Home » » 6 Jembatan Unik yang Punya Ilusi Optik

6 Jembatan Unik yang Punya Ilusi Optik

Quote:SELAMAT DATANG JURAGAN
JIKA BERKANAN SILAKAN DIRATE YA

Quote:
Umumnya, jembatan yang dibangun untuk penyebrangan manusia atau kendaraan bermotor, dibuat dari besi atau beton dengan tali baja. Bentuknya pun kebanyakan lurus.

Namun, jembatan-jembatan berikut ini berbentuk unik dan memiliki ilusi optik yang bisa membuat siapa saja yang melintasinya kebingungan.
Spoiler for ""
Spoiler for ""#1. The Twist Bridge - Belanda



Dengan panjang sekitar 42 meter, jembatan yang biasa digunakan untuk sepeda dan pejalan kaki ini disebut jembatan 'The Twist'. jembatan menghubungkan distrik Holy-Zuid dan Broekpolder melalui Vlaardingse Vaart ini terlihat seperti melintir seolah-olah akan runtuh.



Pengunjung yang melintasi jembatan ini akan masuk melalui bingkai persegi panjang. Jika melihat ke bagian rangka jembatan, maka pengunjung akan sedikit dibuat pusing dengan bentuk jembatan yang melintir.

Namun, ternyata bentuknya yang "aneh" memiliki tujuan tertentu, yaitu untuk menyerap getaran sehingga memperkuat konstruksi jembatan. (sumber: danish56.blogspot.com)

Spoiler for ""#2. The Blinking Eye - Inggris



Ada sebuah jembatan yang berbeda dibandingkan dengan jembatan lainya di muka bumi ini, yang terdiri dari dua kurva yang saling terhubung dengan puluhan kawat baja.

Jembatan bernama Gateshead Millennium Bridge tersebut berbentuk mirip dengan mata dan kelopak mata yang hendak berkedip.

Oleh karena itu jembatan tersebut juga dikenal dengan nama Blinking Eye Bridge, yang menghubungkan tepian sungai Tyne, Inggris di kota Gateshead.

Namun, hanya pejalan kaki dan pengendara sepeda saja yang diperbolehkan melintasi jembatan tersebut, karena tidak mampu menahan daya berat mobil dan kendaraan bebat.

Hal yang unik dari jembatan ini adalah bentuknya yang ekstrim, yang dapat berputar hingga 40 derajat setiap 45 menit.

Putaran tersebut pun akan disesuaikan dengan tiupan angin dan kapal yang akan melintasi aliran sungai Tynes sehingga berputar ke posisi yang aman. (sumber: modifikasi.com)

Spoiler for ""#3. The Storseisundet Bridge - Norwegia



Bagi mereka yang tak mengetahui jembatan ini, saat melintas pasti akan berputar arah. Itu karena jembatan ini seperti terputus di tengah-tengah.

Namun ternyata, kesan itu hanyalah ilusi optik dan membuat jembatan itu dijuluki sebagai "jembatan mabuk". Jembatan ini terletak di pesisir barat Norwegia di Atlantic Road.



Jembatan yang aslinya bernama "Storseisundet Bridge" ini dibuat dengan sangat dramatis. Jembatan sepanjang 260 meter dengan bentangan 130 meter ini dibangun pada 2005 dan menjadi populer karena efek yang diciptakannya. Dibuka pertama tahun 1989, Storseisundet Bridge yang berada di Eide and Aversy Norwegia ini mempunyai ketinggian 23 meter. (sumber: factinformationtruth.blogspot.com)

Spoiler for ""#4. The Roller Coaster Bridge - Jerman



Jika biasanya rollercoaster identik dengan permainan yang memacu adrenalin. Tetapi roller coaster yangs atu ini berbeda dengan yang lainnya. Wahana bernama “Tiger and Turtle” ini merupakan roller coaster khusus untuk pejalan kaki.

Seperti dilansir huffington post, wahana ini dirancang oleh duo desainer ternama di Hamburg, Heike Mutter dan Ulrich Genth. Mereka menyebut jalur untuk pejalan kaki ini sebagai Tiger Turtle-Magic Mountain.

Jika dilihat dari kejauhan, jembatan ini memang menyerupai wahana roller coaster dengan lengkungan2 yang rumit.

Namun, jika melewati jalur wahana yang mirip dengan jembatan penyeberangan ini, Anda akan disuguhi pemandangan Kota Duisburg yang indah. Jembatan yang dibuat dari 120 ton baja ini terdiri dari 249 anak tangga dengan tinggi sekitar 45 meter. Jika malam hari, wahana ini dihiasi dengan lampu LED yang cantik.

Warna-warninya membuat pemandangan jalur sangat berbeda ketika Anda lihat pada siang hari. Yang pasti, Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa ketika menjajal jembatan ini. Wahana menjadi bangunan unik di Duisburg, Jerman. (sumber: sooperboy.com)

Spoiler for ""#5. Trampoline Bridge - Prancis



Umumnya jembatan banyak terbuat dari susunan batu atau kayu. Namun di Paris, Perancis, jembatan yang melintasi Sungai Seine ini terdiri atas tiga trampolin raksasa.

Jika dilihat dari samping, jembatan ini seperti dibatasi oleh dinding yang melengkung. Namun, ternyata lengkungan itu adalah trampoline.

Jembatan trampolin raksasa ini didesain oleh perusahaan arsitektur AZC yang berbasis di Paris. Desain jembatan trampolin ini, membentuk tiga lengkungan dengan diameter 30 meter melewati sungai Seine, pinggiran trampolin terlihat seperti cincin PVC raksasa diisi dengan 130.000 meter kubik udara.



Cincin PVC tersebut digunakan untuk menyangga jaring trampolin yang membentang hampir 100 kaki. Jadi pengguna bisa melompat dengan aman tanpa harus takut tercebur ke dalam sungai. (sumber: berita.yahoo.com)

Spoiler for ""#6. Helium Bridge - Inggris



Seorang seniman Perancis Olivier Grossetête membuat sebuah jembatan terbang dengan bantuan balon helium.

Ide dari desain jembatan ini merelealisasikan mimpi atau cerita fiktif. Jembatan unik yang diterbangkan oleh tiga balon helium berukuran besar ini pernah dicoba di sebuah danau taman bergaya Jepang di Tatton Inggris.



Sepintas jika dilihat dengan mata telanjang memang tidak ada yang aneh dengan jembatan ini. Namun begitu diinjak, jembatan ini bisa melayang di udara.

Grossetête mengatakan bahwa jembatan terbang dengan balon helium ini dibuat dengan ilmu desain dan teknik. Tantangannya pada desain ini adalah faktor keamanan, siapakah yang berani menaiki jembatan yang terbang di langit biru tanpa pengaman tingkat tinggi?
Spoiler for ""SUMBER: SICUY.COM


Quote:SUMBER: SICUY.COM

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5473e65dd675d4b1648b4567

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)