Home » » Ini Cara Bikin Kamera Ponsel Hasilkan Karya Profesional

Ini Cara Bikin Kamera Ponsel Hasilkan Karya Profesional



Buat agan yang hobi fotografi tapi belum punya kamera yang kelas tinggi, agan bisa coba beberapa tips dibawah ini untuk mengoptimalkan kamera ponsel agan agar menghasilkan karya fotografi yang berkualitas.


Spoiler for 1. Aturlah jarak ideal dengan objek


Kamera ponsel kebanyakan tidak dibekali lensa zoom maksimal. Jadi, pastikan kita dekat dengan objek yang akan dibidik. Format pengambilan foto close up membuat hasil foto terlihat jauh lebih detail.

Tapi, tetap jaga jarak dengan objek. Mode pengambilan gambar makro tidak selalu bisa dijumpai di ponsel. Pengambilan gambar yang terlalu dekat bisa membuat gambar menjadi kabur.


Spoiler for 2. Pilih resolusi tinggi

Perbedaan kualitas foto antara resolusi tinggi dan rendah tidak akan terlihat di layar ponsel. Makin tinggi resolusi yang Anda pakai, makin baik hasil gambarnya.

Perbedaan ini akan terlihat saat foto hasil jepretan ponsel dipindah ke layar komputer.


Spoiler for 3. Pengaturan cahaya/sensitivitas dalam mengatur cahaya

Bidiklah objek gambar pada cahaya yang cukup, kecuali ponsel kamera Anda memiliki flash terintegrasi. Saat memotret di bawah terik sinar matahari, objek jangan membelakangi datangnya cahaya.

Namun, hal ini bisa kita langgar ketika ingin bereksperimen membuat foto siluet. Karena, cahaya salah satu faktor penting untuk menghasilkan karya fotografi yang optimal.


Spoiler for 4. Selalu perhatikan background

Hal ini tidak lain adalah bertujuan supaya jangan sampai latar belakang mengganggu objek. Tempatkan objek berlatar belakang yang tidak terlalu sibuk.

Jangan sampai pohon yang ada di belakang objek, misalnya, seolah-olah tumbuh dari kepala si objek.


Spoiler for 5. Dari segi lensa, pastikan dalam kondisi bersih


Mayoritas ponsel kamera tentunya tidak dilengkapi penutup lensa, di sini Kita dituntut untuk menjaga dan membersihkan lensa sebelum berfoto.


Spoiler for 6. Mencoba berbagai sudut pemotretan

Jika kapasitas memori mencukupi, jangan takut bereksperimen. Cobalah mengambil foto dengan angle berbeda-beda. Dijamin foto akan terlihat tidak monoton dan lebih kreatif.


Spoiler for 7. Perhatikan dan cek pengunaan memori untuk penyimpanan fotoCek dan periksalah kembali ponsel, apakah memori cukup untuk mengabadikan objek foto yang akan diambil, dengan memastikan selalu ada kapasitas memori yang cukup untuk mengambil foto.

Hal ini bisa diatasi dengan membiasakan untuk memindahkan foto ke memori komputer atau eksternal hard disk.


Spoiler for 8. Jaga konsentrasi dan keseimbanganUpayakan kondisi dan posisi tubuh serta tangan kita jangan sampai bergoyang saat tombol shutter ditekan. Ini untuk menjaga agar foto tidak kabur (blur) dan kelihatan tidak fokus.


Spoiler for 9. Kenali fitur pemotretan di ponsel AndaPonsel berkamera untuk tipe-tipe tertentu seperti mid-end dan high-end umumnya memiliki fitur cukup lengkap. Di sana bisa ditemukan pengaturan brightness, exposure, white balance, dan sejumlah fitur lain.

Sesekali, sempatkanlah untuk mengeksplorasi fitur apa saja yang ada di ponsel. Dengan mengenal perangkat yang digunakan, kita bisa menggunakannya dengan optimal.


Spoiler for 10. Perbaiki dengan software olah digital


Jika kita masih kurang puas dengan hasil fotonya, sah-sah saja jika ingin memperbaiki intensitas cahaya, warna, dan komposisi yang mungkin tidak terjangkau oleh kamera ponsel dengan menggunakan software olah digital seperti Photoshop dan sebagainya.

udah segitu aja gan tipsnya , semoga informasi diatas membantu agan - agan.
Terimakasih telah berkunjung ke thread ane gan.

Sumur Bin Sumber : Link Sumber

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/547be5c51cbfaa7c2c8b4580

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger