata Uang diterbitkan yaitu pada 28 Juni 2012.

"Undang-undang mata uang mengamanatkan 17 Agustus 2014 sudah harus keluar," kata Ronald di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Minggu (17/11)


Ternyata bukan berkaitan dengan Redenominasi

Spoiler for Ternyata bukan berkaitan dengan redenominasiQuote:TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia pada 17 Agustus 2014.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, mengatakan uang itu akan menggantikan uang yang selama ini beredar di masyarakat, namun tidak akan ada perubahan nominal bagi uang tersebut.

"Besarannya masih sama, tidak ada nilai baru, hanya bahannya beda, ya namanya uang baru pasti ada perubahan seperti penambahan tulisan NKRI dan tulisan lainnya," kata Tirta ketika dikonfirmasi di jakarta, Senin (11/08/2014).

Tirta menjelaskan uang NKRI bukan berarti melakukan redenominasi seperti yang diberitakan berbagai pihak. Melainkan hanya mengganti uang yang lama dengan design dan kemasan yang baru.

"Tidak ada itu karena hanya design dan kemasan saja yang beda, sisanya baik (nilai dan nominalnya) sama," katanya.

Dia juga tidak mengatakan jumlah uang yang akan diterbitkan karena masih melakukan kordinasi dengan pihak Kementrian Keuangan. Sehingga jumlah total nilainya belum bisa ditentukan. Quote:Kalo menurut kacamata awam ane ini cuma nambah2in kerjaan kurang bermanfaat, yang mestinya jadi PR gimana caranya supaya daya beli rupiah menguatQuote:Rupiah masuk 10 mata uang sampah dunia

Quote:
THREAD LAIN YANG MENARIK
Tips dan trik Nelpon SMS Sesama Telkomsel (Simpati As Halo Loop) sepuasnya hanya 10rb/bulan
Cari Cover / Selimut Mobil yang murah tapi anti air? disini gan! Ready COD
Cover / Selimut Mobil dual layer kualitas mantap anti air & panas tidak anti api Ready COD
Parkiran motor kantor terbuka? cek cover motor disini gan! Ready COD

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53e9bfe0529a45ff338b45ca

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)