Home » » Fungsi Lain dari Pos Ronda

Fungsi Lain dari Pos Ronda




Quote:Quote:Mukaddimah

Image courtesy of antonismael.com
Quote:Dilihat dari namanya saja semua orang pasti sudah mengetahui bahwa pos ronda itu berfungsi sebagai pos bagi warga yang melakukan aktivitas ronda malam untuk menjaga keamanan lingkungan. Namun dalam kenyataannya pos ronda tidak hanya berfungsi sebagai pos untuk para peronda saja, ada berbagai macam fungsi lain yang ternyata bisa dilakukan oleh pos ronda, fungsi-fungsi lain dari pos ronda tersebut akan ane bahas dalam thread sederhana kali ini. Apa yang ane tulis merupakan buah pemikiran sendiri setelah melihat, memperhatikan dan juga melakukannya sendiri.

Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.




Quote:Fungsi Lain dari Pos Ronda

Quote:Quote:Tempat Bermain Anak-anak

Image courtesy of lindasoul-painemate.blogspot.com
Quote:Untuk fungsi yang satu ini jika di daerah perkotaan sudah jarang dilihat, namun di daerah pedesaan biasanya masih bisa kita lihat anak-anak banyak memanfaatkan pos ronda untuk bermain, misalnya bermain congklak, adu jangkrik, bola bekel, masak-masakan, bongkar pasang untuk anak-anak perempuan serta permainan lainnya, bahkan jika anak-anak bermain perang-perangan, pos ronda bisa dijadikan markas dan juga benteng pertahanan.

Quote:Quote:Tempat Berkumpul Warga

Image courtesy of hasprabu.blogspot.com
Quote:Selain sebagai pos tempat berkumpulnya warga yang melakukan kegiatan ronda, pos ronda juga bisa dijadikan sebagai tempat berkumpulnya warga untuk kegiatan yang lain, misalnya sebagai tempat bermusyawarah, tempat melakukan penyuluhan, tempat menaruh makanan dan minuman yang juga bisa digunakan langsung sebagai tempat makan ketika warga sedang melakukan kerja bakti serta berbagai macam kegiatan lain yang berhubungan dengan kemasyarakatan.

Quote:Quote:Tempat Nongkrong

Image courtesy of davidusman.blogspot.com
Quote:Selain sebagai tempat melakukan kegiatan kemasyarakatan, pos ronda juga bisa digunakan sebagai tempat nongkrong, biasanya dilakukan oleh anak-anak muda untuk sekedar ngobrol, main gitar sambil nyanyi-nyanyi, main kartu, main catur, karambol dan sebagainya sambil menghabiskan waktu luang yang ada, biasanya dilakukan pada sore hari atau malam hari, kadang para tukang ojek pun suka menanti penumpang disana, namun yang agak serem ya jika yang nongkrong disana adalah preman

Quote:Quote:Tempat Beristirahat

Image courtesy of onthelpotorono.wordpress.com
Quote:Pos ronda juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat oleh siapa saja yang kebetulan lewat disana dan ingin beristirahat, yang paling sering adalah para pedagang keliling, pemulung, pengamen dan pengemis pada siang hari, biasanya sih sambil beristirahat mereka juga memanfaatkannya untuk menghitung pendapatan hari itu. Jika pada malam hari yang suka beristirahat disana adalah para gelandangan, bukan hanya sekedar beristirahat, mereka malah sering menginap disana

Quote:Quote:Tempat Jualan

Image courtesy of bloggerpurworejo.com
Quote:Selain sebagai tempat beristirahat, pos ronda juga bisa dimanfaatkan oleh para pedagang sebagai tempat berjualan, biasanya yang suka melakukannya adalah para pedagang sayur, tukang bakso, dan pedagang lainnya. Ada 2 tipe para penjual yang suka berjualan di pos ronda, yang pertama adalah mereka yang hanya sesekali dan kebetulan saja berjualan disana karena ada pembeli, dan yang kedua adalah mereka yang sudah menganggap pos ronda sebagai tempat berjualan tetap.

Quote:Quote:Tempat Berteduh dikala Hujan

Image courtesy of koplaxareacommunity.blogspot.com
Quote:Salah satu tempat favorit untuk berteduh dikala sedang hujan adalah pos ronda, terutama bagi para pengendara kendaraan roda 2, pejalan kaki dan para pedagang keliling. Ane pun termasuk salah seorang yang suka memanfaatkan pos ronda sebagai tempat berteduh sambil menunggu hujan reda. Pemandangan seperti ini sudah tidak asing lagi dikala musim hujan tiba. Sangat beruntung sekali mereka yang sedang kehujanan kemudian menemukan pos ronda.

Quote:Quote:Tempat Menempel Pengumunan dan Iklan

Image courtesy of pasangmata.detik.com
Quote:Karena pos ronda sering digunakan sebagai tempat-tempat seperti yang ane sebutkan diatas dan lokasinya yang strategis, maka ini bisa dijadikan sebagai peluang untuk melakukan kegiatan promosi dan iklan, yang paling sering dilihat adalah tempelan poster serta pengumuman lainnya, apalagi jika sudah musim pemilu dan pilkada serta pemilihan lainnya, pasti di setiap sudut akan kita jumpai poster dan Pamflet para calon anggota dewan dan calon penguasa wilayah di daerah tersebut.


Quote:Mungkin diantara Kaskuser Ada yang Punya Pendapat Lain ?
Silahkan di share lewat Komen ya gan


Quote:
Hasil Pemikiran Sendiri


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54767be6a2cb17cd698b4577

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)