Home » » Momen-Momen Bersejarah Dalam Eksplorasi Luar Angkasa

Momen-Momen Bersejarah Dalam Eksplorasi Luar Angkasa





Quote:



Quote:
Quote:
Quote:

Quote:Eksplorasi luar angkasa, adalah suatu hal yg menakjubkan untuk dilakukan, langit gelap di luar bumi selalu memberikan rasa penasaran dan rasa kekaguman bagi siapapun yg melihatnya, khususnya kita umat manusia. Sejak dahulu kala, manusia selalu mencoba untuk menjelajahi luar angkasa dan menemukan misteri-misteri Alam semesta yg tak kunjung berakhir ini, sejak pertengahan abad 19, manusia telah meluncurkan ratusan misi luar angkasa dan beberapa diantaranya memiliki ruang spesial dalam sejarah dan menorehkan catatan penting dalam kehidupan manusia. Berikut ini adalah momen-momen bersejarah dalam Eksplorasi Luar Angkasa yg TS rangkum


Quote:Penyelamatan Dramatis Apollo 13

Quote:

Quote:Peristiwa ini terjadi pada 11 April 1970, ketika sebuah ledakan dari tangki Oksigen pada 13 April memaksa kru untuk menjalankan tidakan darurat. Dengan kombinasi usaha dari para astronot dan ilmuwan di markas NASA, 3 orang kru berhasil diselamatkan dan kembali ke bumi dengan aman.


Quote:Turis Pertama di Luar Angkasa

Quote:

Quote:Sebagian besar orang pasti ingin menyaksikan dan merasakan secara langsung bagaimana rasanya berada di luar angkasa, berada pada jarak ratusan ribu kilometer dari bumi dan memandangi si planet biru nan cantik dari luar angkasa. Adalah Dennis Tito, seorang jutawan, multimillioner yg berhasil mewujudkan impian itu, dia bepergian ke luar angkasa sebagai Turis Pertama di dunia pada 28 April 2001. Dia menghabiskan 7 hari, 22 jam dan 4 menit di luar angkasa, dan pada waktu itu dia mengorbit bumi sebanyak 128 kali. Wah enak bener nih orang ya bisa pergi ke luar angkasa .


Quote:Pendaratan Pertama di Mars oleh Viking 1

Quote:

Quote:Sang planet merah adalah planet tetangga terdekat kita di sistem tata surya ini, dan Mars selalu membuat para ilmuwan dihantui rasa penasaran tentang apakah benar di Mars ada kehidupan atau setidaknya pernah ada kehidupan atau tidak pernah ada sama sekali, dan apakah di masa depan manusia bisa bertahan hidup atau tinggal disana. Untuk menjelajahi si Planet Merah, Viking 1 diluncurkan dan berhasil mendarat di mars pada 20 Agustus 1975, kemudian 2 minggu kemudian disusul Viking 2. Dua pesawat ini mendarat dan memindai permukaan Mars sekaligus memberikan perubahan pandangan kita terhadap Mars.


Quote:Pendanaan Pesawat Luar Angkasa Swasta Pertama (SpaceShipOne)

Quote:

Quote:Bepergian ke luar angkasa adalah sesuatu yg sangat sangat sangat mahal , dan biasanya instansi pemerintahan dan organisasi pemerintah lah yg mendanai dan mengatur misi tersebut, atau hanya bisa dilakukan oleh orang2 seperti Dennis Tito tadi, akan tetapi pada 21 Juni 2004, sektor swasta melakukan gebrakan pertama dengan menyelesaikan penerbangan pesawat luar angkasa swasta yg pertama ketika SpaceShipOne berhasil dikembangkan dengan skala yg bervariasi dan menelan biaya USD.25 Juta untuk menyelesaikan penerbangan luar angkasanya yg pertama. Sang Pilot, Mike Melvill pun menjadi pilot astronot komersial pertama.

Quote:Mike Melvill & SpaceShipOne





Quote:Wanita Pertama di Luar Angkasa

Quote:

Quote:Wanita selalu ingin menandingi pria dalam segala hal , dan salah satu contohnya adalah Letnan Valentina Tereshkova yg menjadi wanita pertama yg terbang ke luar angkasa pada 16 Juni 1963. Dia berada di luar angkasa sekitar 71 jam dan mengorbit bumi 48 kali. Sayangnya itu adalah penerbangannya yg pertama dan satu-satunya.

Quote:



Quote:Stasiun Luar Angkasa MIR

Quote:

Quote:Stasiun luar angkasa MIR adalah stasiun luar angkasa yg pertama yg berhasil ditinggali / dihuni dan ditempatkan pada orbit rendah bumi pada 20 Februari 1986. Ini adalah “Mahkota” kebanggan program luar angkasa Rusia. Stasiun luar angkasa ini selama 15 tahun beroperasi menyelesaikan 86.000 orbit bumi. MIR digunakan untuk pekerjaan riset permanen di luar angkasa dan kosep ini telah diimplementasikan sebagai Stasiun Luar Angkasa Internasional.


Quote:Teleskop Luar Angkasa Hubble

Quote:

Quote:Kalau yg satu ini kita pasti sudah banyak tau. Yap. Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA. Adalah alat observasi luar angkasa yg revolusioner yg diluncurkan pada 24 April 1990 dan membuat para ilmuwan dan astronom berhasil menyelami lebih jauh lagi ke dalam luar angkasa dan menjelajah berbagai sudut alam semesta yg semuanya diluar imajinasi kita. Foto-foto dari Hubble telah terbukti memberikan penemuan yg sangat luar biasa pada astronomi.

Quote:
HASIL JEPRETAN HUBBLE SPACE TELESCOPE

Spoiler for pillars of creation
Pillars Of Creation



Spoiler for Collision
2 Galaksi yg sedang mengalami "Collision"





Quote:Sputnik 1

Quote:

Quote:Adalah Sputnik, satelit buatan manusia pertama yg diluncurkan oleh Rusia pada 24 Oktober 1957. Peluncuran sputnik menunjukkan dimulainya “Space Age”, ribuan misi pun berhasil diselesaikan Sputnik. Saat ini, kebanyakan dari komunikasi yg kita lakukan bergantung pada satelit-sateli buatan seperti ini. Sputnik mengirimkan transmisi sinyal selama 22 hari dan setelah itu tenaga baterai nya habis.

Quote:


Quote:Manusia Pertama di Luar Angkasa

Quote:

Quote:Luar angkasa yg kelihatannya sangat dekat itu, tapi nyatanya begitu jauh dan manusia pertama yg pergi meninggalkan bumi dan menuju luar angkasa adalah Mayor Yuri Gagarin. Pada 12 April 1961, Mayor Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yg terbang ke luar angkasa. Dengan menggunakan pesawat Vostok 1 yg terbang dengan kecepatan 27.400 km/jam, membawa Yuri Gagarin ke luar angkasa. Waktu penerbangan secara keseluruhan memakan waktu 108 menit.

Quote:Dan Presiden Soekarno pun memberikannya penghargaan

Spoiler for gagarin






Quote:Apollo 11

Quote:

Quote:Impian terbesar manusia menjadi kenyataan pada 20 Juli 1969 ketika Neil Armstrong menjadi orang pertama yg menginjakkan kaki di permukaan Bulan. Misi Apollo 11 diluncurkan pada 16 Juli 1969, menempuh jarak 386.243 km selama 76 jam untuk memasuki orbit bulan pada 19 Juli dan keesokan harinya melakukan langkah pertamanya pada permukaan Bulan.

Quote:







Demikian trit singkat ane gan. Ane ucapkan terima kasih buat semua kaskuser yg udah nyempetin baca, komenk + ngasi



Quote:SOURCE & REFERENCES : E-Library Pribadi TS

Quote:
PENUTUP
Quote:Spoiler for penutup

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5476e39a50741073748b456d

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger