Home » » Berbagai Modus Penipuan dan Cara Mengatasinya

Berbagai Modus Penipuan dan Cara Mengatasinya




Spoiler for No RepostGa mungkin repost karena sebagian besar ane ketik sendiri dan gambarnya juga ane edit-edit sendiri

Quote:Siang agan-agan sekalian. Kali ini TS mau berbagi informasi dan pengalaman orang-orang di sekitar ane yang pernah mengalami musibah perampasan/perampokan/penipuan. Tindak kriminalitas dalam waktu belakangan ini semakin marak, mungkin hal ini ga akan terjadi kalau “calon korban” mengetahui macam-macam modus perampasan/perampokan/penipuan yang ada serta mengetahui cara mengatasinya. Trit ini ane bikin buat memberikan informasi agar agan-agan sekalian dapat terhindar dari perampokan atau penipuan dengan modus di bawah ini. Cekidot!



Quote:
1. Modus Menuduh Korban Sebagai Pelaku Tabrak Lari
Spoiler for 1. Modus Menuduh Korban Sebagai Pelaku Tabrak Lari

Modus pertama ini sudah sering banget Gan dilakuin para perampas motor, si pelaku menuduh kalo Target pernah nabrak adik atau temen pelaku, ntar pelaku pura-pura ngajak Target ketemu adiknya buat buktiin kalo kita beneran pelaku atau bukan, ntar sesampainya di lokasi Target disuruh liatin kartu identitas seperti SIM, STNK dll, nah giliran surat-surat sudah pelaku pegang dan Target ninggalin motor “di parkiran” buat selenjutnya ketemu sama “adiknya” saat itulah motor korban beserta surat-suratnya diangkut sama pelaku.
Spoiler for Cara MengatasinyaTips buat ngatasin ini Gan:

a. Ketika ada orang yang nuduh kita nabrak orang dan kita ngerasa ga pernah nabrak, maka cuekin aja Gan, ngeloyor aja kayak orang ga kenal.

b. Kalo si pelaku terus ngikutin kita, agan coba pergi ke daerah keramaian, lebih disarankan ke tempat yang ada satpam atau petugas keamanan lainnya.

c. Jangan gugup ketika ada pelaku prampasan seperti ini, tetap tenang dan jangan takut.




Quote:
2. Mengaku Sebagai Pengurus Sekolah/Rumah Sakit dan Mengatakan Kalau Anak/Keluarga Kita Kecelakaan
Spoiler for 2. Mengaku Sebagai Pengurus Sekolah/Rumah Sakit dan Mengatakan Kalau Anak/Keluarga Kita Kecelakaan.

Modus kedua ini sering sekali dipakai buat menipu orang, si Pelaku mengaku kalau dia dari pihak sekolah/Rumah Sakit dan mengatakan kalau “anak/keluarga” Target habis kecelakaan atau terjatuh dari tangga, dan perlu segera di operasi yang membutuhkan dana yang besar, Pelaku akan meminta Target untuk segera transfer uang ke rekening Pelaku. Tidak sedikit yang telah menjadi korban penipuan dengan modus ini, hal ini dikarenakan kondisi psikologi korban yang panik mendengar “anak/keluarganya” terkena musibah, apalagi bagi orang tua yang anaknya sedang ada di perantauan untuk bekerja/kuliah.
Spoiler for Cara MengatasinyaTips buat ngatasin ini Gan:

a. Ketika ada orang yang mengaku bahwa anak/keluarga agan terkena musibah maka pertama-tama harus dipastikan dulu, telepon anak/keluarga agan yang “katanya” terkena musibah, apabila ternyata anak/keluarga agan baik-baik saja maka itu jelas-jelas penipuan.

b. Tidak jarang modus ini digunakan dari ponsel anak/keluarga agan yang habis dicuri, pencuri memanfaatkan kontak yang ada di ponsel anak/keluarga agan, tentu ketika agan telpon ke ponsel/keluarga agan ga akan nyambung. Yang harus agan lakukan adalah, menghubungi orang yang ada di posisi terdekat dengan anak/keluarga agan, atau kalau si Pelaku mengaku dia dari pihak sekolah/RS maka agan lebih baik menghubungi sekolah/RS terseut apa benar ada kejadian seperti itu di sekolah atau ada korban bernama anak/keluarga agan yang masuk UGD di RS.

c. Yang harus diwaspadai adalah, tetap tenang dan berpikirlah dengan jernih ketika ada telepon seperti itu.




Quote:
3. Perampasan Kendaraan Bermotor dengan Menggunakan Senar/Benang Layangan
Spoiler for 3. Perampasan Kendaraan Bermotor dengan Menggunakan Senar/Benang Layangan

Modus ini sudah banyak memakan Korban. Jadi si Pelaku membentangkan senar layangan di jalan yang sepi dan biasanya di malam hari, posisi benang sudah diatur pelaku setinggi leher pengendara motor, dan ketika benang tersebut telah mengenai Korban tidak jarang Korban langsung pingsan dan motor tergeletak, disaat itulah si Pelaku akan merampas motor korban. Banyak yang mengira kalau benang di jalan adalah kecelakaan biasa, semata-mata hanya benang dari layangan lepas, namun yang perlu agan tau kalau ini adalah salah satu modus perampasan motor yang sudah sering digunakan!
Spoiler for Cara MengatasinyaTips buat ngatasin ini Gan:

a. Hindari berkendara di jalan-jalan yang sepi di malam hari.

b. Kalau memawng diharuskan lewat jalan tersebut, maka gunakanlah helm fullface serta yang tidak kalah penting adalah gunakan syal atau jaket yang mempunyai kerah panjang untuk menutup leher agan.





Quote:
4. Modus Perampasan Anak Kecil Pura-Pura Hilang
Spoiler for 4. Modus Perampasan Anak Kecil Pura-Pura Hilang

Modus yang keempat adalah ada seorang anak yang mengaku kalau dia tersesat, atau dia kehilangan orang tuanya di tengah-tengah keramaian, dan meminta Target untuk mengantarkan dia ke alamat yang dia bawa. Di tempat inilah segerombolan Pelaku sudah menunggu untuk menggasak barang berharga korban.
Spoiler for Cara MengatasinyaTips buat ngatasin ini Gan:

Ketika ada anak kecil yang mengaku hilang dan membawa alamat, langsung aja agan bawa anak kecil itu ke polisi, sehingga apabila dia bener-bener anak hilang biarkan Pak Polisi yang mengantarnya dan apabila ternyata dia anak yang mencoba menipu, agan bisa terhindar dari penipuan tersebut.




Quote:
5. Berbagai Modus Penipuan di ATM
Spoiler for 5. Berbagai Modus Penipuan di ATM

a. Skimming
Modus ini tergolong canggih karena menggunakan sejumlah peralatan, seperti alat pemindai magnetik yang disebut skimmer, dudukan slok kartu di mesin ATM, serta kamera. Begitu korban bertransaksi, otomatis data yang dimiliki korban tercatat melalui alat pindai tersebut. Pelaku bisa dengan mudah mengakses data ATM korbannya. Data itu kemudian dimasukan ke dalam kartu palsu dan kemudian digunakan untuk bertransaksi.
Spoiler for Cara MengatasinyaTips buat ngatasin ini Gan:

Gunakan ATM di lokasi terpercaya seperti di samping Bank atau ATM Center, ubah PIN agan secara berkala dan utamakan menutup tombol ATM dengan tangan ketika memasukkan PIN.


b. Nomor Call Center Palsu
Pelaku menempelkan selebaran informasi berupa nomor panggilan darurat atau call center kepada nasabah bank. Pelaku terlebih dulu memastikan jika ATM dalam kondisi rusak atau sengaja dibuat rusak. Kondisi tersebut bisa membuat kartu ATM korban tertahan di dalam mesin. Korban yang panik akan langsung menghubungi call center palsu. Pelaku kemudian mengarahkan korban untuk melakukan perintahnya.
Spoiler for Cara MengatasinyaTips buat ngatasin ini Gan:

Agan harus hafal call center Bank yang agan pakai, sehingga ketika ATM tertelan agan bisa menghubungi call center tersebut, dan yang harus dipahami adalah pihak call center yang resmi TIDAK AKAN menanyakan nomor PIN customernya.


c. Penukaran Uang
Cara ini digunakan pelaku dengan berpura-pura memerlukan bantuan kepada korban. Pelaku memohon kepada korban untuk mentransfer sejumlah uang ke sebuah rekening. Sebagai gantinya, pelaku menyerahkan uang tunai kepada korban sebagai pengganti dengan nominal yang sama. Namun, uang tunai yang digunakan ternyata uang palsu.
Spoiler for Cara MengatasinyaTips buat ngatasin ini Gan:

Demi menghindari modus ini sebaiknya agan selektif dalam membantu orang, apalagi kalau ada kejadian penukaran seperti ini sebaiknya agan waspada dan menolak untuk menolong orang tersebut.





Quote:
PENUTUP
Spoiler for PenutupSekali lagi ane sampaikan Gan, kalau saat ini sudah sangat marak sekali penipuan atau perampasan dengan modus di atas, banyak orang yang menjadi korban karena ketidaktahuan mereka. Trit ini semata-mata dibuat untuk membuat paham agan-agan mengenai berbagai macam modus penipuan/perampokan dan disarankan supaya agan dapat berbagi pengetahuan ini dengan orang-orang terdekat yang agan sayangi. Sekian.




Quote:Bagi Kaskuser yang punya pengalaman modus lainnya atau punya solusi-solusi lain buat ngatasin modus-modus di atas, silahkan share disini, nanti ane taroh pejwan

Quote:Sumber: Dari pengalaman orang-orang di sekitar ane dan dari berbagai sumber lainnya

Quote:Thread Ane yang lain Gan, dijamin menarik
Foto Luar Biasa Pemenang Wildlife Photographer of the Year 2014 (HT Pertamax)
Gambar Orang Iseng Mainan Jari


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5474126d0f8b4656678b4573

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)