Home » » Inilah Empat Tingkat Kesadaran Karakter, Lo yang Mana Gan?

Inilah Empat Tingkat Kesadaran Karakter, Lo yang Mana Gan?

Assalamualaikum Wr. Wb.
Udah lama ga buat trit nih, hehe. Kebetulan ane punya materi yang .... yaah bisa dibilang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Materi ini ane dapet dari kuliah di kampus ane. Mungkin ga ada salahnya kalo ane coba share..

Setiap orang memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda antara satu orang dengan orang lain. Dalam cara ia berhubungan dengan orang lain, menyikapi suatu permasalahan, maupun cara ia menyelesaikannya. Semua orang mempunyai caranya masing-masing, terlepas cara itu baik atau buruk.

Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya secara garis besar dalam tingkat kesadaran seseorang terdapat EMPAT tingkat kesadaran karakter yang biasanya muncul dan terlihat dalam kehidupan sehari-hari entah itu di lingkungan kampus sekolah pekerjaan dll. Coba cek ente masuk ke golongan mana niih, mungkin ini akan berguna bagi kehidupan agan dan bisa saling mengintrospeksi diri:..

Spoiler for Kesadaran Jenis 1 : TAHU jika ia TAHU
Orang yang memiliki tingkat kesadaran ini TAHU jika ia TAHU. Maksudnya, ia mengetahui jika ia BISA dan MAMPU untuk melakukan sesuatu. Ini terlihat dari cara ia berperilaku.

Ia TAHU bagaimana ia menempatkan diri dan bagaimana ia harus bersikap. Berbahagialah pada orang yang masuk ke golongan ini. Mereka bukanlah orang-orang luar biasa, namun mereka adalah orang biasa yang mampu untuk berkembang terus menerus tanpa henti. Mereka suka dengan yang namanya ACTION. Dan mereka sering berhasil karena mereka TAHU apa yang seharusnya mereka lakukan

Pertanda dan Isyarat:
  • Sering bertindak sesuai dengan apa yang diketahuinya
  • Banyak orang mengaguminya
  • Berbuat tanpa ragu
  • Rendah Hati
  • Memiliki peranan besar dalam lingkungan tempat ia berada


Spoiler for Kesadaran Jenis 2 : TAHU jika ia TIDAK TAHUOrang yang masuk ke dalam jenis ini SADAR jika ia TIDAK MAMPU. Maka dari itu, ia berusaha untuk memperbaiki ketidakmampuannya itu dengan cara belajar tanpa bosan hingga ia merasa BISA dan MAMPU.

Selain itu, mereka tidak asal ngomong dan berargumen diluar batas keilmuannya, tidak suka berprasangka, dan mereka tidak mau SOK TAHU karena mereka TAHU jika mereka TIDAK TAHU. Yaa Mawas Diri lah atau TAHU DIRI kalo bisa dibilang. Kalo emang ga ngerti, yaa mereka just silence, sambil mereka mencari tahu ilmunya sampai ngerti, baru ikut diskusi dan bertukar pendapat

Pertanda dan Isyarat:
  • Rasa Ingin Tahu yang Tinggi
  • Kepekaan terhadap kemampuan diri sendiri yang tinggi
  • Mau belajar
  • Tidak mau berspekulasi secara asal-asalan


Spoiler for Kesadaran Jenis 3 : TIDAK TAHU jika ia TAHU

Suka ngerasa minder? Tidak Percaya diri ketika akan melakukan sesuatu? Sering ragu-ragu dalam bersikap? Ingin melakukan sesuatu yang sudah kamu yakini itu benar namun enggan dilakukan karena takut melakukan kesalahan? Ah boy, kamu hanya TIDAK SADAR jika kamu sebenarnya MAMPU dan BISA. Banyak orang-orang yang masuk ke dalam golongan ini. Mereka takut dan atau enggan melakukan sesuatu karena mereka merasa tidak mampu, padahal sebenarnya ia mampu. Orang-orang seperti ini sangat berbakat dan jenius, namun sayang, mereka tidak sadar betapa luar biasanya potensi mereka

Pertanda dan Isyarat:
  • Sulit berpikir jernih di saat-saat penting, yang menuntut tanggung jawab yang besar
  • Mempunyai gagasan dan ide yang cemerlang
  • Namun itu semua hanya disimpan dalam pikiran karena TAKUT SALAH
  • Tidak ingin terlibat dan mengambil tanggung jawab karena merasa tidak mampu
  • Melihat dirinya lebih rendah dari orang lain melihat dirinya
  • Merasa bahwa dunia berjalan seakan sudah ada takdir yang menggariskan, padahal manusia dianugerahi kemampuan untuk MEMILIH. Itulah kenapa manusia berbeda dari binatang


