Home » » 10 Kecelakaan Balap Mobil Paling Parah Dalam Sejarah

10 Kecelakaan Balap Mobil Paling Parah Dalam Sejarah



No repost, sorry to say


Quote:
Bismillahirrahmanirrahim





Balap mobil dikenal sebagai olahraga yang paling menantang adrenalin dan penuh dengan risiko. Butuh nyali yang besar untuk menjadi seorang pembalap. Pasalnya kecelakaan dalam balap mobil bisa terjadi kapan saja.

Baik itu di kejuaran Formula One, NASCAR, atau perlombaan balap mobil lainnya, semuanya memiliki risiko yang sama terhadap kecelakaan yang mengerikan. Sejarah mencatat ada begitu banyak kecelakaan yang terjadi di lintasan balap mobil. Seperti dirangkum dari The Richest, berikut 10 kecelakaan balap mobil paling parah sepanjang sejarah.

Quote:
Indianapolis 500 1964



Pada kejuaraan Indianapolis 500 thaun 1964, salah satu pembalap bernama Dave MacDonald kehilangan kendali hingga mobilnya menabrak bagian dalam dinding lintasan pada lap kedua, menyebabkan tanki berisi 100 galon bensin meledak. Beberapa detik kemudian, mobil balap milik Eddie Sachs menabrak mobil MacDonald hingga menyebabkan ledakan kedua. Eddie Sachs dinyatakan tewas di lokasi kejadian, sementara itu MacDonald meninggal setelah dibawa ke rumah sakit.

Quote:
Talladega Superspeedway 1975



Mark Donohue adalah pembalap NASCAR dan Formula One yang mendapat julukan "The Can-Am Killer" setelah memenangkan kejuaraan Indianapolis 500 pada tahun 1972. Dia juga pernah juara utama di kejuaraan IROC yang sekarang sudah tidak ada.

Namun naas nasib pembalap yang suka disebut "Kapten Nice" ini ketika ia mengalami kecelakaan hingga merenggut nyawanya. Saat sedang latihan di Talladega Superspeedway, salah satu ban mobil balapnya pecah, menyebabkan mobil Donohue meluncur ke pagar pembatas lintasan. Donohue tidak tewas seketika, ia sempat dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. Namun sayang karena luka di kepalanya yang cukup parah membuat ia jatuh koma dan akhirnya meninggal akibat pendarahan otak pada hari berikut pasca kecelakaan.

Quote:
Grand Prix Belgia 1982



Seorang pembalap Formula One asal Kanada bernama Gilles Villeneuve pernah memenangkan kejuaraan Formula Atlantik di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 1976. Namun sayang, pada tahun 1982 ia meninggal saat kualifikasi di Belgian Grand Prix di Zolder.

Saat itu mobil Villeneuve yang dalam keadaan kencang menabrak salah satu mobil pembalap lainnya yang dalam keadaan lebih lembat. Akibatnya mobil Villeneuve terbanting ke udara dan menabrak trek hinga berguling-guling sampai ia dinyatakan tewas di lokasi kecelakaan.

Quote:
Charlotte World 600



Glen Roberts dianggap bintang pertama NASCAR di tahun 60-an. Namun, pada kejuaraan Charlotte World 600, pria yang mendapat julukan "Bola Api" itu terlibat dalam kecelakaan tunggal pada putaran ketujuh.

Roberts berusaha untuk menghindari dari tabrakan dua mobil yang ada di depannya, tetapi sayang mobil yang dikemudikannya kehilangan kendali dan menabrak dinding penahan hingga membuat mobilnya terbalik dan terbakar. Roberts tidak bisa melarikan diri karena terjepit di kokpit mobilnya. Akibatnya 80 persen dari tubuhnya mengalami luka bakar yang serius. Selama enam minggu ia sempat menjalani perawatan di rumah sakit, namun sayang Roberts akhirnya meninggal.

Quote:
Indianapolis 500 1955



Pembalap Bill Vukovich berhasil memenangkan kejuaraan Indianapolis dua kali beruturut-turut, yaitu pada tahun 1953 dan 1954. Dan pada tahun 1955, ia mencoba untuk memenangkan kejuaraan itu untuk ketiga kalinya. Namun sayang keinginannya untuk merebut gelar juara untuk ketiga kalinya itu berubah jadi insiden mengerikan yang merenggut nyawanya.

Pada putaran ketiga, terjadi kecelakaan yang melibatkan tiga mobil, salah satunya mobil balap Johnny Boyd yang terlempar dari lintasan balap. Sementara itu mobil Bill yang sedang melaju menabrak mobil Boyd hingga membuatnya ikut terlempar ke udara dan menabrak dinding penahan lalu meledak.

Quote:
Visionaire 500k 1999



Kecelakaan ini mengingatkan kita bahwa di arena balap tak hanya pembalap yang terancam nyawanya, tetapi para penonton juga bisa dalam keadaan bahaya.

