Home » » Tips Untuk Promosi Jabatan

Tips Untuk Promosi Jabatan

Sebelum saya banting setir jadi seorang entrepreneur di tahun 2009 lalu, pilihan karir saya adalah untuk menjadi seorang profesional, kerja di bidang yang sangat saya cintai: "brand management". Saya memulai karir di Nike, pernah ciptakan merek League dan bawa merek Umbro ke Indonesia (di bawah PT Berca Sportindo), hingga jadi GM Oakley dan Head of F&B Division di MRA Group.

Apa yang ngebuat saya selalu dipromosikan jabatan setiap tahun selama 4.5 tahun di Berca Sportindo? Let me share you salah satu hal terpenting yang saya lakukan.

Saya EXTRA MILE. Saya ngga cuma ngelakuin yang tertera di job description.

Banyak salah kaprah soal job desc. Rata-rata orang mikir, "Kalo gua udah ngelakuin sesuai job desc, ya tahun depan berhak dong gua untuk dipromosiin jabatan?" Jawabannya: TIDAK!

Kenapa?

Tolong diingat, bahwa job desc itu adalah pengharapan minimum perusahaan terhadap Agan!. Dengan kata lain, kalau Agan ngga ngelakuin sesuai job desc, berarti Agan pantas untuk dikasih Surat Peringatan (SP) atau di-PHK.. kalau udah berkali-kali dapet SP.

Jadi gini, kalau di job desc tertera Agan harus ngelakuin 1 - 5, berarti kalau Agan hanya ngelakuin 1 - 5, ya berarti Agan telah melakukan apa yang diharapkan minimum oleh perusahaan. Berarti, ketika evaluasi kerja tahunan, ya kinerja Agan 'average', alias biasa-biasa aja. Kenaikan gaji juga ya akan sama dengan rata-rata karyawan yang ada.

Kalau mau naik jabatan gimana? Ya ngerjain 1 - 6 atau 1 - 7, atau 1 - 9! Bukan 6 - 7 sementara 1 - 5 nya ngga dikerjain loh ya! Pengharapan minimumnya harus terpenuhi, baru Agan kontribusi lebih. Misal, bantu kasih ide ke divisi lain yang berkaitan erat dengan job desc Agan, atau bantu divisi lain ketika emang lagi ada event dan perlu pertolongan.

Ini yang selalu saya lakukan, ketika saya dulu bekerja. Oleh karena itulah, setiap ada kesempatan, saya yang selalu dapet kesempatan itu. Rekam jejak inilah yang ngebuat saya diterima kerja untuk mimpin Oakley Indonesia ketika umur saya masih 26 tahun, dan diminta oleh MRA Group untuk pimpin 3 perusahaannya dengan total karyawan 500 orang ketika umur saya 29 tahun.

Mau dipromosikan jabatan? Mau punya karir yang ngga biasa-biasa aja? Mau stand out dari orang-orang di kantor tanpa harus menjilat?

Kerjalah melebihi job description! EXTRA MILE!

See you ON TOP!
@billyboen

CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Chairman, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab (digital analytic)

Website: www.youngontop.com
Facebook: /youngontopYOT
Instagram: @youngontop

Baca juga tulisan saya: "Tips Membuat CV Yang Tepat" -> http://www.kaskus.co.id/thread/54088...8b46837f8b4567

#CVCreator, free, easy, bisa didownload, diprint, dan diemail (pdf): [CV.youngontop.com]

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5470a193925233f37b8b4572

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger