Home » » Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan

Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan



Saat Sedang melakukan aktivitas, Pernahkah agan-agan mengalami kelilipan mata. Memang tidak enak saat mata kelilipan. Inilah cara tepat atasi mata kelilipan. cek dlu no repost

Spoiler for No Repost

Quote:

Setiap gangguan pada mata harus diperhatikan dan diatasi dengan benar. Jangan sampai menggampangkan gangguan mata ringan hingga berakibat infeksi serius bahkan sampai mennyebabkan masalah penglihatan secara permanen.

Gangguan pada mata yang sering dialami oleh beberapa orang pada umumnya adalah masuknya benda asing ke mata atau biasa disebut kelilipan. Entah itu berupa debu, rambut, atau bahkan batu kecil. Gangguan mata kelilipan ini jelas sangat mengganggu, apalagi saat Anda berkendara di jalan raya.

Kebanyakan orang akan langsung mengusap, menggosok-gosok / mengucek-ucek matanya saat mengalami kelilipan. Hal ini dimaksudkan agar benda asing yang masuk ke dalam kelopak mata bisa keluar. Namun, kebiasaan ini adalah keliru. Apapun benda asing yang masuk ke dalam kelopak mata, jelas tidak boleh mengosok / mengucek mata, karena malah akan membahayakan retina mata.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, berikut sharingdisini beberapa cara yang perlu dilakukan saat mata kelilipan, seperti dijelaskan Dr. Miriam Stoppard dalam buku karangannya yang berjudul “Parenting Guide”:

Quote:Quote:1. Jangan disentuh atau digosok

Saat mata agan kelilipan, pastikan tidak menyentuh atau menggosok mata. Hal ini untuk mencegah jaringan mata rusak karena gesekan benda asing. Cobalah agan untuk duduk menghadap ke sumber cahaya. Tarik kelopak mata atas atau bawah dengan lembut dan coba minta bantuan seseorang untuk melihat benda apa yang masuk ke mata.

Quote:Quote:2. Gunakan air bersih

Anda bisa mengeluarkannya dengan cara membilasnya dengan air bersih. Anda juga bisa memakai cawan/gelas/piring yang berisikan air bersih. Dan "membenamkan" mata ke dalam gelas yang berisi air matang lalu kedip-kedipkan mata selama berada dalam air.

Quote:Quote:3. Cotton bad atau tisu

Jika benda tersebut tidak keluar juga, Anda bisa mengangkatnya dengan bantuan korek kuping (cotton bad) yang sudah dibasahi secara perlahan. Benda lain yang bisa digunakan adalah tisu dan kain bersih yang sudah dibasahi. Tapi jangan lakukan jika benda asing itu tertanam pada mata.

Quote:Quote:4. Menarik kelopak mata

Jika benda asing itu berada di bawah kelopak mata atas, mintalah korban untuk menarik kelopak mata atas sampai melewati kelopan bawah. Cara ini biasanya berhasil untuk membuat benda asing itu terlepas.

Quote:Quote:5. Gunakan obat tetes mata

Cara aman, terutama untuk mengatasi mata kelilipan pada anak dan bayi adalah dengan meneteskan obat tetes mata. Lakukan sesuai petunjuk dan dosis, cara ini biasanya ampuh sehingga butiran debu/kotoran yang masuk ke dalam mata keluar dengan alami.
Obat tetes mata yang dijual bebas boleh digunakan. Tapi jangan melebihi tiga kali pemakaian karena dikhawatirkan menimbulkan peradangan/iritasi berkelanjutan.
Obat tetes mata umumnya berfungsi untuk mengurangi iritasi. Perlu diketahui, obat tetes mata mengandung bahan kimia yang bersifat asam sehingga bisa menimbulkan rasa pedih.

Quote:Quote:6. Hindari mengucek mata dan ganti dengan berkedip dengan cepat.

Salah satu kebiasaan atau reflek orang yang kelilipan adalah segera mengucek mata, hal ini sebaiknya kita hindari meskipun tidak langsung menghilangkan kebiasaan tersebut, karena dengan mengucek mata tidak akan menyelesaikan kelilipan kita tapi akan membuat mata kita sakit bahkan sampai memerah, hal ini tentunya akan berakibat pada kerusakan mata apalagi jika terlalu keras mengucek mata, bisa jadi debu atau serbuk yang masuk pada mata tidak keluar malah akan menjadikan masalah.

Mengganti kebiasaan mengucek mata dengan berkedip dengan cepat bisa jadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi kelilipan saat berkendara, karena dengan berkedip dengan cepat maka secara alamia mata akan mengeluarkan debu atau serbuk yang masuk pada mata, proses ini jika kita perhatikan sama seperti mengucek mata namun dengan lembut.

Quote:Quote:7. Istirahatkan mata

nah dengan cara ini bisa mengeluarkan benda asing ketika mata kelilipan, yaitu dengan pura-pura tidur ! saya mengatakan pura-pura tidur, karena tentu anda tidak ingin dipaksa tidur ketika kelilipan bukan ! dengan rileks dan pura-pura tidur benda yang masuk di mata kita kan dikeluarkan secara otomatis namun pada proses ini anda harus benar-benar rileks dan sabar, pengalaman saya untuk benda asing yang membandel, proses pura-pura tidur memaka waktu +- 30menitan.

pura-pura tidur, lebih efektif dengan cara berbaring, mencari posisi serileks mungkin agar otot mata bisa bekerja dengan baik, selanjutnya pejamkan mata anda, dan sesekalai bukalah kelopak mata secara berlahan seperti orang yang baru bangun tidur.. lakukan terus tanpa menyentuh mata, rasakan dengan rileks, tidak berapa lama benda asing yang masuk kemata akan keluar sendirinya !

Quote:Quote:8. Mata Ditiup

Kalau kita melihat kebanyakan orang, biasanya akan meminta orang terdekat untuk meniup matanya yang kelilipan, dengan harapan benda asing di mata dapat dikeluarkan dengan hembusan angin. Ini tidak salah, dan metode ini banyak digunakan di pelbagai kesempatan, dan seringkali berhasil. Hanya saja tidak sepenuhnya aman, karena kadang udara yang dihembuskan ke mata bisa jadi menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Quote:Quote:9. Periksa Ke Dokter

Jika masih ada rasa tidak nyaman pada mata anda. Anda harus segera ke dokter jika kondisi ini terjadi. Karena benda asing itu perlu dikeluarkan segera. Jika misalnya mengenai bagian kornea, bagian hitam mata, ada kemungkinan benda asing akan masuk ke dalam bilik depan mata (kamera okuli anterior) dan menyebabkan peradangan dan infeksi di sana (uveitis anterior) yang akan mengganggu bahkan bisa menyebabkan kehilangan pandangan.

Dokter akan mengambil benda asing yang menempel itu, biasanya dengan kapas steril atau jarum steril. Tetes anestesi lokal bisa membantu mengurangi sakit selama proses pengambilan. Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan resep antibiotik lokal untuk pencegahan infeksi. Dan jangan lupa kontrol kembali sesuai saran dokter untuk menilai proses penyembuhan.

Harus diingat bahwa selama kelilipan dan masa penyembuhan, jangan mengucek mata. Benda asing bisa menggores dan merusak kornea mata jika Anda mengucek-nguceknya, dan penyembuhan pun akan terhambat.


Quote:
Sekian Thread dari ane. semoga bermanfaat gan.
Jika berkenan , jangan lempar ane pake dan jangan lupa ya beri rate
Jika cocok dihati gan Rekomendasi HT
Cek Sumur Utama dan Sumur Tambah : Sumur 1 Sumur 2 Sumur 3 Sumur 4 dan Pic dari Mbah



Quote:Wah Abu Gosok dari KASKUSer yang baik. Makasih gan
Spoiler for SSnya

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5463d4215a51638e6c8b4570

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)