Home » » Pulau Lembata, Keindahan Surga Indonesia yang Tersembunyi

Pulau Lembata, Keindahan Surga Indonesia yang Tersembunyi



Nama Lembata ditautkan sebagai nama sebuah pulau dan juga sebuah kabupaten. Nyatanya, Lembata memang sebuah kabupaten yang berwujud pulau. Luasnya tak besar, yakni sekira 1.266,39 kilometer persegi tetapi cukup besar untuk sebuah petualangan alam, budaya, serta wisata religi yang hampir sulit dipersandingkan.


Lembata merupakan bagian dari gugusan Pulau Solor. Letaknya tidak jauh dari ujung timur Pulau Flores dan merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain Lembata, di sekitar pulau ini terdapat beberapa pulau mahsyur lainnya seperti gugusan kepulauan Alor, Adonara, Solor, dan tentunya Flores yang eksotis. Nama lembata sendiri asalnya berasal dari sejarah masyarakatnya yang datang dari Pulau Lepanbatan. Sebutan penduduk yang semula Orang Lomblen berubah menjadi Orang Lembata.


Lewoleba merupakan Ibu Kota Kabupaten Lembata yang sedang berbenah meningkatan fasilitas dan infrastrukturnya. Kota Lewoleba semakin berkembang sehingga infrastruktur kota menjadi penting. Masyarakat Pulau Lembata kini mulai majemuk, walau bahasa pergaulan bagi Lembata dan sekitarnya ialah Bahasa Lamalohot. Bahasa daerah lainnya yang juga dikenal di Lembata ialah Bahasa Kedang. Tentu saja Bahasa Indonesia sudah sangat dikenal di setiap pelosok pulau.


Bila dilihat dari mata pencaharian masyarakatnya, melaut dan budidaya produk kelautan adalah pekerjaan utama warganya. Ikan sangat mudah didapati di Pasar TPI dan Pasar Pada di Lewoleba. Selain ikan laut, ada pula cumi-cumi, tripang, rumput laut, mutiara, dan ikan paus. Hasil tambang pun dapat ditemukan seperti emas, timah hitam, perak, nikel, mangaan, tembaga, dan pasir besi.


Beberapa pojok pasar dipadati pedagang komoditi pertanian dimana hal ini juga disebabkan sebagian masyarakat Lembata di pegunungan pun bercocok tanam. Hasil bumi Pulau Lembata diperjualbelikan di pasar untuk harga yang tidak terlalu mahal. Dibandingkan dengan tempat lain di Pulau Jawa, harga di Lembata terhitung lebih tinggi karena harus mengompensasi ongkos produksi dan transportasi bahan baku. Beberapa komoditi yang dihasilkan ialah kelapa, kemiri, kopi, jambu mete, coklat, cengkeh, vanili, pala, kapuk, dan pinang.


Gunung yang menghiasi pemandangan Lewoleba, terutama saat pagi dan sore hari ialah Ile Ape (Gunung Api) dan Ile Boleng di Adonara. Selain itu, ada juga Gunung Ile Labalekang yang cantik dibalut awan. Keberadaan gunung ini menjadi berkah karena tanah Lembata menjadi subur bagi padi, kacang-kacangan, jagung dan terutama pohon jati yang konon bisa lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan tanah bagian selatan Jawa sekalipun. Bukit-bukit savanna di Lembata yang seperti padang golf merupakan pesona yang membuat betah.


Pasar tradisional adalah tempat terbaik untuk mengamati beraneka ragam hasil bumi dan jejak peradaban masyarakat. Di Lembata sempatkan mengunjungi beberapa pasar tradisional. Di Lewoleba, ibu kota Pulau Lembata, ada pasar rakyat yang menjual seafood segar seperti ikan kerapu, tuna, cumi berukuran besar, juga lobster yang dijual dengan harga terjangkau.


Pulau Lembata kaya dengan hasil bumi perkebunan berupa singkong, ubi, kopi, jagung. Selain itu, dari perikanan juga demikian seperti ikan tuna, kerapu macan, udang, cumi, lobster, hingga tuna berukuran besar. Dari hasil perkebunan dan perikanan tersebut kuliner khas Lembata tercipta bahkan di beberapa desa memiliki kekhasannya masing-masing.
Warga lembata juga terbisa menyuguhkan beras ketan yang dibungkus daun serupa ketupat.


Makanan tersebut dikukus menggunakan santan dan lebih nikmat saat dinikmati bersama ikan bakar. Ada juga kopi boto khas Lembata yang tersohor di Lamalera. Di sana ada warung yang menyuguhkan kopi nikmat menemani panomara perbukitan batu yang menawan.



Quote:How to get there.

tulisan dan foto2 Lembata Lamalera ini juga bisa dibaca di www.Indonesia.travel buat agan yang penasaran pingin kesana dan pingin tahu detail informasi tentang hotel, akomodasi, penginapan, biaya2 dan objek2 wisata di Lembata ini bisa klik link diatas ya..selamat Traveling dan jalan2 ke Lembata ya gan..

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/543f2a98507410ee3c8b4573

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger