Home » » Voyager 1 Berhasil Keluar dari Tata Surya Kita

Voyager 1 Berhasil Keluar dari Tata Surya Kita





Quote:



Quote:
Wah ternyata HT . Thank You Kaskus



Quote:
Quote:

Quote:Adalah Voyager I, sebuah alat penyelidik / pesawat tak berawak yg diluncurkan NASA pada 5 September 1977, telah dikonfirmasi bahwa Voyager I telah menempuh perjalanannya mencapai sisi terluar sistem tata surya kita atau dengan kata lain Voyager I telah keluar dari sistem tata surya kita.

Voyager I adalah alat penyelidik buatan manusia yg pertama kali mengarungi lautan angkasa diantara bintang. NASA mengkonfirmasi kabar tersebut setelah Voyager I bertemu dengan “Coronal mass ejection ketiga” (Gelombang kejut yg dikeluarkan matahari). Di bawah ini adalah video plasma yg dideteksi dan diterima oleh Voyager I ketika keluar dari sistem tata surya kita.

Quote:

Untuk memberikan kita penggambaran yg mudah, sistem tata surya kita dilindungi oleh lapisan dari plasma luar. Untuk lebih jelasnya, gambar dibawah ini akan memberikan kita gambaran tentang lapisan pelindung yg menyelimuti sistem tata surya kita.

Quote:

Quote:

10 fakta tentang misi Voyager dari NASA

Quote:

Voyager 2 diluncurkan pada 20 Agustus 1977, sekitar 2 minggu sebelum peluncuran Voyager I pada bulan September. Lho kok malah kebalik ?? . Ini karena keduanya diluncurkan ke lintasan yg berbeda, dan Voyager 1 diposisikan pada lintasan untuk mencapai planet2 yg menjadi targetnya, yakni Jupiter dan Saturnus, di depan Voyager 2.

Quote:Gadget kita memiliki kemampuan yg lebih baik

Quote:

Quote:Voyager 1 dan Voyager 2 masing-masing memiliki memori sebesar 69.63 kilobytes. Sebagai perbandingan, sebuah iPhone 5 dengan memory 16 Gb sama dengan 240.000 kali nya memori dari masing2 pesawat Voyager.


Quote:Dasawarsa penemuan, Ilmuwan untuk satu proyek

Quote:

Quote:Ilmuwan NASA untuk proyek Voyager, Ed Stone, telah memimpin misi tersebut sejak 1972. Dia pernah diundang oleh White House untuk bertemu dengan ketiga presiden : Jimmy Carter, Ronald Reagan dan George.H.W.Bush.

Quote:
Dr.Ed Stone & Voyager 1




Quote:Membutuhkan waktu lama untuk berkomunikasi

Quote:

Quote:Kedua Voyager berkomunikasi dengan bumi melalui jaringan luar angkasa NASA. Sebuah sinyal yg dipancarkan dari bumi berjalan dengan kecepatan cahaya, dan membutuhkan waktu sekitar 17 jam untuk sekali jalan mencapai Voyager 1 dan 14 jam selanjutnya untuk mencapai Voyager 2.


Quote:Suara Voyager sangat lemah

Quote:

Quote:Voyager melakukan komunikasi dengan antena di bumi menggunakan transmitter 23 watt (lebih tepatnya, 22.4 watt pada Voyager 1 dan 23-watt pada Voyager 2), ini sama dengan bola lampu pada sebuah kulkas. Dan pada saat sinyal tersebut mencapai bumi, menjadi sekitar 1/10 dari 1 milyar-milyar watt dari Voyager 1 dan 2/10 dari 1 milyar-milyar watt untuk Voyager 2 .


Quote:Berlayar menuju bintang-bintang

Quote:

Quote:Membutuhkan waktu sekitar 35 tahun untuk mencapai batas terluar dari tata surya kita, tapi akan membutuhkan waktu 40.000 tahun bagi Voyager 1 untuk lebih dekat dengan bintang AC+79 3888 (Gliese 445). Alpha Centauri adalah bintang terdekat dengan kita saat ini, tetapi karena bintang juga bergerak, Voyager 1 akan membutuhkan waktu sekitar 1.7 tahun cahaya.


Quote:Voyager membawa musik pada perjalanannya

Quote:

Quote:Voyager membawa suara dari bumi dengan menggunakan rekaman fonograf emas. Sebuah tim yg dipimpin oleh astronom senior Carl Sagan, memilih beberapa suara natural, ucapan salam dalam 55 bahasa yg berbeda dan musik dari berbagai jenis kultur dan budaya di bumi sebagai pesan kepada semua bentuk kehidupan yg ada diluar sana yg tidak kita ketahui dan mungkin suatu hari nanti akan bertemu dengan Voyager. Musik2 yg dipilih antara lain : Bach, Beethoven dan Chuck Berry.

Quote:






Quote:Voyager menunjukkan betapa kecilnya kita

Quote:

Quote:Foto yg diambil Voyager 1 ini yg menunjukkan sebuah "titik biru yg pucat" ini adalah bagian dari potret tahun pertama dari sistem tata surya kita. Dari pandangan Voyager pada 1990, 4 milyar kilometer jauhnya, planet kita hanya berwujud setitik cahaya, atau hanya sebesar 0.12 pixel dari keseluruhan foto aslinya.


Quote:Pop Culture-Savvy Spacecraft

Quote:

Quote:Mencapai batas terluar antar bintang bukanlah kali pertama bagi Voyager 1. Pesawat tanpa awak tersebut telah merambah dunia film dan televisi. Pada film Star Trek yg pertama, sebuah pesawat yg disebut V'Ger yg ternyata adalah Voyager 6, sebuah fiksi tentang pesawat tak berawak yg dibangung setelah Voyager sebelumnya.


Quote:Duta besar kita yang terjauh

Quote:

Quote:Dengan jarak 18.7 milyar kilometer dari bumi (tercatat pada 12 September 2013), pesawat Voyager 1 adalah benda buatan manusia yg berjarak terjauh dari bumi. Dan memecahkan pemegang rekor sebelumnya, Pioneer 10 pada 1998.


Quote:
Quote:Dengan berhasilnya Voyager 1 keluar dari sistem tata surya kita dan memasuki "interstellar space" mari kita berharap Voyager 1 akan memberikan kita informasi penting tentang luar angkasa di luar tata surya kita yg akan semakin menambah dan memperkuat pengetahuan kita tentang luar angkasa, dan alam semesta ini.

Dan selama berlayar mengarungi lautan bintang-bintang yg maha luas ini Voyager 1 membawa pesan dari Presiden Jimmy Carter yg terus disiarkan ke seluruh penjuru angkasa luar, dengan harapan ada bentuk kehidupan lain yg merespon pesan dari bumi tersebut. Congratz ya Voyager 1 !

Please Bring The Universe to Us.

Quote:
Pesan dari Presiden Jimmy Carter yg dibawa dan terus disiarkan ke seluruh penjuru luar angkasa oleh Voyager 1

Quote:

"We cast this message into the cosmos...
of the 200 billion stars in the Milky Way galaxy, some
perhaps many - may have inhabited planets and space faring civilizations.
If one such civilization intercepts Voyager and can understand these
recorded contents, here is our message :

We are trying to survive our time so we may live into yours.
We hope someday, having solved the problems we face, to join a community
of galactic civilizations. This record represents our hope and
our determination and our goodwill in a vast and awesome universe."

- Jimmy carter -

A Message Recorded on Voyager 1











Demikian trit singkat ane gan, ane ucapkan terima kasih buat semua kaskuser yg udah nyempetin baca, ngasi dan komeng.



SOURCE & REFERENCES

Quote:Original Posted By kazekagesama01 â–º
Just a reminder of Carl Sagan's writing in his book when he talked about an dot-like-earth-picture taken from Voyager 1. I'm kinda forget the title. Here's the text


"Look again at that dot. That's here. That's home. That's us. On it everyone you love, everyone you know, everyone you ever heard of, every human being who ever was, lived out their lives. The aggregate of our joy and suffering, thousands of confident religions, ideologies and economic doctrines, every hunter and forager, every hero and coward, every creator and destroyer of civilization, every king and peasant, every young couple in love, every mother and father, hopeful child, inventor and explorer, every teacher of morals, every corrupt politician, every 'superstar', every 'supreme leader', every saint and sinner in the history of our species lived there - On a mote of dust suspended in a sunbeam."

- In science I trust

Quote:Original Posted By Mblong â–º
kita patut berbangga karena bangsa kita ada yang mewakili dalam voyager ini
karena gamelan jawa yang berjudul " ketawang puspawarna" merupakan salah satu musik yang terdapat di piringan yang ada di voyager1

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5473913b9e74040d788b456a

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)