Spoiler for Kesadaran Jenis 4 : TIDAK TAHU jika ia TIDAK TAHU

Nah ini dia! Si pembuat onar, tukang rusuh, bisanya cuma mengkritik tanpa memberi solusi, tukang demo tapi ngga tau dasarnya apa, sakarepe dewe'. Keliatan deh pasti di sekeliling agan, kalo ada orang yang asal cuap-cuap aja, asbun. Asal Bunyi. Sebenernya mereka tidak salah, karena mereka tidak tahu jika ia tidak tahu, namun jatohnya jadi sok tahu. Susah deh kalo udah ngadepin orang kayak gini~

Pertanda dan Isyarat:
  • Merasa terusik jika ada orang yang menyinggung dirinya
  • Tak ingin kalah, cenderung keras kepala
  • Merasa dirinya paling benar
  • Sulit introspeksi diri
  • Senang melempar spekulasi tak berdasar
  • Suka mencari masalah, benci mencari solusi



Quote:
  • Jenis Kesadaran 1 : Untuk mereka calon pemimpin yang arif dan bijaksana
  • Jenis Kesadaran 2 : Untuk mereka yang tidak suka ikut nimbrung kalo tidak tahu apa yang dibicarakan
  • Jenis Kesadaran 3 : Untuk mereka para insan luar biasa yang diluar sana, yang sedang mencari kesadaran bahwa sebenarnya mereka MAMPU untuk membangun negeri, bukan hanya berdiam diri terpaku meratapi nasib
  • Jenis Kesadaran 4 : Untuk mereka para pembual yang sering muncul, dan berlagak seperti orang yang MAHA TAHU.


tokoh yang termasuk versi ane
--- Angel Lelga (Caleg +Artis) (4) Tidak Tahu jika ia Tidak Tahu
--- B.J. Habibie (Mantan Presiden ke-tiga) (1) Tahu Jika ia Tahu == membuat pesawat terbang dan pemilik ratusan paten di bidang aeronautika (2) Tahu Jika ia Tidak Tahu == Mawas Diri, tak mencalonkan kembali menjadi presiden setelah laporan pertanggungjawaban ditolak majelis.
--- (Tambahin dong gan, )

Quote:
  • Jenis Kesadaran 1 === Keep On The Track, Banyak Berbagi terhadap sesama.
  • Jenis Kesadaran 2 === Jangan Pernah Bosan Belajar, hingga suatu saat nanti dapat menjadi EXPERT dan meningkat ke Jenis Kesadaran 1
  • Jenis Kesadaran 3 === Keluarlah dari Zona Nyaman Kalian. Just Do It
  • Jenis Kesadaran 4 === Sadarlah untuk kalian, mengapa orang2 banyak yang tidak suka kepada kalian


Ayo gan ente masuk ke jenis yang mana, nanti ane cantumin di pejwan, kalo bisa sharing juga tentang pengalaman agan-agan, kita sharing bareng2

***Kebenaran datangnya hanya dari Allah SWT. Jika ada kesalahan, itu murni dari kekhilafan TS semata***

Credit to Dosen ane, A.E. Manurung
gambar dari google picture


Spoiler for Komeng Kaskuser
Spoiler for Agan Kaum Jenis - 3
Quote:Original Posted By boncel... â–º
tidak tahu jika tahu
Quote:Original Posted By onhell â–º
Ane yg ketiga kayanya

Quote:Original Posted By suparwoto â–º
ane condong ke nmer 3 gan...
soalnye ane orang nyah pemalu...
Quote:Original Posted By ularpiton â–º
Ane malah ga tau sifat ane yang mana ya gan?
Mungkin ane tidak tahu padahal ane tahu gitu ya
Quote:Original Posted By polizz â–º
ane yg mana yah?
yg ketiga kali gan
Quote:Original Posted By lilik55 â–º
ane banget jenis kesadaran ke3 sebenarnya ane mampu cuma karna takut dan ragu itu yang menghalangi ane
Tak apa gan. Ente ngga sendirian. Takut + Ragu dilenyapkan = kesuksesan ada di tangan gan. Yang membuat jarak antara DREAM dengan REALITY adalah ACTION, sementara ACTION itu bisa dilakukan dengan cara mengalahkan FEAR dan DOUBT yang ada dalam diri kita gan
Quote:Original Posted By Liberex â–º
yg ketiga gan...bner smua

Quote:Original Posted By thalez â–º
ane nomor tiga kayaknya

Quote:Original Posted By xaviera.renee â–º
tipe ane yg ke 3 Gan.T^T

Quote:Original Posted By dhiemaser â–º
Ane sih cenderung ke TIDAK TAHU
jika ia TAHU .
Quote:Original Posted By 3772525 â–º
ane yang ketiga gan

ini lagi nyoba keluar dari zona aman nih

semoga gua bisa gan ya

Keep Spirit gaan, ente punya kekuatan untuk memilih
Spoiler for Kaum TercerahkanQuote:Original Posted By krnwn_indigoâ–º
Ane nomer 1 gan
Selamat gan, ente hampir dekat untuk menjadi manusia luar biasa
Quote:Original Posted By trioda â–º
ane no 3 mau menuju no 2, tapi cenderung ke 2 namun masih ada beberapa di no 3.

agan menarik juga membedakan level intern seseorang, salute ane
ente sedang berada dalam tahap transisi gan, ente selangkah lagi menjadi orang yang ngga bisa disebut orang biasa2 lagi gan
Quote:Original Posted By evo.perfect â–º
ane ngerasa yg 2 ama 3 gan...
Tahu jika ane Tidak Tahu dan Tidak Tahu jika ane Tahu...
Quote:Original Posted By DokDokkDook â–º
ane yang kedua gan, dan lagi proses menuju yg kesatu
Quote:Original Posted By 8u8 â–º
ane tau jika tidak tau
ane cukup tau diri

Quote:Original Posted By barep007 â–º
semoga bisa menjadi tingkat kesadaran yang pertama saya gan,

AMIIN 1000 X
Aamiinn gaan

Quote:Original Posted By rizqi111 â–º
ane masuk ke nomor 1 gan
enak loh punya kesadaran no. 1 , entah knp brasa jd magnet buat yg mau nolong dikala sangat dibutuhkan. mudah2n bisa tetep rendah hati.
Wow, pasti banyak orang yang suka sama ente, tetap berkarya gan

Spoiler for Interesting
Quote:Original Posted By pourgofes â–º
nice trit gan..

ninggalin jejak dulu buat gampang dibaca ntar..

dulu klo ga salah pernah dapet juga si materi sejenis.. dan ini penting banget klo menurut ane.
Quote:Original Posted By iludrs â–º
kalo diliat dari tanda sama isyaratnya, mungkin ane masuk ke 1 2 3 4 tuh
ada semua di 1 2 3 4 itu nah itu kesadaran apa gan ?

Sebenernya semuanya ada dlm diri kita gan, tapi ada satu jenis yg lebih condong ke arah sana. Ini sebagai alat membantu mengenali diri kita aja sih gan menurut ane
Quote:Original Posted By adente7 â–º
wah gimana nyadarinnya kalo yg tidak tahu bahwa dia tidak tahu???

:capede
Quote:Original Posted By mochaz2207 â–º
mungkin kebanyakan yg ketiga...
yg keempat baca ini juga percuma, dia kan gk tau kalo dia gk tau
iyasih bener juga ente gan.... Dianya gak tau gimana mau ngerasa.. Hmmm..
Quote:Original Posted By VanViechhaOMG â–º
Sepertinya ane yg kedua dan ane paling benci sama yang keempat, sok tau, dan merusak kebenaran ilmu yang sedang dicari orang lain. Dan biasanya karakter yang keempat ini juga jarang mengakui kesalahan dan memiliki sifat keras kepala.
Betuuul banget gan, dibutuhkan semacam terapi kesadaran untuk menyadarkan orang2 seperti ini Spoiler for KOPLAKQuote:Original Posted By ncendâ–º
ane mungkin termasuk yg tidak tempe jika tidak tahu gan
macam apa lagii ini
Quote:Original Posted By insomnia91 â–º
nice trit gan
opo meneh iki
Quote:Original Posted By ivanramses â–º
ane no 2 dan 4 tuh gan,gimana tuh
waduh bingung ane juga
Quote:Original Posted By hinaru777 â–º

ko ga ada jenisnya nih gan ?
Quote:Original Posted By rossi49 â–º
2. tidak tahu kalau dia tahu.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/530b6a0fbdcb175c378b47bf

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger