Home » » Mereka yang Terkenal Karena Sandiwara di Radio

Mereka yang Terkenal Karena Sandiwara di Radio




Quote:Quote:Mukaddimah

Quote:Radio adalah hiburan yang sangat populer di tahun 80-an hingga 90-an awal. Sebelum orang banyak memiliki televisi, radio menjadi hiburan rakyat yang bisa menjangkau sampai ke kampung-kampung di pelosok desa di Tanah Air. Salah satu acara yang menjadi favorit pendengar radio kala itu adalah sandiwara radio. Saur Sepuh, Tutur Tinular, Misteri Gunung Merapi, Mak Lampir tentulah tidak asing lagi. Keberadaan sandiwara radio memunculkan nama-nama tenar sebagai pengisi suara tokoh, siapa sajakah mereka ? berikut akan ane paparkan dalam thread sederhana ini, semoga bisa bermanfaat...


Quote:Pengisi Suara Legendari Pada Sandiwara Radio
Quote:Quote:Ferry Fadly

Quote:Nama Ferry Fadly tentu sudah tidak asing bagi pencinta sandiwara radio, dia adalah pemeran Brama Kumbara pada Saur Sepuh dan Arya Kamandanu pada Tutur Tinular, dia juga memerankan beberapa tokoh utama dan bijak dalam beberapa sandiwara radio yang lain, namun kedua peran tersebutlah yang membuat nama dan suaranya begitu familier ditelinga pendengar.

Quote:Quote:Elly Ermawati

Quote:Jika pada karakter pria sangat baik dan bijaksana melekat pada Ferry Fadly, maka karakter wanita sangat lekat dengan Elly Ermawati, dia memerankan tokoh Mantili pada saur Sepuh dan Mei Xin pada Tutur Tinular. Elly Ermawati sangat melekat dengan karakter Mantili, bahkan ketika sandiwara radionya hendak diangkat ke layar lebar, Elly kembali dipercaya untuk memerankan tokoh tersebut. Ini menandakan bahwa Elly sudah demikian klop dengan tokoh Mantili. Suaranya khas. Selain itu, perawakan Elly rupanya dianggap pas untuk memerankan Mantili di versi film.


Quote:Quote:Ivone Rose

Quote:Kalo yang ini semua pasti sudah sangat kenal karena beliau masih eksis sampai sekarang sebagai pengisi suara, salah satu yang paling terkenal adalah sebagai pengisi suara Nobita dalam serial kartun Doraemon. Tapi sebelum menjadi pengisi suara film, Ivone Rose dulunya adalah seorang pengisi suara yang terkenal lewat sandiwara radio, dia memerkankan tokoh Lasmini pada Saur Sepuh dan Tokoh Sakawuni pada Tutur Tinular, dua peran yang membuat namanya begitu dikenal pencinta sandiwara radio saat itu.

Quote:Quote:Anna Sambayon

Quote:Nama Anna Sambayon terkenal ketika memerankan tokoh Garnis, Putri Brama Kumbara pada Saur Sepuh dan sebagai Nini Raga Runting dalam Tutur Tinular. Karakter Nini Raga Runting yang centil meski sudah tua begitu melekat dan selalu diingat oleh penggemarnya.

Quote:Quote:Idris Afandi

Quote:Nama Idris Afandi mulai dikenal pemirsa ketika memerankan tokoh Ramapati pada Tutur Tinular, karakter suaranya yang terdengar jahat dan licik membuatnya sering mendapatkan peran jahat dalam setiap sandiwara radio yang dimainkan.

Quote:Quote:Maria Oentoe

Quote:Nama lengkapnya adalah Maria Oentoe Tinangon, dia bisa dikatakan sebagai salah satu perintis dubbing di radio saat itu, Beliau terkenal ketika menjadi pengisi suara Paramitha (Istri Kedua Brama Kumbara ) pada Sandiwara Radio Saur Sepuh. Saat ini Suara Merdu Beliau masih sering kita dengarkan ketika akan memasuki bioskop 21. tentunya,kita akan selalu mendengar kalimat seperti ini : “Pintu teater satu sudah dibuka, bagi pengunjung yang sudah memiliki karcis diharap segera memasuki teater satu” Suara tersebut adalah suara dari Maria Oentoe.


Quote:
Sumber Tulisan : Tulisan Tangan Sendiri
Sumber Gambar : T K P

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53cc65cd507410bc068b467e

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger