Home » » Buat Gaming, Mana yang Agan Pilih?

Buat Gaming, Mana yang Agan Pilih?

Ane mw coba bahas permasalahan klasik perang antar "anak kipas" atau "fanboy"



Pertama-tama ane ingetin dari judulnya aja bisa disimpulkan kalau ini masalah nya seputar gaming jadi jangan ada lagi omongan-omongan klasik kaya "PC kan bisa dipake ngerjain makalah" ato "semua game juga dibikin pake PC". orang ini ngebahas gaming dan disini ane sebagai gamernya gan.

Oke kita langsung masuk ke permasalahan.

SYTEM

Dari system mungkin agan udah pada ngerti lah, maksudnya dari mulai spesifikasi, teknologi, inovasi dan aksesoris yang bisa digunakan untuk keperluan gaming.

Spoiler for SystemSpesifikasi
untuk yang satu ini hal yang jadi andalan PC gamers, dimana mana PC memang dua atau tiga langkah lebih maju daripada konsol apapun. Selain ketersediaan perangkat-perangkat yang kelas kakap, PC juga dapat disesuaikan semau kita dari mulai kebutuhan spesifikasi, budget sampe ke bentuk nya bisa disesuaikan semau kita. Mod atau modifikasi pada PC membuat pada PC user leluasa berinovasi.



Tapi jangan salah ya gan, kembali lagi ke pembahasan kita dimana PC itu sebenarnya tidak difokuskan untuk gaming. secara teknis, daleman PC terutama CPU pada PC diimplementasikan sebagai "general purpose" yang artinya untuk kebutuhan yang lebih umum sementara dalemannya PC lebih specified purpose atau single purpose yang artinya lebih difokuskan pada satu hal yaitu gaming.

Sebagai bukti? agan pasti tau lah yang namanya PS3. kita ambil contoh CPU yang ada di PS3 "Cell BE" yang secara teknis memiliki sebuah PPE (prosesor inti) dan 7 buah SPE (semacam co-Prosesor). memang CELL BE memiliki arsitektur yang berbeda dengan PC (x86) namun bila diperkirakan untuk kebutuhan general purpose PPE pada cell BE diklaim tidak lebih cepat pada prosesor pentium 4 bahkan SPE juga tidak lebih baik daripada prosesor pentium 3. Nah loh!
nah coba agan deh pake PC yang setara ps3, ambil contoh lah core2 duo + Nvidia 7800 GT pake RAM 256MB maenin tuh game crysis 3 settingan paling low. bisakah semulus PS3? jawaban ane: never! bahkan bisa nyalain game nya aja gak yakin ane

jadi spesifikasi konsol selalu 2 atau 3 langkah lebih mundur dari PC, tapi ingat konsol itu single purpose yang seluruh kemampuannya disesuaikan oleh masing-masing developer konsol. seluruh bagian dari CPU, GPU maupun RAM sudah dimaksimalkan

Kesimpulan ane: jangan pernah bandingkan system spek PC dan konsol. seperti membandingkan spek hape dan spek AC. kebutuhannya beda gan

Teknologi
Dari segi teknologi jelas kalau PC itu nomor wahid. Teknologi-teknologi teranyar PC jauh lebih pesat daripada konsol. semisal CPU GPU pada PC selalu update setidaknya 6 bulan sekali, sementara konsol? 6 taun sekali gan


Kesimpulan ane: PC pemenangnya!

Inovasi
Nah untuk yang ini lebih spesifik gan, konsol nya konsol yang mana?
kita pasti tau yang namanya kinect dan PS move. nah tapi dibelakang itu siapa yang menjadi pelopor media sensor gerak pada gaming?

Yes, NINTENDO. inovasi dari perusahaan jepang yang satu ini sudah dimulai dari jaman dulu gan dari mulai frenchise eksklusif, aksesoris revolusional seperti wiimote nya Wii atau kontroller Wii U, stereoskopik 3Dnya 3DS dan banyak lagi lah. jadi agan yang suka sensasi baru dalam gaming cocoknya jadi fanboy nintendo gan!


Kesimpulan ane: NINTENDO is the best!

Gaming Gear
Untuk gaming gear yah agan pasti udah tau lah jawabannya. dengan jumlah produsen yang segudang dan merek merek beken gaming gear nya para PC gamers memang bukan tandingan anak rental, eh fanboy konsol maksud ane.


Kesimpulan ane: PC lagi gan!

Konsumsi daya listrik
Nah untuk yang satu ini sori yah PC gamers lewat dulu aja. khusus konsol gan. soalnya untuk 200 Watt kebawah
Ane bakalan bahas untuk konsol generasi ke 8 saja, khususnya PS4 XB1 dan WiiU. Untuk PS4 dan XB1 kurang lebih membutuhkan daya sebesar 150 Watt sementara Wii U hanya 60 Watt. Tapi raw power yang dimiliki oleh PS4 sebesar 1.84 Tflops sementara XB1 1.31 Tflops dan WiiU sebesar 0.35 Tflops. kalo ke Gflops kan dikali 1024 gan. jadi kalo Gflops/SW nya masing masing PS4 12.26 XB1 8.73 WiiU 5.38

Nah sekarang kenapa ane gak ngebahas PC disini? ya masalahnya PC dengan TDP 200 Watt bisa apa coba?
Kalo Laptop sih beda lagi gan. Need Extra Money!

Kesimpulan ane: Kali ini PS4 gan!

GAME & Gaming Experience
Untuk gaming experience ane coba bahas untuk beberapa tipe seperti Action adv, FPS, Sport, RPG, cinematic story dan gameplay. oke tarik mang!

Spoiler for Game & Gaming ExperienceGameplay
Untuk gameplay ini tidak spesifik, artinya secara umum dapat disukai banyak kalangan termasuk anak kecil, orang dewasa, lansia, binatang, alien, jin dll. Ane yakin sebagian dari agan agan udah ngerti dengan penjelasan ane di atas dan sudah tau siapa pemenangnya.
YA BETUL!
Siapa gamers yang gatau super mario bros? Siapa yang belum pernah main tetris? Siapa yang gatau pokemon? siapa ayoo?


Kesimpulan ane: dengan segudang game yang mendapatkan nilai hampir SEMPURNA dari metacritic, IGN dan gameranking. NINTENDO nu aing gan!

Action Adventure
Nah untuk yang ini ane yakin satu hal yang banyak bikin PC gamers gigit jari gan. dan kayanya gak usah ngebudah banyak, harusnya udah pada tau dah kalau gamers2 gang sering update IGN, gamespot, dll dan suka ngecek rating-rating game.




Kesimpulan ane:

PS3/PS4 doing nice job!

Sport dan FPS
Untuk ane pribadi kalau game FPS prefer maen di PC sih gan, soalnya lebih enak pake mouse daripada pake game pad
tapi untuk library game, yah PC gamers pasti sedikitnya galau lah kalau ngeliat trailernya


Namun untuk sport, memang untuk 2014 ini sedikit kurang menyenangkan sih kalo ngeliat PC yang seolah dianak tirikan, kenapa ayo?
Ya betul! FIFA14 di PS4 dan XB1 sudah menggunakan engine terbaru yaitu ignite engine, sementara PC masih memakai engine yang digunakan untuk FIFA14 di PS3 dan X360. tapi untuk taun ini sudah dipastikan PC menerima hak nya sebagai gaming machine kelas kakap lah ya...

tapi harusnya sih untuk yang satu ini balik ke selera masing masing, jadi? kesimpulan ane untuk Sport DRAW! tapi untuk FPS? XBOX 360 & XBOX one selangkah lebih maju lah

RPG
Nah untuk yang 1 ini para pencinta RPG khususnya JRPG sudah punya jawaban yang pasti.
Anda benar lagi!
dari mulai yang gini

trus ke yang gini

lanjut ke sini

sampe sekaran yang ginian



NINTENDO the king of RPG, tapi jangan salah the king juga punya saingan lah yaitu the legend yang ini

THE LEGEND


yang terahir ialah Cinematic Story
Ya betul cinematic story tuh ada buanyaakk banget pilihan di masing-masing platform contohnya di PS3 ada game game besutan Quantic Dream macam Heavy Rain dan Beyond: Two Soul.
The last of us dan uncharted juga membuat kita males kerja pengen maen terus

Buat mikocok cukup oke buat seri HALO dan Gears of war nya. masalahnya kebanyakan game-game multiplatform banyak yang ceritanya bikin terhanyut kaya Bioshock Infinite, COD, Mass Effect dan tomb raider. dan masih banyak lagi dah!



Kesimpulan ane: Balik ke selera masing-masing gan, tapi kalo ane pribadi lebih suka game-game nya sony. khususnya garapan Naughty Dog atau Quantic Dream.


Nah itulah thread dari ane gan, semoga dapat menjawab semua pertanyaan agan selama ini atau mewakili masing-masing fanboy
TS meminta maap bila ada kekurangan dan ketidaknyamanan agan agan akibat ketampanan ane



rekomendasi hor thread dong gan DI SINI

SUMUR
Spoiler for SumurKetikan ane sendiri gan
Understanding CELL BE - Anandtech
wikipedia - Console_graphics_processors
Google searching

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53ec329ca4cb1760378b4589

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)