Pada putaran 59 di kejuaraan Visionaire 500k tahun 1999, pembalap John Paul, Sr dan Stan Wattles bertabrakan secara bersamaan dan keduanya ikut membentur dinding pembatas. Namun sayang, ban kanan mobil Wattles dan ban yang suka dijadikan pembatas terlempar ke kerumunan penonton. Akibatnya tiga penonton tewas dan delapan lainnya mengalami luka-luka. Tak lama kemudian perlombaan pun dihentikan.

Quote:
Daytona 500 2001



Kecelakaan yang menewaskan pembalap Dale Earnhardt Sr ini meninggalkan duka yang mendalam selama sejarah balap NASCAR. Dale dikenal salah satu pembalap NASCAR paling sukses sepanjang masa, ia berhasil memenangkan 76 bapalan dan tujuh kejuaraan.

Pada putaran akhir di Daytona 500 tahun 2001, mobil pembalap Kenny Schrader menabrak bagian belakang mobil Dale, sehingga membuat mobil Dale berputar dan menabrak dinding pembatas. Dia tewas seketika karena kepalanya terbentur dengan keras pada kemudi mobil.

Quote:
Grand Prix Jerman 1976



Ini merupakan kecelakaan yang paling diingat dalam sejarah Formula One. Karena kecelakaan ini melibatkan mantan pembalap Formula One yang cukup terkenal, Niki Lauda.

Pada saat itu Lauda sedang berpacu di Nurburgring ketika suspensi Ferrari nya gagal dan ia menabrak tanggul. Akibat insiden itu ia mengalami luka bakar dan menghirup asap beracun. Saat sedang berada di rumah sakit, Lauda mengalami koma yang hampir merenggut nyawanya. Namun ajaibnya Lauda berhasil selamat dan pulih kembali. Setelah enam minggu menjalani masa pemulihan, Lauda kembali lagi mengikuti Grand Prix Italia.

Bahkan kisah pria yang sudah memenangkan tiga kali Juara Dunia Formula One itu diangkat ke layar lebar dalam sebuah film berjudul "Rush".

Quote:
Mille Miglia 1957



Ini merupakan salah satu kecelakaan balap mobil paling parah dalam sejarah dunia balap. Pada kejuaraan Mille Miglia 1957, pembalap Fon Portago dan co-driver nya Edmund Nelson sedang melintasi sebuah desa kecil ketika mereka menabrak selokan dan mobilnya terlempar ke kerumunan massa. Akibat insiden ini, Fon dan Nelson serta sembilan penonton tewas. Lima diantaranya adalah anak-anak.

Quote:
Bencana Le Mans 1955



Kecelakaan paling tragis dan parah dalam sejarah dunia balap terjadi pada kejuaraan Le Mans tahun 1955. Dari 100 penonton yang hadir, 82 orang tewas akibat insiden mengerikan ini.

Semua berawal ketika perlombaan baru berjalan selama dua jam. Pembalap Pierre Levegh yang mengemudikan Mercedes-Benz 300 SLR berusaha untuk menyusul Austin Healey. Secara tak sengaja, Levegh menabrak bagian belakang mobil Austin dan membuat mobil Mercedes nya terlempar ke udara dan menghancurkan tanggul lintasan.

Puing-puing mobil Levegh menghantam para penonton yang tengah asyik menyaksikan lomba balap tersebut. Akibatya, 82 penonton dinyatakan tewas termasuk Levegh.

Tambahan :

Quote:
GP San Marino 1994



Kematian Ayrton Senna adalah salah satu peristiwa yang terjadi sepanjang GP San Marino di Sirkuit Imola yang terletak di San Marino. Kejadian ini adalah kejadian kedua yang mengakibatkan salah satu pembalap meninggal setelah mengalami kecelakaan yang cukup hebat. Kejadian ini terjadi pada tahun 1994.

Kejadian ini berawal di awal lap ke-5 ketika Ayrton Senna memimpin diatas mobil Williams-Renault. Mobil Senna nampak kurang stabil sejak ia mengawali start dari posisi pole. Pada awal lap kelima mobil Senna keluar trek saat ia memasuki tikungan Tamburello. Beberapa saat kemudian mobil Senna nampak menerjang pembatas, dan Ayrton Senna saat itu tidak sadarkan diri.

Dua jam usai lomba berakhir (yang dimenangkan oleh Michael Schumacher), dokter di RS. Maggiore mengumumkan bahwa Ayrton Senna sudah tiada. Diagnosa dokter menyimpulkan Senna mengalami pendarahan hebat di kepala akibat benturan. Sehari sebelumnya, pembalap dari Austria, Roland Ratzenberger, meninggal karena kecelakaan serupa di babak kualifikasi, dan menjadikan GP San Marino 1994 balapan paling kelam dalam sejarah F1.


Akhir kata, cukup sekian apabila ada salah kata dan kurang berkenan mohon untuk dimaafkan.



Quote:

Source

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54712dab92523315538b4568

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)